5 Tips menentukan topik blog

Topik dalam sebuah blog akan mempengaruhi isi artikel secara keseluruhan, sehingga langkah pertama yang harus dilakukan saat akan membuat blog adalah dengan menentukan topik blog itu sendiri. Topik blog merupakan identitas dan corak dari sebuah blog.

Semakin unik identitas dan corak blog tersebut, semakin mudah pengunjung untuk mengingat dan kembali lagi untuk berkunjung ( perlu diingat, pengunjung adalah nyawa dari blog itu sendiri).

Sebagai contoh, blog ini mengambil topik tentang bagaimana mengelola sebuah blog supaya berkualitas, target yang ingin dicapai adalah membantu sedini mungkin untuk para blogger pemula dalam mempersiapkan dan mengelola blog mereka menjadi blog yang bermanfaat untuk pembacanya.

Anda tentunya dapat memilih topik yang disesuaikan dengan niat anda untuk membuat blog. Lalu bagaimana cara untuk menentukan topik yang bisa menjadikan blog tersebut tetap eksis dan berkesinambungan ?

5 tips menentukan topik pada blog

Berikut adalah 5 tips dalam menentukan topik blog yang diperlukan sebelum mengelola dan membuat blog.


1. Gunakan hobi Anda sebagai topik blog


Dalam menentukan topik blog yang akan dikelola, anda dapat menggunakan hobi yang anda sukai sebagai bahan artikel. Sebagai contoh, anda merupakan seseorang yang suka bermain gitar, maka anda dapat memilih topik yang berkaitan dengan bermain gitar.

Anda dapat mengisi blog Anda dengan artikel yang berisi tentang chord-chord gitar dari lagu-lagu yang sering Anda mainkan, bisa juga Anda isi dengan tips merawat gitar supaya tetap awet hingga puluhan tahun.

Memanfaatkan hobi sebagai topik blog akan mempermudah Anda dalam menemukan bahan artikel untuk waktu yang cukup panjang. Hal ini akan membantu anda dalam menjaga konsistensi penerbitan artikel pada blog.

Perlu diketahui bahwa blog dengan jadwal teratur untuk mempublish artikel, akan memiliki peluang lebih besar dalam menarik pengunjung dibandingkan dengan blog yang jadwal publish artikelnya tidak teratur.  Menentukan topik blog berdasarkan hobi adalah salah satu cara tepat yang bisa Anda gunakan.


2. Gunakan panduan berguna yang bisa membantu pembaca


Topik blog lainnya yang dapat Anda pilih adalah topik blog yang berisikan panduan atau hal-hal mudah dan berguna yang dapat membantu pembaca.

Dengan topik seperti ini, Anda dapat mengisinya dengan berbagai artikel yang menyangkut tips, kiat dan cara-cara yang bisa digunakan sebagai panduan oleh pembaca untuk menghadapi kesulitan yang mereka hadapi.

Bukan tidak mungkin, blog yang menyuguhkan tips dan trik akan lebih cepat mengalami peningkatan jumlah pengunjung di bandingkan dengan topik blog lainnya.

Tidak jarang pengunjung blog akan mem-bookmark atau men-share halaman blog karena isi artikel yang ada dalam blog tersebut sangat membantu dan bermanfaat.


3. Manfaatkan minat yang Anda gemari


Minat menunjukkan keinginan seseorang terhadap sesuatu hal. Dari sekian banyak blog yang beredar di internet, topik blog yang dapat tetap bertahan dalam menjaga konsistensi jadwal penulisan artikel, biasanya diduduki oleh blog dimana penulisnya memiliki minat yang besar akan sesuatu hal tersebut.

Jika penulis blog tidak memiliki minat, akan sangat sulit untuk mempertahankan jadwal pengisian artikel blog , bisa jadi baru sepuluh artikel, blog tersebut akhirnya tidak pernah update lagi akibat penulis kehabisan ide dan memang tidak memiliki minat terhadap topik blog yang sedang dikelola.

Penulis menjadi merasa bosan dan terpaksa dalam menulis artikel sehingga menyebabkan kualitas artikel tersebut menjadi kurang baik dan dengan sendirinya blog tersebut lambat laun akan ditinggalkan oleh pembaca.


4. Menggunakan hal-hal yang sudah Anda dikuasai


Ketika memilih topik blog, sudah pasti topik yang dipilih adalah sebuah topik yang penulisnya memiliki pemahaman terhadap topik yang akan dikelola dalam blog tersebut. Ketidakpahaman terhadap topik dapat menyesatkan pembaca dan bahkan bisa merugikan orang lain.

Sebagai contoh, ketika anda tidak memahami topik yang berkaitan dengan perbaikan mobil, namun anda memaksakan untuk membuat blog dengan topik perbaikan mobil, kemungkinan besar yang akan terjadi adalah mobil menjadi rusak atau anda ditertawakan dan bahkan di tuntut karena salah dalam memberi arahan serta nama onderdil pada bagian mobil yang sudah anda bahas dalam artikel.

Hal ini dapat menyebabkan jatuhnya kredibilitas blog yang anda kelola. Dan sangat mungkin blog tersebut tidak akan pernah dikunjungi kembali oleh pengunjung yang pernah membaca isi artikel anda.


5. Persempit cakupan topik blog yang akan Anda pilih


Membatasi topik blog akan mempermudah anda dalam menentukan arah blog yang akan anda kelola. Pembatasan ini di fokuskan supaya anda bisa dengan mudah menemukan niche (topik tertentu) pada blog disaat artikel yang anda publish semakin banyak dan berkembang.

Blog yang memiliki topik tertentu (niche) sangat di sukai oleh mesin pencari (google,yahoo,bing,dll) sehingga dapat lebih cepat dicari oleh pembaca.

Namun banyak pula blog yang memiliki topik beragam bisa lebih cepat dicari oleh pembaca, hal ini biasanya terjadi karena susunan blog tersebut sudah dioptimalisasi terhadap mesin pencari (dibutuhkan pengetahuan lebih untuk optimalisasi blog terhadap mesin pencari).

Untuk menentukan topik blog sebaiknya dilakukan dengan lebih sabar dan cermat, usahakan untuk tidak asal menentukan topik. Hal ini sangat penting dilakukan karena penentuan topik juga akan mempengaruhi seberapa banyak jumlah kunjungan blog anda dimasa yang akan datang.

Tidak jadi masalah tentang apa topik blog yang akan anda gunakan, yang penting , anda dapat mengembangkan blog tersebut secara konsisten dengan artikel yang berkualitas.

Itulah 5 tips dalam menentukan topik blog yang akan anda kelola . Membangun sebuah blog merupakan sebuah proses yang berkelanjutan dan panjang namun anda dapat memetik banyak manfaat dari konsistensi anda sendiri terhadap kualitas terbaik dari blog anda. Bagaimana menurut anda ?

Artikel ini diupdate: 14 Desember 2015 (4T)

Berlangganan Artikel Via Email :

No comments:

Post a Comment

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.