Cara membuat sitemap / daftar isi blog sesuai tanggal postingan

Bahasan terkait sitemap / daftar isi blog saya rasa sudah beberapa kali saya terbitkan sebagai postingan.

Dari mulai cara pasang sitemap di halaman statis hingga cara mengatasi daftar isi blog yang tidak mau tampil. Tujuan utamanya adalah untuk membantu pengunjung agar mudah mencari artikel-artikel yang memang mereka butuhkan secara cepat.

Namun begitu, kali ini saya juga akan kembali memberikan tutorial terkait cara memasang daftar isi blog, namun kali ini formatnya diatur sesuai tanggal postingan.

Selain bisa bermanfaat untuk pengunjung, daftar isi blog yang tampil sesuai tanggal postingan ini juga bisa bermanfaat untuk kita sebagai pengelola blog.

Alasan utamanya adalah halaman ini sangat membantu disaat kita ingin melakukan sharing ulang artikel-artikel lama ke media sosial secara teratur.

Dengan adanya tanggal postingan setidaknya kita hanya perlu mencatat tanggal-tanggal berapa saja dan kapan terakhir kita melakukan share, untuk melanjutkan share kita tinggal pilih tanggal selanjutnya (tergantung bagaimana pola share artikel yang anda lakukan ke medsos).

Metode ini sudah saya lakukan sejak bulan agustus hingga saat ini, dan hasilnya terhadap peningkatan jumlah pengunjung ke blog juga cukup bagus.

Untuk halaman daftar isi blog yang sesuai dengan tanggal postingan, anda bisa melihat contohnya pada menu Archive. Disitu akan ditampilkan bentuk daftar isi blog yang artikelnya diurutkan sesuai tanggal postingan, dimana update terakhir akan tampil paling atas.

Bagaimana ? jika Anda tertarik silahkan ikuti cara memasang daftar isi blog sesuai tanggal postingan dibawah berikut.

membuat daftar isi blog sezuai tanggal postingan


Cara pasang daftar isi blog sesuai tanggal postingan


1. Login ke Blogspot anda dan pilih menu pages
2. Klik pada New Page
3. Isikan title sesuai keinginan Anda
4. Pindahkan mode penulisan ke mode HTML
5. Copy paste script di bawah ini kedalam kotak post editor.
<div>
<script type="text/javascript">//<![CDATA[
var postTitle=new Array();var postUrl=new Array();var postMp3=new Array();var postDate=new Array();var postYear=new Array();var postMonth=new Array();var postYearMonth=new Array();var postYearMonth2=new Array();var postTanggal=new Array();var postLabels=new Array();var postBaru=new Array();var sortBy="titleasc";var tocLoaded=false;var numChars=250;var postFilter="";var numberfeed=0;var month2=["January","February","March","April","May","June","July","August","September","October","November","December"];function loadtoc(a){function b(){if("entry" in a.feed){var d=a.feed.entry.length;numberfeed=d;ii=0;for(var h=0;h<d;h++){var m=a.feed.entry[h];var e=m.title.$t;var l=m.published.$t.substring(0,10);var p=m.published.$t.substring(5,7);var g=m.published.$t.substring(8,10);var n=month2[parseInt(p,10)-1]+" "+m.published.$t.substring(0,4);var c="/"+m.published.$t.substring(0,4)+"_"+p+"_01_archive.html";var j;for(var f=0;f<m.link.length;f++){if(m.link[f].rel=="alternate"){j=m.link[f].href;break}}var o="";for(var f=0;f<m.link.length;f++){if(m.link[f].rel=="enclosure"){o=m.link[f].href;break}}postTitle.push(e);postDate.push(l);postUrl.push(j);postYearMonth.push(n);postYearMonth2.push(c);postTanggal.push(g)}}}b();displayToc2();document.write('<br/></br/>')}function displayToc2(){var a=0;var b=0;while(b<postTitle.length){temp1=postYearMonth[b];document.write("<p/>");document.write('<p><a href="'+postYearMonth2[b]+'">'+temp1+"</a></p><ul>");firsti=a;do{document.write("<li>");document.write("["+postTanggal[a]+'] <a href="'+postUrl[a]+'">'+postTitle[a]+"</a>");document.write("</li>");a=a+1}while(postYearMonth[a]==temp1);b=a;document.write("</ul>");if(b>postTitle.length){break}}};
//]]></script>
<br />
<script src="http://www.mengelolablog.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script><br />
</div>

6. Ubah tulisan berwarna biru (www.mengelolablog.com) dengan alamat blog anda
7. Atur page settings disisi kanan halaman sesuai keinginan anda, atau jika tidak lewati saja langkah ini.
8. Klik publish untuk menerbitkan halaman tersebut.
9. Selesai

Catatan :
  • Langsung ganti alamat blog setelah di pastekan
  • Jangan merubah mode penulisan ke mode compose, karena hal ini bisa berakibat script dan kode menjadi tidak berfungsi dan daftar isi tidak mau tampil.


Kesimpulan


Penggunaan halaman daftar isi sesuai tanggal postingan yang digunakan untuk membantu jadwal sharing ulang artikel lama sangat membantu guna meningkatkan jumlah kunjungan ke blog kita. 

Selain artikel yang kita share bisa terjadwal, kita juga bisa lebih konsisten saat melakukannya setidaknya kita bisa tau mana yang sudah dishare dan mana yang belum.

Demikianlah artikel cara membuat daftar isi blog sesuai tanggal postingan ini bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Berlangganan Artikel Via Email :

6 comments:

  1. Mantef dah, berbagi yang sperti ini
    menambah ilmu dan berguna bagi sesama blogger kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip mas, terima kasih kunjungan dan komentarnya yang bikin saya tambah semangat. :)

      Delete
  2. menetapkan daftar isi atau sitemap agar singkron dengan tanggal publish emang rada ribet, untung disini kutemukan cara simpelnya....cobain ah


    kalau inget tapinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe. Bisaaa aja mang lembu. . Terima kasih kunjungannya mang 😊

      Delete
  3. mantap gan, lumayan dapat ilmu lagi,,,,

    ReplyDelete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.