Cara saya mengatasi artikel blog susah indeks - Mengelola Blog

Cara saya mengatasi artikel blog susah indeks

Halo semuanya, kali ini saya kembali ingin berbagi informasi seputar masalah blogging yaitu artikel susah indeks di SERP Google. Susah indeks buat saya sungguh menjengkelkan. Pasalnya, artikel yang sudah kita terbitkan ternyata nggak muncul di halaman SERP Google.

Boro-boro halaman satu, masuk listnya aja nggak. Ini artinya, artikel yang sudah susah-susah dibuat tidak mendapatkan pengunjung organik dari search engine Google.

cara saya mengatasi artikel blog susah indeks

Saat ini, ada dua artikel baru yang sudah saya terbitkan tidak terindeks di SERP. Satu terbit tanggal 8 Desember 2022, dan satu lagi terbit tanggal 1 Januari 2023.

Kedua artikel tersebut sampai artikel ini ditulis, masih belum muncul di SERP, dan kalo di cek via "site:url postingan" serta melalui "Inspeksi url" di Google Search Console (GSC), kedua artikel tersebut masih belum ada datanya di SERP.

Perhatikan hasilnya pada screenshoot gambar di bawah ini saat di cek menggunakan site:url postingan

Cek site url postingan - hasil belum terindeks
Gambar 1. Cek site url postingan - hasil belum terindeks

Selanjutnya, perhatikan hasilnya pada screenshoot gambar di bawah ini saat di cek menggunakan inspeksi url di GSC

Cek inspeksi url GSC - hasil belum terindeks
Gambar 2. Cek inspeksi url GSC - hasil belum terindeks

Di sisi lain, setelah kedua artikel yang belum terindeks tadi, saya juga menerbitkan satu artikel baru. Tepatnya ditanggal 4 Januari 2023. Namun anehnya, artikel terbaru ini sudah bisa terindeks di SERP Google, dan datanya akan muncul kalau kita ketikkan "site:url postingan".

Ini postingan terbaru di tanggal 4 januari 2023 yang sudah terindeks dan masuk di SERP Google

Gambar 3 - artikel terbaru yang sudah terindeks
Gambar 3 - artikel terbaru yang sudah terindeks

Nah, masalah inilah yang saya coba untuk berbagi solusinya untuk para pembaca sekalian.

Untuk memudahkan, saya mengambil satu url postingan lama saja yang mengalami masalah susah indeks di SERP Google, yaitu artikel review bantal dengan URL seperti berikut

https://www.mengelolablog.com/2022/12/review-bantal-latex-dunlopillo.html.

Artikel ini sebenarnya sudah terbit hampir satu bulan yang lalu, tepatnya di tanggal 8 desember 2022. Sampai artikel ini ditulis, artikel tersebut belum muncul di indeks SERP.



Langkah-langkah yang sudah dilakukan agar artikel terindeks di SERP.

Bisa dibilang, hampir dua minggu terakhir sebelum artikel yang anda baca ini terbit, saya sudah melakukan beberapa langkah untuk membuat artikel review bantal tadi bisa terindeks. Berikut kronologi dan langkah-langkah yang sudah saya kerjakan.


Ubah robots.txt dan tes status indeks di GSC (2 Jan 2023)

Langkah pertama yang saya lakukan adalah memeriksa setting robots.txt. Jadi, semua setting robots.txt yang ada saya set ulang dengan file yang baru (kalau mau lihat file robots.txt silahkan cek disini https://www.mengelolablog.com/robots.txt ) .

Selain itu, saya juga mengembalikan setting robots header tags ke settingan default blogger (untuk settingnya, masuk ke akun blogger anda lalu klik menu setting dan cari sub menu Crawler and indexing).

Setelah melakukan perubahan pada file robots.txt dan lainnya, selanjutnya saya lakukan test crawling robot.txt melalui Google Search Console robots.txt tester.

Saat dilakukan test, url review bantal tadi tidak ada masalah dan bisa dicrawl oleh Googlebot smartphone.

Langkah selanjutnya agar url artikel tentang review bantal tadi bisa terindeks adalah dengan melakukan tes status indeks dan meminta pengindeksan URL di GSC yaitu:

  1. Melakukan inspeksi url di GSC. Saat pemeriksaan, status halaman adalah tidak di indeks karena kesalahan pengalihan.
  2. Melakukan uji URL langsung. Saat pemeriksaan, halaman yang diuji bisa di crawl dan statusnya bisa di indeks.
  3. Minta pengindeksan ulang.

Setelah yakin semua langkah yang dilakukan sudah oke, saya hanya menunggu proses ini berlangsung selama beberapa hari sambil berharap halaman bisa terindeks. Dan tepat pada tanggal 4 januari, saya cek kembali, namun hasilnya GAGAL, halaman masih belum terindeks.


Buat internal linking di artikel populer (4 Januari 2023)

Setelah proses ubah setting file robots.txt dan minta ulang pengindeksan ditanggal 2 Januari 2023 gagal, langkah selanjutnya adalah dengan memancing URL review tadi melalui internal link dari artikel lama yang sedang populer dan banyak dibaca.

Jadi, url link blog review bantal tadi saya pasangkan di dalam url artikel blog yang sudah populer dan banyak dibaca. Setelah itu, kembali saya melakukan permintaan indeks url di GSC, baik indeks untuk url review bantal ataupun url artikel yang populer tadi .

Dari beberapa informasi, dengan menambahkan internal link seperti cara diatas, bisa membuat artikel cepat terindeks. Namun lagi-lagi, cara ini masih belum berhasil. Artikel review bantal, masih belum ada datanya di SERP google.


Update tanggal publikasi artikel (7 Januari 2023)

Udah setting robot txt... gagal, pancing dengan url artikel-artikel yang populer... juga gagal. Langkah selanjutnya yang saya lakukan agar artikel review bantal ini terindeks adalah dengan mengupdate tanggal publikasi artikel.

Jadi, pertama kali artikel review bantal ini terbit di tanggal 8 Desember 2022, tanggal publikasinya adalah tanggal 8 Desember juga. Nah, dengan melakukan update ini, tanggal publikasi artikel akan berubah menjadi tanggal terbaru saat update yaitu tanggal 7 Januari 2023.

Gambar 4 - Setelah update tanggal publikasi artikel
Gambar 4 - Setelah update tanggal publikasi artikel

Untuk update seperti ini, kita hanya perlu mengubah waktu publikasi (publish) menjadi automatic lalu klik update.

Dengan cara seperti itu, artikel kembali menjadi artikel terbaru di halaman home page (berada di urutan pertama postingan terbaru). Cara ini hanya membuat artikel berada di urutan pertama halaman home page namun tidak mengubah URL artikel yang ada sehingga tidak berpengaruh terhadap proses crawling.

Bagaimana hasilnya? Saat pengecekan kembali tanggal 9 Januari 2023, artikel masih belum masuk indeks SERP. Ini artinya, cara ini GAGAL.


Update Ganti URL (9 januari 2023)

Tiga cara sudah dilakukan dan hasilnya masih tetap gagal. Disini saya merasa masih ada satu lagi cara terakhir untuk mengatasi artikel blog yang susah indeks yaitu dengan mengupdate URL-nya. Cara ini sebenarnya bisa mempengaruhi kesehatan blog karena URL lama yang diganti bisa saja muncul di SERP sewaktu-waktu sehingga saat di klik akan menuju ke halaman error 404.

Tapi ngga papa juga yakan, kalo ngga di coba pasti nggak tau. Update URL disini adalah mengganti URL lama dengan URL yang baru. Coba perhatikan URL lama dan URL baru yang sudah saya kerjakan

URL lama : https://www.mengelolablog.com/2022/12/review-bantal-latex-dunlopillo.html

URL baru : https://www.mengelolablog.com/2023/01/review-bantal-latex-dunlopillo-ergo-latex.html

Beda kan?

Kebetulan, url lama saya terbit di tahun 2022 sedangkan url baru terbit di tahun 2023. Hal ini karena artikel memang sudah satu bulan lebih dan terbitnya ada di penghunjung tahun. Kalau belum, urutan tahun dan bulan biasanya tidak berubah, jadi hanya mengubah di bagian akhir saja yaitu pada tulisan "review-bantal-latex-dunlopillo.html"-nya.


Bagaimana mengupdatenya?

Untuk update URL, yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke akun Blogger, pilih Posts, klik pada postingan yang akan diupdate urlnya
  • Klik tombol Preview, lalu pilih Revert to draft
  • Masuk ke menu Links
  • Pilih Custom permalink
  • Ubah URL yang ada (sebaiknya tulisannya diganti atau ditambahkan, jangan sama seperti url lama)
  • Klik Publish.

Setelah kita klik Publish, maka kita perlu mendaftarkan lagi URL baru ini ke Google Search Console (GSC). Seperti biasa, masuk ke GSC lalu pilih URL Inspection dan inputkan URL baru yang sudah kita update. Lakukan uji URL terlebih dahulu untuk memastikan URL bisa di Crawl. Setalah OK, langsung klik Minta Pengindeksan.

Oiya, untuk mencegah URL lama tiba-tiba terindeks dan menuju ke halaman error 404, maka sebaiknya kita melakukan penghapusan URL di GSC. Caranya :

  • Masuk ke GSC, lalu pilih menu penghapusan.
  • Klik permintaan baru.
  • Masukkan URL lama yang ingin kita hapus.
  • Pilih hapus URL ini saja.
  • Klik berikutnya.
  • Klik kirim permintaan

Bagaimana hasilnya?

Waktu awal-awal submit, saya belum melihat hasilnya. Namun tepat jam 7:28 pagi ini (10 Januari 2023), saya melakukan permeriksaan melalui site:url postingan dan hasilnya URL SUKSES terindeks di SERP. Ini artinya artikel sudah ada di indeks SERP. Lihat hasilnya pada screenshoot dibawah ini.

Gambar 5 - artikel sudah terindeks di SERP
Gambar 5 - artikel sudah terindeks di SERP
Gambar 6 - artikel sudah terindeks di GSC
Gambar 6 - artikel sudah terindeks di GSC

Jadi, cara yang paling tepat saat ini saya lakukan untuk mengatasi artikel blog susah indeks adalah dengan melakukan update URL. Disini terbukti bahwa dengan melakukan update URL, artikel bisa terindeks dengan cepat.



Kesimpulan

Cara saya mengatasi artikel blog susah indeks memang saya usahakan untuk berurutan. langkah ini saya lakukan untuk meminimalisir error apabila ada langkah yang terlewat atau terlupa. Selain itu, cara ini juga bukan sesuatu yang fix dan pasti berhasil. Mungkin saja saat ini berhasil, lain waktu? Siapa yang tau.

Namun faktanya, usaha yang saya lakukan untuk satu url yang susah terindeks (setidaknya sampai 25 hari lebih) sudah terbukti bisa masuk indeks SERP dengan melakukan update URL saja meskipun tanpa melakukan update isi artikel.

Nah, semoga saja cara ini bisa bermanfaat dan membantu rekan-rekan blogger lainnya yang sedang mengalami artikel susah indeks. Demikianlah akhir dari artikel ini, terima kasih.

Daftar isi [ Lihat ]
SHARE
2 komentar
  1. Ini sedang saya alami. Sudah 2 minggu gak di index juga. Thanks for sharing

    BalasHapus