Apa itu Meta Tags ? pengertian dan penggunaan dalam template

Untuk mengelola blog menjadi lebih baik lagi, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan kemampuan blog Anda supaya lebih SEO friendly.

Salah satu metode yang dianjurkan dalam optimasi SEO ON PAGE  adalah penggunaan Meta Tags.

Meta tag diperlukan karena berfungsi sebagai sumber informasi data yang menjelaskan isi halaman dalam dokumen HTML atau XHTML (bahasa program pembentuk halaman web/blog) untuk para robot dan spider search engine.

apa itu meta tags

Sebagai pelengkap untuk membantu Anda memahami apa itu Meta Tag dalam template blog, maka pada artikel kali ini, saya akan menginformasikan tentang apa itu Meta Tags, letak dan penggunaannya secara ringkas.  Selamat membaca.


Apa itu Meta Tags ?


Meta adalah elemen atau tag dalam bahasa pemrograman HTML atau XHTML yang berfungsi sebagai pemberi informasi metadata dari sebuah halaman web (wikipedia).   Meta tags ini menjadi sumber data informasi bagi para robot dan spider saat melakukan perayapan di sebuah halaman web/blog.

Informasi-informasi yang terkandung didalam meta tag tersebut merupakan gambaran dan deskripsi yang akan menjelaskan apa isi konten halaman tersebut secara ringkas dan deskriptif, seperti contohnya  penulis dokumen, deskripsi dokumen, modifikasi terakhir dokumen, negara, dan beragam bentuk meta data lainnya yang diperlukan untuk menjelaskan halaman dokumen tersebut.


Lalu dimana letak Meta Tags ?


Pada sebuah template blog, letak Meta Tags ini terdapat didalam elemen  <head> dan </head> . Seperti pada postingan saya sebelumnya mengenai title tag dan heading tag, setiap elemen yang terletak didalam tag <head> tidak akan tampil dan tidak akan dilihat oleh pengunjung, namun data-data didalam tag head ini tetap akan digunakan oleh search engine sebagai data indeks halaman.

Catatan:
<meta> tag juga bisa dipasang didalam elemen body, namun tidak direkomendasikan, dan untuk pemasangannya kode <meta> tag tersebut wajib di Parse terlebih dahulu.


Bagaimana bentuk dan atribut  Meta Tags ?


Meta Tags diawali dengan kode <meta> , sedangkan untuk akhirannya (end tag) tergantung dari bahasa yang digunakan , apakah HTML atau XHTML (untuk penjelasan lebih lanjut sudah saya rangkum diparagraf berikutnya).  Ada beberapa atribut umum yang sering digunakan dalam Meta Tags ini, yaitu:

1. charset  
Memiliki  value (nilai) character_set.  Menjelaskan spesifikasi character encoding yang digunakan dalam dokumen HTML. sebagai tambahan, charset hanya digunakan satu kali pada setiap halaman HTML, dan untuk kebanyakan halaman web saat ini, digunakan UTF-8.

Contoh : <meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/>

2. content
Memiliki value (nilai) text.  Menjelaskan dan memberikan nilai yang berkaitan dengan atribut name atau atribut http-equiv.

Contoh: <meta content='IE=EmulateIE7' http-equiv='X-UA-Compatible'/>

3. http-equiv 
Memiliki value (nilai) content-type, default-style, refresh. Menyediakan sebuah header HTTP untuk informasi nilai atribut content.

Contoh: <meta content='id-in' http-equiv='content-language'/>

4. name
Memiliki value (nilai) application-name, author, description, generator, keywords. Menspesifikasikan sebuah nama untuk sebuah meta data.

Contoh: <meta content='index, follow, noodp, noydir' name='robots'/>

5. scheme
Memiliki value (nilai) format/URI. Menspesifikasikan sebuah skema yang akan digunakan untuk menginterpretasikan sebuah nilai dalam content atribut. Saat ini atribut scheme tidak support untuk bahasa HTML5.


Penggunaan Meta Tags


Karena fungsinya yang menjadi data informasi bagi search engine, maka penggunaan Meta Tag merupakan modal bagi Blog Anda agar lebih disukai oleh search engine. Disini akan dijelaskan penggunaan <meta> tag pada bahasa HTML dan  XHTML yang digunakan pada template Blogspot saat ini.

Bahasa HTML
Dalam bahasa HTML <meta> tag tidak diakhiri / tanpa akhiran end tag seperti ini </meta> atau . ./>

Berikut adalah salah satu contoh penggunaan Meta Tags yang akan memberikan informasi kepada robot dan spider tentang siapa nama penulis (author) pada sebuah dokumen HTML.
<meta name="author" content="Teguh Cahyono">
Meta Tags ini akan menginformasikan kepada robot dan spider bahwa didalam dokumen HTML tersebut menggunakan nama penulis dengan nama  Teguh Cahyono. Bisa Anda perhatikan bahwa diakhir kode tidak menggunakan end tag.


Bahasa XHTML
Untuk bahasa XHTML tag <meta> wajib diakhiri / dengan akhiran end tag seperti ini </meta> atau . ./>.

Contoh lainnya dibawah berikut ini adalah penggunaan Meta Tag description, yaitu meta tag yang berisikan data tentang deskripsi halaman pada sebuah dokumen XHTML.
<meta name="description" content='langkah-langkah membuat blog di blogspot'/>
Meta Tags ini akan menginformasikan deskripsi halaman tentang langkah-langkah membuat blog di Blogspot kepada search engine. Untuk bahasa XHTML diatas, pada akhir kode ditutup dengan end tag.


Pentingkah Meta Tags untuk SEO ?


Pada Panduan Pengoptimalan Mesin Telusur yang sudah diterbitkan oleh Google, disitu dijelaskan bahwa dibutuhkan deskripsi yang jelas dan ringkas agar search engine dapat memahami apa isi konten dalam halaman tersebut.

Untuk memberikan deskripsi pada setiap dokumen HTML, Anda dapat memaksimalkan penggunaan Meta Tags description. Meta Tags description merupakan elemen kedua yang cukup penting  setelah tag TITLE dalam template.

Meta Tag Description dianggap penting karena meta tag ini merupakan Meta data yang akan memberikan informasi singkat tentang deskripsi dan isi sebuah halaman. Meta Tags description  ini seringkali digunakan Google pada hasil SERPs sebagai snippet (potongan kalimat).

Contoh Snippet di dalam hasil SERPs
Contoh Snippet di dalam hasil SERPs

Selain Meta Tag description, sebenarnya  masih banyak jenis-jenis  Meta Tag yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan SEO blog Anda,  namun untuk Google Search Engine, tidak semua Meta Tag tersebut digunakan, berikut adalah beberapa daftar Meta Tag yang digunakan dan dimengerti oleh Google Search Engine.

1. <meta name="description" content="A description of the page" />
  • Meta tag description - sudah dijelaskan di paragraf sebelumnya-

2.  <title>The Title of the Page</title>
Untuk tag yang satu ini, Google sendiri menjelaskan bahwa secara teknis title ini bukanlah sebuah meta tag, namun tag ini sering digunakan bersamaan dengan Meta Tag description. Fungsi tag ini adalah sebagai informasi judul sebuah dokumen HTML.

3. <meta name="robots" content="..., ..." />  atau  <meta name="googlebot" content="..., ..." />
Meta Tag ini bisa mengontrol perilaku search engine saat mengindex dan melakukan perayapan. Ada beberapa value(nilai) yang bisa di gunakan yaitu :
  • noindex - halaman tidak akan di indeks search engine
  • nofollow - mencegah googlebot menelusuri link lebih jauh di halaman tersebut
  • nosnippet - mencegah potongan kalimat (snippet) dalam dokumen tersebut agar tidak muncul di SERPs
  • noodp - mencegah penggunaan deskripsi lain yang ada didalam Open Directory Project (ODP)
  • noarchive - mencegah Google menampilkan link tembolok (chached) pada sebuah halaman.
  • none - penjelasan serupa dengan nosnippet dan nofollow.

4.<meta name="google-site-verification" content="..." />
Meta tag ini digunakan sebagai informasi yang menjelaskan bahwa blog Anda sudah diverifikasi dan didaftarkan  kedalam  Google Search Console (Webmaster). Untuk mengisi nilai contentnya , anda perlu mendaftarkan blog Anda ke Google Search Console terlebih dahulu.

Cara pendaftaran Google Search Console, silahkan Anda baca artikelnya di postingan Cara  agar blog cepat terindex google ini.

5.<meta http-equiv="Content-Type" content="...; charset=..." />
Meta Tag ini akan mendeskripsikan character set yang digunakan dalam dokumen html template tersebut,  disarankan untuk menggunakan Unicode/UTF-8 jika memungkinkan.

Berikut adalah potongan gambar Meta tag yang digunakan pada blog ini, untuk melihat lebih banyak, Anda dapat menggunakan ctrl+u untuk melihat sumber halaman sebuah dokumen html.
contoh penggunaan meta tags dalam template blog
contoh penggunaan meta tags dalam template blog

Untuk detail Meta Tags dan perilaku robot saat mengindeks halaman , Anda bisa membacanya pada Perintah pengindeksan & penyajian yang valid di laman Panduan Google Developers yang saya sertakan pada link sumber di bawah artikel ini.

Untuk kemudahan dalam membuat meta tag, Anda bisa mencoba tool meta tag generator yang bisa Anda gunakan pada halaman meta tag generator berikut ini.

Demikianlah artikel mengenal meta tag dan penggunaannya pada template blog bisa saya informasikan, semoga bermanfaat.

Sumber:
1. wikipedia : Meta
2. w3school.com : HTML <meta> tag
3. Google Developers : Spesifikasi tag meta robot dan header HTTP X-Robots-Tag

Berlangganan Artikel Via Email :

2 comments:

  1. Mantab gan informasinya lengkap banget terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama gan terima kasih juga kunjungannya :)

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.