Keuntungan terbit artikel sesuai Jadwal

Selamat pagi pembaca mengelolablog.com, tidak terasa kita sudah memasuki hari senin kembali. Yuk kita awali hari ini dengan penuh semangat, meskipun dompet sudah mulai menipis. Di senin pagi yang cerah ini, saya hadir untuk kembali memberikan informasi menarik seputar ngeblog dan keuntungan yang bisa dirasakan jika waktu terbit artikel pada blog yang kamu kelola teratur dan sesuai jadwal. Waktu terbit artikel blog sangat menentukan pola dasar kita melakukan aktifitas ngeblog.

Hal ini juga bisa menjadi salah satu penilaian bagi diri kita sendiri , apakah kita merupakan seorang blogger yang konsisten dan teruji dari waktu ke waktu?   Atau kita hanya seorang blogger yang sifatnya musiman dalam melakukan update artikel?

Melakukan Update artikel secara teratur memang tidak mudah untuk dilaksanakan, namun untuk menjadi blogger yang konsisten, maka sangat diperlukan untuk melakukan update artikel yang sesuai dengan jadwal dan sudah ditentukan sebelumnya.


Jika kita mau menilik blogger-blogger yang sudah bisa dikatakan berhasil atau professional, maka bisa kita perhatikan cara mereka dari waktu terbit artikel yang mereka lakukan.

Salah satu blog di indonesia yang saya ketahui memiliki jadwal terbit teratur dan memiliki peringkat yang baik di mata mesin pencari adalah blognya mas Yodia Antariksa di strategimanajement.net.

Beliau adalah seorang blogger yang saya anggap paling konsisten dalam hal penerbitan artikel ditambah lagi dengan tulisan dalam artikelnya yang sangat renyah dan menginspirasi.

Pada artikel kali ini saya akan menginformasikan beberapa keuntungan yang bisa kamu rasakan jika kamu melakukan update artikel di blog kamu secara teratur dan konsisten. Apa saja keuntungan tersebut, simak artikel berikut ini.

Keuntungan #1,  Artikel yang terbit pasti lebih teratur.


Dengan ngeblog sesuai jadwal maka secara otomatis artikel yang kamu terbitkan bisa lebih teratur dan tepat waktu. Mungkin bukan rahasia umum lagi bagi setiap blogger bahwa semakin banyak artikel yang terbit berarti kesempatan untuk meningkatkan jumlah pengunjung akan semakin besar. Saya pun setuju dengan kalimat diatas. Jumlah artikel yang banyak, akan mempengaruhi jumlah kunjungan yang masuk ke blog
.
Membuat artikel dengan jumlah yang banyak, tentu membutuhkan proses dan waktu, apalagi  artikel yang ingin diterbitkan memiliki kualitas yang baik dan bermanfaat untuk pembaca. Hal inilah yang sering tidak disadari oleh sebagian besar blogger pemula.

Banyak diantara mereka yang rela begadang setiap malam untuk membuat artikel sebanyak-banyaknya . Mungkin dalam satu hari bisa menghasilkan lebih dari 3 artikel untuk di terbitkan.

Setelah artikel  itu selesai dan oleh karena keinginan yang kuat untuk memperbanyak jumlah artikel, mereka langsung menerbitkan semua artikel yang sudah selesai di buat tadi.

Berdasarkan pengalaman yang saya alami, proses yang dilakukan seperti diatas mungkin hanya bisa bertahan paling lama 3-6 bulan saja. Sehabis itu, bisa jadi blognya malah dibiarkan nganggur lebih dari 5 bulan atau lebih tanpa ada update artikel di blog.  Metode seperti ini menyebabkan jadwal terbit artikel menjadi tidak teratur dan tidak tepat waktu. Apa yang akan terjadi kemudian?

Hal yang sangat mungkin terjadi akibat tidak teraturnya jadwal terbit artikel,  posisi blog tersebut akan tergeser  dari Indeks mesin pencari. Kemudian blog tersebut juga akan mengalami penurunan jumlah pengunjung atau bahkan rangking alexanya akan berubah jadi gemuk secara perlahan karena tergeser oleh blog yang update artikelnya  teratur.

Keuntungan #2, Kualitas artikel bisa lebih baik dari sebelumnya


Menjadwal artikel untuk terbit secara teratur di blog dapat membantu kamu dalam meningkatkan kualitas artikel yang sedang kamu kerjakan.  Dengan memanfaatkan jadwal terbit, paling tidak kamu bisa memiliki kelonggaran waktu untuk melakukan research dan pengumpulan data-data yang bisa mendukung kualitas dari artikel tersebut.

Beberapa hal yang dapat kamu lakukan dalam meningkatkan kualitas artikel dengan membuat jadwal terbit artikel secara teratur adalah sebagai berikut:
  1. Memiliki cukup waktu untuk melakukan editing terhadap tata bahasa dan kesalahan ketik saat membuat artikel.
  2. Memiliki cukup waktu untuk mengoptimalisasi penggunaan kata kunci dalam artikel.
  3. Memiliki cukup waktu untuk menentukan judul artikel yang bisa meningkatkan jumlah pengunjung.
  4. Memiliki cukup waktu untuk mencari data dan artikel pendukung yang bisa membantu pembaca untuk lebih memahami artikel kamu.
Dengan menerbitkan artikel sesuai jadwal terbit, maka kamu bisa memiliki banyak waktu luang dalam meningkatkan kualitas artikel sehingga artikel kamu menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Baca juga  : Cara membuat artikel berkualitas

Keuntungan #3, Ngeblog menjadi lebih santai


Keuntungan berikutnya jika kamu menerbitkan artikel sesuai jadwal adalah aktifitas ngeblog kamu bisa menjadi lebih santai. Menurut saya secara pribadi, ngeblog dengan terbit artikel yang sesuai jadwal akan terasa berat pada 3 bulan pertamanya saja.

Yaitu diwaktu pertama kali kita mengumpulkan dan membuat artikel sebanyak banyaknya untuk dijadikan stok artikel yang siap terbit. Setelah itu barulah ritme dan waktu bisa kita atur lebih santai untuk melanjutkan aktifitas ngeblog ini.

Cobalah kamu bayangkan, jika kamu sudah memiliki artikel siap terbit sebanyak 30 artikel ( dengan asumsi 4 artikel satu minggu, maka 30 artikel akan selesai dalam waktu sekitar 2 bulan ) , dan jika kamu menjadwalnya untuk terbit hanya 1 kali dalam satu minggu, artinya kamu akan memiliki waktu luang untuk melakukan editing, research data , dan lain-lainnya sampai 5 atau 6 bulan kedepan.

Dengan jadwal tetap tersebut bukan tidak mungkin kamu bisa mengambil waktu untuk libur ngeblog selama beberapa hari atau satu minggu lebih tanpa merasa khawatir blog kamu tidak terupdate.

Keuntungan #4, Lebih banyak waktu untuk melakukan evaluasi perkembangan blog


Sering tidak kita sadari bahwa dalam mengelola blog dibutuhkan sebuah aktifitas yang bernama evaluasi. Evaluasi sangatlah penting untuk dilakukan baik aktifitas ngeblog maupun aktifitas lain yang menyangkut peningkatan dan kemajuan dari aktifitas itu sendiri.

Ya, tentu dengan pengaturan dan pengelolaan yang baik terhadap waktu ngeblog , kamu bisa memiliki waktu luang yang dapat kamu manfaatkan untuk melakukan evaluasi kinerja blog kamu, mencari tahu mana artikel yang paling banyak dibaca, mengetahui kata kunci yang meningkatkan jumlah halaman yang dilihat, dan hal-hal lain yang bisa meningkatkan kinerja blog kamu baik di mesin pencari maupun melalui media sosial.

Baca juga : 5 fase melakukan analisa blog

Kemudahan ini bisa kamu dapatkan jika kamu mulai melakukan pengaturan terhadap jadwal terbit artikel. Mulailah saat ini juga untuk mengatur jadwal terbit artikel kamu, susun dan rencanakan apa dan kapan aktifitas itu harus kamu kerjakan.

Lakukanlah secara konsisten aktifitas tersebut, lambat laun kegiatan ngeblog  kamu akan benar-benar bisa memberikan manfaat yang mungkin tidak akan kamu sadari.

Keuntungan #5, Lebih banyak waktu untuk menemukan ide artikel terbaru


Keuntungan lain jika kamu mampu mengatur jadwal terbit artikel adalah kamu akan memiliki banyak waktu untuk menemukan dan mencari ide dan draft artikel-artikel terbaru untuk blog kamu.

Menemukan ide untuk membuat artikel terbaru terkadang tidak selalu mudah, bahkan bisa beberapa hari ide tersebut baru bisa muncul. Setelah ide tersebut kamu dapatkan, sering kali pula kita mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide tersebut sesuai jalur topik artikel yang sedang kita kembangkan.

Dengan memberikan jeda waktu dan mengatur jadwal terbit artikel, maka kita memiliki banyak waktu yang luang untuk mendapatkan dan mengembangkan ide tersebut. Walaupun ide yang kita dapatkan tersebut masih berbentuk draft namun kita masih memiliki waktu untuk mengembangkan draft artikel itu menjadi artikel lengkap dan berkualitas.

Akan lain halnya jika kita tidak mengatur jadwal terbit artikel blog kita dan terbiasa dengan menerbitkan artikel saat artikel tersebut baru selesai di buat. Karena setelah kita menerbitkan artikel, maka kita akan segera di bebani pikiran untuk segera membuat kembali artikel terbaru, mencari ide dan mengembangkannya kembali.

Hal tersebut akan menyebabkan kita merasa kesulitan untuk mengatur waktu karena selalu merasa tergesa-gesa dalam membuat artikel. Apalagi waktu terbit artikel semakin dekat, ditambah lagi aktifitas kehidupan sehari-hari yang kita jalani semakin padat, wah rasanya bosan dan ingin meninggalkan ngeblog untuk sementara waktu akan semakin kencang menggoda kita. Kejadian seperti inilah yang dahulu sering saya alami ketika pertama kali memulai aktifitas ngeblog.

Baca juga : Cara mengatur jadwal terbit artikel postingan blog

Kesimpulan


Banyak manfaat yang bisa kita rasakan dengan mengatur dan menjadwal terbitnya artikel di blog kita. Beberapa diantaranya seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel diatas.

Pola dan jadwal yang teratur dalam penerbitan artikel akan sangat membantu kita untuk mempertahankan konsistensi ngeblog dalam jangka waktu yang lama.

Dan yang paling penting adalah frekuensi terbit artikel tersebut harus benar-benar sesuai dengan kemampuan yang kita miliki, karena jika tidak, lambat laun kita akan cepat merasa bosan dan jenuh.

Demikianlah artikel Keuntungan terbit artikel sesuai Jadwal ini saya informasikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin menjaga konsistensi ngeblog melalui jadwal terbit artikel yang teratur.

Berlangganan Artikel Via Email :

No comments:

Post a Comment

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link di komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.