Membuat judul postingan SEO friendly

Mengelolablog.com - Salah satu faktor penentu sebuah postingan bisa memiliki peringkat yang baik pada hasil halaman search engine adalah judul postingan.

Setiap halaman web/ blog yang di tampilkan pada search engine, disusun secara berurutan dengan menampilkan judul postingan sebagai penanda utama hasil pencarian.

Coba kita perhatikan struktur halaman hasil pada mesin telusur (SERP). Hampir setiap halaman web / blog yang muncul didalam SERP akan menampilkan judul postingan sebagai hasil pencarian kemudian dilanjutkan link (url) dan deskripsi konten blog tersebut.

Judul didalam postingan memiliki 2 fungsi utama yaitu sebagai informasi singkat untuk pembaca tentang isi yang dibahas dalam postingan tersebut, serta sebagai penarik minat pembaca supaya mereka tertarik dan mengklik link halaman web atau blog Anda yang tampil di dalam SERP (Search Engine Result Pages).

Membuat judul postingan SEO friendly
Membuat judul postingan SEO friendly

Untuk memaksimalkan kedua fungsi utama yang ada pada judul postingan serta dalam rangka meningkatkan jumlah pengunjung blog Anda, maka Judul postingan yang akan Anda buat, harus mengandung unsur-unsur SEO yang tepat.

Dengan kombinasi yang tepat antara informasi singkat, menarik minat pembaca, dan berkualitas SEO pada judul postingan, bukan tidak mungkin blog Anda akan kebanjiran pengunjung dengan peningkatan trafik yang luar biasa. Tentu hal seperti ini yang selalu Anda inginkan pada blog Anda bukan ?

Jika judul postingan menjadi sesuatu yang perlu di optimalkan, lantas bagaimana kita membuat judul postingan yang SEO friendly ?

Sebelum membuat judul berkualitas SEO, kita akan menemukan dua kondisi yang berbeda dalam menentukan dan membuat judul postingan, yaitu:
  • Judul ditentukan penulis postingan sebelum ia membuat postingan secara lengkap.
  • Judul yang ditentukan penulis postingan sesudah ia membuat postingan secara lengkap.

Pada postingan bagaimana membuat judul postingan yang SEO friendly kali ini, saya akan membahas pada kondisi yang kedua, yaitu menentukan judul setelah postingan dibuat secara lengkap.


1. Sisipkan kata kunci yang paling dominan dalam judul postingan Anda


Salah satu hal yang menjadi faktor penting untuk bisa membuat judul postingan yang SEO friendly adalah menempatkan kata kunci kedalam judul postingan. Untuk menemukan apa kata kunci yang paling dominan dalam postingan yang sudah Anda buat, Anda dapat menggunakan tool keyword density checker.

Tool ini banyak tersedia secara gratis di internet, salah satu yang bisa kamu gunakan adalah seobook keyword density checker. Untuk penggunaannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

mencari kata kunci dominan untuk digunakan dalam judul postingan
mencari kata kunci dominan untuk digunakan dalam judul postingan

Keterangan :
  • 1. Masuk ke halaman pemeriksaan jumlah kata kunci di seobook.com
  • 2. Pilih plain text
  • 3. Copy seluruh postingan Anda dan pastekan kedalam box yang tersedia
  • 4. Klik Submit dan lihat hasilnya.

Jumlah kata kunci terbanyak untuk judul artikel
Jumlah kata kunci terbanyak untuk judul artikel

Pada halaman tersebut diatas, Anda akan melihat jumlah kata kunci dan persentase yang ada dalam postingan. Baris pertama seperti yang tampil pada kotak berwarna merah, merupakan kata-kata terbanyak dalam postingan Anda. Editlah postingan dan sesuaikan dengan target kata kunci yang akan Anda gunakan dalam postingan tersebut.

Satu hal yang perlu Anda ingat saat mengedit postingan untuk mendapatkan jumlah kata kunci maksimal, yaitu tetap perhatikan makna kalimat dalam postingan.

Buatlah bahasa dalam kalimat tersebut tetap natural dan alami, jangan sampai penambahan kata kunci menjadikan postingan sulit dimengerti pembaca.

Selain itu, terlalu banyak menempatkan kata kunci pada postingan dapat menyebabkan postingan Anda dianggap spam oleh mesin pencari dan sangat dimungkinkan postingan Anda tidak di tampilkan kedalam hasil SERP.


2. Buat tag judul postingan yang unik untuk masing-masing halaman


Tag judul yang unik pada masing-masing halaman, sangat dipengaruhi oleh template blog. Penggunaan tag judul yang unik pasti diterapkan pada template blog yang SEO friendly, dimana ciri utamanya pada template tersebut adalah menerapkan tag h1 sebagai judul postingan

Contoh penggunaan tag heading h1 pada judul postingan
Contoh penggunaan tag heading h1 pada judul postingan

Jika Anda menggunakan template default yang disediakan blogspot, khusus halaman Artikel blog, Anda akan menemukan tag h1 ada pada judul blog dan tag h3 ada pada judul postingan sehingga saran terbaik yang perlu Anda lakukan adalah :
  1. Modifikasi heading tag template blog Anda sehingga judul postingan blog Anda memiliki tag h1, dan jika anda belum mahir memodifikasi template,
  2. Gunakan template gratis SEO friendly yang banyak tersedia di internet, namun pastikan heading tag h1 ada pada judul postingan ketika ada di halaman artikel.
Baca Juga :

Setelah selesai dengan heading tag pada template blog, langkah selanjutnya adalah meletakkan kata kunci kedalam judul postingan yang akan Anda buat.

Ada tiga tempat yang bisa Anda pilih untuk meletakkan kata kunci dalam judul postingan Anda yaitu pada awal judul, bagian tengah judul, dan pada akhir judul.

Letak kata kunci dalam  judul postingan ada di tengah judul
Letak kata kunci dalam judul postingan ada di tengah judul

Pada contoh hasil penelusuran diatas dengan kata kunci "judul artikel" (seperti terlihat pada gambar), letak paling dominan yang menempati peringkat hasil SERP terbaik berada di tengah judul postingan (3 judul postingan yang menempati posisi 1,2,3 pada hasil SERP diatas memiliki kata kunci di tengah judul postingan).

Namun hal ini tidaklah berlaku absolut, dengan kata kunci yang berbeda, bisa saja letak kata kunci yang menempati posisi teratas SERP ada di bagian awal judul atau di akhir judul.

Silahkan Anda coba sendiri dimana letak kata kunci yang paling tepat sesuai dengan masing-masing topik postingan yang Anda buat.


3. Terapkan long tail keyword pada kata kunci dalam judul postingan


Long tail keywords (kata kunci ekor panjang) adalah turunan kata dari kata kunci utama, yang akan Anda masukkan ke dalam judul postingan. Long tail keywords biasanya terdiri dari 3 sampai 5 kata yang menjadi tambahan kata kunci utama judul postingan Anda.

Ada dua alasan utama mengapa Anda perlu menggunakan long tail keyword dalam judul postingan Anda.
  • Long tail keyword rata-rata memiliki tingkat persaingan yang lebih rendah dibanding dengan keyword utama.

    Hal ini disebabkan karena keyword-keyword utama biasanya sudah dikuasai oleh situs-situs yang sudah berumur dan memiliki Domain Authorithy serta Page Authority yang tinggi dimata mesin pencari.

    Dengan memanfaatkan long tail keywords kedalam judul postingan, hal ini akan membantu postingan Anda masuk ke halaman pertama hasil SERP, khususnya pada kata kunci dengan tingkat persaingan yang rendah.
  • Untuk saat ini, sebagian dari pengguna Search engine cenderung menggunakan long tail keyword untuk mencari konten dalam mesin pencari.

    Jika kata kunci yang digunakan pengguna sesuai dengan kata kunci yang kita gunakan, maka besar kemungkinan postingan kita bisa masuk peringkat 10 besar hasil SERP.

Untuk membedakan apa itu long tail keywords dan short tail keywords, kita akan menggunakan contoh kata kunci yang sudah kita bahas pada paragaf diatas yaitu "judul artikel"

Sesuai dengan penjelasan pada paragraf sebelumnya, kata kunci "judul artikel" masuk kedalam kategori short tail keywords, karena hanya memiliki 2 suku kata.

Untuk merubahnya menjadi long tail keywords maka kita perlu mencari kata-kata yang terkait dengan kata kunci "judul artikel" tersebut. Bagaimana caranya ?

Menemukan long tail keywords untuk judul postingan
Menemukan long tail keywords untuk judul postingan

Cara termudah untuk Anda menemukan long tail keywords dari kata kunci "judul artikel" tersebut adalah dengan memanfaatkan search engine itu sendiri, berikut langkah yang bisa Anda lakukan.
  1. Ketikkan kata kunci "judul artikel" pada search box kemudian tekan enter.
  2. Setelah masuk ke hasil pencarian, gulir kebagian bawah halaman hasil pencarian.
  3. Lihat pada tulisan "Penelusuran yang terkait dengan judul artikel"
  4. Disitu Anda akan menemukan paling tidak 8 long tail keywords yang bisa Anda pilih dan Anda gunakan menjadi judul artikel blog Anda (tentu Anda perlu menyesuaikannya dengan isi artikel).


4. Buatlah judul postingan yang singkat dan deskriptif


Salah satu faktor terpenting dalam pembuatan judul postingan berkualitas SEO adalah, judul tersebut bisa menggambarkan secara singkat dan deskriptif tentang informasi dan isi yang terkandung dalam konten postingan Anda.

Memilih judul yang tidak berhubungan dengan konten postingan serta membuatnya terlalu panjang sangat dimungkinkan postingan Anda akan sulit menempati halaman pertama SERP. Selain itu jumlah karakter pada judul yang ditampilkan dalam SERP sudah dibatasi oleh search engine.

Maksimal penggunaan karakter huruf dan tanda baca lainnya dalam judul postingan yang akan ditampilkan dalam SERP berjumlah sekitar 65 karakter.

Jika melebihi dari jumlah angka tersebut, mesin pencari hanya akan menampilkan judul postingan Anda sebagian saja .

Artinya judul postingan yang akan Anda gunakan haruslah memenuhi kriteria singkat, padat dan sesuai dengan isi postingan yang Anda buat.


Kesimpulan


Judul postingan merupakan salah satu dari sekian banyak faktor yang bisa dioptimasi supaya postingan pada blog Anda menjadi SEO friendly.

Penggunaan judul yang berkualitas SEO, menarik dan informatif (sesuai dengan isi konten) akan membuat search engine mudah untuk menempatkan postingan Anda dihalaman pertama hasil SERP sehingga memungkinkan trafik pengunjung blog Anda semakin bertambah banyak.

Demikianlah postingan cara membuat judul postingan berkualitas SEO ini bisa saya informasikan, semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda dalam membuat judul postingan blog Anda.
Share ke : f tG+

No comments:

Post a Comment

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link di komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.