Cara mengatasi link spam di statistik blog

Paling senang awalnya, kalau kita melihat angka yang ada pada statistik pengunjung blog mengalami peningkatan yang lebih dari biasanya. Peningkatan ini mengindikasikan kalau usaha dan strategi ngeblog yang kita lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung kita anggap berhasil.

Tentu pemikiran kita selanjutnya adalah apa langkah terakhir yang sudah kita lakukan sebelumnya, tujuannya adalah agar langkah tersebut bisa digunakan dan dikembangkan supaya kembali terjadi peningkatan jumlah pengunjung pada periode berikutnya.

Buat saya sih sah-sah saja jika kita berpikir seperti itu. Namun apa jadinya, jika ternyata kenaikan jumlah kunjungan yang kita anggap bagus tersebut ternyata adalah kunjungan palsu. Wah ternyata ada yah kunjungan palsu ?

mengatasi link refferer di statistik blog

Kunjungan palsu yang saya maksud disini adalah kunjungan yang terhitung didalam statistik blog, ada nilainya dan terekam dalam data statistik , namun kunjungan tersebut bukanlah pengunjung manusia yang sesungguhnya.

Pengunjung yang datang hanyalah bot - bot perayap yang sudah disetting sedemikian rupa untuk masuk dan merayapi blog kita berulang-ulang (seringnya di bilang spamming), dan parahnya kunjungan ini tetap terhitung di statistik sebagai kunjungan layaknya manusia yang berkunjung.

Masalah berikutnya yang timbul adalah link-link tersebut akan selalu muncul setiap hari,  apalagi jika kita sengaja mengklik link tersebut dengan tujuan untuk mencari tau kemana sesungguhnya URL yang dituju.

Nah kalau kejadiannya seperti ini pasti bikin kesel banget, karena umumnya link tersebut akan selalu muncul dan muncul lagi hingga akhirnya mengacaukan jumlah data kunjungan dalam statistik blog.


Mengenali ciri-ciri link spam didalam statistik blog


Dalam dunia blogging, link-link spam ini ada banyak macamnya, selain disebar melalui email, umumnya juga disebar didalam komentar. Ada yang menggunakan software, ada juga yang manual.

Untuk mengenali link spam didalam statistik blog sangatlah mudah, kita tinggal masuk ke menu blog kita di Blogspot, lalu pilih menu stats dilanjutkan dengan memilih Traffic Source.

JIka Anda menemukan link seperti yang ada pada gambar dibawah ini, link tersebut adalah contoh link spam.

contoh link spam referrer di statistik blog

Lebih khususnya, link seperti pada gambar diatas sering disebut sebagai spam referrer (spam rujukan).


Mengapa disebut link spam rujukan ?

  1. Link tersebut selalu muncul di statistik blog kita dan bisa dipastikan setiap hari pasti ada saja link yang masuk meskipun dengan alamat URL depannya yang selalu berbeda-beda. Akibatnya setiap satu URL itu muncul dalam statistik blog kita maka akan selalu dihitung satu kunjungan.
  2. Selain itu, meskipun alamat URL bagian depannya menunjukkan situs yang berbeda-beda, namun ketika link tersebut di klik, umumnya link tersebut akan selalu mengarah pada satu alamat URL saja, yaitu alamat URL yang sudah disetting oleh pembuat spam rujukan ini.


Cara mencegah Link dan Spam Referrer di statistik Blog :


1. Jangan klik link yang tertera.

Mengklik link tersebut akan menunjukkan asal klik dari lalu lintas yang masuk kedalam data mereka.

Ketika mereka mengetahui bahwa asal klik berasal dari blog Anda, maka blog Anda akan menjadi target spam rujukan seterusnya, sehingga akan selalu muncul dan muncul kembali. Oleh karena itu , langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah mengabaikan link tersebut.

2. Block melalui Robot.txt

Bersumber dari beberapa rujukan seperti wikipedia pada kontennya tentang referrer spam, satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan memblok bot-bot pembawa link spam melalui file robot.txt.

Cara ini sudah saya coba beberapa waktu yang lalu dan hasilnya cukup bagus. Link-link dari referrer spam lambat laun berkurang dan hilang sama sekali. Silahkan lakukan langkah seperti dibawah berikut :

Cara mengatasi link spam referrer di statistik blog
  1. Buka akun blogger anda.
  2. Pilih Menu Settings > Search Preferences > Custom robot.txt > Edit
  3. Copy dan paste file robots.txt di bawah ini kedalam kolom yang terbuka.
    User-agent: Mediapartners-Google
    Disallow:
    User-agent: Googlebot
    Allow: /
    Disallow: /search
    User-agent: bingbot
    Allow: /
    Disallow: /search
    User-agent: *
    Disallow: /
    Sitemap: http://ganti-dengan-nama-blog-Anda.blogspot.com/sitemap.xml
  4. Ganti tulisan berwarna merah dengan dengan alamat URL blog anda lalu klik save.

Berikut adalah maksud dari perintah dalam file robot.txt diatas
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
Artinya, membolehkan semua bot dari mediapartner Google untuk masuk dan merayapi blog Anda.

User-agent: Googlebot
Allow: /
Disallow: /search
Artinya, membolehkan perayap GoogleBot untuk masuk dan merayapi blog Anda, namun melarang mereka untuk merayapi file yang akhirannya dimulai dengan /search

User-agent: bingbot
Allow: /
Disallow: /search
Artinya, membolehkan perayap Bingbot dari mesin pencari Bing untuk masuk dan merayapi blog Anda, namun melarang mereka untuk merayapi file yang akhirannya dimulai dengan /search

User-agent: *
Disallow: /
Artinya, mencegah serta membatasi semua robot perayap (bot) lain untuk mengakses blog anda (termasuk didalamnya kategori bot-bot pembawa spam), kecuali Google bot dari Google serta Bingbot dari Bing.


Catatan :
Cara ini tidaklah membuat link rujukan langsung hilang begitu saja dari statistik blog Anda karena data link rujukan yang lama akan tetap ada, namun untuk memastikan efektifitasnya, silahkan perhatikan beberapa hari kedepan di dalam menu traffic source, perhatikan bahwa link-link rujukan yang ada sebelumnya tidak akan muncul lagi di statistik blog Anda.


Kesimpulan

Link spam rujukan ini menurut beberapa keterangan sebenarnya tidak terlalu berbahaya jika jumlah yang masuk tidak terlalu drastis (yang berbahaya itu misalnya diatas 1000 kunjungan dalam 1 detik).

Namun karena setiap harinya bisa muncul lebih dari 10 kali, maka nilai ini bisa mempengaruhi nilai total kunjungan apabila data statistik ini Anda gunakan sebagai pilihan analisa data blog setiap bulannya.

Penting untuk diperhatikan saat kita menggunakan file robot.txt ini, usahakan untuk memasangnya secara teliti, karena jika terjadi kesalahan bisa berakibat blog kita sulit terindeks oleh mesin pencari.

Demikianlah artikel tentang Cara mengatasi link spam di statistik blog ini bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Share ke : f tG+

No comments:

Post a Comment

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link di komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.