Cara menghapus artikel diblog

Ketika Anda mengelola artikel blog, mungkin hanya sebagian saja artikel yang menjadi primadona untuk mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya. Dan dari sekian banyak artikel itu pula, pasti ada artikel yang performanya sangat jelek, sehingga Anda tidak menginginkan lagi artikel tersebut berada di blog.

Mungkin ada beragam alasan lainnya yang menjadi pertimbangan Anda untuk menghapus satu atau banyak artikel di blog.

Bisa karena artikel tersebut sudah tidak relevan dan tidak sesuai jaman, performanya yang sudah tidak baik lagi di SERPS, atau Anda ingin menjadikan blog Anda hanya mengulas niche tertentu saja.

menghapus artikel blog SEO friendly

Cara menghapus artikel di blogspot sangatlah mudah, ikuti langkah dibawah berikut ini

  1. Masuk ke Blogspot Anda
  2. Pilih Blog yang artikelnya akan dihapus
  3. Pada menu sebelah kiri pilih Posts
  4. Centang kotak kecil didepan artikel yang ingin Anda hapus
  5. Pilih ikon tempat sampah di menu bagian atas untuk menghapus artikel yang sudah ditandai.
  6. Klik Oke pada pop up yang muncul untuk mengkonfirmasi penghapusan artikel
cara menghapus artikel di blogspot
cara menghapus artikel di blogspot

Selamat !! Anda sudah berhasil menghapus artikel di blog. Artikel tersebut sudah benar-benar hilang dari blog Anda

tapi tunggu dulu ...

Artikel yang di hapus hanya dari blog saja, bisa merusak performa SEO Blog Anda di Search Engine (meskipun sifatnya sementara).

Pasalnya, artikel yang sudah Anda hapus dari blog, masih ada dan masih terindeks di search engine.

Untuk beberapa waktu kedepan, artikel akan tetap ada di indeks search engine, bisa seminggu, sebulan, atau lebih, sampai search engine benar-benar menghapus artikel tersebut dari data indeksnya.

Anda tidak mengetahui kapan artikel tersebut benar-benar hilang dari indeks search engine, jika begini terus, maka bisa berdampak langsung buat pengunjung blog Anda.


Apa yang terjadi. . .

Bagi pengunjung yang kebetulan menemukan link artikel blog yang sudah di hapus tadi, bisa  melalui search engine ataupun melalui internal link pada postingan lainnya di blog Anda, mereka akan segera kecewa.

Ketika pengunjung mengklik link tersebut, pengunjung akan diarahkan ke halaman ERROR 404 dengan status halaman tidak ditemukan.

Halaman error 404 adalah halaman yang bukan menjadi harapan mereka saat mengunjungi blog Anda.

Banyaknya halaman error 404 dengan status halaman tidak ditemukan, membuat reputasi blog Anda turun dimata search engine. Selain itu, pengunjungpun akan segan dan malas untuk berkunjung kembali ke blog Anda.

Artinya, ini akan membuat Search Engine Optimization di blog Anda pun berangsur-angsur ikut jatuh dan terjungkal.

Apa yang harus dilakukan ? . . . . MUDAH !

Memastikan bahwa artikel blog yang dihapus tadi juga ikut dihapus dari indeks search engine melalui Search Console (webmaster tool)

Gampang ya nulisnya, enak aja nih admin. . . . memang gimana caranya ?

OK, sebelum Anda log in ke dalam webmaster tools (search console), Anda perlu menemukan dan menelusuri kembali alamat URL dari artikel yang sudah Anda hapus tadi (kalau Anda masih menyimpan alamat URL lengkapnya lewati saja langkah ini).

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menemukan alamat URL dari artikel yang baru saja Anda hapus :
  1. Dengan mengetikkan site:namabloganda di searchbox browser lalu menelusuri satu persatu sampai Anda menemukan link artikel di halaman serps search engine.
  2. Memanfaatkan sitemap.xml blog Anda. Ketikkan sitemap.xml di akhir alamat URL blog Anda seperti pada contoh berikut ini http://www,namabloganda.blogspot.com/sitemap.xml kedalam search bar di browser Anda. Silahkan telusuri file xml yang tampil tersebut untuk menemukan alamat URL yang sudah dihapus.
Setelah Anda menemukan alamat URL lengkapnya simpan sementara di notepad, karena setelah itu kita akan meneruskan penghapusan dilangkah selanjutnya.

Alamat URLnya sudah ketemu, apa lagi nih ?
  1. Login ke webmaster tools (Search Console), pilih blog yang sudah terhapus artikelnya
  2. Pilih menu Google indeks
  3. Klik Hapus URL
  4. Klik Buat permintaan penghapusan baru
  5. Inputkan alamat URL artikel blog Anda kedalam kotak tersebut
  6. Klik tombol bertuliskan Terus
menghapus artikel blog di search console
Cara menghapus artikel dari Search Console

Proses penghapusan sudah selesai, Anda hanya tinggal menunggu 1 sampai 3x24 jam untuk mengetahui alamat url artikel postingan blog tersebut benar-benar hilang dari hasil pencarian google.


Kesimpulan

Mengelola artikel, termasuk menghapus ataupun mengupdate artikel blog memerlukan beberapa tindakan yang tepat agar dampak buruk yang dihasilkan dari perubahan tersebut tidak berimbas terlalu jauh terhadap performa SEO di blog Anda secara keseluruhan.

Oleh karena itu, untuk menghindari kondisi diatas,maka saat Anda membuat dan menerbitkan artikel, akan lebih baik jika Anda bisa memastikan terlebih dahulu bahwa artikel tersebut benar-benar sejalan dengan tema dan topik blog yang sudah diusung sebelumnya.

Demikianlah artikel Cara tepat menghapus artikel blog agar tidak mengganggu SEO ini bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Berlangganan Artikel Via Email :

No comments:

Post a Comment

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link di komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.