#4 Tips Membaca Efektif

Salah satu tips yang pernah saya tuliskan pada artikel tentang Tips Menghadapi Writer's Block beberapa waktu silam adalah mencari informasi seputar topik tulisan dengan cara memperbanyak aktivitas membaca.

Ya, memperbanyak aktivitas membaca seputar tulisan yang akan kita angkat kedalam artikel blog selain menambah wawasan kita, juga akan memperkaya khazanah dan perbendaharaan kata.

Meskipun begitu, tak jarang apa yang sudah kita baca bisa hilang dengan cepat bahkan tidak berbekas sehingga bahan-bahan tulisan yang seharusnya menjadi wacana dalam tulisan bisa ikutan hilang. Nah sayang kan kalau akhirnya selalu begini...

#4 Tips membaca efektif

Pada artikel berikut saya akan coba untuk berbagi pengalaman tentang bagaimana tipsnya agar kita bisa mendapatkan sesuatu dari apa yang sudah kita baca. Berikut adalah tips membaca efektif


1. Lakukan Scanning untuk menemukan poin penting bacaan yang akan kita ambil


Scanning adalah istilah yang digunakan dengan cara memindai tulisan, seringkali dilakukan dengan membaca tulisan secara cepat untuk mendapatkan informasi penting dan lebih spesifik dari apa yang kita baca.

Seperti misalnya kita ingin mengetahui tentang bagaimana cara membuat blog di blogspot. Maka, beberapa poin utama pada bacaan yang penting untuk kita dapatkan dan akan kita ambil adalah cara daftar, memilih tema blog, dan beberapa setting blog yang diperlukan.

Dengan cara ini, memungkinkan kita untuk menemukan bagian yang paling relevan dengan apa yang dicari, sehingga cukup hanya dengan membaca informasi-informasi yang dibutuhkan saja namun kita sudah bisa menemukan apa yang kita inginkan.


2. Gunakan skimming untuk mempercepat pengambilan kesimpulan


Skimming merupakan proses membaca cepat mirip seperti scanning namun dilakukan secara melompat dari satu paragraf ke paragraf lainnya atau dari satu poin ke poin lainnya .

Umumnya dimulai dengan membaca pada kalimat awal dan atau poin poin penting pada badan artikel seperti sub judul dan isi yang bersifat list. Tujuan utamanya adalah untuk mempercepat kita dalam mengambil kesimpulan dan gambaran umum dari bacaan tersebut.

Skimming umumnya dimulai dari membaca daftar isi terlebih dahulu, memeriksa ponting list dari badan artikel yang ada, kemudian dilanjutkan dengan membaca kesimpulan akhir ataupun ringkasan artikel.


3. Perhatikan kalimat yang menjadi topik utama


Memperhatikan dan membaca kalimat-kalimat topik akan berguna ketika Anda mendapatkan bacaan yang padat atau konten yang benar-benar asing/baru.

Lakukan hal ini sebelum Anda membaca lebih dalam lagi. Bacalah kalimat topik atau kalimat inti yang disampaikan dari setiap paragrafnya. Dengan ini, Anda akan mendapatkan overview atau gambaran dari bab yang disajikan tersebut


4. Baca lebih cermat dan detil dan sesuaikan dengan pengalaman


Setelah 3 hal diatas sudah anda lakukan, lanjutkan dengan membaca lebih cermat dan detil (teliti) terhadap informasi-informasi serta isi bacaan yang sudah di temukan dan benar-benar anda butuhkan.

Terutama pada bagian-bagian yang padat akan informasi. Baca secara perlahan dan pahami maknanya, berikan perhatian pada hal-hal yang detil.

Analisalah isi bacaan tersebut dan pertimbangkan dari berbagai sudut pandang, kemudian sesuaikan dengan pengalaman-pengalaman yang pernah anda alami agar alur bacaan bisa lebih mudah di ingat.

Mengimajinasikan bacaan dan menyesuaikannya dengan pengalaman yang pernah kita alami biasanya akan lebih membekas dalam ingatan dan memberikan kemudahan saat mengingatnya kembali.


Kesimpulan


Membaca efektif akan menghemat waktu dan proses disaat kita membaca, terlebih guna menemukan ide-ide tulisan kala membuat artikel postingan blog.

Meskipun kesannya hemat waktu dan dilakukan lebih cepat, namun tetap memperhatikan intisari bacaan yang memang kita butuhkan guna mengembangkan tulisan kita.

Dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk memperbanyak sumber bacaan dan tetap dapat mengingat poin penting dari bacaan bacaan sebelumnya.

Demikianlah artikel tentang #4 Tips Membaca Efektif ini bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat

Berlangganan Artikel Via Email :

No comments:

Post a Comment

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.