Cara mengatasi daftar isi blog / sitemap yang tidak tampil - Mengelola Blog

Cara mengatasi daftar isi blog / sitemap yang tidak tampil

Daftar isi blog atau yang sering juga dikenal dengan sebutan peta situs / sitemap merupakan salah satu elemen penting yang wajib ada di blog Anda. Selain mempermudah search engine dalam mengindeks blog Anda, daftar isi juga sangat membantu pengunjung untuk menelusuri artikel - artikel lainnya dalam blog Anda.

Hal ini akan menambah kenyamanan dan kemudahan bagi pengunjung, khususnya mereka yang merasa tertarik dan ingin mengeksplorasi lebih jauh apa saja isi konten dalam blog yang Anda kelola.

Namun terkadang, daftar isi blog yang sudah kita siapkan mengalami error dan bahkan tidak tampil sesuai dengan harapan kita yang tentunya bisa membuat kecewa pengunjung.

Sebelum kita jauh membahas bagaimana cara mengatasi daftar isi blog / sitemap yang tidak tampil, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa sih daftar isi blog, fungsinya, dan bagaimana ia bekerja ? silahkan simak infonya dibawah ini.

mengatasi daftar isi blog tidak tampil
Mengatasi daftar isi blog tidak tampil

Apa itu Daftar isi Blog / Sitemap ?


Daftar isi blog merupakan halaman blog  yang berisi tentang kumpulan judul artikel-artikel yang sudah Anda publish di Blog Anda. Biasanya, daftar isi blog dibuat pada satu halaman penuh dengan menggunakan fitur Pages (laman) pada dashboard Blogspot Anda.

Fitur pages ini merupakan tipe halaman statis yang dapat Anda gunakan untuk menempatkan informasi penting tentang blog Anda, seperti privacy policy, Term Of Service, About, Contact dan lain lain, termasuk daftar isi blog.

Untuk lebih jelasnya tentang halaman statis, Anda dapat membaca ulasannya pada artikel tentang tipe-tipe halaman di blog Blogspot yang sudah saya terbitkan beberapa waktu lalu.

Daftar isi blog /sitemap bisa dibuat menjadi beberapa macam kategori, namun yang paling umum digunakan adalah daftar isi yang menggunakan kategori berdasarkan label Blog dan daftar isi yang menggunakan kategori berdasarkan bulan (tanggal diterbitkan artikel).

Untuk daftar isi blog yang menggunakan kategori Label blog Anda dapat melihat contohnya pada link Sitemap, sedangkan untuk daftar isi dengan kategori tanggal terbit, Anda bisa melihatnya pada contoh Arsip dibagian footer blog ini.

Pada artikel kali ini saya akan coba untuk membantu mengatasi masalah daftar isi blog  / sitemap  yang tidak muncul dan hanya menampilkan halaman kosong saja.


Memahami Kode Javascript daftar isi blog / sitemap yang ada di halaman blog


Sepanjang yang saya ketahui, untuk membuat daftar isi blog / sitemap di blog blogspot umumnya menggunakan kode javascript yang dipasang dalam halaman statis blog, ditulis pada mode html.

Contoh kode javascript yang biasa digunakan untuk daftar isi blog / sitemap adalah sbb :

<script style="text/javascript" src="https://namasitus.com/1-234/js/ax-pages/sitemap.js"></script>
<script src="http://namasituskita.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

Jika kita perhatikan kode javascript diatas terdiri dari dua script,
  • kode pertama (teks berwarna biru) adalah kode javascript yang digunakan untuk menampilkan daftar isi blog /sitemap. 
  • kode kedua (teks berwarna merah) adalah kode yang digunakan untuk memanggil umpan situs (feed) blog Anda.


Penyebab umum daftar isi blog / sitemap tidak mau tampil


Masalah yang menjadi penyebab tidak tampilnya daftar isi blog / sitemap (meskipun tidak menutup kemungkinan masalah timbul dari hal lainnya)  umumnya dari kode javascript yang pertama yaitu pada kode

<script style="text/javascript" src="https://namasitus.com/1-234/js/ax-pages/sitemap.js"></script>

Perhatikan pada kode src="https://namasitus.com/1-234/js/ax-pages/sitemap.js", kode inilah yang menjadi sumber kode untuk menampilkan dan mengatur tampilan serta bentuk Sitemap. Kode ini mengambil sumber yang diletakkan didalam situs https://namasitus.com dengan nama file sitemap.js .

Untuk memastikan apakah kode tersebut bekerja  atau tidak , silahkan Anda coba copy alamat URLnya secara lengkap (contohnya: https://namasitus.com/1-234/js/ax-pages/sitemap.js ), lalu pastekan kedalam address bar browser Anda dan tekan enter.

Perhatikan 2 kondisi dibawah ini setelah Anda melihat hasilnya.
  1. Jika alamat URL tersebut menampilkan barisan kode Javascript, ini artinya kode tersebut bisa bekerja dan seharusnya tidak ada masalah untuk bisa menampilkan halaman daftar isi blog / sitemap Anda.
  2. Contoh Tampilan Kode javascript untukSitemap
    Alamat URL menampilkan  kode javascript 
  3. Jika alamat URL tersebut menampilkan halaman error 404 , artinya kode tersebut sudah tidak berfungsi dan tidak bisa digunakan untuk menampilkan daftar isi blog /  sitemap. 
  4. Tampilan error 404
    Alamat Url tidak dapat menampilkan kode javascript (error 404)
Oleh karena itu, jika situs dan akun tempat script daftar isi blog ini diletakkan mengalami error atau memberhentikan layanannya, maka setiap pengguna yang menggunakan script tersebut otomatis akan ikut terpengaruh dan juga mengalami error yang sama.

Sebagai contoh yang pernah terjadi, beberapa tahun kebelakang, banyak script sitemap yang di pasang (dihosting) disitus Google code.

Setelah layanan situs Google code diberhentikan, maka secara otomatis, script yang digunakan dari situs Google code juga ikut tidak berfungsi. Efeknya banyak sitemap blog yang mengalami error dan tidak dapat tampil.


Cara mengatasi daftar isi blog / sitemap yang tidak mau tampil


Langkah 1 ;
Cari dan browsing di Google tentang blog-blog yang menyediakan postingan cara membuat daftar isi blog /  sitemap, kemudian pilihlah link blog yang menyediakan kode javascript  dengan alamat URL Sitemap yang masih bisa berfungsi.

Langkah 2 ;
Periksa alamat URL yang disediakan didalam kode javascript sitemap dan lakukan pemeriksaan fungsi kerjanya. Untuk memastikannya Anda bisa melakukannya tes URL seperti pada contoh diatas.

Jika URL kode sitemap tidak bekerja, cari kembali di blog lainnya. Jika berfungsi dan tampil kode javascriptnya secara lengkap, lanjut ke langkah 3.

Langkah 3 ;
  • Login ke blogger.com dan masuklah ke blog yang ingin anda edit halaman daftar isi / sitemapnya 
  • Pilih Pages (halaman) Lalu masuk ke pengeditan halaman, pilih mode html
  • Siapkan dan salin kode berikut kedalam halaman daftar isi blog / sitemap (penulisan tetap di mode html)
<script style="text/javascript">
*** *** *** *** *** *** *** ***
</script>
<script src="http://namasituskita.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>
catatan :  ganti namasituskita.com dengan alamat blog anda

Langkah 4 ;
Setelah Anda menyalin kode pada langkah no 3 diatas, silahkan kembali pada URL sitemap yang berisikan kode javascript tadi.
  • Copy seluruh Kode javascript yang ada dihalaman tersebut ( gunakan CTRL + A lalu CTRL + C ).
  • Lalu kembali ke halaman blog tempat edit sitemap (Langkah no 3)
  • Pastekan seluruh kode javascript (gunakan CTRL + V)  yang sudah Anda copy kedalam kode yang sudah kita siapkan.
  • Ganti tulisan bintang berwarna merah dengan kode javascript tadi, sehingga bentuknya akan menjadi seperti ini
<script style="text/javascript">
Salinan kode javascript yang kita copy paste dari url kode sitemap
</script>
<script src="http://namabloganda.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>


Langkah 5 ;
Langsung simpan perubahannya (update / save / publish ) dan jangan sekali kali memindah mode dari mode html ke mode compose (melakukan ini bisa membuat kode berubah sehingga sitemap tidak mau bekerja). Periksalah halaman sitemap anda, sudah berfungsi atau belum.

Catatan :
Berdasarkan pengalaman yang saya lalui, pada langkah ini seharusnya halaman daftar isi blog / sitemap sudah bisa bekerja, namun terkadang bisa juga gagal dan masih belum berfungsi.

Jika halaman daftar isi blog / sitemap ini masih belum berfungsi, ada beberapa hal yang  saya ketahui bisa menyebabkan hal tersebut, berikut diantaranya
  • Kemungkinan  kode Javascript untuk sitemap yang di copy tidak cocok atau memang sudah tidak berfungsi.
  • Sengaja atau tidak, Anda memindahkan mode penulisan ke mode compose.
  • Kemungkinan ada kode yang kurang / tertinggal pada saat pemasangan / saat copy paste.
Informasi tambahan :
Jika Anda merasa kesulitan dengan langkah-langkah diatas, script lengkapnya untuk sitemap ini sudah saya sediakan pada artikel Cara Pasang Sitemap di Halaman Statis, semoga bisa membantu.


Kesimpulan

Mengatasi daftar isi blog / sitemap yang tidak mau tampil di blog blogspot dengan memasukkan sumber kode javascript untuk sitemap kedalam halaman statis, akan menjaga fungsi sitemap tetap aman dan tidak terpengaruh faktor dari luar.

Dengan begitu tentunya hal ini tidak akan mengganggu kenyamanan pengunjung blog saat menjelajah dan mencari artikel terkait yang dibutuhkan.

Demikianlah artikel Cara mengatasi daftar isi blog / sitemap yang tidak tampil ini bisa saya sampaikan , selamat mencoba dan semoga berhasil.

Daftar isi [ Lihat ]
SHARE
44 komentar
  1. Akhirnya ketemu juga solusi buat sitemap aku yg tiba2 ngilang nggak jelas. Artikelnya very2 work. Thank you.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang artikel ini bisa bermanfaat, btw terima kasih juga sudah berkunjung.

      Hapus
  2. artikel bagus mas..mau nanya,,misalkan kita menggunakan javascript milik orang lain dan di sitemap kita ada link yang menuju blog orang lain. Apa bisa menghilangkan link tersebut mas yang ada di dalam sitemap kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa-bisa aja mas diedit dari javascriptnya, cuma saya rasa kurang etis kalau caranya saya poskan di blog.

      Hapus
  3. Saya tertarik pada artikel ini tak sengaja saya menemukan saat berselancar di blog ini, karena memang hal ini pernah saya alami pada saat memasang sitemap di blog saya hasilnya seperti yang mas jelaskan hanya mumcul "sitemap" saja dan sampai sekarang belum coba pasang lagi sitemapnya karena percobaan kemarin gagal terus dan sangat memakan waktu hampir 1 minggu dan hasilnya belum selesai, akhirnya saya tinggalkan dulu,fokus artikel saya coba lagi nanti!
    >>mungkin mas teguh punya satu artikel yang menyediakan script untuk cara membikin sitemap blog yang lengkap secara otomatis..tersebut! kalau ada mohon di tampilkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas warman atas apresiasinya. Nanti saya coba terlebih dahulu scriptnya apakah jika ditaruh di artikel / postingan blog akan menjadi error atau tidak, karena dari beberapa percobaan sebelumnya, jika saya lakukan editing (buka kembali halaman arsip atau sitemap) halaman sitemap yang sudah jadi tadi terkadang suka error kembali. Artinya, sekali buat, sekali jalan.

      Kali ini saya ngga bisa janji, tapi akan saya coba secepatnya mas.

      Hapus
  4. thanks gan...
    info yang saya cari ini... manfaat sekali
    sekalian blogwalking hehe

    BalasHapus
  5. mohon maaf saya memberanikan diri untuk berkomentar sambil silaturahmi, saya mengalami hal yang disebutkan diatas, izin coba lagi semoga kali ini berhasil, terima kasih untuk ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali sudah berkomentar disini, semoga berhasil percobaannya salam sukses selalu :)

      Hapus
  6. mas klau postingannya tidak bisa tampil semua di sitemap itu apanya yang salah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa tampilnya itu postinganya per kategori, atau acak, atau postingan yang terbit dibeberapa waktu belakangan ini ?

      Hapus
    2. misal gini, label kisah nabi 60 postingan yng tampil cm 2, label kisah pilihan 28 postingan yg tampil cm 24, kisah pilihan 150 yang tampil 102, dan sertiap ada posting baru misal di kisah nabi pasti kisah pilhan / kisah sahabat postingan yang tampil berkurang

      Hapus
    3. Wah kalau detail saya belum nemu jawabannya mas, tapi saya ada saran nih silahkan dicoba :

      1. Coba cek alamat url feed default blognya mas, kalau muncul semua postingannya di feed tersebut berarti feed blog n postingan ngga masalah.

      2. selanjutnya coba ganti script sitemap dengan script sitemap yang lain lalu cek lagi, jika normal artinya script sitemap yang sebelumnya dipakai bermasalah mas.

      saat ini itu saja yang saya tau mas, mudahan bisa membantu.

      Hapus
    4. iya gk muncul semua feed defaultnya mas, solosinya gmn ya

      Hapus
    5. Coba submit ulang dulu mas sitemap.xml nya di search console lalu tunggu beberapa hari (yang saya inget 3-7hari baru normal lagi indexnya). habis itu cek lagi feed blog defaultnya.

      Hapus
  7. Saya masih gagal.

    1. Kopi kode ke laman (mode html)

    2. Kopi kode js yg di paste url nya di addres bar

    3. Di gabungin kodenya

    Nama blog sudah di ganti tetep aja gak nongol sitemapnya. Ada solusi mas? apa ada langkah yang saya lewati atau salah?

    BalasHapus
  8. Udah coba kode yg ada di postingan dalam informasi tambahan belum mas?
    coba dulu di artikel itu, kodenya lengkap sudah saya posting disitu

    BalasHapus
  9. Sudah saya coba sitemap blog agan langsung di template ini dan ternyata bisa dipakai (bisa tampil sitemap blog agan), mungkin struktur template blognya ga cocok pakai cara ini.

    Hasil percobaannya bisa liat di Screenshot SINI

    Selamat mencoba dan semoga berhasil gan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atau mungkin ada masalah klw saya dari awal yg msh pke blogspot blum pake sitemap. Trs waktu gnti domain TLD baru pake sitemap?

      Hapus
    2. Seharusnya sih ngga ada masalah mas kalau alamat URL feed yang dituju untuk dipakai sebagai sitemap sudah benar, mau subdomain blogspot atau pakai custom domain (TLD).

      Pasalnya saya pakai cara ini juga di blog yang masih pakai blogspot di belakangnya dan itu normal aja mas.

      Info tambahan aja, kalau blogspot umumnya URL sitemap sudah disediakan otomatis sama blogspotnya, tinggal nambahin sitemap.xml aja di belakang URL blog yang mas gunakan.

      Hapus
  10. Mohon maaf buat anumb yang komentarnya terhapus.

    anumb :

    siang maaf nihhh. ya saya aneh nihh gan kalau buka beranda semua judul artikelnya mcuman kalau milihsatu judul di klik. kox artikelnya tkeliatan semuanya yah mohon mas solusinya . . . . maaf mohon di cek nih kenapayah


    Jawab:

    Sudah saya kunjungi blognya mas anumb tadi, saran saya coba kembalikan kode template ke tamplate awalnya saja dahulu mas.

    BalasHapus
  11. Terima kasih...
    di blog matsan saga belum berhasil pasang sitemap...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di coba lagi mas tetep semangat

      Hapus
    2. Kalo dicoba di blog lain, bisa muncul...
      Tapi di Matsansaga belum berhasil...
      Barangkali ada solusi...

      Hapus
    3. Kebetulan 1-2 hari ni aku lg aga sibuk nih mas, nti kalau senggang aku coba liat ya. Udah coba yg ada di informasi tambahan belum ?

      Hapus
    4. Saya sudah sempet lihat blognya matsan saga itu pakai template evo magz 4.8 mas sugeng ya ?

      setau saya pakai template itu bisa juga seharusnya mas, coba langsung kunjungi link yang saya tambahkan di Informasi Tambahan deket kesimpulan pada postingan diatas itu mas.

      Di halaman tersebut sudah ada script kode yang bisa langsung di copas dan tinggal edit sedikit saja. Semoga berhasil ,

      Hapus
    5. Hamdallah...
      Sudah berhasil...
      Terima kasih...

      Hapus
  12. Sitemap di blog ku yang kedua tidak mau muncul, sedangkan di blog pertama muncul dan itu script udh bnr. Hal ini disebabkan oleh apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak gan. Bisa waktu pasang ngga sengaja pindah ke mode compose, alamat feed blog ngga bisa diakses, atau ada kode yg mungkin tidak sengaja ter delete.

      Cdi coba pada page baru lagi aja gan, atau kalau mau coba baca di bagian informasi tambahan pada bagian akhir artikel... silahkan di coba dulu

      Hapus
  13. keren bro menambah pengetahuan, maklum saya kurang paham html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks komen positifnya :) semoga bisa bermanfaat

      Hapus
  14. gan mau tanya kan pertamanya di aku work nah setelah ganti subdomain jadi gk muncul gan sitemapnya setelah ikut tutor diatas masih gk work,tolong solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. alamat urlnya sudah diubah belum ? kalau ngga diubah biasanya ngga mau work..

      Hapus
  15. Saya bingung. Saya pakai domain gratisan (.tk). Peta situsnya malah gak mau sama sekali. Bingung udah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba gan pada bagian informasi tambahan dalam artikel diatas.. sudah saya tambahkan biar mudah... semoga berhasil :)

      Hapus
  16. Nice gan, tp ane ada pengalaman lain soal eror sitemap ga muncul ini ternyata karena tidak sengaja mematikan pengaturan FEED BLOG (mode "TIDAK ADA"), karena script ini membaca feed blog, jadi pengaturan harus mode "PENUH" atau "SINGKAT".

    BalasHapus
  17. Gan Biar Postingan sitemap ga kelihatan pengunjung gmn ?
    kan mesti ada sitemap di situ biar ga muncul di post atau pencarian dan populer.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di bagian post editor sisi kanan kalau bikin postingan menu noindeks, nofollow, noodp dicentang aja biar ngga di crawl sama bot, jadinya ngga muncul nanti di pencarian.

      Trus kalo bikin halaman sitemap, bagusnya di menu page aja, jangan di bagian post.

      Hapus