Cara menambahkan pesan komentar di blog - Mengelola Blog

Cara menambahkan pesan komentar di blog

Tujuan utama dari fitur komentar di blog adalah untuk memudahkan pertukaran informasi antara pengunjung dan pengelola blog. Informasi yang disampaikan didalam kotak komentar ini bisa berupa opini, dukungan pembaca, informasi tambahan, kritik dan saran ataupun sekedar basa-basi.

Seiring dengan perkembangan dunia blogging khususnya menyangkut SEO, tak jarang fitur komentar ini digunakan sebagai ajang untuk meletakkan link dalam jumlah banyak (sp*m), promosi blog yang tidak sesuai dengan konten, hingga meletakkan link yang bisa menjebak pengunjung lainnya pada hal-hal yang merugikan (ph*sing).

Meskipun cara ini sebenarnya kurang efektif untuk meningkatkan SEO, namun faktanya masih banyak di temukan link dan komentar di blog yang mirip dengan apa yang sudah saya sebutkan pada paragraf sebelumnya.

Sebagai pemilik blog, tentu kita ingin agar blog yang kita kelola tidak menjadi ajang tempat peletakkan link yang tidak sesuai konteks artikel tersebut, sehingga langkah umum yang dilakukan adalah dengan menerapkan sistem moderasi komentar di blog.

Sistem moderasi di komentar blog pun juga memiliki kelebihan dan kekurangan, salah satunya adalah komentar yang dikirimkan oleh pengunjung tidak bisa langsung dilihat di halaman tersebut akibat harus menunggu persetujuan publikasi dari pemilik blog.

Oleh karena hal tersebut, sebagai salah satu solusi agar pembaca mengetahui dan memaklumi tata cara berkomentar di blog, maka akan lebih baik jika Anda turut menambahkan informasi tambahan terkait cara berkomentar di blog yang Anda kelola.

menambahkan pesan komentar di blog

Untuk blog dengan platform blogspot, tempat meletakkan informasi tambahan terkait tata cara berkomentar sudahlah tersedia dan Anda hanya perlu menambahkan sesuai dengan keinginan.

Penambahan ini bertujuan agar pembaca bisa mengerti apabila komentar yang diberikan tidak langsung diterbitkan. Lantas bagaimana cara menambahkannya ? Simak informasinya seperti dibawah berikut.

Cara menambahkan pesan diatas kolom komentar blog

  1. Login ke blogger.com
  2. Pilih blog yang akan di update
  3. Pilih Settings pada menu disebelah kiri
  4. PIlih "Post,comments and sharing"
  5. Lihat pada "Comment Form Message" di sisi kanan Anda.
  6. Isi pada kotak yang tersedia tentang pesan dan aturan berkomentar sesuai dengan keinginan Anda.
  7. Klik "Save setting" di sudut kanan atas untuk menyimpan perubahan yang dilakukan.

Perhatikan pada gambar di bawah berikut untuk cara pemasangannya
cara menambahkan pesan komentar di blog
Cara menambahkan pesan komentar di blog

Gambar berikut adalah contoh hasilnya
contoh hasil pemasangan pesan komentar di blog
Contoh hasil penambahan pesan komentar


Kesimpulan

Menampilkan pesan diatas form komentar ini merupakan salah satu cara yang baik untuk digunakan diblog karena hal ini bisa memberikan informasi dan anjuran yang jelas kepada setiap pengunjung apabila mereka ingin berkomentar. Demikianlah artikel tentang cara menambahkan pesan komentar di blog ini bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat.

2 comments:

  1. Moderasi aktif, serta menambahkan pesan buat para komentar itu memang bagus sekali (sebagai rambu-rambu) supaya tak terjadi hal-hal yang tak sesuai prosedur ada diform komentar diblog kita, suatu langkah pencegahan yang sangat bijak agar lebih terkoordinir lagi, ini info menarik!

    tapi! misal kalau sudah ada komentar yang tak sesuai masuk' solusinya bagaimana ya mas, apakah bisa di hilangkan oleh pemilik web tersebut? Terimakasi..

    ReplyDelete
  2. Jika sudah pakai moderasi tinggal bagaimana kitanya saja mas. Mau di tampilkan atau tidak. Misalnya mas mau komentar tersebut di tampilkan artinya kan kita publish, atau mau di delete langsung juga bisa.

    Asalkan komentarnya baik dan tidak ada unsur modus tebar link sp*m saya rasa ada baiknya di publish mas, setidaknya menghargai pengunjung yang sudah mau berkomentar.

    Kalaupun sudah di publish sebelumnya, mas bisa delete komentar tadi di menu komentar yang ada di dashboard blogspot. Nah menurut saya seperti itu baiknya. . .

    ReplyDelete