Mengenal menu posts, comments and sharing di Blogspot - Mengelola Blog

Mengenal menu posts, comments and sharing di Blogspot

Mengelolablog.com - Jika pada artikel minggu lalu kita membicarakan apa saja menu-menu yang ada didalam menu Basic (setelan dasar), maka kali ini kita akan melanjutkan pengenalan menu di dalam dashboard Blogspot lainnya yaitu menu posts, comments dan sharing.

Dari namanya saja, menu posts, comments dan sharing ini adalah menu yang digunakan untuk melakukan penyetelan dasar terhadap format artikel serta kolom komentar di dalam halaman artikel blog anda.

Disini Anda bisa mengatur berapa jumlah artikel yang ingin ditampilkan, bagaimana komentar blog akan di moderasi, bahkan sampai pengkaitan dengan akun Google+ Anda.

mengenal menu posts comments and sharing

Di dalam menu Posts and comments ini, terdapat 4 menu utama yang terbagi lagi menjadi 11 sub menu lainnya. Apa saja menu-menu tersebut ? simak penjelasannya dibawah ini:
Sebagai catatan, menu posts, comments dan sharing ini terletak didalam menu Setting (ikon bergambar roda gigi) pada dashboard Blogspot Anda.


#1. Posts


Melalui menu posts ini, anda dapat melakukan 3 pengaturan dasar yaitu mengatur jumlah halaman yang tampil di halaman main page (halaman utama/Beranda), mengatur dan menciptakan post template untuk artikel, serta mengatur bagaimana tampilan gambar dalam artikel.
Menu Posts

1.1. Show at most

Menu show at most ini berfungsi untuk mengatur berapa jumlah artikel yang akan ditampilkan pada halaman utama/ beranda diblog anda. Jumlah yang akan ditampilkan dapat diatur berdasarkan kategori jumlah artikel (posts) ataupun berdasarkan jumlah hari.

Jika anda menggunakan setting jumlah posts, maka artikel yang ada dihalaman beranda akan di tampilkan sebanyak angka yang anda inputkan pada kotak isian.

Jika anda menggunakan setting jumlah hari (days) maka artikel yang ditampilkan di halaman beranda berjumlah artikel yang terbit selama jumlah hari yang anda isikan pada box tersebut.

Contoh, jika anda mengisikan angka 8 dengan pilihan Posts pada kotak dibelakangnya, maka jumlah artikel yang ditampilkan di halaman beranda blog anda akan berjumlah 8 artikel.

Lain halnya jika anda mengisikan angka 8 dengan pilihan Days pada kotak dibelakangnya, maka jumlah artikel yang ditampilkan dihalaman beranda blog anda dihitung berdasarkan jumlah artikel yang telah anda terbitkan selama 8 hari kebelakang.

1.2. Post Template

Menu Post template ini berfungsi untuk mengatur setelan artikel yang akan anda gunakan. Misalnya anda ingin nama blog anda tampil di awal kalimat paragraf pertama setiap artikel yang akan anda buat.

Contohnya bisa anda lihat diawal kalimat artikel ini, ada tulisan mengelolablog.com - sebelum kata pembuka pertama. "Mengelolablog.com - Jika pada artikel .. bla.. bla.. bla..."
Anda tidak perlu repot-repot untuk menuliskannya setiap kali anda akan membuat artikel. Gunakan menu post template untuk membantu hal tersebut.

1.3. Showcase images with Lightbox

Pilihan didalam menu ini berfungsi untuk mengatur tampilan gambar yang akan anda gunakan dalam artikel. Tampilan ini sebatas memberikan efek box dan bayangan disekeliling gambar untuk setiap gambar yang akan tampil diseluruh artikel anda.


#2. Comments


Menu Comments ini berfungsi untuk mengatur kolom komentar yang tampil di blog anda. Ada 6 sub menu yang bisa anda lakukan untuk mengatur komentar di blog anda, yaitu:
Menu comments

2.1. Comment Location

Comment location ini berfungsi untuk mengatur letak komentar di blog anda , ada 3 lokasi pilihan yang bisa anda gunakan untuk menampilkan dimana lokasi komentar berada dan 1 lokasi lagi untuk menyembunyikan kolom komentar di blog anda yaitu :
  • Embedded : Kotak komentar tersemat dan ditampilkan dibagian bawah artikel blog anda.
  • Full page : Komentar akan di tampilkan dalam satu halaman penuh, terpisah dari artikel blog anda.
  • Pop up window : Komentar akan di tampilkan kedalam bentuk halaman pop up.
  • Hide : Kolom komentar tidak akan ditampilkan pada blog anda.

2.2. Who can comment?

Menu ini berisi pilihan untuk mengatur siapa saja yang berhak dan dapat berkomentar dalam artikel blog anda, ada 4 pilihan yang bisa anda gunakan untuk mengatur siapa yang bisa berkomentar.
  • Anyone - includes Anoymous Users, pilihan ini membuat kolom komentar dalam artikel blog anda terbuka bagi siapa saja termasuk user/pengguna anonim (tidak dikenali/tanpa nama).
  • Registered User - includes openID, pilihan ini membuat kolom komentar dalam artikel blog anda hanya bisa di komentari secara terbatas oleh pengguna terdaftar (pengguna blog di blogspot lainnya) termasuk pengguna yang menggunakan openID.
  • User with Google Accounts, pilihan ini membuat kolom komentar hanya dapat digunakan oleh pengguna akun Google saja, termasuk akun yang terdapat didalam layanan Google seperti Gmail, Youtube, Google Apps, dll.
  • Only member of this blog, pilihan ini membuat kolom komentar hanya dapat digunakan oleh member yang terdaftar dan dijinkan dalam blog anda saja.

2.3. Comment Moderation

Menu comment moderation ini berfungsi untuk mengatur baik waktu maupun ijin tampil setiap komentar masuk yang akan di tampilkan didalam artikel blog anda. Ada 3 pilihan yang bisa anda gunakan dalam menu comment moderation ini.
  • Always, pilihan ini akan menyaring setiap komentar yang masuk sebelum ditampilkan dalam kolom komentar blog anda. Anda akan di informasikan untuk setiap komentar yang akan tampil melalui alamat email pemberitahuan yang sudah anda daftarkan di bagian bawah menu pilihan ini. Komentar akan ditampilkan setelah anda menyetujui untuk mempublikasikan komentar tersebut kedalam blog anda.
  • Sometimes, pilihan ini berfungsi seperti pilihan always , namun akan dilakukan secara random tergantung komentar yang akan masuk. Jika komentar yang akan masuk di blog anda terindikasi oleh Google sebagi spam, maka akan ada pemberitahuan melalui email apakah email tersebut akan dipublikasikan atau tidak. Namun jika komentar tersebut aman dari indikasi spam , maka secara otomatis komentar tersebut langsung tampil dalam blog anda tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.
  • Never, pilihan ini akan membuka komentar yang masuk untuk dapat langsung tampil di blog anda tanpa adanya pemberitahuan dan penyaringan terlebih dahulu.

Dibawah pilihan comment moderation terdapat box tempat anda mengisikan alamat email yang akan digunakan untuk menerima pemberitahuan jika ada komentar yang masuk, isikan dengan alamat email yang terkoneksi untuk membuat blog di akun blogspot anda.

2.4. Show word verification

Menu ini akan berfungsi sebagai salah satu fitur pengaman dalam komentar di blog anda. Pengguna yang berkomentar akan diminta untuk memverifikasi komentar dengan mengetikkan kata-kata yang disediakan dalam box verifikasi tersebut.

2.5. Show backlinks

Menu ini akan memberikan pilihan bagi anda dalam mengatur link yang akan tampil dalam kolom komentar blog anda. Biasanya link yang sering diikutsertakan oleh komentator adalah link untuk memperkenalkan blog mereka atau menuju halaman lain diluar blog anda.

2.6. Comment Form Message

Umumnya Comment Form Message ini terletak dibawah form komentar. Menu ini dapat anda gunakan untuk memberikan pesan panduan bagi pengunjung yang ingin berkomentar di blog anda seperti misalnya; Perhatian bagi pengunjung blog ini, berkomentarlah yang sopan dan santun. Komentar yang bersifat spam, dan lain-lain tidak akan ditampilkan.


#3. Google+ Comments


Pada sub menu Google+ Comments ini, Anda bisa memilih apakah Anda ingin menggunakan komentar akun Google+ Anda agar bisa tampil di blog Anda atau tetap menggunakan form komentar bawaan Blogspot.
Menu Google plus comment

Untuk mengaktifkannya Anda tinggal memilih pilihan "yes", namun dengan catatan blogspot Anda sudah terhubung dengan akun Google+.


#4. Share to Google+


Menu Share to Google+ ini adalah menu yang bisa Anda gunakan untuk membagikan konten artikel blog Anda kedalam "time line" akun Google+ Anda. Jika Anda tidak ingin mengaktifkan kaitan dengan akun Google+ , maka Anda cukup memilih Google+ disabled.

Namun, jika Anda mengaktifkan tautan pada profile Google+, maka Anda akan menemukan beberapa sub menu lainnya yaitu;
Menu share to google plus

4.1. Auto-share new published posts to your Google+ profile;

Jika Anda memilih "yes" maka disaat Anda menerbitkan artikel terbaru, maka secara otomatis, artikel tersebut akan segera dibagikan kedalam timeline akun Google+ Anda. Jika "no" maka artikel terbaru Anda tidak akan di share ke Google+.

4.2. Prompt to share after posting;

Menu pilihan ini berguna untuk mencegah share otomatis terhadap konten artikel yang akan di post di Google+. Jika Anda memilih yes, maka Anda dapat mengedit terlebih dahulu konten yang akan di share. Namun jika Anda memilih "No", maka konten yang dishare ke Google+ akan tampil apa adanya.


Kesimpulan

Menu posts. comments and sharing ini sangat berguna untuk mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan postingan, komentar serta sharing artikel ke ke akun Google+ Anda. Untuk pengaturan-pengaturannya tentu bergantung pada selera dan keinginan Anda, namun yang perlu diperhatikan adalah fungsionalitas serta kegunaan dari masing-masing menu agar blog yang sedang Anda kelola bisa disukai pembaca blog Anda.

Demikianlah artikel tentang mengenal menu posts, comments and sharing di Blogspot ini bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

4 comments:

  1. Bagaimana menampilkan deskripsi profil di page utama apabila kontributor blog tersebut lebih dari dua orang?
    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menampilkan deskripsi profil semua kontributornya dalam satu widget saya belum nemu caranya mas karena bentuk widget yang disediakan blogger sendiri (menu layout >> Add a Gadget >> profile) tidak memberikan pilihan untuk menampilkan deskripsi profile para kontributor, yang disediakan hanya link menuju profil blogger si kontributor atau profil G+nya saja.

      Berikut contoh Screenshot Kontributor yang sudah saya coba.

      Delete
  2. Salam kenal mas teguh, izinkan saya belajar ngeblog di sini ya :) maklum nubie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga kaze chan, silahkan kita sama-sama belajar disini mudahan bisa bermanfaat:)

      Delete