Cara membuat judul postingan yang menarik

Apa yang akan kamu jawab ketika sahabat kamu mengajak nonton sebuah film baru yang sama sekali tidak kamu ketahui sinopsisnya ?

Kemungkinan terbesar adalah kamu kembali bertanya kepada sahabat kamu, apa ceritanya ? dan apa judulnya ?

Judul film yang menarik tentu akan membawa kamu untuk bertanya lebih lanjut tentang bagaimana cerita singkat film tersebut , namun judul yang kurang menarik , sangat dimungkinkan, kamu akan segera mengganti topik dengan judul film yang lain yang telah kamu ketahui sinopsis filmnya.

Begitu pula dengan judul postingan pada sebuah artikel blog, jika judul menarik perhatian pengunjung, kemungkinan artikel kamu dibaca akan sangat besar. Namun jika judul kurang menarik, sebagus apapun isi artikel kamu , kemungkinan besar akan selalu dilewatkan pengunjung.

Judul dalam Kamus Besar Bahasa indonesia artinya adalah ; 1. Nama yang dipakai untuk buku atau bab di buku yang dapat menyiratkan secara pendek isi atau maksud buku atau bab itu; 2. Kepala karangan (cerita, drama, dsb); tajuk; (1).

Sedangkan artikel artinya adalah karya tulis lengkap, misal laporan berita atau esai di majalah, surat kabar, dsb; (2). Hal tersebut diatas tidaklah jauh berbeda pada struktur postingan sebuah blog. Judul dalam postingan sebuah blog, menggambarkan secara singkat isi dan topik artikel secara keseluruhan.

Ada 2 fungsi yang dimiliki sebuah judul yaitu; pertama sebagai informasi kepada calon pembaca tentang isi yang terkandung didalam sebuah artikel blog, dan fungsi yang kedua yaitu sebagai penarik minat calon pembaca untuk memutuskan apakah artikel tersebut akan dibaca atau tidak.

Dari sepuluh list judul artikel yang tampil dihalaman pertama mesin pencari Google, selain posisi nomor satu , kamu tentu akan mengklik artikel yang memiliki judul menarik dan sesuai dengan harapan pencarian kamu.

Menulis judul postingan yang menarik selalu menjadi perhatian utama setiap penulis blog didalam menulis sebuah artikel. Kerja keras yang sudah kamu lakukan untuk membuat sebuah artikel yang menarik menjadi tidak sia-sia, apabila ikut didukung dengan penulisan judul postingan yang menarik.

cara-membuat-judul-postingan-menarik

Dengan membuat judul postingan yang menarik, maka kesempatan untuk dikunjungi oleh pembaca akan semakin besar sehingga tujuan kamu mendapatkan banyak pengunjung pun semakin dekat. Supaya tujuan tersebut bisa tercapai, ikutilah beberapa panduan berikut untuk membuat judul postingan yang menarik untuk di baca.



1. Kenali tipe judul postingan yang populer di mesin pencari


Masih ada sebagian orang yang berpendapat bahwa, untuk membuat judul postingan menarik diperlukan artikel terlebih dahulu. Ada juga yang berpendapat sebaliknya yaitu, membuat judul terlebih dahulu baru dilanjutkan menulis isi artikel.

Kedua hal tersebut pada dasarnya tidak ada yang salah ataupun benar, kedua-duanya sama-sama bisa digunakan, karena kedua cara tersebut bersifat relatif, tergantung bagaimana kamu menyukai "cara kamu" dalam membuat sebuah judul postingan yang menarik pada sebuah artikel.

Yang perlu kamu ketahui sebagai langkah awal untuk membuat judul postingan yang menarik, adalah dengan mengidentifikasi tipe judul postingan yang popular di mesin pencari.

Berikut adalah 3 tipe judul posting yang yang paling populer dan perlu kamu ketahui sehinga bisa kamu gunakan sebagai bahan sebelum kamu menentukan sebuah judul postingan .

a. Judul postingan yang berisi sebuah cara/langkah

Untuk mengenali tipe ini sangatlah mudah, sebagai contoh:

Cara mudah membuat kue lapis legit yang enak

Tipe judul ini bisa kamu gunakan apabila isi artikel yang akan kamu buat berisi tentang cara-cara dan langkah-langkah untuk melakukan suatu hal. Tipe Judul seperti ini menggambarkan panduan-panduan yang bisa digunakan oleh pembaca ( pada contoh judul diatas menerangkan cara membuat kue lapis legit ).

b. Judul postingan yang berisi List suatu hal

Untuk tipe ini biasanya menggunakan angka sebagai kata pembuka judul, sebagai contoh:

10 tempat wisata terbaik di Indonesia

Tipe judul ini bisa kamu gunakan saat kamu ingin menerangkan secara satu persatu poin-poin yang berkaitan dalam artikel kamu ( contoh judul diatas menggambarkan isi artikel tentang 10 nama tempat wisata terbaik di Indonesia berikut penjelasan singkatnya didalam artikel )

c. Judul postingan yang berisi sebuah pertanyaan

Untuk tipe judul ini biasanya menggunakan tanda tanya pada akhir kata, contoh :

Apa sih website/blog yang mobile friendly itu ?

Tipe judul seperti ini bisa kamu gunakan saat kamu ingin menerangkan secara lebih terperinci tentang suatu hal didalam artikel yang akan kamu buat ( contoh judul diatas menggambarkan isi artikel yang akan menerangkan tentang website/blog yang mobile friendly ).



2. Ketahui Kriteria judul postingan incaran pengunjung


Selain mengenal 3 tipe judul posting terpopuler di mesin pencari, kamu juga perlu mengetahui Kriteria judul posting yang diperlukan dalam membuat judul posting yang menarik.

Untuk memudahkan kamu mengetahui kriteria dari kata "menarik", maka dibutuhkan batasan untuk lebih mempermudah kamu menjadi lebih fokus dalam menentukan judul postingan. Ada 3 kriteria utama yang harus kamu perhatikan ketika membuat sebuah judul postingan. yaitu :

a. Unik

Gambaran unik dapat kita ambil contoh pada kata-kata yang ditulis pada kaos buatan Jogja atau Bali. Keunikan Kaos Dagadu (Jogjakarta) dan Joger (bali) terletak pada susunan kata yang menghibur, tidak biasa dan berbeda, meskipun media yang dipakai oleh kedua produsen diatas adalah kaos/t-shirt.

Begitupun dalam membuat Judul postingan yang menarik, diperlukan keunikan tersendiri yang bisa menjadi daya tarik pembaca sehingga pembaca segera memutuskan untuk masuk dan membaca artikel yang sudah kamu buat di blog kamu. Intinya judul postingan yang menarik harus berbeda dan sanggup membuat penasaran calon pembaca.

b. Menyentuh emosi

Perlu diketahui bahwa emosi itu bermacam-macam ( emosi bukan hanya marah). Emosi menggambarkan sebuah kondisi seseorang pada saat tertentu dan ini bisa terlihat saat seseorang itu merasa senang, sedih, lucu, tertawa, dsb.

Judul posting yang menarik paling tidak memiliki sentuhan emosi didalam kalimatnya, sehingga pembaca yang kadar emosinya sesuai dan "klik" dengan judul postingan, saat itu bisa langsung bertindak untuk mengklik judul artikel kamu.

c. Memiliki nilai informatif

Tentu kamu masih ingat beberapa menit yang lalu kita berbicara tentang 2 fungsi dari sebuah judul postingan. Judul postingan yang menarik, paling tidak, harus memiliki nilai yang informatif serta jelas kepada pembacanya.

Informatif disini di umpamakan sebagai, papan petunjuk jalan bagi calon pembaca yang sedang membutuhkan sesuatu hal ( entah itu tutorial, tips ataupun motivasional, dll), sehingga pengunjung tidak merasa tertipu oleh judul postingan yang dibuat.



3. Kenali hal-hal yang perlu dihindari dalam membuat Judul postingan


Dengan mengetahui hal hal yang perlu dihindari dalam membuat judul postingan, kamu akan semakin mudah menemukan kalimat yang bisa menghipnotis calon pembaca untuk memilih artikel kamu, sebagai bacaan pilihan mereka, namun hal ini pun perlu diikuti dengan isi artikel yang juga disukai oleh pembaca ( Baca : 4 panduan membuat artikel yang disukai pembaca ).

Berikut saya paparkan beberapa hal yang perlu kamu hindari dalam membuat judul postingan yang menarik

a. Menggunakan kalimat yang terlalu panjang

Penggunaan kalimat yang terlalu panjang, selain berdampak pada buruknya SEO ( Search Engine Optimization ), hal tersebut juga mempengaruhi daya ingat calon pembaca. Kamu mungkin akan merasa malas membaca sebuah judul posting dan meneruskan membaca kedalam artikel apabila judul tersebut seperti dibawah ini

" 10 cara mudah yang diperlukan untuk meningkatkan performa sebuah blog yang sedang mengalami penurunan jumlah pengunjung setiap hari " .

Tapi akan lain halnya jika judul postingan tersebut dipersingkat menjadi seperti ini

"10 cara mudah mendongkrak performa blog".

Terlihat bedanya bukan ?

b. Menggunakan Topik Artikel sebagai judul

Jika hanya menggunakan topik artikel sebagai judul postingan, tentu hal ini menjadi kurang menarik bagi pembaca dan bertentangan dengan kriteria judul postingan serta fungsi dari sebuah judul posting.

Sebagai contoh, kamu mengambil topik artikel "mendekorasi kamar". Jika judul postingan yang kamu buat hanya tertulis "mendekorasi kamar" mungkin pembaca akan segera melewatkan artikel kamu dan langsung melirik judul lain yang menarik seperti ini "Rahasia mantap dekorasi kamar dalam sekejap".

c. Tidak fokus pada judul posting yang memberikan manfaat untuk pembaca

Menentukan judul postingan yang kurang fokus terhadap manfaat juga sangat mempengaruhi daya tarik judul terhadap calon pembaca. Jika kamu perhatikan pada poin a dan b diatas , Judul postingan yang menarik di poin a ( 10 cara mudah mendongkrak performa blog ) dan poin b ( Rahasia mantap dekorasi kamar dalam sekejap ), kedua-duanya menyiratkan isi artikel yang fokus pada sebuah manfaat bagi pembaca, namun sebaliknya, judul yang kurang menarik khususnya di poin b ( mendekorasi kamar ) walaupun isi artikel nya mungkin bermanfaat, kemungkinan artikel tersebut dibaca sangatlah kecil.



4. Buatlah judul postingan sebanyak mungkin dan pilihlah yang paling "Tepat"


Untuk memberikan pilihan dan keleluasaan ketika kamu harus memutuskan mengambil sebuah judul postingan, ada baiknya kamu mengumpulkan ide-ide yang timbul saat membuat judul, catat dan kumpulkan menjadi satu. Dengan banyaknya pilihan judul , kamu bisa lebih leluasa menyesuaikan judul postingan dengan isi artikel, mana yang paling tepat untuk artikel yang akan atau sudah kamu buat, sehingga, tujuan kamu mendapatkan Judul postingan yang menarik untuk ribuan pembaca bisa tercapai dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga : Cara membuat artikel yang berkualitas


Kesimpulan

Memastikan judul postingan yang menarik dengan memperhatikan kriteria-kriteria diatas dapat mendongkrak artikel yang benar-benar bermanfaat bagi pembaca, win-win solution akan tercipta.

Pembaca bisa merasakan manfaat dari artikel kamu karena mereka terpikat oleh judul postingan kamu yang menarik, dan kamu pun bisa berbangga diri karena jerih payah dan usaha membuat artikel yang berkualitas dan bermanfaat bisa dinikmati oleh orang banyak.

Ada yang mau menambahkan tentang cara membuat judul postingan yang menarik ? Informasikan saran dan pengalaman kamu di kolom komentar .

Sumber :

(1) http://kbbi.web.id/judul
(2) http://kbbi.web.id/artikel

Berlangganan Artikel Via Email :

5 comments:

  1. Saya kadang bingung bikin judul artikel. Menambah wawasan nih. makasih artikelnya bermanfaat bgt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama gan, tapi pelan pelan dipelajari lambat laun menjadi lebih mudah kok, yang penting semangat terus gan :) thanks kunjungannya

      Delete
  2. Selain isi artikel ternyata judulnya juga harus menarik iya gan agar pengunjung penasaran..hehehe

    Makasih infonya 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satunya seperti itu gan meski kadang suka bertentangan antara judul untuk seo atau judul untuk share ke sosmed, masing2 dampaknya beda.

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.