Cara memasang Google Custom Search Engine di blog - Mengelola Blog

Cara memasang Google Custom Search Engine di blog

Google penelusuran khusus atau yang juga dikenal dengan nama Google Custom Search Engine (CSE) merupakan salah satu fitur dari Google yang cukup menjanjikan untuk di tambahkan di blog Anda sebagai alat navigasi.

Selain karena fiturnya yang sangat memadai untuk digunakan sebagai mesin telusur, Google Custom Search Engine ini juga bisa dikaitkan dengan akun Adsense, sehingga sangat memungkinkan untuk dipakai sebagai alat navigasi blog sekaligus berguna untuk meningkatkan pendapatan adsense Anda.

Ada beberapa pilihan yang sudah disediakan dan bisa Anda gunakan untuk memasang Google CSE ini kedalam blog, namun pada artikel kali ini, saya hanya akan menerapkan pemasangan Google CSE yang memanfaatkan dan menggunakan Page (halaman statis) sebagai tempat menampilkan hasil pencarian.

memasang dan membuat Google Custom Search Engine
Selain karena hasil penelusurannya yang terlihat lebih rapi, cara ini juga saya anggap bisa menjaga pengunjung untuk tetap berada didalam blog ketika mereka menggunakan alat pencarian. Yuk, simak cara memasang Google Custom Search Engine pada langkah-langkah dibawah berikut

Cara memasang Google Custom Search Engine di blog


1. Siapkan halaman baru untuk menampilkan hasil pencarian

Langkah pertama yang diperlukan adalah dengan membuat halaman statis baru di Blog yang akan kita pasang Google Custom Search Engine. Halaman baru ini nantinya akan kita gunakan sebagai tempat untuk menampilkan hasil pencarian. Berikut cara membuatnya;
  • Loginlah ke blogspot Anda, lalu pilih blog yang akan Anda pasangi Google Custom Search Engine.
  • Lanjutkan dengan memilih menu Laman lalu dilanjutkan dengan klik pada pilihan Laman Baru.
  • Beri judul laman dengan nama "Search Results" atau sesuaikan dengan selera dan keinginan Anda.

    Membuat halaman search results
    Membuat halaman baru untuk menampilkan Search results
  • Klik Publish
  • Setelah selesai di Publish, bukalah halaman tersebut, kemudian salin alamat url lengkapnya lalu simpan kedalam notepad. Berikut adalah contoh alamat url yang saya gunakan untuk menampilkan hasil pencarian di blog ini http://www.mengelolablog.com/p/searcresult.html

Untuk sementara kita tinggalkan halaman baru di blogspot tadi dan ikuti langkah selanjutnya guna memasang Google Custom Search Engine di blog.


2. Membuat Google Custom Search Engine

Setelah kita membuat laman tempat menampilkan hasil pencarian, langkah berikutnya adalah kita akan membuat Google Custom Search Engine. Ikuti langkah dibawah untuk mendapatkan kode dan script Google Custom Search Engine.
  • Login ke akun Google Anda, lalu kunjungi alamat https://cse.google.com/cse/all
  • Pilih menu New Search Engine di sudut kiri atas
    Pilih menu New Search untuk membuat Google CSE
    Pilih New Search Engine
  • Anda akan dibawa ke halaman seperti pada gambar dibawah berikut. Isikan alamat blog Anda pada kotak Sites to search. Kemudian, pilih Indonesian pada menu Language jika blog Anda menggunakan bahasa Indonesia (sesuaikan dengan bahasa di blog Anda), dan terakhir klik pada tombol Create untuk membuat Google Custom Search Engine.
    Buat New Google Custom Search Engine
    Isikan data untuk membuat New Google CSE
  • Saat ini Google Custom Search Engine Anda sudah siap digunakan, namun untuk pemasangan di blog, pilihlah menu Control Panel untuk merubah setting agar mesin telusur ini bisa berfungsi dengan baik dan benar. Silahkan di klik terlebih dahulu tombol Control Panel yang terletak di sudut kanan bawah.
    Pilih control panel untuk membuat Google Custom Search Engine
    Pilih control panel untuk membuat Google Custom Search Engine
  • Setelah Anda mengklik tombol Control Panel tadi, Anda akan dibawa ke halaman Setup (pengaturan). Disini Anda bisa melakukan pengaturan lanjutan, namun kali ini kita lewati dahulu halaman ini dengan mengklik menu Look and feel di sisi kiri Anda.
    Halaman menu SETUP
    Halaman menu SETUP
  • Setelah halaman menu pengaturan look and feel akan terbuka, lanjutkan dengan memilih Two page, kemudian lanjutkan dengan mengklik tombol Save & Get Code disudut bawah kanan untuk mendapatkan kode script Google Custom Search Engine.
    Pilih Look And feel Untuk membuat Google Custom Search Engine
    Masuk ke menu Look And Feel untuk pengaturan Google CSE
  • Setelah Anda mengklik Save & Get Code, jangan langsung meng-copy code yang ada, namun yang perlu Anda lakukan adalah mengklik tombol Search Result Details yang berada tepat disamping kanan tulisan Get code for search box hingga muncul pop up baru.
  • Isikan pada kotak pertama, alamat url halaman baru yang sudah Anda simpan sebelumnya pada langkah 1 diatas tadi, kemudian lanjutkan dengan mengklik save untuk menyimpan perubahan. Silahkan perhatikan gambar dibawah ini
    Pop up pada Search Result details
    Mengisi alamat url halaman hasil pencarian pada pop up Search result detail
  • Setelah selesai dengan Search Result Details, barulah Anda bisa meng-copy dan paste-kan kode untuk search box kedalam notepad dan simpanlah untuk sementara. Perhatikan bahwa kode script pertama ini adalah kode untuk kotak pencariannya, sedangkan untuk mendapatkan Kode Hasil Pencarian, klik tombol berwarna biru disisi kiri bawah yang bertuliskan Next: Get code for search results. Copy lalu pastekan kode search results kedalam notepad untuk sementara waktu.
    Kode Search Box untuk membuat Google Custom Search Engine
    Kode Search Box untuk membuat Google Custom Search Engine
  • Sampai di langkah ini Anda sudah memiliki 2 script yang akan kita gunakan untuk membuat Google Custom search Engine, yaitu kode script Kotak penelusuran dan kode script hasil penelusuran. Langkah selanjutnya adalah memasang kode script tersebut kedalam Blog.


3. Cara memasang Google Custom Search Results di blog

Buka kembali akun blogspot yang sudah Anda lakukan di langkah #1, kemudian ikuti kembali langkah pemasangan kode script Google Custom Search Engine di blog berikut ini.

#A. Memasang kode script Search Results / hasil penelusuran
  • Pilih menu laman, cari laman yang sudah Anda buat tadi lalu klik Edit
  • Pindahkan mode penulisan dari compose ke mode HTML
  • Buka Notepad yang berisikan kode script Google Custom Search Engine. Pilih kode script Search Results, lalu copy pastekan kedalam laman baru tersebut.
    Memasang script Google Custom Search Results
    Memasang script Google Custom Search Results
  • Klik publish untuk menerbitkan halaman Search Results

Langkah selanjutnya yang diperlukan untuk menyelesaikan tutorial kali ini adalah dengan memasang script Search Box (kotak penelusuran) melalui menu layout blogspot, untuk detailnya perhatikan langhkah dibawah berikut.

#B. Memasang kode script Search Box / Kotak Penelusuran
  • Pilih menu layout yang terletak disisi kiri Anda
  • Klik pada Add a gadget untuk menambahkan kotak penelusuran
  • Pilih menu HTML/Javascript
  • Copy dan pastekan kode script Search Box kedalam gadget tersebut lalu klik simpan
    Memasang script Google Custom Search Results di gadget html
    Memasang script Google Custom Search Results di gadget html
  • Atur posisi Search box sesuai keinginan Anda
  • Klik Save Arrangement untuk menyimpan perubahan.

Berikut adalah contoh hasil Google Custom Search Engine yang sudah jadi dan bisa Anda coba.





Kesimpulan

Untuk memasang Google Custom Search Engine ini memang sedikit ribet, namun jika Anda teliti saat memasangnya, maka seharusnya Fitur ini sudah bisa digunakan dan berfungsi di blog.

Sebagai catatan, ada satu kendala ketika saya mencobanya di browser Mozilla Firefox. Hasil pencarian Google Custom Search Engine ini tidak bisa terbuka (kemungkinan browser ini memblock script dari Google sehingga tidak mau terbuka), oleh karena itu untuk memastikannya berfungsi atau tidak silahkan Anda coba buka pada browser lainnya (saya rekomendasikan untuk menggunakan Google Chrome).

Yap, demikianlah langkah-langkah memasang Google Custom Search Engine kedalam blog, semoga bermanfaat

12 comments:

  1. mantap... tips nya bagus min.. berhasil

    ReplyDelete
  2. Cara mometasi cse gimana gan biar ada iklannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal dikaitkan dengan akun adsense mas firman aja, ada di menu penyiapan trus aktifkan monetisasi mesin telusur yg ada di sub menu dapatkan penghasilan.

      Bisa juga langsung pakai cse yg ada di akun adsensenya mas di menu my ads bagian search

      Delete
  3. Sangat bermanfaat sekali gan. Tapi blog ane sudah ada search box nya. Sudah disematkan pada template blog..

    ReplyDelete
  4. makasih ya bang, saya udah cari dimana-mana ketemunya cuma disini.ngebantu banget. visit back ya.

    ReplyDelete
  5. Kok Saat di cari di google search engine
    Yang Datang Tidak Ada Hasil ?
    Padahal udah nge post bang ?
    gimana nihh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang saya tangkap maksud agan nih.. agan sudah punya postingan trus dipasang Google CSE, trus coba dicari lewat situ ngga ketemu ya ? Gitu bukan maksudnya ?

      Delete
    2. Tadi saya sempet cek blognya, baru satu postingannya yang kinemaster itu. Sepertinya belum terindeks di Google gan makanya tidak ada hasil kalau di cari di Google CSE.

      Tunggu terindeks dulu gan postingannya baru bisa ketemu nanti di hasil pencariannya.

      Delete
  6. Mantap artikelnya. Ini yang saya lagi cari-cari gan. Sekalian buat artikel hubungkan ke adsense gan.

    Salam kenal
    Blogmonyza

    ReplyDelete