4 Cara membuat artikel menarik dan disukai pembaca - Mengelola Blog

4 Cara membuat artikel menarik dan disukai pembaca

Dalam mengelola blog, kamu pasti berharap blog kamu itu bisa berkembang dengan pesat. Dan pastinya kamu juga perlu membuat artikel menarik yang memiliki bobot dan kualitas dari segi isi dan penulisan.

Untuk menulis sebuah artikel yang menarik bisa bilang mudah namun sulit dalam prakteknya. Apapun artikel yang kamu tulis, tentunya kamu mempunyai tujuan dibalik pembuatan artikel tersebut.

Kamu ingin artikel tersebut benar-benar disukai oleh pembaca, ingin artikel itu bisa berulang kali di baca dan membuat mereka sering berkunjung ke blog kamu.

Hal tersebut bisa menjadi suatu kebanggaan tersendiri apabila kamu sanggup menjadikan nyata, namun untuk membuat artikel menarik dan bisa disukai oleh ribuan orang, bukanlah perkara yang mudah.

Jutaan artikel telah di publish dan terindeks di internet, kebutuhan pembaca tidak lagi terkait dengan artikel-artikel "wajar" dan "biasa".

Mereka membutuhkan lebih dari sekedar konten yang relevan dan akurat. Berapa banyak email berlangganan yang akhirnya hanya di tandai sebagai telah dibaca dan bahkan langsung dihapus tanpa melihat isinya sedikitpun ?

Kemudahan akses internet sekarang ini , memberikan kemudahan bagi para pembaca untuk memilih konten artikel yang memang bisa mereka manfaatkan untuk menghadapi situasi yang mereka hadapi.

Mereka membutuhkan "sesuatu" yang bisa membantu mereka di kehidupan nyata, atau bisa membantu untuk memperbaiki dan meningkatkan keahlian di kehidupan mereka.

Apapun tujuan penulisan konten artikel yang kamu buat , baik itu untuk menghibur, menginspirasi ataupun mengajarkan suatu hal, gunakan 4 tips dibawah ini untuk membuat artikel menarik dan disukai pembaca.

4-Cara-artikel-kamu-disukai-pembaca


1. Buatlah artikel menarik yang berbeda (walaupun topik artikel yang kamu buat serupa dengan yang lain).


Ada pepatah yang mengatakan "serupa tapi tak sama". Ya, langkah inilah yang pertama kali harus kamu pahami sebelum meneruskan untuk membuat artikel.

Perlu kamu ketahui, jutaan artikel dengan topik yang sama sudah banyak beredar di internet, dan ratusan artikel lainnya siap untuk di publikasikan setiap harinya.

Hal ini memiliki arti bahwa pembaca dapat memilih artikel yang sesuai dengan selera dan membacanya sesuai dengan kebutuhan mereka.

Jadi, untuk membuat artikel menarik dan disukai oleh pembaca , sebaiknya kamu meluangkan sedikit waktu dalam menentukan topik yang akan kamu masukan ke dalam artikel, lalu lakukan beberapa analisa terhadap topik artikel tersebut.

Perlu dicatat bahwa topik artikel yang terdengar menarik buat kamu, belum tentu menarik untuk pembaca.

Dalam hal ini, kamu perlu memahami pola pikir pembaca blog kamu, terhadap apa yang mereka harapkan dari konten artikel yang akan kamu buat.

Bagaimana cara melakukannya ? ikuti beberapa hal dibawah ini

a. Cari tahu apa yang di butuhkan pembaca

Mencari tahu akan kebutuhan pembaca terhadap topik artikel menarik yang sama akan membantu kamu untuk membuat artikel menarik dengan konten yang berbeda dari yang sudah ada.

Cobalah untuk mencerna kebutuhan pembaca pada kolom komentar di blog lainnya, kemudian bentuklah ide penulisan yang bisa menjawab pertanyaan mereka .

b. Buatlah sudut pandang penulisan artikel dari sudut yang berbeda

Kamu pasti sering membaca , entah itu berita ataupun tutorial yang banyak di tulis di media online. Ketika kamu akan menerbitkan sebuah artikel dengan topik yang sama, mungkin kamu akan terbawa gaya penulisan dengan sudut pandang yang sama dari artikel-artikel yang telah kamu baca.

Tentunya kamu tidak mau artikel kamu sama persis seperti artikel yang telah kamu baca sebelumnya kan ? Dalam hal ini kamu perlu merubah sudut pandang penulisan dalam membuat artikel menarik versi kamu.

c. Buatlah improvisasi dari artikel yang sudah kamu baca.

Hampir seluruh topik yang ada saat ini sudah banyak di tulis di berbagai macam media. Tentu akan sangat sulit untuk bisa membuat artikel menarik yang benar-benar berbeda dan "original kamu". Namun, kamupun harus menghindari menulis artikel "seperti yang sudah ada" di media .

Setelah kamu memutuskan topik artikel yang akan kamu tulis, cobalah mencari artikel yang searah dengan artikel yang akan kamu tulis.

Perhatikan artikel-artikel tersebut, lalu tanyakanlah diri kamu sendiri, Apa kekurangan-kekurangan dari artikel yang baru saya baca tadi ? lalu apa yang bisa saya tambahkan untuk memperkaya artikel tersebut ?

Baca Juga : 3 Tips mengolah kata agar artikel menjadi lebih baik


2. Tetap fokus pada topik artikel


Mungkin kamu sendiri pernah mengalami hal ini ketika membaca sebuah artikel berdasarkan judul yang kamu klik di internet. Kok ga nyambung sih isinya ?

Kira-kira mungkin ga, kamu tetap bertahan untuk membaca isi artikel tersebut, atau kamu langsung tekan tombol back dan cari lagi artikel yang lainnya ?

Usahakan isi artikel kamu tidak bermakna seperti jargon berikut #Jaka sembung makan combro - gak nyambung bro :). Lantas harus seperti apa tindakan selanjutnya ?

Cara terbaik untuk menyelesaikan permasalahan pembaca terhadap hal tersebut adalah kamu tetap fokus pada topik artikel yang sedang kamu tulis.

Memasukkan topik-topik artikel yang menyimpang dan tidak sesuai akan membuat pembaca dengan segera dan sigap menekan tombol back tanpa perlu berlama-lama di blog kamu.

Untuk tetap fokus pada topik artikel yang akan kamu buat , tentu kamu perlu menjabarkan terlebih dahulu satu persatu, tentang poin-poin penting yang akan menjadi pendukung dari keseluruhan artikel tersebut.

Lalu kembangkan poin-poin tersebut namun tetap tertuju pada topik pembicaraan dalam inti artikel kamu.

Salah satu trik yang bisa kamu gunakan untuk tetap fokus pada konten artikel menarik dan disukai pembaca adalah dengan mengidentifikasi hasil yang ingin kamu capai untuk pembaca setelah mereka selesai membaca artikel kamu.

Apakah mereka akan mengerti tentang suatu hal , mempelajari, atau terinspirasi dari artikel kamu ?

Tetaplah fokus pada poin-poin yang kamu jelaskan dan tentukan Apakah poin ini dapat membantu para pembaca untuk menemukan tujuan spesifik yang mereka perlukan ?

Baca Juga : 4 kebiasaan yang harus dihindari saat menulis Artikel


3. Posisikan diri kamu sebagai pembaca


Para pengunjung mungkin sudah membaca lusinan artikel menarik lainnya dengan topik yang sama , persis seperti artikel yang akan kamu buat.

Pembaca tentu menginginkan sesuatu yang bermanfaat dari artikel kamu, selain mereka membutuhkan informasi yang akurat dan tepat, mereka tentu juga melihat bagaimana cara kamu menyampaikan artikel tersebut.

Cara kamu memberikan sudut pandang pada suatu hal.

Cara menceritakan pengalaman kamu yang unik, opini yang kamu keluarkan maupun personalitas pribadi kamu terhadap topik artikel menarik yang kamu buat, dan sekaligus, pengunjung juga ingin membaca cerita kamu yang unik tersebut.

Dengan memposisikan diri kamu sendiri saat membaca artikel yang sedang kamu buat, kamu akan mengetahui poin-poin mana yang perlu kamu tambahkan atau kurangi sehingga pembaca yang sesungguhnya bisa mendapatkan apa yang mereka harapkan.


4. Berikan pembaca kamu sebuah solusi yang mudah


Masih ingatkan tujuan yang ingin kamu capai ketika pembaca selesai membaca artikel kamu ?

Ketika kamu mulai bisa mengidentifikasi apa yang kamu inginkan untuk pembaca, maka akan semakin mudah jalan kamu untuk membuat artikel menarik dan bermanfaat sehingga mereka bisa mempelajari sesuatu dan terinspirasi untuk bertindak dari artikel yang telah kamu tulis.

Saat itulah kamu mulai mengenali karakter artikel kamu yang berkualitas sehingga dengan mudah mereka akan membantu kamu menyebarkan artikel tersebut secara sukarela dan menantikan tulisan-tulisan kamu selanjutnya.

Ketika kamu memulai membuat artikel menarik dan bermanfaat dengan tujuan agar pembaca mendapatkan sebuah solusi untuk melakukannya, buatlah solusi dengan langkah semudah mungkin.

Pembahasan yang terlalu baku serta rumit dalam pelaksanaannya, akan memberikan efek bagi pembaca untuk tidak melanjutkan membaca ataupun mengikuti langkah-langkah pada artikel yang kamu buat.

Berikanlah pembaca sebuah solusi dan langkah yang mudah dalam penerapan. Dengan penerapan yang mudah, secara otomatis , artikel kamu dapat dijadikan rujukan oleh pembaca setia blog kamu.

Baca juga : Cara membuat artikel

Itulah 4 tips untuk membuat artikel menarik dan disukai pembaca. Lambat laun kamu akan mengerti bahwa konten artikel yang memiliki nilai, seharusnya membantu pembaca untuk mempelajari atau mendapatkan suatu hal ( entah itu tutorial, tips, maupun sesuatu yang bersifat motivasi).

Namun untuk bisa mencapai hal tersebut di butuhkan proses yang berulang-ulang dan latihan yang terus menerus. Jangan pernah menyerah dan jadilah dirimu sendiri. Selamat mencoba !

6 comments:

  1. Wah joss mas tips nya?
    Yang seperti ini nih penhasilan dari ngeblog makin bertambah. Hahaha...

    Salam sukses mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinnnn, semoga sukses juga buat mas agus salim 😁

      Delete
  2. Wdaouu...kok sama kayak yang ada di pikiran ku gan....tpi kok tetep sepi yakk blog ane hehr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada masanya gan, terus konsisten dan produksi artikel yg lebih baik dan menarik pelan pelan pasti ramai :)

      Delete
  3. Wah penting untuk blog setelah saya baca jadi tahu pasti apa yang ada dalam pikiran pembaca, mulai sekarang ingin membuat artikel yang nempel dihati pembaca dan meriset keyword agar tahu apa yang paling banyak diminati pembaca. Terimakasi. Mas artikelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya setidak begitu mas yang saya tau, hingga akhirnya jadi win-win solution buat keduanya.. buat pembaca dan pemilik blog :)

      Delete