Tips Membuat Navigasi Blog yang baik

Mengelolablog.com - Konsep penting bagi sebuah blog adalah kemampuannya untuk berpindah dari satu halaman kehalaman lainnya dengan menggunakan berbagai link.

Link-link yang dibuat untuk memudahkan pengunjung berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya saat mengakses blog Anda bisa disebut juga sebagai Navigasi Blog.

Layaknya sebuah peta, navigasi blog memiliki peran penting untuk membantu pengunjung blog menemukan konten yang mereka cari secara cepat, memudahkan penelusuran lebih dalam serta memberikan informasi terkait apabila pengunjung tidak dapat menemukan konten dan halaman yang mereka cari.

Bagaimana perasaan Anda, ketika Anda masuk dan berinteraksi ke dalam sebuah blog dengan banyak artikel menarik didalamnya. Kemudian Anda membaca artikel dengan perlahan halaman demi halaman, namun....

...ketika Anda ingin kembali membaca halaman sebelumnya, Anda harus bersusah payah memundurkan halaman tersebut berkali-kali karena hanya ada tombol next dan previous saja.

Pastinya Anda memiliki perasaan sedikit kesal karena hal ini, dan berpikir mengapa si pembuat blog tidak memudahkan pengunjung dengan memberikan panduan navigasi halaman pada blognya.

Tips Membuat Navigasi Blog yang baik

Mempermudah interaksi pengunjung dalam blog menjadi sebuah keharusan yang wajib dipenuhi untuk meningkatkan performa blog itu sendiri. Oleh karena itu, maka diperlukan navigasi blog yang baik dan jelas bagi pengunjung.

Selain baik untuk pengunjung, navigasi blog juga menjadi salah satu faktor terpenting dalam struktur desain blog yang bisa meningkatkan kualitas Search Engine Optimization (SEO).

Mengapa Navigasi blog itu penting ?


Ketika Anda menyediakan navigasi blog yang baik kepada pengunjung, maka disadari atau tidak, Anda telah meningkatkan kebergunaan blog Anda baik di mata pengunjung maupun SEO secara keseluruhan, sehingga banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan akibat penggunaan tersebut.

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan penggunaan navigasi yang baik dalam blog Anda.
  • Navigasi blog memastikan blog Anda mudah diakses dan berguna untuk pengunjung.
  • Navigasi blog yang baik, memudahkan penggunjung untuk lebih cepat saat mencari dan menelusuri konten Anda.
  • Menjadikan blog Anda lebih terorganisir dan terstruktur
  • Memudahkan Anda sebagai pengelola blog dalam memilah artikel berdasarkan kategori.
  • Memberikan kejelasan kepada pengunjung mengenai konten apa saja yang ada dalam blog Anda.
  • Meningkatkan kebergunaan baik untuk pengunjung maupun search engine saat mengeksplorasi blog Anda
  • Memberikan dampak yang baik buat SEO blog Anda.

Hal penting yang perlu diketahui  untuk membuat navigasi blog menjadi lebih baik


Berdasarkan manfaat yang bisa didapatkan dengan memberikan navigasi blog yang jelas kepada pengguna, maka ada beberapa hal penting yang harus dipenuhi untuk membuat blog dengan navigasi yang lebih baik, apa saja kriteria yang dibutuhkan?


1. Struktur Hirarki konten yang sederhana dan mudah dipahami

Sebelum Anda merencanakan penambahan navigasi blog, sangat dianjurkan bagi Anda untuk mengetahui dan mengenali struktur konten pada setiap halaman blog Anda terlebih dahulu.

Apakah konten ini merupakan konten akhir (tujuan) pengunjung ? atau merupakan sub konten yang masih memiliki beberapa level konten tujuan dibawahnya ?

Dengan mengetahui struktur konten pada blog Anda, maka Anda dapat lebih mudah untuk membuat navigasi blog dengan susunan hirarki yang sederhana dan mudah dipahami.

Susunan hirarki yang sederhana akan memudahkan pengunjung untuk mengetahui apakah halaman konten yang mereka lihat saat ini merupakan konten umum atau konten spesifik. Berikut adalah salah satu contoh susunan hirarki sederhana pada sebuah blog.



Baca juga : Tips mendesain template blog yang disukai pengunjung


2. Menambahkan internal link khusus sebagai Navigasi yang memiliki struktur mengalir secara berurut

Menambahkan navigasi yang memiliki struktur mengalir secara berurut pada setiap halaman konten akan membantu pengunjung mengetahui di halaman mana sekarang ia berada. Contoh mudah penggunaan navigasi ini adalah Breadcrumb.

Breadcrumb adalah sebaris tautan internal yang diletakkan pada bagian atas atau bawah halaman sehingga memungkinkan pengunjung menavigasi kembali ke bagian sebelumnya atau ke halaman akar (root page) secara cepat. Berikut adalah contoh penggunaan breadcrumb dalam postingan.

Contoh penggunaan breadcrumb di postingan blog

3. Sediakan halaman-halaman khusus yang membantu navigasi pengguna

Menyediakan halaman-halaman khusus yang membantu navigasi pengguna, selain memudahkan pengguna saat menjelajahi blog Anda, halaman-halaman ini juga dapat meningkatkan kemampuan blog Anda supaya lebih mudah untuk di indeks oleh mesin telusur.

Ada tiga halaman yang wajib ada di blog Anda untuk membantu navigasi pengguna, yaitu

  • Halaman sitemap (peta situs)
  • Halaman sitemap (peta situs) adalah halaman yang berisikan list dan daftar isi seluruh  konten blog Anda.  
    Contoh penggunaan halaman sitemap
    Halaman sitemap ini akan sangat berguna apabila jumlah isi konten dalam blog Anda sudah sangat banyak. Pengunjung akan lebih mudah untuk menemukan konten yang mereka cari dengan lebih cepat melalui halaman sitemap ini.  


  • Halaman Error 404
  • Kadang-kadang bisa terjadi sebuah kondisi dimana pengguna membuka halaman yang sudah tidak ada dalam blog Anda, baik dengan mengikuti tautan rusak atau mengetik URL yang salah. 
    Halaman Error 404 adalah halaman yang didesain untuk membantu dan menginformasikan kepada pengunjung ketika mereka tidak menemukan halaman konten yang mereka cari. 
      Contoh halaman error page 404 di blog
    Dengan adanya halaman error 404 yang bisa memandu pengguna untuk kembali halaman yang benar-benar ada dalam blog Anda, maka pengguna akan merasakan pengalaman yang jauh lebih baik saat menjelajahi blog Anda.

  • Halaman hasil pencarian blog
  • Halaman pencarian yang anda sediakan dalam blog akan memudahkan pengunjung saat mereka mencari konten lain yang berkaitan sesuai dengan kata kunci yang mereka gunakan.  
    Contoh halaman hasil pencarian dan widget search box
    Bagi pengguna blogspot, halaman hasil pencarian blog biasanya sudah disediakan secara otomatis dalam struktur halaman konten blog. Anda hanya tinggal menambahkan widget kotak pencarian (search-box) di blog Anda. 


4. Jumlah link navigasi yang ideal

Sekarang ini pengguna internet menginginkan segala sesuatunya lebih cepat. Memasukkan terlalu banyak jumlah link sebagai bagian dari menu navigasi akan menambah waktu pengguna untuk mengeksplorasi pilihan apa saja yang ada dalam menu tersebut.

Jumlah ideal menurut pengalaman saya selama ini adalah sekitar 5 sampai 7 link yang ideal digunakan dalam menu navigasi blog, namun tentunya hal ini perlu disesuaikan dengan kapasitas dan jumlah artikel yang sudah ada dalam blog Anda.

5. Gunakan judul yang deskriptif dan menjelaskan isi didalamnya

Perubahan kecil yang Anda lakukan akan membawa dampak yang cukup besar bagi pengalaman pengguna, khususnya penamaan judul link dalam menu navigasi blog Anda.

Misalnya saja Anda menambahkan link dengan judul "TIM" dan mengubahnya menjadi "Temui Tim Kami", hal ini akan memberikan nilai informasi yang jelas bagi pengunjung sehingga pengunjung memahami apa isi halaman yang ada dalam link tersebut.

Begitu pula untuk SEO,  judul yang deskriptif pada link navigasi menu juga akan lebih disukai oleh search engine karena link tersebut bisa menjelaskan tentang apa isi halaman yang ada didalamnya.

Baca juga : Cara memilih nama dan judul blog

6. Jadikan logo pada blog Anda selalu menuju ke halaman homepage

Sudah bukan rahasia lagi jika logo wajib menjadi sebuah link yang menuju halaman homepage. Sebagaimana perilaku pengguna internet yang sudah paham dan lazim menggunakan logo untuk menuntun mereka ke halaman utama (homepage)  sebuah blog....

...maka ketika logo blog Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya (tidak mengarah ke homepage), hal ini akan membuat pengguna berfikir sejenak tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya untuk menjelajahi blog Anda.

7. Pastikan semua Link Navigasi blog anda dapat di klik dan menuju halaman yang tepat.

Adakalanya kita sebagai pengelola blog ingin menambahkan atau mengurangi link navigasi untuk mendapatkan penyajian menu yang ideal baik untuk diri sendiri maupun pengunjung.

Terkadang pula, tanpa kita sadari link yang kita masukkan tidak sesuai ataupun alamat urlnya kurang , sehingga link tersebut tidak dapat dibuka atau menuju ke halaman yang berbeda dengan yang kita harapkan.

Untuk menyediakan navigasi blog yang baik, maka pastikanlah  bahwa semua link yang kita gunakan sebagai link navigasi dapat dibuka dan mengarah ke halaman yang tepat.

8. Pastikan link navigasi blog yang sudah Anda sediakan dapat diakses pada seluruh halaman blog yang ada.

Sudah selayaknya, link navigasi blog yang Anda sediakan dapat diakses oleh pengunjung di setiap halaman yang ada.

Posisi yang tetap dan konsisten untuk navigasi blog disetiap format halaman blog, mutlak diperlukan agar pengunjung tidak merasa kebingungan ketika ia harus berpindah dari satu halaman kehalaman yang lain.


Kesimpulan


Untuk membuat blog Anda mudah untuk dijelajahi dan ditelusuri oleh pengunjung, maka sudah sepantasnya Anda menyediakan Navigasi blog yang baik dan mudah untuk diakses.

Bukan saja karena manfaat yang sudah dijelaskan diatas, navigasi yang baik dapat membantu Anda untuk meningkatkan jumlah pageviews serta mempercepat perkembangan blog sesuai dengan yang sudah diharapkan.  Demikianlah artikel Tips membuat Navigasi blog yang baik ini saya sampaikan semoga bermanfaat.

Berlangganan Artikel Via Email :

4 comments:

  1. Terima kasih. Ini artikel yang baik sekali membahas tentang navigasi blog. Salam hangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam hangat kembali, terima kasih juga sudah menyempatkan diri untuk berkunjung dan berkomentar di blog saya :)

      Delete
  2. Tetimakasih gan...sangat membantu...hampir sama dengan kasus yang saya alami ketika saya ditolak oleh google adsense alasanya yaitu navigasinya tidak jelas..padahal saya sudah benar dalam penempatan linknya entah apa penyebab sebenarnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan, terima kasih kembali sudah berkunjung, semoga cepat di approve GA nya. :)

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link di komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.