Waktu terbaik share ke medsos dengan Google Analytics

Banyak dari kita yang mungkin bertanya-tanya tentang kapan waktu terbaik untuk sharing artikel di media sosial. Ya, pertanyaan ini umum terlontar terkait tentang cara meningkatkan jumlah kunjungan ke blog kita.

Ada yang menyarankan jam segini lebih baik ada juga yang menyarankan jam segitu lebih baik. Tentu saja hal ini akan membuat kita sendiri menjadi bingung. Kapan sih waktunya yang paling tepat ?

Meskipun saran-saran yang beredar bisa saja ada benarnya, namun alangkah baiknya jika kita memanfaatkan Google Analytics guna mengetahui kapan waktu yang tepat untuk sharing artikel ke media sosial.

Pasalnya, data-data yang ada di Google Analytics, akan lebih me-representasikan waktu terbaik dengan jumlah kunjungan terbanyak, baik dari organic search,media sosial, direct ataupun email.

Re-presentasi data yang di tampilkan ini tentu akan lebih akurat karena merupakan data-data yang sudah terekam dari blog kita secara langsung.

Baca juga : Cara memasang Google Anlytics di Blog


Cara mengetahui waktu tepat untuk sharing ke media sosial


Bagaimana caranya ? Berikut akan saya sampaikan bagaimana cara menggunakan Google Analytics untuk mengetahui data kunjungan terbanyak yang bisa membantu kita mengetahui kapan waktu terbaik untuk sharing ke media sosial.

memilih waktu share ke medsos

Catatan
Anda sudah memasang dan menggunakan Google Analytics di blog sekurang-kurangnya 3 bulan terakhir

Berikut adalah cara mengetahui waktu tepat untuk sharing ke media sosial menggunakan Google Analytics.

1. login ke Google Analytics lalu masuk blog yang ingin di cek
2. Pilih Customization > Custom Reports
3. Pilih New custom Reports

mengetahui waktu terbaik share artikel ke sosial media

4. Setelah terbuka, isikan Title dengan judul yang anda suka lalu lanjutkan dengan klik pada +add metric hingga muncul pop up.
5. Didalam pop up tadi, ketikkan users lalu pilih pada tab biru bertuliskan users di bawahnya.

mengetahui waktu terbaik share artikel ke sosial media

6. Lanjutkan dengan meng klik + add dimension , lalu ketik dan pilih pada pilihan Default channel grouping. Lakukan cara yang sama seperti pada di +add metric.

mengetahui waktu terbaik share artikel ke sosial media

7. Setelah itu lanjutkan klik + add dimension dan ketik Day of week name
8. Klik kembali + add dimension lalu cari Hour sehingga secara keseluruhan akan tampil seperti gambar di bawah berikut.

mengetahui waktu terbaik share artikel ke sosial media

9. Lanjutkan dengan mengkilik Save untuk langsung melihat datanya


Cara melihat dan membaca data


Laporan tentang waktu sharing di medsos pada langkah diatas bisa anda akses di menu Customization > Custom Reports > pilih sesuai title yang sudah di buat (pada contoh kita sudah membuatnya ber title "waktu share ke medsos").

Baca juga : Cara menggunakan Google Analytics halaman reporting

Setelah kita memiliki data laporan dari waktu terbaik share artikel ke sosial media ini, maka sudah saatnya kita untuk melakukan pencatatan data, kapan sih waktu waktu yang tepat untuk sharing khususnya pada blog kita ?

1. Buka laporan waktu share ke medsos, atau jika sudah terbuka langsung ke langkah #2 dibawah ini

Membuka laporan data waktu share ke media sosial

2. Atur waktu untuk data yang ingin dilihat
3. Klik pada bagian social , hingga muncul kolom hari dari senin sampai minggu.
4. Siapkan catatan lalu klik pada masing-masing hari

membuka laporan data share ke media sosial

5. Catat harinya dan jam-jam dengan jumlah user terbanyak, seperti pada contoh gambar diatas bahwa pada hari Rabu (Wednesday) pengunjung terbanyak ada pada jam 11 - 12 siang, juga pada malam hari di jam 21 (9 malam). Lakukan cara ini pada hari-hari lainnya seperti Senin, Selasa hingga Minggu.

6. Periksa semua harinya dan catatlah jam berapa user terbanyak , dengan begitu, Anda sudah dapat mengetahui kapan waktu terbaik untuk sharing ke media sosial.

Catatan
Ada  beberapa informasi yang mengatakan bahwa pengunjung yang masuk pada Google Analytics kategori sosial media , tidak hanya ada pada dimensi social saja, namun ada juga yang masuk dari direct, jadi tak ada salahnya juga jika menambahkan data direct dalam penentuan waktunya.


Kesimpulan

Mengetahui kapan waktu yang tepat untuk sharing ke media sosial menggunakan Google Analytics ini akan lebih akurat jika sebelumnya Anda sudah melakukan share artikel ke sosmed sebelumnya, setidaknya lakukan selama dua minggu guna mengetahui waktu yang paling ideal.

Dengan begitu, Anda bisa lebih memastikan efek yang terjadi pada saat share artikel, apakah sharing tersebut mengakibatkan peningkatan pengunjung atau tidak.

Demikianlah artikel tentang Cara mengetahui waktu terbaik share artikel ke sosial media menggunakan Google Analytics ini bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan selamat ber-eksperimen. .

Berlangganan Artikel Via Email :

2 comments:

  1. Wah mantap dengan menggunakan Google Analistyct pedoman dalam mencari informasi untuk kita melakukan banyak share artikel tentu lebih tahu waktu-waktu yang paling banyak dikunjungi dari madia sosial, itu pasti pasti pengunjungnya lagi pada Online akurat sekali ya. Tapi apakah setiap website ada perbedaan waktunya atau sama saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya beda-beda mas, sebagai contoh jika konten yang di share itu konten hiburan, maka jam ramainya tentu akan beda dengan konten tutorial.

      Kalau di samakan, kira-kira seperti channel di televisi. Jam berita dengan jam film box office tentu akan beda jadwal tayangnya.

      Untuk semua stasiun jam berita biasanya akan berdekatan, karena melihat kebiasaan pengguna televisi.

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.