Cara Menambahkan Author dan Admin Blog

Cara menambahkan Author dan Admin blog di Blogspot sangatlah mudah caranya. Umumnya langkah ini dilakukan untuk mengelola blog-blog yang mengusung konten beragam dan cepat dalam update kontennya.

Contoh mudahnya adalah blog berita, blog berita ini masuk kedalam kategori blog yang membutuhkan konten cepat dalam jumlah banyak. Jika penulis konten dan artikel blog tersebut hanya seorang diri, maka pastinya akan kewalahan dengan jadwal update konten terbaru.

Atau pada sebuah kondisi dimana penulis blog tersebut merasa bahwa pekerjaan di dunia nyata (offline) lebih menyita waktu dan membutuhkan konsentrasi lebih tinggi sehingga sangat sulit untuk melakukan update konten di blog.

menambahkan author dan admin di blog

Oleh karena itu, langkah yang terbaik yang perlu dilakukan oleh penulis blog tersebut adalah berkolaborasi dengan penulis-penulis blog lain yang sejalan dengan tema blog yang diusung.

Untuk blog ber-platform Blogspot sarana untuk menambahkan penulis tambahan ataupun Admin ini telah tersedia, sehingga sangat memberikan kemudahan bagi para penggunanya jika ingin menambah penulis atau menjadi kontributor di blog lainnya.

Bagaimana caranya ? simak langkah-langkah menambahkan Author dan Admin blog seperti dibawah berikut ini.


Cara menambahkan Author dan Admin Blog


  1. Login ke Blogspot
  2. Pilih Blog yang akan di tambahkan Author nya
  3. Lihat menu sebelah kiri, pilih Setting
  4. Pilih basic
  5. Pada bagian Permissions klik +Add authors
  6. Ketik alamat email penulis yang akan bergabung. (Alamat email yang digunakan harus menggunakan akun Google agar bisa terhubung dengan Blogspot.)

    menambah author dan admin di blogspot
  7. Klik Invite Authors, lalu tunggu invitasi/undangan di setujui oleh penulis yang akan bergabung. Batas waktu konfirmasi undangan berlaku selama 30 hari, jika undangan tidak di konfirmasi maka otomatis Anda perlu mengulang langkah diatas.

    #.Berikut gambar invitasi/undangan yang statusnya telah dikirim.

    invitation sudah terkirim

    #.Contoh email invitasi/undangan yang diterima oleh calon Author.
    Contoh invitation yang dikirim melalui email

    #.Tampilan setelah mengklik Accept invitation di email
    tampilan undangan author blog di blogspot
  8. Setelah Invitasi/undangan di setujui, maka secara otomatis kontributor tersebut sudah bisa untuk membuat postingan di blog Anda.

    Berikut adalah tampilan ketika invitasi/ undangan telah disetujui oleh orang yang menjadi kontributor penulis di blog.
    Tampilan author yang sudah di setujui

    Gambar dibawah berikut adalah tampilan dashboard blogspot untuk pengelolaan blog yang bisa dilihat jika sudah disetujui menjadi authors
    Tampilan pengaturan blog seorang authors


Pilihan Author atau Admin


Disaat kita menambahkan kontributor penulis lainnya kedalam blog, maka kita akan menemukan dua pilihan akses yang dapat diberikan pada kontributor tersebut yaitu Admin atau Author.

1. Author

Pilihan Author ini hanya bisa untuk mengedit dan membuat postingan yang memang dibuat dari akun author itu sendiri. Ia tidak dapat mengubah postingan dari author dan penulis lainnya.

Selain itu tampilan dan akses pada dashboard blogspot yang akan dilihat hanya tersedia 2 pilihan saja yaitu pengelolaan postingan dan setelan pengguna. Author tidak dapat mengontrol pengelolaan blog secara penuh.

2. Admin

Admin memiliki kuasa penuh terhadap pengelolaan blog secara menyeluruh, dari mulai mengganti template, mengedit postingan, hingga menambah atau menghapus administrator dan author lainnya, termasuk juga menghapus Anda sebagai admin yang telah menambahkan kontributor tersebut ke blog Anda.

Oleh karena itu, berhati-hatilah terhadap pemilihan akses dan otorisasi saat menambahkan kontributor penulis di blog.


Kesimpulan

Menambahkan Author dan Admin blog di Blogspot ini memang cukup mudah caranya, tinggal menambahkan email dari akun Google, lalu terima undangan dan bertambahlah penulisnya.

Meskipun begitu tetap diperlukan kehati-hatian terutama saat menentukan otorisasi pengguna, yaitu sebagai Author atau sebagai Admin.

Pastikan orang yang Anda undang sebagai penulis posisinya adalah Author sebelum Anda menutup halaman dan menyimpan perubahan. Demikianlah artikel cara menambahkan Author dan Admin Blog ini saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Berlangganan Artikel Via Email :

No comments:

Post a Comment

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.