Tips mencari gambar bebas hak cipta di Google

Gambar menjadi salah satu unsur penting pada sebuah artikel yang berguna untuk meningkatkan daya tarik artikel tersebut. Alasannya simple, gambar pertama didalam artikel/posting blog umumnya akan menjadi gambar thumb yang ikut tampil ketika artikel tersebut di bagikan ke sosial media.

Apalagi gambar yang disediakan pada artikel tersebut lebih menarik, menggugah emosi serta memberikan kesan secara visual, maka efeknya akan segera terasa karena dapat meningkatkan jumlah kunjungan (pageviews) ke blog Anda.

Beberapa penelitian mengemukakan bahwa 90% informasi yang terkirim di dalam otak berupa visual, dan faktanya, otak dapat memproses objek visual 60.000 kali lebih cepat daripada text. (sumber : www.business2community.com ). Artinya bahwa pengunjung lebih menyukai untuk mengklik postingan yang memiliki gambar menarik yang ikut disertakan daripada postingan tanpa gambar yang hanya berisi teks saja.

Atas dasar tersebut, maka langkah yang baik untuk dilakukan saat memproduksi artikel di blog adalah dengan menambahkan unsur gambar yang menarik kedalam artikel tersebut.

Tips mencari gambar bebas hak cipta di Google

Namun begitu, untuk menciptakan sendiri gambar yang menarik agaklah sulit bagi sebagian orang, sehingga cara termudah adalah dengan memanfaatkan situs-situs penyedia gambar gratis ataupun dengan melakukan pencarian gambar melalui mesin pencari gambar.


Tips mencari gambar bebas hak cipta


Perlu diketahui bahwa tidak semua gambar yang ada di internet bisa dengan seenaknya kita gunakan di blog, terlebih pada materi dan konten yang bersifat komersil.

Gambar-gambar yang terdapat didalam mesin pencari maupun sosial media umumnya sudah memiliki hak cipta (copyright). Jika ingin tetap menggunakan, minimal Anda perlu memberikan credit bagi si pembuat gambar dengan menyertakan link ataupun asal gambar tersebut diambil.

Setidaknya hal ini bisa mengurangi dampak dan efek negatif jika terjadi pelaporan pada situs-situs DMCA, copyscape, ataupun situs pengaman hak cipta lainnya.

Meskipun kita bisa memanfaatkan situs penyedia gambar gratis bebas hak cipta dan penggunaan, pada artikel kita kali ini , saya akan memaparkan bagaimana cara untuk menemukan gambar-gambar bebas hak cipta yang bisa digunakan melalui mesin penelusuran gambar milik Google.

Berikut adalah langkah langkah untuk mencari gambar bebas hak cipta di Google

  1. Silahkan buka Google pencarian gambar dengan mengunjungi link berikut https://www.google.co.id/imghp
  2. Lakukan pencarian gambar dengan mengetikkan kata sesuai gambar yang ingin Anda cari. Misalnya Anda ingin mencari gambar yang berhubungan dengan blog, maka ketiklah kata blog di didalam kotak pencarian kemudian tekan enter untuk melihat hasilnya.
    Tips mencari gambar bebas hak cipta di Google
    Mengetikkan kata kunci pencarian gambar 
  3. Setelah masuk kedalam pencarian gambar di Google, Klik pada tulisan "Alat" seperti pada gambar dibawah berikut hingga muncul beberapa menu baru dibawahnya.
    Tips mencari gambar bebas hak cipta di Google
    Klik tulisan "Alat"
  4. Pilih dan klik pada menu Hak penggunaan, kemudian pilih pada tulisan "Dilabeli untuk digunakan ulang dengan modifikasi" sehingga menu hak penggunaan tadi berubah menjadi "Dilabeli untuk digunakan ulang dengan modifikasi" seperti terlihat pada gambar dibawah berikut.
    Tips mencari gambar bebas hak cipta di Google
    Pilih Hak penggunaan : Dilabeli untuk digunakan ulang dengan modifikasi
  5. Ketika menu hak penggunaan sudah berubah menjadi "Dilabeli untuk digunakan ulang dengan modifikasi", ini berarti gambar-gambar yang ditampilkan pada hasil pencarian gambar Google ini sudah bisa dan bebas untuk Anda gunakan setelah dimodifikasi terlebih dahulu.
    Tips mencari gambar bebas hak cipta di Google
    Hasil pencarian gambar yang sudah dilabeli untuk digunakan ulang dengan modifikasi


Catatan untuk Jenis hak penggunaan :
  1. Dilabeli untuk digunakan ulang : Memungkinkan Anda untuk menyalin atau mendistribusikan ulang kontennya, jika konten itu tidak diubah.
  2. Dilabeli untuk digunakan ulang dengan modifikasi : Memungkinkan Anda menyalin, memodifikasi, atau mendistribusikan ulang dengan cara yang ditentukan lisensi tersebut.
  3. Dilabeli untuk digunakan ulang secara non-komersial dengan modifikasi : Memungkinkan Anda menyalin, memodifikasi, atau mendistribusikan ulang untuk konten dan materi yang bersifat bukan komersial dengan cara yang ditentukan lisensi tersebut.
  4. Dilabeli untuk digunakan ulang secara non-komersial : Memungkinkan Anda untuk menyalin atau mendistribusikan ulang untuk konten dan materi yang bersifat bukan komersial tanpa mengubah konten aslinya.

Baca juga :


Kesimpulan

Mencari gambar bebas hak cipta di google sangatlah mudah caranya. Akan tetapi, meskipun gambar yang Anda dapat tersebut sudah "dilabeli untuk digunakan ulang dengan modifikasi", sangat disarankan untuk melakukan editing / modifikasi kembali pada gambar yang akan digunakan.

Pasalnya Google sendiri menyatakan bahwa mereka tidak dapat mengetahui secara pasti bahwa label lisensi yang ada dalam gambar tersebut itu belum sah atau sudah sah secara hukum. Untuk lebih jelasnya Anda bisa membacanya pada halaman bantuan Google ini .

Demikianlah tips mencari gambar bebas hak cipta di mesin pencarian gambar Google ini bisa saya sampaikan, semoga bermanfat.

Berlangganan Artikel Via Email :

4 comments:

  1. Sangat bermanfaat banget buat saya ini! kadang-kadang saya suka pusing kalau mau mecari gambar untuk artikel yang aman, ini akan dibawa sebagai ilmu ngeblog nih.. terimakasi mas penjelasannya lengkap sekali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama sama mas, terima kasih juga kunjungannya :)

      Delete
  2. Waw... srtikel yang sangt bermanfaat, sangat berguna untuk para blogger karena gambar adalah elemen penting dalam blog untuk SEO

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya. Bener banget mas, memang cukuo membantu biar artikel busa lebih baik disajikan sehingga menambah manfaat dan juga seo. Thanks kunjungannya :)

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.