Cara merubah judul blog pada blogger agar SEO friendly

Judul blog memiliki peran yang cukup penting untuk membangun kredibilitas blog Anda.  Satu dari sekian banyak fungsinya,  Judul blog merupakan bagian dari identitas, informasi, dan merek yang dapat membentuk opini tentang apa tema dan isi konten yang di usung pada Blog Anda tersebut, baik untuk pengguna maupun untuk mesin pencari.

Pemilihan nama yang tidak tepat di setiap laman blog Anda dapat mempengaruhi kinerja dan performa blog Anda terhadap peringkat SERPS serta perkembangan jumlah pengunjung untuk masa yang akan datang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda perlu melakukan perubahan - perubahan dasar pada struktur judul di tiap tipe - tipe halaman blog Anda.

Baca juga : Cara memilih nama judul blog

Jika kita perhatikan struktur template pada blog blogspot, secara default ia menyusun struktur judul blog dengan urutan judul blog terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan judul postingan, sedangkan untuk halaman tipe lainnya ia hanya menampilkan judul blog saja.

Berikut adalah contoh susunan judul pada template standard yang disediakan blogspot untuk halaman beranda (homepage), halaman tipe archive, ataupun tipe halaman error 404
Nama blog Anda
Sedangkan untuk halaman postingan akan tersusun seperti berikut
Nama blog Anda:Judul postingan 

Untuk halaman tipe archive, halaman error, struktur judul seperti diatas mungkin tidak terlalu berpengaruh karena adanya penggunaan tag noindex dan nofollow. Namun khusus untuk halaman posting, struktur judul diatas bisa mempengaruhi peringkat halaman tersebut di SERPS.

Coba Anda perhatikan pola dan susunan yang dibentuk oleh struktur template yang sudah disediakan oleh blogspot, susunan ini terasa kurang begitu SEO friendly.

Salah satu penyebab yang bisa saya simpulkan dari struktur tersebut adalah posisi judul untuk nama blog Anda selalu berada di posisi paling depan yaitu tepat didepan judul postingan, ditambah lagi dengan penggunaan tanda baca : (titik dua) yang memotong judul tepat setelah judul blog.

Menurut saya pribadi, hal tersebut mengurangi keunikan judul untuk setiap tipe halaman posting.

Hal ini sejalan dengan informasi yang sudah saya baca di buku Panduan Pengoptimal Mesin Telusur  terbitan Google bahwa judul menjadi elemen yang penting untuk mendukung optimasi SEO di blog Anda.
Tag judul memberi tahu pengguna dan mesin telusur mengenai topik tertentu suatu laman. Tag <title> seharusnya ditempatkan di dalam tag <head> dari dokumen HTML (1). Idealnya, judul yang unik diperlukan untuk setiap laman pada situs Anda.

sumber: Google - panduan pengoptimal mesin telusur hal 4

Dalam kalimat tersebut di jelaskan bahwa idealnya, judul yang unik diperlukan untuk setiap laman pada situs Anda khususnya untuk judul / Title yang terletak diantara kode tag <head> dan </head> .

Ini artinya, setiap laman yang ada di blog Anda memerlukan keunikan judul baik isi maupun strukturnya. Oleh karena itu, maka kita perlu mengganti susunan struktur judul blog supaya lebih unik dan ramah di mata mesin pencari.

Judul blog yang unik dan original lebih SEO friendly


Cara merubah judul blog agar SEO friendly


Untuk merubah judul blog agar lebih unik dan SEO friendly, Anda perlu log-in terlebih dahulu di Blogger. Setelah Anda masuk di dashboard blogspot Anda, pilih menu template. Sebelum melakukan perubahan sebaiknya Anda melakukan Back up template untuk menghindari kesalahan saat pengeditan.

Jika anda sudah mem- back-up template, masuklah ke mode edit html, kemudian lakukan cara merubah judul blog agar lebih SEO friendly seperti pada langkah dibawah berikut.

1. Pertama, silahkan Anda cari kode dibawah berikut.
<title> <data:blog.pageTitle/> </title>
Letaknya ada didalam tag <head> persis dibawah kode <b:include data='blog' name='all-head-content'/>

2. Ke dua, hapus kode tersebut kemudian ganti dengan kode berikut
<b:if cond='data:blog.pageType ==  &quot;item&quot;'>
<title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>

3. Ke tiga, simpan perubahan template yang sudah dilakukan

4. Ke empat, periksa hasil perubahan  dengan membuka blog Anda  untuk 2 halaman berbeda yaitu halaman beranda dan halaman postingan

5. Ke lima, Gerakan kursor (mouse) tepat diatas tab browser pada halaman yang sedang Anda buka, atau dengan menekan CTRL + U untuk melihat perubahan title (judul) melalui view-source kode html blog Anda di browser pada masing-masing halaman tadi.

Jika benar, maka secara otomatis susunan judul blog Anda akan berubah dan tersusun seperti berikut.

Pada halaman beranda (homepage), halaman tipe archive, ataupun tipe halaman error 404
Nama blog Anda
Sedangkan untuk halaman postingan akan tersusun seperti berikut
Judul postingan -  Nama blog Anda

Baca juga :  Cara  mengubah judul postingan supaya memiliki heading tag H1


Kesimpulan

Perubahan judul blog ini berlaku untuk halaman postingan, yaitu dengan menjadikan judul postingan Anda berada di depan judul blog.

Perubahan ini akan membuat mesin pencari menjadi lebih mudah untuk menemukan "keunikan judul" pada setiap postingan blog Anda, sehingga artikel Anda bisa ditempatkan pada peringkat SERPS yang lebih baik. Demikianlah artikel Cara merubah Judul blog pada blogger agar SEO friendly bisa saya sampaikan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Berlangganan Artikel Via Email :

3 comments:

  1. Makasih,, kebetulan blog saya menggunakan template bawaan blogspot. Skalian mw tanya, bagaimana pengaruh menggunakan template bawaan pada peringkat SERPS.. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya, template bawaan kurang seo friendly, salah satunya adalah masalah kecepatan ,struktur title dan heading tag.

      Tapi template bawaan yang optimasinya tepat ga kalah saing kok sama template premium.

      Cuma kalau bicara template bawaan tanpa optimasi aga ngenes di serps
      Pengalaman saya susah untuk tembus di halaman 1.

      Delete
    2. Oh gitu, klo bgitu saya coba optimasi dulu template saya. Makasih!

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.