Cara mendaftarkan Blog ke Feedburner

Salah satu cara untuk meningkatkan serta mempertahankan traffik pengunjung blog Anda adalah dengan menyediakan konten ter-update yang secara reguler dapat dibaca oleh pengunjung dengan segera.

Yang menjadi pertanyaan utamanya adalah, bagaimana caranya agar pengunjung bisa segera mengetahui bahwa di blog Anda ada konten yang baru diterbitkan ?

Banyak metode bisa digunakan, namun cara paling efektif dan juga gratis yang saya ketahui saat ini, dengan tujuan supaya pengunjung cepat mendapatkan update konten terbaru dari blog Anda adalah dengan mengajak mereka untuk berlangganan konten terbaru melalui blog feed (dikenal juga sebagai umpan situs).

Blog feed ini bisa ber-format RSS ataupun Atom, sehingga memungkinkan untuk dibaca melalui berbagai perangkat.

Sebagai perantaranya, mereka bisa menggunakan bermacam feed reader seperti feedly, NewsFire, Netvibes, dan lain-lainnya, atau bisa juga melalui layanan email berlangganan. Oleh karena itu, maka penting bagi Anda untuk segera menyediakan fasilitas berlangganan via RSS feed didalam blog.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan fasilitas dan layanan gratis RSS feed beserta pengelolaannya, Anda bisa menemukan fasilitas dan layanan tersebut didalam situs Feedburner.

Sebagai informasi saja, Feedburner adalah sebuah situs yang sudah dimiliki oleh Google sejak 3 juni 2007. Situs ini memberikan layanan gratis pengelolaan feed yang cukup lengkap dan memadai, sehingga Anda akan merasa lebih enak dan nyaman saat menggunakannya.

Nah, kembali pada topik artikel kita kali ini, saya akan menginformasikan bagaimana cara mendaftarkan blog ke Feedburner.

Cara mendaftarkan blog ke feedburner


#I. Cara mendaftarkan blog ke Feedburner


Untuk mendaftarkan blog ke Feedburner caranya cukup mudah, ikuti langkah-langkah di bawah berikut
  1. Kunjungi situs Feedburner, gunakan akun gmail Anda untuk login ke Google Feedburner

    Login ke feedburner dengan akun google

  2. Masukkan alamat feed blog anda atau alamat URL blog anda di kotak isian yang tersedia lalu klik next

    masukkan alamat URL blog di feedburner

  3. Pilih salah satu feed yang disediakan, boleh RSS atau Atom (semuanya sama). Klik next untuk melanjutkan

    Pilih RSS atau Atom

  4. Tentukan nama lalu isikan pada kotak untuk judul dan alamat feed yang akan digunakan di blog Anda, Klik next jika sudah.

    isikan nama judul dan alamat feed

  5. Catat lalu simpan alamat feed yang tercetak dengan warna biru kedalam notepad untuk digunakan kedalam blog Anda. Lanjutkan dengan mengklik Next.

    alamat feed blog di feedburner

  6. Halaman selanjutnya, anda akan diberikan beberapa pilihan, centang semua pada kotak isian, lalu klik Next

    centang pada kotak pilihan

  7. Gambar berikut menunjukan bahwa blog Anda sudah terdaftar di Feedburner dan feed blog Anda sudah bisa digunakan.

    berhasil mendaftarkan blog ke feedburner


Setelah selesai mendaftarkan blog Anda ke Feedburner, langkah selanjutnya adalah memasang dan mensetting feed tersebut untuk digunakan di blog Anda sebagai feed utama.


#II. Cara memasang feed dari Feedburner ke Blog


Untuk memasang feed dari Feedburner, pastikan Anda sudah login dan membuka dashboard blog blogspot Anda. Setelah itu, perhatikan dan ikuti langkah pada gambar dibawah berikut.

cara pasang alamat feed feedburner ke blog

  1. Pilih Settings pada menu yang terletak disisi kiri layar Anda
  2. Klik Other.
  3. Lihat pada sub menu Site Feed di bagian Post Feed Redirect URL, lalu isikan kedalam kotak yang tersedia dengan alamat feed yang sudah anda simpan tadi (langkah no 5 di pendaftaran feedburner)
  4. Klik Save Settings untuk menyimpan perubahan.


Kesimpulan

Seperti sudah saya jelaskan di paragraf awal bahwa feed dapat diakses dengan mudah oleh pengguna melalui berbagai macam media pembaca feed (feed reader) asalkan mereka sudah belangganan.

Oleh karena itu, mendaftarkan blog ke Feedburner adalah salah satu langkah yang baik yang bisa Anda lakukan. Utamanya adalah agar Anda bisa lebih mudah dalam mengelola feed serta mempromosikan blog Anda dengan berbagai fasilitas yang ada di Feedburner, seperti contohnya fitur email berlangganan yang bisa Anda berikan untuk setiap pelanggan blog Anda.

Demikianlah artikel tentang cara mendaftarkan blog ke Feedburner beserta cara memasangnya ke blog bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Berlangganan Artikel Via Email :

No comments:

Post a Comment

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link di komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.