Cara mengganti template blog di Blogspot

Mengelolablog.com - Desain template blog yang rapi, indah, berkualitas SEO, serta memberikan kemudahan bagi pengguna, akan memberikan dampak yang besar bagi kemajuan blog yang sedang Anda kelola.

Untuk mendesain sendiri template blog yang sesuai dengan kriteria tersebut diatas, bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi jika anda benar-benar  awam terhadap penggunaan bahasa HTML, CSS dan javascript.

Namun, jika Anda sudah merasa bosan dengan template default yang disediakan oleh Blogspot, Anda dapat mengganti template blog Anda tersebut dengan template-template blog gratis khusus untuk blogspot yang banyak tersedia di situs-situs penyedia template blog.

Ada beberapa situs penyedia template yang bisa Anda kunjungi untuk mengganti dan  menemukan template blog secara gratis. Kemudian Anda tinggal memilih mana desain template blog yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

cara mengganti template blog
cara mengganti template blog 
Dua situs penyedia template blogspot yang sering saya gunakan untuk mencari template blog gratis ialah btemplates.com dan cssauthor.com, namun Anda juga dapat mencari template blog selain dari dua situs tadi melalui search engine.

Baca juga : Tips dan Panduan Memilih Template Blog

Setelah Anda sudah menemukan template pilihan Anda, cobalah terlebih dahulu untuk melihat preview dan demo yang disediakan sebelum anda mendownload tempate tersebut, gunakan fasilitas live demo untuk memastikan template tersebut cocok untuk Anda.

download template blogspot di btemplates
Cara download template blogspot di btemplates

Cara mengganti template blog di Blogspot


Berikut adalah langkah-langkah dan cara mengganti template blog di blogspot dengan menggunakan file yang sudah anda download dari situs penyedia template blog gratis tersebut.

1. Siapkan file template blog yang sudah di download

File download berisi template blog yang sudah kita dapatkan dari hasil mendownload pada situs-situs penyedia template gratis, umumnya menggunakan file berbentuk rar atau zip. Ekstraklah file template blog tersebut menggunakan software sejenis winrar atau winzip, kemudian simpan pada salah satu folder di komputer Anda.


2. Pastikan ada file template yang ber-ekstensi-kan .xml

Bukalah file template blog baru pada folder penyimpanan yang sudah Anda ekstrak tadi, biasanya Anda akan menemukan beberapa jenis file dengan format berbeda.

Pastikan dan temukan file template blog yang hanya ber-ekstensi-kan .xml. File template blog tersebut nantinya akan kita gunakan untuk mengganti template blog lama Anda.

File xml pengganti template lama blog Anda
File xml baru , pengganti file xml template lama blog Anda


3. Login ke Blogspot untuk memulai mengganti template

Setelah Anda menyimpan file template tersebut, bukalah web browser Anda. Sebagai contoh Anda bisa memulainya dengan menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox.  Lalu loginlah ke dalam akun Blogspot Anda. Pilih blog yang ingin Anda ganti templatenya.


4. Back up Template blog lama Anda

Ketika Anda sudah berada di dashboard blog yang akan diganti templatenya, lakukan back-up terlebih dahulu template blog lama Anda sebelum melakukan penggantian.

Hal ini sangat diperlukan jika suatu saat template blog baru yang Anda gunakan, terasa kurang cocok atau terdapat error yang cukup mengganggu sehingga template tersebut batal untuk Anda gunakan.

Update 5 Maret 2017 :
Terhitung Maret 2017 Menu Template yang terletak disisi kiri sudah berganti nama menjadi Theme

Back up template blog di blogspot
Cara Back up template blog di blogspot

Berikut langkah-langkah untuk melakukan back up template blog lama anda di blogspot.
  1. Masuk ke menu Theme pada barisan menu di dashboard blogspot Anda yang terletak disisi kiri layar komputer Anda
  2. Kemudian, lihat disudut kanan atas pada tombol berwarna abu-abu bertuliskan backup/restore (berdampingan dengan tombol roda gigi), klik tombol backup/restore tersebut.
  3. Setelah langkah no 2 Anda lakukan, maka akan muncul pop up untuk memback up template blog Anda.
  4. Silahkan Anda pilih Download Full template untuk mendownload file template yang akan dijadikan backup (cadangan)
  5. Simpan File tersebut kedalam folder komputer anda. (file ini dapat digunakan kembali untuk mengatasi pesan error jika terjadi kesalahan/kegagalan pada saat anda melakukan editing maupun penggantian template).

Setelah Anda menyimpan file download tadi, ada baiknya Anda juga menyalin dan menyimpan semua script yang ada di menu layout, khususnya script widget yang telah Anda tambahkan secara manual melalui widget add html/javascript.


5. Upload file xml yang berisikan template blog baru

Setelah Anda melakukan backup untuk file template blog lama Anda, langkah selanjutnya adalah meng upload file template blog baru. Berikut langkah-langkahnya:

Upload template blog di blogspot
Cara Upload template blog di blogspot
Keterangan gambar
  1. Masuk kembali ke menu theme, kemudian pilih kembali tombol bertuliskan backup/restore disudut kanan atas, hingga muncul pop up yang sama seperti langkah pada no 4 sebelumnya.
  2. Pilihlah tombol berwarna abu-abu bertuliskan Pilih File didalam pop-up tadi.
  3. Muncul pop up berisikan folder dalam komputer Anda, pilih folder tempat dimana Anda menyimpan file xml template blog baru, kemudian klik pada file tersebut.
  4. Klik tombol open pada sudut kanan bawah.
  5. Setelah Anda pilih dan open file tersebut, maka tombol upload berwarna orange akan muncul, klik tombol Upload tersebut, kemudian tunggu beberapa saat hingga proses upload selesai.


6. Tes dan lihat hasil penggantian Template

Setelah proses upload selesai, maka secara langsung, template blog Anda akan berganti dengan template blog yang baru. Untuk melihat hasilnya Anda dapat mengklik tombol view blog untuk melihat dan mencoba fungsi-fungsi yang ada pada template blog baru anda.

Lihat perubahan setelah mengganti template di blogspot
Lihat perubahan setelah mengganti template di blogspot

Baca juga : Cara mudah mengganti warna template blog

Pastikan semua fungsi dan widget yang ada dalam tamplate blog baru Anda sudah bisa bekerja secara normal. Demikianlah tutorial cara mengganti template blog di blogspot yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Berlangganan Artikel Via Email :

No comments:

Post a Comment

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.