Cara membuat jadwal posting artikel otomatis di blog - Mengelola Blog

Cara membuat jadwal posting artikel otomatis di blog

Masih bermasalah dengan update artikel yang ngga teratur ?  Lho katanya ingin terus ngeblog secara konsisten . Bukankah pengunjung yang sudah berlangganan artikel di blog Anda selalu membutuhkan sesuatu yang baru ?

Kalau begitu, yuk manfaatkan fitur auto publish artikel di blog blogspot supaya Anda bisa tetap konsisten dalam menerbitkan artikel terbaru.

Btw, apa sih auto publish ?

Auto publish disini maksudnya adalah artikel / posting blog yang sudah Anda buat, bisa terbit secara otomatis sesuai dengan tanggal terbit yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

Dengan cara ini blog Anda tetap menerbitkan artikel sesuai dengan jadwalnya meskipun disaat yang bersamaan Anda sedang menghadapi kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan.

Perlu diketahui, blog yang selalu terupdate, selain karena disukai pengunjung karena ada konten-konten baru yang selalu terbit secara teratur, hal ini diketahui juga akan meningkatkan SEO blog Anda secara perlahan tapi pasti.

Artinya, tidak menutup kemungkinan posisi blog Anda di SERP secara keseluruhan bisa semakin baik dari waktu ke waktu.

cara mengatur jadwalterbit artikel


Menjadwal  posting artikel blog secara otomatis adalah langkah tepat yang bisa Anda terapkan. Minimal ada 5 keuntungan yang bisa Anda rasakan  jika Anda menerbitkan artikel secara teratur.

Ok,  pada artikel kali ini saya akan menginformasikan bagaimana cara untuk membuat jadwal posting artikel sesuai waktu yang Anda inginkan di blogspot.


Berikut cara membuat jadwal posting artikel otomatis di blogspot 


1. Klik "Schedule" pada "Post settings" yang terletak disisi kanan yaitu di bagian sidebar.

Klik menu schedule
Pilih menu Schedule

Secara otomatis, waktu dan tanggal terbit artikel akan di set sesuai dengan waktu saat Anda mengklik tombol publish / terbitkan artikel posting blog Anda.

Meskipun begitu, Anda bisa mengatur dan menset waktu terbit artikel sesuai dengan waktu yang Anda butuhkan.

Sebelum Anda menjadwal waktu terbit artikel, sebaiknya Anda perlu memastikan artikel postingan blog Anda sudah benar dan sesuai seperti saat artikel tersebut sudah terbit.

Gunakan tombol "preview" yang ada diantara tombol save dan close untuk memastikan artikel posting blog sudah benar dan sesuai keinginan.


2. Pilih "Set date and time"  untuk membuka pilihan tanggal dan jam jadwal terbit artikel.

Klik pilihan set date and time
Klik pilihan set date and time


3. Pilih tanggal terbit artikel sesuai kebutuhan Anda

pilih dan atur tanggal terbit
pilih dan atur tanggal terbit


4. Pilih jam terbit artikel

Sekali Anda mengklik didalam kotak pilihan jam, maka akan muncul menu dropdown yang berisikan list jam yang tersusun setiap setengah jam selama satu hari. Pilihlah jam yang akan digunakan beserta dengan menit yang dibutuhkan.

pilih dan atur jam terbit artikel
pilih dan atur jam terbit artikel

Catatan: untuk mengatur zona waktu agar artikel dapat terbit sesuai dengan waktu Anda, Anda dapat mengaturnya di menu Dashboard >> Settings >> Language and formatting >>  Time Zone lalu pilihlah waktu yang sesuai dengan posisi waktu Anda (saya menggunakan waktu Indonesia).


5. Selesaikan kemudian Publish

Klik   "Done" setelah Anda memilih tanggal dan waktu jadwal terbit artikel untuk mengkonfirmasi pengaturan tanggal dan jam terbit artikel.

klik done lalu publish
klik done lalu publish

Ketika Anda sudah yakin bahwa artikel Anda sudah benar-benar siap untuk terbit, klik "Publish" untuk menjadwalkan artikel Anda supaya bisa terbit sesuai dengan waktu yang sudah Anda tentukan.


6. Memastikan artikel Anda sudah siap terbit sesuai jadwal.

Setelah Anda mengklik  tombol "Done" seperti pada langkah ke 5 ,  perhatikan pada bagian "Schedule",  Anda akan melihat tanggal dan waktu sesuai dengan jadwal terbit yang sudah Anda pilih.

Tanggal dan waktu terbit artikel akan terlihat
Tanggal dan waktu terbit artikel akan terlihat

Dibawah menu Posts Anda akan menemukan menu "Schedule", ini berarti di blog Anda sudah ada beberapa artikel yang sudah dijadwalkan untuk terbit berikutnya sesuai waktu yang Anda tentukan sebelumnya.

Jika Anda merasa artikel belumlah sempurna, Anda masih bisa mengubah dan mengedit artikel tersebut, namun jangan lupa untuk kembali mengklik tombol "Publish" agar artikel Anda tidak masuk kembali sebagai draft.


Beberapa perhatian saat menjadwal waktu terbit artikel
  • Gunakan tombol "Preview" untuk memastikan artikel di blog Anda sudah benar dan sesuai dengan keinginan Anda
  • Selalu klik tombol "publish" setiap Anda melakukan perubahan dan pengeditan artikel agar pengaturan waktu terbit otomatis bisa berjalan normal.
  • Jika Anda ingin membatalkan jadwal terbit artikel otomatis tersebut, Anda hanya perlu mengklik tombol "Revert to draft" untuk mengembalikan artikel sebagai draft umumnya.



Kesimpulan

Cara membuat jadwal posting artikel otomatis di blog blogspot ini sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan.

Selain bisa memberikan waktu agar kita bisa mempersiapkan artikel artikel berkualitas berikutnya, pengaturan ini juga memberikan kesempatan kepada kita jika saat itu kita merasa SEO on page pada artikel yang akan terbit perlu diperbaiki.

Sebagai contohnya, untuk URL link artikel (permalink) masih bisa kita ubah dan kita optimasi agar lebih SEO friendly meskipun sudah dijadwalkan terbit.

Mudahkan , lalu bagaimana dengan Anda ? sudah terbiasa membuat jadwal posting artikel otomatis di blog ?
Daftar isi [ Lihat ]
SHARE
14 komentar
  1. Mudah juga ya caranya update artikel otomatis!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, memang mudah caranya. Mudah2an berguna :)

      Hapus

  2. Betul gan. Dengan setting terbitnya kapan ga perlu repot mesti buka blog buat nambah tulisan. Apalagi kalau ada momen-momen khusus seperti sumpah pemuda atau hari blogger Nasional.

    Tambahan dikit.

    Gunain data analytic, khususnya jam pengunjung lagi rame untuk auto publish artikel. Jadi artikel baru langsung dibaca oleh pengunjung tetap. Seperti saya 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, terima kasih mas kandra wilko atas supportnya selama ini :).

      Ya selama ini memang saya selalu menggunakan fitur terbit otomatis itu, selain lebih mudah terbit artikel juga bisa lebih teratur.

      Hapus
  3. Thanks artikelnya gan ternyata mudah juga untuk menjadwalkan posting

    BalasHapus
  4. apakah ini mempengaruhi alexa rank juga mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau caranya ngga ngaruh setau saya mas

      Hapus
  5. kokdisaya ndak ada fitur schedule ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba gan di perhatikan ulang mungkin ada yg terlewat...atau bahasanya berbeda...

      Hapus
  6. gan mau nanya

    kok di blog saya tidak bisa menggunakan fitur ini?
    sudah saya setting update otomatis, tapi setelah lewat waktunya kok postingannya belum terbit juga.

    mohon bantuannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin setelan time zone blog agan berbeda waktunya sehingga tidak terbit sesuai waktu yang agan inginkan.

      Coba periksa di bagian Settings > Language and formatting > Formating > time zone ; setel dan sesuaikan dengan waktu dan lokasi agan sekarang.

      Selain itu, pastikan setiap habis edit postingan selalu klik schedule di sisi kanan atas, kalau tidak dia akan kembali jadi draft.

      Hapus
  7. kalau itu kan post di otomatiskan, ada gak setingan di batasi.. contohnya hanya seminggu saja kemudian hilang atau pada tanggal yg di setting postingan tersebut hilang lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga ada gan sepertinya untuk membatasi waktu terbit postingan, paling di hilangkan dari penelusuran google melalui option unavailable after pada settingan custom robot text saja.

      Hapus