Cara mengganti label di blogspot [UPDATE 2020] - Mengelola Blog

Cara mengganti label di blogspot [UPDATE 2020]

Label secara umum lebih dikenal sebagai kategori. Memiliki fungsi untuk mengklasifikasi dan mengelompokkan artikel kedalam golongan, tipe, jenis, dan isi konten yang serupa. Pengelompokkan ini biasanya dimulai dengan menyusunnya dari hal yang umum (general) hingga ke hal-hal yang lebih terperinci dan spesifik.


mengganti label blog di blogspot

Tujuan utamanya adalah untuk memudahkan navigasi pengunjung secara cepat disaat mereka membutuhkan artikel yang tepat dan sesuai dengan kategori pilihan mereka. Biasanya, label inilah yang nantinya akan digunakan sebagai menu utama yang ditampilkan tepat disamping atau dibawah judul blog (seperti contoh menu atas pada blog ini).

Seiring dengan adanya perubahan antarmuka di dashboard blogger yang terjadi belum lama ini, maka secara keseluruhan artikel yang diterbitkan sebelum 2019 tentunya menjadi kurang relevan lagi untuk diikuti. Salah satu contohnya adalah artikel tentang cara menghapus dan mengganti label di blogspot yang pernah saya publikasikan di tahun 2017 lalu.

Ya, perubahan besar banyak terjadi di dashboard blogspot, kondisi ini jelas mengubah langkah-langkah yang sudah pernah terbit sebelumnya, terutama untuk gambar-gambar pendukung. Nah, pada artikel kali ini, saya kembali akan memperbarui dan mengupdate bagaimana cara mengganti label di blogspot. Berikut adalah cara mengganti label di bogspot.



1. Masuk ke menu POSTS


1. masuk ke menu posts

Untuk mengganti label postingan, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah masuk ke menu Posts yang posisinya ada di sebelah kiri layar anda. Menu post ini merupakan daftar seluruh postingan anda, baik yang sudah dipublish ataupun yang masih di draft.



2. Klik ikon label tag di sudut kanan atas


2. Klik ikon label tag

Klik ikon label tag di sudut kanan atas yang bertuliskan filter by label saat mouse di arahkan ke atasnya. Setelah di klik akan muncul pop up seperti gambar dibawah ini

2a. Klik ikon label tag


3. Klik pada tulisan separate labels by commas


3. klik pada tulisan separate labels by commas

Setelah pop up muncul, arahkan mouse ke tulisan separate labels by commas lalu klik kiri dibagian tersebut. Setelah klik kiri dilakukan maka akan muncul label blog yang ada.



4. Klik pada label yang akan diganti

Pilih label yang akan kita ganti namanya kemudian klik apply untuk meneruskan langkah mengganti label di blog. Saat ini postingan yang tampil merupakan postingan yang sesuai dengan label yang sudah kita pilih sebelum mengklik tulisan apply.



5. Klik pada kotak putih di sisi kanan atas


5. Klik pada kotak putih disisi kanan atas

Setelah semua postingan berganti dengan label yang akan kita ganti namanya, langkah selanjutnya adalah dengan mengklik kotak putih di sisi kanan atas (tepat dibawah ikon label tag) sehingga akan tampil seperti pada gambar dibawah ini.

5a. hasil setelah klik pada kotak putih disisi kanan atas


6. Klik ikon label tag yang ada dibagian paling atas


6. klik ikon label tag dibagian paling atas

Klik ikon label tag yang ada dibagian paling atas sebelah kanan sehingga kembali muncul pop up label.



7. Ketiklah nama label baru yang ingin anda buat


7. Tulis label baru yang akan anda buat

Ketikkan nama label baru yang kana anda buat pada kolom paling atas. Setelah anda selesai mengetik, maka pada bagian bawah akan muncul label baru yang sudah anda ketikkan tadi.



8. Beri centang pada label baru tersebut


8. beri tanda centang pada label baru

Berilah centang pada kotak label baru tadi, lalu hilangkan tanda centang pada lebel lama yang akan diganti.



9. Klik apply untuk menyimpan perubahan


9. klik aply untuk menyimpan perubahan

Klik tulisan apply di sisi kanan bawah kotak pop up untuk menyimpan perubahan.



10. Selesai

Setelah anda mengklik apply maka label yang lama sudah akan terganti dengan nama label yang baru.


Catatan:

Jangan lupa untuk memperbaiki menu blog untuk label tersebut sesuai dengan url nama label yang baru


Demikianlah pembaruan artikel tentang cara mengganti label di blogspot tahun 2020 yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat.

Daftar isi [ Lihat ]
SHARE
Tidak ada komentar

Posting Komentar