Pengalaman Memanfaatkan Page Source

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa menggunakan kombinasi tombol CTRL+U pada keyboard, akan membuka halaman /page baru yang berisi source code html untuk halaman yang saat itu sudah dibuka, sehingga kode-kode html ataupun script-script lainnya bisa dilihat dan di copy.

Halaman source code ini ternyata banyak juga manfaatnya, dimana salah satunya adalah seperti yang saya alami kali ini ketika ingin menemukan file javascript yang bisa berfungsi untuk menampilkan daftar isi blog yang sesuai dengan tanggal postingan.

Awalnya sih saya ingin membuat artikel tentang cara memasang sitemap / daftar isi blog yang disusun berdasarkan tanggal terbit postingan. Hal ini terkait dengan aktifitas re-share artikel ke sosial media macam Google plus ataupun twitter yang saya lakukan di bulan September lalu.

Dengan adanya halaman daftar isi berdasarkan tanggal terbit postingan ini saya jadi lebih mudah untuk mengatur postingan apa dan sampai dimana share terakhir yang sudah dilakukan sebelumnya.

Namun, karena saya lupa posisi folder tempat menyimpan file javascript tersebut , akhirnya saya coba untuk browsing dan mencarinya di internet, milik rekan blogger lainnya.

Yah, meskipun postingan-postingan seperti ini sudah banyak beredar di kalangan blogger, namun dari sekian banyak artikel yang beredar, rupanya banyak yang scriptnya sudah tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Padahal, postingan-postingan tersebut ada di halaman pertama Google Serp.

pengalaman dengan page source code

Dari sekian banyak tutorial yang sudah saya coba namun tidak berhasil untuk diterapkan, rata-rata mereka masih menggunakan file javascript yang hostingnya (penempatan filenya) berada di situs Googlecode.com dimana situs ini sudah tutup secara permanen pertanggal 25 Januari 2016.

Otomatis, sitemap yang kita harapkan bisa bekerja dan menampilkan daftar isi blog sesuai dengan tanggal terbit postinganpun tidak dapat tampil dan hanya menampilkan halaman kosong saja. Tentu saja hal ini sangat mengecewakan.

Alhasil, saya malah membuat artikel ini yang memanfaatkan halaman source code untuk menemukan file javascript daftar isi dan menggunakannya kembali di page baru. Yuk simak kelanjutannya. .


Coba copy paste langsung dari page Arsip


Sitemap / daftar isi blog yang susunannya sesuai dengan tanggal terbit postingan sebenarnya sudah saya gunakan di halaman Arsip ini. Namun, karena saya tidak menemukan script yang sudah saya simpan sebelumnya, maka inisiatif pertama yang saya lakukan adalah dengan meng-copy langsung dari page arsip yang sudah ada.

Prosesnya sih mudah, tinggal buka page yang berisi script sitemap tadi lalu copy dan pastekan lagsung ke page baru kemudian di save. Akan tetapi, halaman tadi ternyata juga tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya dan hanya menampilkan halaman kosong dengan judul diatasnya.

copy paste dari edit post page arsip
Copy paste dari edit post page arsip , hasilnya gagal

Saya pikir sebelumnya, mungkin karena scriptnya mengalami perubahan ketika proses copy paste, maka saya coba atur lagi sedemikian rupa agar susunan script lebih teratur dan benar dengan tujuan memperbesar kemungkinan untuk berhasil.

Tapi nyatanya, sekian lama saya utak-atik itu script, namun tetap saja tidak berhasil ketika halaman di publish, alias tetap tidak muncul daftar isi blog sesuai tanggal postingan tersebut. Harus cari cara lain lagi nih.


Telusuri dari page source


Teringat dari postingan sebelumnya yang masih bertemakan tentang cara pasang sitemap di halaman statis, khususnya pada bagian tentang bagaimana membedakan cara 1 dengan cara 2 yang menggunakan CTRL+U untuk mengakses page source halaman arsip tersebut.

Dari situ saya coba untuk melihat page source dari halaman arsip yang memang berfungsi secara normal, kemudian mencari javascript yang digunakan untuk menampilkan daftar isi blog sesuai tanggal postingan tersebut.

Setelah menemukan file javascript untuk sitemap, lalu saya copy dan pastekan langsung kode tersebut ke dalam page baru pada mode html.

Kemudian page baru tadi, langsung saya terbitkan. Ternyata, cara tersebut bisa efektif digunakan. Halaman daftar isi yang menampilkan link sesuai dengan tanggal postingan bisa tampil dengan benar tanpa ada kesalahan.

Copy paste dari page source, hasilnya berhasil
Copy paste dari page source, hasilnya berhasil

Yep, dengan begitu, akhirnya saya bisa menemukan file javascript yang bisa digunakan kembali untuk membuat sitemap / daftar isi blog yang sesuai dengan tanggal terbit postingan. Untuk contoh halaman percobaanya bisa anda lihat disini.


Kesimpulan


1. Copy paste dari halaman tempat script berada ternyata belum tentu berhasil seperti pada daftar isi yang sudah tampil sebelumnya. Ini artinya, proses copy paste di halaman edit post baik mode html dan mode compose tidak serta merta bisa berhasil jika dipasang di page baru, meskipun langsung dipastekan kedalam laman tersebut.

2. Copy paste file javascript dari page source daftar isi yang berfungsi (dalam hal ini adalah daftar isi blog yang sesuai tanggal terbit postingan) ternyata bisa berfungsi dan script tersebut bisa bekerja dengan normal di halaman.

Dari pengalaman ini saya berharap ada manfaat yang bisa rekan-rekan dapatkan ketika menghadapi kesulitan ketika menerapkan sesuatu kedalam blog khusunya yang berkaitan dengan pemasangan sitemap dan file javascript. Demikianlah artikel tentang pengalaman memanfaatkan page source ini bisa saya bagikan, terima kasih.

Berlangganan Artikel Via Email :

No comments:

Post a Comment

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.