Cara Mengatasi Pencurian Artikel Oleh Autoblog

Fenomena pencurian artikel yang dilakukan dengan memanfaatkan umpan feed saat ini memang sudah tidak terlalu booming seperti pada waktu beberapa tahun lalu. Selain karena dimusuhi banyak blogger, cara tersebut mungkin sudah kurang efektif karena banyak blogger yang sudah paham cara untuk mencegah pencurian artikel oleh autoblog yang memanfaatkan umpan feed ini.

Dari Google pun selaku pemilik search engine terbesar saat ini, juga tidak segan-segan untuk menghapus blog-blog yang menggunakan metode autoblog untuk memperkaya konten mereka. 

Meskipun begitu, nyatanya autoblog model ini ternyata masih cukup banyak berkeliaran di Google SERP, dan mungkin blog Anda bisa jadi pula menjadi salah satu korban dari autoblog ini.

Tentu saja sebagai pemilik blog kita akan merasa khawatir karena efek yang ditimbulkan akibat duplikasi artikel yang dilakukan oleh autoblog ini menyebabkan peringkat blog kita jatuh di mata mesin pencari, sehingga potensi kehilangan pengunjungpun semakin besar.

Lalu bagaimana cara mengatasi agar artikel-artikel terbaru selanjutnya tidak bisa terbit di autoblog yang telah menduplikasi artikel kita selama ini ?
mengatasi pencurian artikel oleh autoblog
Yang perlu kita ketahui terlebih dahulu adalah autoblog bekerja dengan cara memanfaatkan umpan feed melalui email berlangganan, maka langkah yang akan kita lakukan adalah dengan mengatur pengelolaan email-email berlangganan yang ada didalam Feedburner tersebut.

Berikut adalah cara pengelolaan email berlangganan yang ada pada Feedburner yang saya ketahui.
  1. Login ke akun feedburner Anda
  2. Pada halaman My Feeds pilih blog yang menjadi korban autoblog
  3. Klik pada tab Publicize
  4. Klik Subscription Management pada menu Email Subscriptions yang terletak disisi kiri Anda
  5. Gulir kebawah dan klik pada tulisan View Subscriber Details
  6. Disini Anda akan melihat daftar email-email yang sudah berlangganan artikel di blog Anda.
  7. Lihat pada sisi kanan pada kolom action, disana ada 2 tombol aksi yang nantinya akan digunakan yaitu :
    • Tombol   [kotak] untuk menghentikan sementara layanan email berlangganan
    • Tombol   [x] untuk menghapus daftar email pada layanan berlangganan artikel via feed
    • Tombol   [panah melingkar] untuk mengaktifkan kembali layanan email berlangganan.
Setelah kita mengetahui bagaimana pengelolaan email-email yang sudah terdaftar, baik itu menghentikan layanan, menghapus daftar email, ataupun mengaktifkan kembali layanan, langkah selanjutnya adalah melakukan tindakan untuk mengatasi pencurian artikel oleh autoblog. Ikuti langkah-langkahnya seperti berikut


Cara mengatasi pencurian artikel oleh Autoblog


1. Pastikan dan pantau Blog yang menjadi autoblog

Setelah menemukan blog yang melakukan teknik AGC / Autoblog pada artikel-artikel di blog Anda, pastikan bahwa blog ini menggunakan metode pemanfaatan umpan feed. Karena jika tidak,maka cara ini bisa dipastikan tidak akan berhasil. Catat dan simpan alamat urlnya untuk memudahkan pemantauan dari update artikel yang terjadi di blog tersebut.

2. Hentikan sementara layanan pada sejumlah email yang terdaftar

Klik tombol kotak pada masing-masing email untuk menghentikan layanan email berlangganan. Lakukan hal ini untuk beberapa email sekaligus. Misalnya jumlah pelanggan Anda ada 100 pelanggan, maka nonaktifkan 25 email pertama terlebih dahulu.

3. Update artikel di blog Anda

Setelah Anda menonaktifkan sebagian email berlangganan, lakukan update artikel di blog Anda. Tunggulah beberapa waktu kemudian dan perhatikan pada Autoblog yang menjadi target. Jika Artikel terbarunya sama persis dan masih muncul seperti artikel terbaru di blog Anda, berarti email yang dinonaktifkan tidak digunakan untuk autoblog tersebut.

Perlu diketahui bahwa update artikel yang terjadi pada autoblog tidaklah selalu tepat waktu. Artikel update bisa muncul tepat sesaat setelah Anda mengupdate artikel, atau baru muncul beberapa jam kemudian. Artinya dibutuhkan tindakan untuk selalu memeriksa kapan artikel update tersebut muncul.

4. Hentikan layanan pada grup email selanjutnya 

Hentikan kembali 25 daftar email berlangganan berikutnya, lalu updatelah kembali artikel seperti pada langkah no 3 sebelumnya, kemudian perhatikan kondisi berikut
  • jika artikel Anda masih muncul dan terbit di autoblog tersebut, ulangi kembali langkah no 2 sampai no 4 hingga Anda menemukan bahwa artikel terbaru tidak terbit di autoblog tersebut.
  • jika sampai daftar email yang dinonaktifkan sudah habis dan update masih terjadi, maka cara ini bukanlah cara yang tepat untuk dilakukan di blog Anda.

5. Hapus grup email yang digunakan autoblog

Setelah Anda menemukan grup email yang terindikasi digunakan pada autoblog tersebut, hapus / delete email-email tersebut dengan mengklik tombol x yang sudah tersedia.

6. Aktifkan kembali email lainnya

Langkah terakhir adalah mengaktifkan kembali email-email berlangganan yang sudah di nonaktifkan sebelumnya.

Baca juga :


Kesimpulan

Cara untuk mengatasi pencurian artikel oleh autoblog ini sangat membutuhkan waktu, kesabaran dan konsistensi karena Anda diharuskan untuk selalu melakukan update artikel dan memeriksa update yang terjadi pada autoblog.

Namun usaha ini akan membuat Anda merasa lega. Kekhawatiran serta rasa kesal karena artikel terbaru yang capek-capek Anda buat, sudah tidak diduplikasi lagi oleh autoblog tersebut.

Demikianlah artikel tentang Cara Mengatasi Pencurian Artikel Oleh Autoblog ini bisa saya sampaikan, jika ada kritik dan saran silahkan untuk menyampaikannya pada komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat

Berlangganan Artikel Via Email :

No comments:

Post a Comment

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.