4 halaman penting yang wajib ada di blog

Untuk membangun sebuah blog yang lebih baik, ada beberapa kriteria yang wajib dipenuhi oleh setiap pengelola blog. Salah satunya adalah dengan menyediakan halaman-halaman penting yang wajib ada didalam blog tersebut.

Halaman-halaman ini akan menjadi sebuah identitas dan pengenal, batasan pengunaan informasi serta dapat menunjukkan itikad baik dari pengelolanya untuk selalu memberikan informasi yang dapat dipertanggung jawabkan.

Jika blog yang dikelola bersifat personal, maka halaman-halaman yang akan disampaikan dalam artikel kali ini sifatnya tidak wajib.

Namun untuk blog yang dikelola untuk tujuan komersial dan atau yang berkaitan dengan kerjasama (periklanan, affiliasi, dan semacamnya) maka halaman-halaman penting ini wajib ada untuk mendukung keamanan masing-masing pihak yang berkepentingan.

Dari sekian banyak halaman blog, ada 4 halaman penting yang wajib untuk disediakan. Berikut adalah ke empat halaman tersebut.

4-halaman-penting-yang-wajib-di-blog

1. Halaman About (About page)


About page atau sering juga disebut dengan halaman profil, tentang kami, about us, dan semacamnya, merupakan halaman yang akan memberikan informasi terkait pengelola blog, tujuan blog itu dibuat, serta hal-hal lain yang bisa mewakili isi blog secara singkat.

Halaman about page ini juga dapat menunjukkan tingkat keseriusan serta profesionalisme seorang pengelola situs / blog.

Coba Anda perhatikan halaman About page blogger profesional seperti Darren Rowse, Yodia Antariksa, Herman Yudiono serta banyak lagi blogger profesional yang lainnya.

Informasi pribadi berupa foto diri atau resume singkat tentang siapa orang dibalik blog tersebut berani mereka tampilkan.

Dengan begitu, informasi-informasi yang disampaikan di dalam blognya akan dibuat sedemikian rupa, sehingga bisa dipertanggungjawabkan serta mematuhi norma-norma yang berlaku di masyarakat.

Dengan adanya halaman about page yang bisa dipercaya, pengunjung akan merasa lebih yakin serta aman ketika mengunjungi blog tersebut.

Selain hal diatas, transparansi yang ditampilkan melalui halaman about page ini, akan membuka jalan bagi sesama blogger untuk menjalin pertemanan ataupun kerjasama.


2. Halaman Kontak (Contact Page)


Halaman kontak merupakan salah satu halaman yang cukup penting dan wajib ada di dalam sebuah blog / website. Memiliki fungsi utama sebagai media korespondensi formal dan personal antara pemilik dengan pengunjung blog.

Meskipun banyak media lain yang bisa digunakan untuk berkomunikasi, halaman kontak tetap menjadi pilihan utama.

Anda bisa saja menggunakan alamat email yang langsung dipasang di blog , namun ada kemungkinan email yang Anda pasang akan digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengirimkan beragam email sampah.

Sedangkan jika dilihat dari penggunaannya, halaman kontak ini dianggap mampu memberikan keamanan privasi bagi kedua belah pihak.

Umumnya, halaman kontak dibuat dengan menggunakan form yang bisa langsung diisi oleh pengunjung (anda bisa melihat contohnya langsung di halaman kontak ini)

Setelah pesan selesai di input dan di submit oleh pengunjung, secara otomatis formulir ini akan mengirim pesan ke alamat email yang digunakan oleh pemilik blog.

Hal ini akan memudahkan pemilik blog mengetahui dengan cepat jika ada pengunjung yang menghubunginya tanpa perlu khawatir alamat emailnya dimanfaatkan orang lain.

Selain itu, dengan adanya halaman kontak, pengunjung menjadi lebih mudah untuk menghubungi pemilik blog karena ia tidak perlu repot-repot login dan membuka email mereka terlebih dahulu.


3. Halaman Privacy policy


Halaman selanjutnya yang perlu ada didalam blog Anda adalah halaman Privacy Policy.

Privacy Policy adalah kebijakan privasi yang sengaja di buat oleh seseorang yang memiliki blog / website agar para pengunjungnya mengetahui ketentuan serta kebijakan yang telah ditetapkan dalam blog tersebut.

Setiap pengunjung dan pembaca yang menggunakan informasi didalamnya, dianggap secara otomatis telah menerima syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs / blog tersebut.

Isi dari Privacy Policy umumnya akan menjelaskan tentang penggunaan Log Files, penggunaan cookies (DoubleClick Dart Cookie), Informasi periklanan dalam blog (Our Advertising Partners), kebijakan privasi pihak ketiga (Third Party PrivacyPolicies), Children's Information, serta hal-hal semacamnya yang terkait dengan aturan dan kebijakan saat pengunjung menggunakan informasi di situs / blog tersebut.


4. Halaman Disclaimer


Halaman disclaimer juga menjadi halaman yang sangat penting untuk Anda sediakan di dalam blog.

Halaman disclaimer ini umumnya menyatakan bahwa isi yang terkandung dalam suatu website / blog adalah hanya sebagai informasi atau gambaran umum.

Selain itu, disclaimer juga mencakup beberapa persyaratan dan persetujuan bagi setiap pengunjung yang mengakses dan menggunakan informasi yang telah Anda berikan melalui konten atau Artikel.

Artinya, segala isi yang terkandung di dalam website tersebut tidak ditujukan sebagai suatu nasehat professional, pembaca dapat meminta nasehat secara profesional dari pihak lain yang lebih berkompeten sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.

Dengan demikian, adanya halaman disclaimer ini bisa dianggap sebagai pelindung yang menjelaskan batas kewajiban Anda atas kerugian, complain atau tuntutan yang muncul dan dialami pembaca akibat isi web atau blog Anda.

Meskipun begitu, disclaimer ini tidak serta merta secara otomatis dapat melepaskan tanggung jawab hukum seorang pengelola blog akibat kelalaian dalam penyampaian materi publikasi.

Salah satunya adalah karena pengelola situs / blog itu sendiri memiliki kewajiban untuk tetap mengawasi / mengatur lalu lintas informasi dalam blog yang dikelolanya.

Untuk informasi lebih rinci yang berkaitan dengan disclaimer ini Anda dapat membacanya di www.hukumonline.com


Kesimpulan

Sebagai seorang Blogger, kita tetap memiliki tanggung jawab moral terhadap materi yang di publikasikan ke dalam blog.

Dengan menambahkan halaman-halaman penting seperti halaman about, halaman kontak, privasi maupun disclaimer,  setidaknya kita bisa mengingatkan kepada pengunjung ataupun pada diri kita sendiri sebagai pengelola blog, terhadap batasan-batasan materi publikasi yang ingin disampaikan.

Sehingga materi yang dipublikasikan selalu terjaga kesesuaiannya dengan aturan dan norma hukum yang berlaku di masyarakat.

Selain itu, blog yang kita kelola akan semakin dipercaya dimata pengunjung dan relasi, hal ini ditunjang oleh transparansi dan kejelasan pemilik blog serta kemudahan pengunjung untuk menghubungi pengelola blog tersebut.

Demikianlah artikel 4 halaman penting yang wajib ada di blog ini bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Berlangganan Artikel Via Email :

8 comments:

  1. Mas, kalau privacy policy blog ini buat sendiri ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin dari privacypolicy online mas. Trus tinggal di translate aja kok

      Delete
    2. Oh berati kalau blog indo, lebih disarankan untuk desclaimer, privacy policy, about us bahasa indo juga ya. Makasih mas teguh.

      Sukses selalu :)

      Delete
    3. Tentunya juga akan menjadi lebih mudah dipahami buat yg baca kan :)...

      Salam sukses juga buat akhmad khan

      Delete
  2. Mantep mas tulisannya... klo ada waktu mampir ya. ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasihl mas. . . Siap meluncur

      Delete
  3. maksih gan, sudah saya bungkus semua halamannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup sama-sama gan, thanks kunjungannya

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.