Ciri permalink SEO friendly beserta penjelasannya

Permalink adalah singkatan dari Permanent Link, sebuah istilah yang digunakan untuk URL pada halaman web baik itu berupa halaman posting maupun halaman statis.

Permalink secara otomatis di generate oleh Content Management System (CMS) masing-masing platform blog sesuai dengan sistem yang berlaku dalam CMS tersebut.

Umumnya permalink di generate kedalam bentuk ID unik bersamaan dengan pembuatan artikel posting blog ataupun page yang baru.

Oleh karena ID yang di hasilkan unik dan bersifat permanen, maka permalink menjadi identitas tetap sebuah halaman blog.

ciri-ciri-permalink-seo-friendly



Posisi, bentuk dan struktur permalink 


Posisi permalink diketahui terletak di bagian belakang URL. Perhatikan contohnya pada gambar dibawah berikut.

Contoh-posisi-dan-struktur-permalink
1. Alamat URL (Uniform Resources Locator)
2. Permalink sebuah halaman

Pada contoh gambar diatas, bagian bernomor 1 adalah alamat URL domain blog Anda, sedangkan untuk nomor 2 adalah alamat permalink untuk halaman postingnya.

Penempatan dan pengaturan susunan permalink di dalam sebuah alamat URL blog, sangat tergantung pada CMS dan platform blog yang digunakan.

Berikut adalah beberapa macam contoh susunan URL beserta permalink yang umum diketahui.

  • http://www.mengelolablog.com/?p=123
  • http://www.mengelolablog.com/2016/02/04/sample-post/
  • http://www.mengelolablog.com/2016/02/sample-post/
  • http://www.mengelolablog.com/sample-post/
  • http://www.mengelolablog.com/archives/123

Dari susunan di atas, bisa Anda perhatikan bahwa permalink memiliki susunan dan struktur yang berbeda-beda.

Ada susunan permalink yang langsung menggunakan ID halaman, ada yang menggunakan direktori tahun dan bulan terlebih dahulu, ada juga struktur yang menggunakan label arsip setelah URL utama, dan lain-lain. Setidaknya disini Anda bisa menemukan 5 model susunan dan struktur permalink yang digunakan pada sebuah URL.


Permalink dan kaitannya dengan SEO


Secara umum, Search engine dibuat dengan tujuan untuk membantu pengguna menemukan informasi yang tepat sesuai dengan keinginan pengguna.

Untuk memudahkan pengguna, maka search engine juga membutuhkan hal-hal didalam situs / blog yang juga memberikan kemudahan bagi penggunanya. Salah satunya adalah permalink dengan susunan yang mudah dipahami dan di identifikasi oleh pengguna.

Seperti yang Anda ketahui saat menggunakan mesin pencari Google, permalink juga ikut ditampilkan didalam halaman hasil tersebut. Terletak tepat di bawah judul dengan tulisan berwarna hijau persis seperti yang bisa Anda lihat pada contoh gambar dibawah berikut

tampilan-permalink-di-serp

Oleh karena itu, maka Anda perlu mengetahui bagaimana ciri-ciri permalink yang ramah untuk pengguna dan SEO friendly agar bisa Anda terapkan pada blog Anda.


Berikut adalah ciri-ciri permalink yang SEO friendly


1. Susunan dan struktur permalink sederhana


Ciri pertama permalink SEO friendly adalah permalink tersebut memiliki susunan dan struktur yang sederhana.

Struktur yang sederhana akan memudahkan pengguna untuk mengetahui secara cepat posisi dan navigasi situs pada halaman yang sedang dikunjungi.

Contoh struktur permalink yang dianjurkan

https://www.namabloganda.com/contoh-struktur-permalink.html

Berikut adalah contoh permalink yang kurang baik untuk SEO

https://www.namabloganda.com/dir1/dir2/dir3/dir4/dir5/contoh-struktur-permalink.html

Permalink yang menampilkan terlalu banyak direktori (apalagi yang bertumpuk) selain kurang dipahami pengguna, juga tidak disukai oleh search Engine.

Semakin sederhana permalink yang dibuat, diharapkan akan semakin memudahkan pengguna dan Search Engine.


2. Menggunakan kata-kata yang deskriptif dan mengandung kata kunci


Ciri permalink yang ramah terhadap mesin pencari adalah menggunakan kata kunci yang deskriptif (menjelaskan secara singkat) serta relevan terhadap isi konten didalam halaman tersebut.

Tujuannya adalah untuk memudahkan pengguna saat melihat dan mengingat URL situs dari halaman yang sedang dikunjungi.

Coba Anda perhatikan permalink dengan bentuk seperti berikut

http://www.mengelolablog.com/2016/12/0bZ4IVkBAAA.Fvm5tUDoV2p1jBN9BmTQw4Kuq0g7Ifh19yFnUR0IeVOLu4vQmJ8tAIxGuYz-oSsz1htsscoTLz8VFiisw.raoT6mrm5dNV51wS4re2Aw&postId=35125335591169646&type.html

Saya yakin Anda pasti bingung jadinya . .

Coba Anda bandingkan dengan contoh permalink dibawah ini

http://www.mengelolablog.com/2016/12/cara-mengatur-jadwal-terbit-artikel.html

Lebih mudahkan mengingatnya . .

Menggunakan kata di dalam permalink akan mempermudah pengguna mengingat disaat mereka ingin membuka halaman tersebut pada bookmark browser mereka.

Akan menjadi lebih baik lagi jika kata yang digunakan pada permalink juga menggunakan kata kunci yang di target pada artikel yang sudah Anda buat.

Meskipun begitu,  penggunaan kata kunci yang saling tumpang tindih, terlalu banyak sehingga menyebabkan kalimat pada permalink menjadi tidak bermakna serta tidak sesuai dengan isi artikel, bisa menyebabkan peringkat artikel menjadi tidak sebaik yang diharapkan.

Buatlah permalink yang mudah dipahami pengguna dengan singkat, padat dan menjelaskan isi artikel.


3. Menggunakan hypens (-) sebagai penghubung antar kata


Search Engine Google menggunakan Hypens (tanda hubung) sebagai pemisah kata. Sedangkan penggunaan Underscore (garis bawah) dianggap oleh Google sebagai penyambung kata.

Ketika ada 2 kata yang disandingkan dengan Hypens (-) maka dihitung sebanyak 2 kata juga, sedangkan untuk kata-kata yang dihubungkan dengan Underscore (garis bawah), Google menghitungnya sebagai 1 kata, contoh :

mengelola-blog ; dianggap 2 kata yaitu kata mengelola dan kata blog

sedangkan

mengelola_blog ; dianggap sebagai 1 kata saja yaitu mengelolablog

Jika dikaitkan dengan SEO maka penggunaan underscore pada permalink tentu akan memperkeruh makna dari kata kunci / keyword yang ditarget sehingga dapat menyebabkan rendahnya peringkat artikel di SERPs.

Pun sebaliknya, peringkat lebih baik bisa dicapai dengan menggunakan Hypens (-) sebagai penghubung antar kata ketika membuat permalink.

Ini berarti bahwa permalink yang menggunakan Hypens (-) sebagai pemisah kata akan lebih SEO friendly dibanding dengan permalink yang menggunakan underscore.


Kesimpulan

Permalink secara otomatis digenerate oleh CMS saat artikel baru di buat berupa ID unik yang sulit untuk dimengerti oleh pengguna, bisa dikatakan link yang diciptakan tidak SEO friendly.

Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini rata-rata CMS sudah mengijinkan pengelola blog untuk memodifikasi susunan permalink ini (walaupun beberapa diantaranya hanya bisa sebagian saja seperti blogspot).

Dengan mengetahui ciri-ciri permalink yang SEO friendly serta menerapkannya di setiap artikel blog yang baru, setidaknya Anda sudah berusaha untuk menghindari kesalahan-kesalahan kecil yang bisa berdampak besar terhadap peringkat posting blog baru Anda tersebut.

Demikianlah artikel tentang permalink dan ciri-cirinya yang SEO friendly ini bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.
Share ke : f tG+

No comments:

Post a Comment

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link di komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.