Perlakuan url link dan gambar setelah mengubah protokol redirect to https di Blogspot

Pada postingan saya sebelumnya tentang cara merubah http menjadi https di blog blogspot beberapa waktu yang lalu, saya mendapatkan 2 pernyataan dari komentar - komentar yang masuk. Beberapa mengeluhkan tentang perubahan yang kurang baik akibat mengubah protokol http blogspotnya menjadi https.

Salah satunya berkomentar tentang bagaimana perlakuan pada url gambar yang sudah diupload kedalam postingan lama blognya?

Sedangkan untuk yang lainnya juga merasa kerepotan karena harus mengedit url link dalam postingan lamanya yang masih menggunakan protokol http secara satu persatu (khususnya untuk artikel yang sudah lama terbit).

Pada artikel kali ini, saya mencoba untuk memberikan penjelasan terhadap apa yang terjadi sebanyak yang saya pahami. Sebagai catatan: Artikel ini hanyalah penjelasan menurut pribadi saya saja, bisa dimungkinkan belum benar adanya.

Jika Anda memiliki saran dan info yang lebih tepat dan benar sehingga bermanfaat untuk pengunjung, silahkan bantu saya dengan memberikan komentar dan penjelasan Anda pada kolom komentar dibawah artikel ini.

Yang saya tangkap dari pernyataan pada dua komentar tersebut adalah sebagai berikut:


1. Apakah gambar-gambar ataupun link URL  pada postingan lama perlu diubah protokolnya secara manual setelah kita memilih redirect to https di blogspot ?

Sebelum kita merinci lebih jauh pada apa yang terjadi pada url gambar dan link akibat perubahan http ke https, maka sebaiknya kita memahami terlebih dahulu proses yang dilakukan saat kita mengubah protokol tersebut.

Perlakuan url link gambar setelah ubah ke https


Informasi singkat seputar redirect https blogspot yang saya ketahui


Untuk mengubah http menjadi https pada blogspot, kita diberikan opsi redirect to https dalam menu setting blogspot.

Ketika opsi ini dijalankan (memilih yes untuk redirect) artinya semua link  url secara otomatis akan di arahkan menuju protokol https.  Jika kita memilih no, maka redirect to https tidak akan bekerja dan semua protokol tetap berada pada jalur http saja.

Seperti yang sudah  kita ketahui sebelumnya, ketika kita menambahkan gambar kedalam postingan blog, maka gambar tersebut disimpan kedalam server tempat gambar tersebut diletakkan dan akan berbentuk link tautan (jika kita lihat melalui mode html) saat kita membuat postingan.

Protokol yang digunakan untuk gambar  tergantung dari protokol yang digunakan oleh situs pada server itu sendiri disaat Anda mengupload gambar tersebut.  Jika situs tempat Anda mengupload gambar masih menggunakan http maka URL link tautan akan menggunakan protokol http juga.

Bagi pengguna Blogspot, jika Anda menggunakan gambar sendiri dan melakukan penambahan gambar melalui proses upload saat membuat postingan blog, maka gambar tersebut akan tersimpan didalam server blogspot yang dimiliki Google.

Jika ini yang terjadi maka Anda tidak perlu mengubah protokol dari http menjadi https pada setiap gambar dalam postingan lama Anda.

Mengapa ?

Server blogspot yang dimiliki oleh Google sendiri saat ini sudah menggunakan protokol https, sehingga fungsi redirect to https yang ada pada menu setting blogspot bisa berjalan dengan normal. Ilustrasi yang bisa saya gambarkan adalah sbb :
  1. Gambar pada posting lama blog Anda menggunakan protokol http ( disimpan dalam server blogspot yang masih http )
  2. Server blogspot sekarang ini sudah menggunakan protokol https, maka secara otomatis gambar yang  tersimpan pada server blogspot sudah diarahkan ke protokol https (tanpa mengubah protokol http pada gambar yang sudah tersimpan dalam postingan lama Anda).
  3. Ketika Anda mengaktifkan https redirect, maka seluruh file gambar yang ada pada postingan lama di blog Anda secara otomatis akan diarahkan menuju protokol https saat dibuka melalui browser.
  4. Jika Anda tidak mengaktifkan https redirect, maka file gambar dalam postingan lama blog Anda akan tetap ditampilkan dengan menggunakan protokol http.
Ketika didapati link url yang tetap menggunakan http dan menyebabkan blogspot tidak bisa meredirect url tersebut menjadi https (contohnya adalah url link keluar blog menuju website lain yang tidak menggunakan protokol https) maka kondisi ini akan menyebabkan  konflik, sehingga protokol https tidak bisa bekerja secara normal.

Hal ini pula yang menyebabkan gambar gembok berwarna hijau untuk protokol https tidak akan tampil di search tab browser Anda. (tentu syarat lainnya untuk mengubah http menjadi https diblogspot sudah harus terpenuhi lebih dahulu)

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat perbedaan antara gambar dalam artikel lama dengan menggunakan 2 protokol yang berbeda yaitu http dan https.

Disini saya mengambil salah satu contoh postingan pada blog saya  lainnya yang sudah berhasil menggunakan protokol https.  Alamat url :
https://travelasiaindonesia.blogspot.co.id/2010/07/the-culture-of-betawi-at-setu-babakan.html 

Sedangkan gambar contoh yang akan kita periksa memiliki alamat url
https://4.bp.blogspot.com/-OoKiVYSJEKg/Tv82C7rPotI/AAAAAAAACq0/Loz38vqP524/s1600/gerbang+setu+babakan.jpg

Sebagai informasi tambahan, postingan diatas ini saya terbitkan pada bulan juli tahun 2010, artinya saat saya meng-upload gambar ke server blogspot, gambar ini masih menggunakan protokol http.


Perbedaan kondisi URL antara redirect https dengan tidak redirect https


1. Kondisi protokol url gambar saat https redirect "YES"

Url gambar saat dibuka melalui browser :
https://4.bp.blogspot.com/-OoKiVYSJEKg/Tv82C7rPotI/AAAAAAAACq0/Loz38vqP524/s1600/gerbang+setu+babakan.jpg

Url gambar saat dibuka dalam editor posting :
http://4.bp.blogspot.com/-OoKiVYSJEKg/Tv82C7rPotI/AAAAAAAACq0/Loz38vqP524/s1600/gerbang+setu+babakan.jpg


2.  Kondisi protokol url gambar saat https redirect "NO"

Url gambar saat dibuka melalui browser :
http://4.bp.blogspot.com/-OoKiVYSJEKg/Tv82C7rPotI/AAAAAAAACq0/Loz38vqP524/s1600/gerbang+setu+babakan.jpg

Url gambar saat dibuka dalam editor posting :
http://4.bp.blogspot.com/-OoKiVYSJEKg/Tv82C7rPotI/AAAAAAAACq0/Loz38vqP524/s1600/gerbang+setu+babakan.jpg

Dari hasil pengamatan ini, saya berkesimpulan bahwa gambar yang di upload kedalam server blogspot akan mengikuti protokol yang baru, meskipun dulunya di upload melalui protokol http. (kondisi ini bisa Anda temukan didalam editor postingan bahwa protokol pada link tautan gambar tetap menggunakan protokol http).

Maka, ketika protokol https pada setting blog diaktifkan, secara otomatis url gambar tersebut akan diarahkan menuju protokol https.  Sehingga atas dasar ini,  Anda tidak perlu mengubah setiap protokol gambar menjadi https di postingan lama blog Anda.

Akan lain halnya jika Anda menggunakan gambar yang menggunakan link url tautan langsung dari website lain. Jika website tersebut menggunakan protokol https, maka redirect to https blogspot pada gambar Anda tidak akan menjadi konflik.

Namun jika website penyedia gambar tersebut belum menggunakan protokol https ( masih menggunakan protokol http) maka redirect to https tidak bisa berjalan normal dan akan terjadi konflik.  Hal ini tentu juga berlaku untuk link dan url yang sudah tertanam dalam postingan lama blog Anda.

Artinya, jika itu internal link blog Anda sendiri, maka redirect https tidak masalah karena tetap berada di server Blogspot, dan jika outbond link, masalah redirect hanya terjadi jika url website yang digunakan sebagai url tautan juga tidak menggunakan protokol https.

Untuk mengatasi  konflik karena url tautan yang menuju website lain tanpa menggunakan https adalah dengan mengganti url tautan website lainnya yang juga menggunakan https, atau Anda bisa menghilangkan protokol http pada url link yang ada.

Demikianlah penjelasan yang saya ketahui tentang pertanyaan "apakah perlu mengubah semua protokol http pada gambar dan link di postingan lama blogspot secara manual ? ". Semoga bisa bermanfaat

Share ke : f tG+

No comments:

Post a Comment

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link di komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.