Cara Agar Blog Terindex Google - Mengelola Blog

Cara Agar Blog Terindex Google

Mengelolablog.com - Mengelola sebuah blog agar blog terkenal dan banyak pengunjungnya memang bukan perkara yang mudah. Puluhan Artikel dan posting sudah kita terbitkan, tapi rasanya masih sepi saja pengunjungnya?

Jangankan pengunjung, mencari di Google penelusuran saja blog saya tidak ditemukan. Nah, hal seperti inilah yang terjadi ketika pertama kali saya mengenal dunia blog.

Anda bisa mencoba mengetikkan nama blog Anda atau judul artikel yang baru saja Anda terbitkan kedalam kotak pencarian Google. Perhatikanlah hasilnya halaman demi halaman. Apakah Artikel atau blog Anda ada dalam hasil pencarian ?

Jika tidak, besar kemungkinan yang terjadi adalah blog Anda belum terindex Google. Mungkin masalah ini juga yang sekarang sedang Anda hadapi sehingga Anda berkunjung dan membaca artikel ini.

Cara Agar Blog Terindex Google

Agar blog yang sedang kita kelola bisa cepat muncul di halaman pencarian Google maka ada beberapa langkah yang harus kita lakukan. Bagaimana caranya? simak lebih lanjut artikel tentang cara agar blog terindex Google pada tutorial kali ini.

Catatan :
Jika Anda sudah melakukan langkah-langkah no 1 sampai no 3, Anda bisa langsung menuju pada langkah no 4, yaitu submit Url Blog di Google webmaster submit url.


1. Setting Blog Anda untuk Publik


Langkah pertama supaya blog kita bisa terindex google dan dapat dikunjungi oleh orang lain adalah dengan men-setting blog Anda supaya bisa di akses oleh publik. Untuk melakukannya ikuti langkah berikut :
  • Login ke Blogspot Anda
  • Pilih blog yang akan di setting
  • Lihat menu disisi kiri Anda, lalu pilih menu Setting (bagian paling bawah bergambar kunci), lalu lanjutkan dengan memilih menu Basic.
  • Setelah Anda masuk di menu basic, lihat pada sub menu basic - privacy. Pastikan pada bagian privacy ini tertulis "Listed on Blogger. Visible to search engines". Jika belum, klik edit dan pilih "yes" pada pertanyaan yang diajukan. Jangan lupa klik save changes untuk menyimpan perubahan.
  • Langkah berikutnya adalah lihat pada sub menu Permission (letaknya di bagian paling bawah) dari menu basic. Pastikan Blog Readers sudah tertulis Public. Jika belum klik edit, pilih public, dan simpan perubahan yang sudah Anda lakukan.
Langkah pertama ini berguna untuk memastikan blog Anda dapat di akses, baik di akses oleh pengunjung ataupun dirayapi oleh bot dari Google Search engine.


2. Daftar dan verifikasi kepemilikan blog di Search Console


Langkah selanjutnya adalah mendaftarkan dan memverifikasi kepemilikan Blog Anda di Google Search Console (dikenal juga dengan sebutan Google Webmaster tools).

Google Search console sangat berguna untuk memantau performa blog Anda dari sisi teknis, baik itu menyangkut masalah index pada mesin pencari, mendaftarkan peta situs, target wilayah pembaca blog, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan pengelolaan situs atau blog.

Untuk mendaftarkan dan memverifikasi blog anda di Google Search Console, ikuti caranya seperti dibawah ini:

2.1. Daftarkan Blog di Google Search Console

  • Masuk ke Google Search Console dengan akun google Anda (bisa dengan akun gmail Anda) 
  • Setelah Anda Masuk kedalam dashboard Search Console, lihat sisi kanan Anda, pilih kotak merah bertuliskan Tambahkan properti. 
  • Akan muncul pop up tambahkan properti, isikan kolom yang tersedia dengan alamat URL blog Anda. Jika sudah selesai, klik kotak biru bertuliskan Terus.
  • mendaftarkan blog ke google search console
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pendaftaran selesai. Ketika nama blog Anda sudah muncul, ini menunjukkan bahwa blog Anda sudah terdaftar di Google Search console.

2.2. Verifikasi kepemilikan Blog

Supaya blog Anda bisa dikelola secara teknis, Anda perlu memverifikasi kepemilikan Blog Anda tersebut.

Bagi Anda yang menggunakan blog dengan akhiran Blogspot, biasanya verifikasi ini akan dilakukan secara otomatis oleh Google search console. Hal ini dikarenakan domain Blogspot berada dibawah naungan Google (contoh http://blogAnda.blogspot.com).

Bagi pemilik Blog yang menggunakan Top Level Domain (contoh http://www.blogAnda.com), maka Anda perlu melakukan verifikasi kepemilikan blog secara manual. Ikuti langkahnya seperti berikut:
  • Masuk ke dashboard Google Search Console, pilih blog yang akan diverifikasi. 
  • Setelah Anda masuk pada menu blog yang akan diverifikasi, klik ikon roda gerigi dipojok kanan atas, lalu pilih menu Detail Verifikasi
  • memverifikasi kepemilikan blog
  • Anda akan menuju ke halaman verifikasi, kemudian pilih verifikasikan dengan menggunakan metode yang berbeda
  • memilih verifikasi menggunakan metode yang berbeda
  • Selanjutnya Anda akan berada di halaman pilihan verifikasi. Untuk blog, pilih verifikasi menggunakan opsi Tag HTML
  • Verifikasi dengan metode tag html
  • Salin kode yang terdapat pada kolom yang tersedia ( gambar diatas ditunjukkan oleh panah nomor 2) 
  • Simpan kode tersebut di template blog Anda, tepatnya diantara kode <head> dan </head> . 
  • Setelah Anda menyimpan kode tersebut di template blog Anda, kembalilah ke halaman verifikasi seperti pada gambar diatas tadi, lalu klik kotak merah bertuliskan Verifikasi (panah nomor 3). 
  • Verifikasi selesai.
Langkah verifikasi ini akan membuka akses dan otorisasi untuk Anda dalam mengatur dan mengelola blog yang sudah Anda daftarkan sebelumnya.


3. Submit sitemap (peta situs) di Google Search Console


Langkah berikutnya supaya blog Anda cepat terindex di Google adalah men-submit peta situs / sitemap blog Anda di Google Search Console. Sitemap ini merupakan daftar isi yang menerangkan tentang apa isi yang ada pada blog/website anda.

Sitemap disini bukan daftar isi yang seperti ada pada halaman blog, melainkan sitemap yang berupa file berformat XML. XML adalah sebuah bahasa yang hanya dimengerti oleh search engine.

Untuk men-submit sitemap / peta situs ikuti langkah berikut ini:
  • Masuk kembali ke Google Search Console, pilih Blog yang akan Anda submit peta situsnya. 
  • Setelah Anda masuk di Dashboard blog pada Search Console, lihat menu disisi kiri Anda. 
  • Plih Menu Perayapan, lalu klik submenu Peta situs.
  • menambahkan peta situs di search console
  • Lihat disudut kanan atas (panah no 3) kemudian klik kotak berwarna merah dengan tulisan Tambahkan/uji peta situs
  • menambahkan peta situs di search console
     UPDATE : 
  • Untuk kode sitemap yang digunakan saat ini adalah sitemap.xml
  • Ketik sitemap.xml kedalam kotak yang disediakan, kemudian klik kirim
  • Selesai
Submit peta situs ini berfungsi untuk mendaftarkan seluruh artikel blog Anda kedalam index pencarian Google, sehingga semua artikel yang sudah Anda buat bisa dicari melalui pencarian Google.


4. Submit URL Blog di Google webmaster Submit url


 UPDATE : 1 Agustus 2018 
Per tanggal 1 Agustus 2018, submit URL Blog di Google webmaster submit url sudah tidak bisa dilakukan karena form submit sudah ditiadakan oleh Google sendiri. Sebagai penggantinya, anda bisa melakukan url inspection pada laman Search Console yang baru atau dengan menggunakan Fetch As Google pada Search Console versi lama 

Langkah terakhir supaya blog Anda cepat terindex Google adalah dengan mensubmit URL blog Anda di Google webmaster Submit URL. Submit URL seperti cara dibawah ini dikenal dengan istilah Ping. Ping adalah cara yang sangat berguna memperingatkan mesin pencari dan direktori untuk pembaruan dalam konten anda. Berikut caranya:
  • Masuk ke Google webmaster submit url (login dengan akun gmail Anda) 
  • Masukan alamat url blog Anda pada kolom yang tersedia
  • Google webmaster submit URL
  • Centang kotak I'm not a robot 
  • Lanjutkan dengan mengklik Submit Request

Proses ini adalah cara kita melakukan ping blog ke Google Search Index, yang artinya memberitahukan Google Search Engine (bot dan spider) untuk merayapi dan mengindex kembali blog kita.

Langkah no 4 ini juga bisa Anda lakukan setiap kali Anda selesai mem-Publish Artikel terbaru, sehingga Artikel yang baru saja Anda terbitkan bisa dengan cepat masuk kedalam index pencarian Google.


Kesimpulan


Langkah no 1 sampai 3 cukup Anda lakukan sekali saja , karena langkah-langkah tersebut merupakan setting dasar agar blog cepat terindex oleh google search engine, sedangkan langkah ke 4 bisa Anda lakukan berulang kali dengan catatan pada beberapa kondisi berikut:
  1. Setelah Anda menerbitkan artikel terbaru
  2. Selesai mengganti template blog baru
  3. Selesai melakukan perubahan / editing template

Setelah Anda melakukan semua langkah-langkah supaya blog terdaftar dalam index Google search engine, langkah selanjutnya adalah memeriksa kembali, apakah artikel dan blog Anda sudah bisa ditemukan pada pencarian Google ? Untuk memudahkan pemeriksaan, ketikkan site:alamat url blog Anda pada kotak pencarian Google, contoh :
site:www.mengelolablog.com
Jika artikel/ blog Anda sudah bisa ditemukan, berarti blog Anda sudah terindex dalam Google search Engine. Demikianlah artikel tutorial Cara Agar Blog Cepat Terindex Google ini saya sampaikan, semoga bermanfaat.

26 comments:

  1. Matur thank you mas bro, nih yang lagi ane cari2, mngenai set peta situsnya.

    ReplyDelete
  2. terima kasih banyak mas, saya masukkan semua yaaa peta situsnya

    ReplyDelete
  3. Mantap,, lengkap banget infonya mulai dari awal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas ijup, semoga bermanfaat

      Delete
  4. Untuk lebih jelas lagi pada cara 2.2 diatas! berarti kalau nama blog masih (blogspot) belumTLD, hanya cukup dengan mendaftarkan Google search console saja ya mas? dan gak perlu memverifikasi lagi dengan menyertakan kode tag HTML pada template? karena sudah dikelola secara tehnis otomatis oleh GSC! Wah dapat penerangan nih! lengkap baget penjelasannya Terimakasi mas infinya mantap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, menurut apa yang disampaikan di Bantuan Google Search Console, asalkan akun google yang digunakan sama, dijelaskan bahwa verifikasi otomatis berlaku.

      Coba deh perhatikan pada bagian metode verifikasi>>blogger , disitu saya mendapatkan penjelasannya.

      Delete
  5. Mas mau tanya
    Pada saat saya masukin sitemap " orderby=updated " itu knapa langsung muncul error nya ya mas

    Ada solusi ??

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Screenshot bisa mas ? link ss nya tempel disini ga papa nti saya munculkan.

      Soalnya saya ga tau persis seperti apa errornya mas.
      Selama ini pakai cara diatas ga ada masalah.

      Delete
    2. Sorry mas barusan tadi ane otak atik lagi udh hilang error nya mas
      Tapi sekarang status index nya pending semua mas
      Kira-kira sampai berapa lama yaa kita nungguin nya sampai di index mas ??

      Delete
    3. Kalau yang saya alami selama ini sih sekitar 3-7 hari biasanya sudah normal lagi mas,

      Jadi tadi masalahnya dimana mas kuk bisa error 404 jadinya ? :D

      Delete
    4. tadi ane telusuri dari coding di blog ane sampai settingan di google search console nya mas :D

      nah ini mas status index nya masih pending semua x_x
      https://gyazo.com/1beb4fceac2c849b6a336d8aa89d54cc

      Delete
    5. Oh itu sih tinggal nunggu aja mas, kalo ga ada masalah lainnya dan berdasarkan apa yang pernah saya alami umumnya sudah mulai terindex , memang seringnya ga langsung semua, bertahap dia.

      Delete
    6. mas bisa minta alamat email nya ga
      biar ane bisa belajar lebih tentang SEO mas
      soal nya ane pemain baru di SEO mas :D

      Delete
    7. Lewat form contact aja dilink footer bawah, nti juga saya balasnya via email ke tempat mas.

      Btw kalau mau belajar n tuker pikiran tentang SEO ok-ok aja soalnya saya juga masih baru belajar SEOnya, masih jauh dari kata pinter :D

      Delete
  7. Mas stelah saya masukan almt blog saya di kotak pencarian dgn mengetikan site:alamat url blog ....trus ada keterangan sprti ini :
    A description for this result is not available because of this site's robots.txt
    Itu knpa y mas....
    (*Semua artikel ditampilkan semua*)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya sering juga saya lihat seperti itu, kalau tidak salah itu dari settingan file robot.txt blognya mas, barangkali ada laman-laman yang bukan sebuah laman artikel/post/page namun di ijinkan untuk di index dan ditampilkan di mesin telusur.

      Sejauh ini sih kalau artikel sudah ditampilkan semua dan tidak ada duplikat konten di search console itu sudah bagus dan menurut saya hal itu bukanlah masalah mas.

      Delete
  8. makasih mas atas informasinya. saya udah mencoba semua langkah diatas, cuma pas langkah terakhir saya masukan perintah site:namablogsaya.com pesan erornya kaya gini mas

    "Penelusuran Anda - site:waroengcrypto.com - tidak cocok dengan dokumen apa pun"

    itu apa yang salah ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Coba redirect dulu alamat blog yang tanpa www ke alamat blog yang pakai www (biasanya dilakukan di layanan penyedia sewa domainnya mas). Soalnya saya cek alamat url blognya yang tanpa www ngga bisa diakses. Kalo ngga paham coba googling dulu, sesuaikan dengan provider sewa domainnya.

      2. Setelah itu coba verifikasi ulang Tag HTML nya, pakai alamat blog yang pakai www.

      3. Coba tunggu barang sejam trus coba cek pakai site: tadi

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.