5 Hal Baru Yang Akan Anda Rasakan Ketika Menjadi Blogger - Mengelola Blog

5 Hal Baru Yang Akan Anda Rasakan Ketika Menjadi Blogger

Mengelolablog.com - Jika Anda memiliki hobi menulis, mengambil gambar foto, atau bahkan senang merekam semua kegiatan yang menyenangkan dalam kehidupan Anda melalui smartphone, dan kemudian menguploadnya di jejaring sosial, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk menjadi seorang blogger.

Selain sebagai tempat untuk menyimpan kenangan-kenangan dalam bentuk online yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Menjadi seorang blogger aktif akan memberikan banyak manfaat baik untuk diri Anda sendiri, ataupun untuk followers yang datang melihat hasil karya Anda.

Namun taukah Anda, ada manfaat besar yang akan Anda rasakan ketika Anda menjadi seorang blogger ? Simak 5 hal positif baru yang akan Anda Rasakan ketika menjadi Blogger aktif dalam artikel berikut ini

5 hal baru saat menjadi blogger


1. Selalu Update


Seorang blogger selalu membutuhkan informasi terbaru untuk menambah kekayaan konten dalam blognya. Bisa dikatakan untuk saat ini, bahwa hampir tidak ada batasan waktu dan ruang yang membatasi seorang blogger aktif untuk mengupdate informasi dalam blognya.

Disaat menggali informasi, entah itu melalui media internet, koran , buku, majalah, ataupun melalui konten buatan sendiri, seringkali mereka menemukan hal-hal dan informasi terbaru yang sedang beredar dimasyarakat.

Disadari atau tidak, informasi-informasi tersebut akan terekam dalam ingatan meskipun hanya sebagian saja. Kondisi seperti inilah yang menyebabkan seorang blogger aktif menjadi selalu update terhadap informasi-informasi terbaru, baik yang berhubungan atau tidak berhubungan dengan topik dalam blognya.



2. Melek teknologi dan informasi


Seperti halnya teknologi handphone yang selalu berkembang dengan cepat, dunia blogging juga tak jauh berbeda. Ia selalu berkembang dengan cepat dan masif.

Sebagai contoh, dulu (era pertengahan tahun 2000-2010) ngeblog selalu membutuhkan komputer desktop sebagai alat utamanya, namun saat ini, ngeblog bisa dilakukan secara mobile, baik menggunakan smartphone, tablet, laptop, netbook, dan lain sebagainya.

Meskipun platform ngeblog yang digunakan tetap sama , seperti contohnya blogger.com, wordpress.com, tumblr, dll, namun teknologi yang disediakan oleh mereka selalu bergerak maju sehingga bisa digunakan pada perangkat yang berbeda.

Alhasil, beragam aplikasi smartphone untuk ngeblogpun bermunculan, sehingga metode penggunaan yang disematkan didalamnya membawa setiap blogger untuk melek akan teknologi terbaru.

Penggunaan aplikasi dan teknologi dalam perangkat terbaru, mau tidak mau akan menggiring seorang blogger aktif untuk memahaminya. Kondisi seperti inilah yang membuat blogger aktif akan selalu melek teknologi baik itu aplikasi ataupun metode terbaru yang diperlukan untuk membantu blog yang sedang dikelolanya tetap berjalan.


3. Waspada terhadap informasi


Sering kita mendengar kejadian bahwa masih banyak orang yang masih tertipu dengan sms maupun notifikasi pemenang undian yang meng-atasnama-kan perusahaan ataupun instansi tertentu secara ilegal.

Didalam notifikasi tersebut sering dicantumkan alamat website palsu yang dibuat serupa untuk meyakinkan si korban. Orang yang awam dan tidak terbiasa dengan tampilan sebuah website, bisa dengan mudah tertipu dan menganggap bahwa notifikasi yang mereka terima adalah benar.

Meskipun tidak menutup kemungkinan, bagi seorang blogger yang sering berkutat dengan desain dan tampilan blog / website, kejadian diatas bisa lebih mudah untuk dihindari. Seorang blogger aktif, akan dengan mudah memahami, apakah halaman web tersebut dibuat untuk menipu atau tidak.

Tingkat kewaspadaan terhadap benar atau tidaknya sebuah informasi yang disajikan dalam format web / blog cenderung lebih tinggi dimiliki oleh seorang bloger yang aktif.

Dengan melihat isi tampilan dan desain webnya, alamat url yang ditautkan, serta materi yang ada dalam web tersebut, seorang blogger aktif cenderung lebih mudah mengenali apakah informasi yang diterima tersebut benar atau tidak.

Baca juga : Mengenal apa itu template Blog


4. Menjadi lebih tekun dengan kegiatan yang lebih positif


Aktifitas ngeblog sifatnya adalah membangun. Mungkin pada awalnya blog Anda hanya berisi curhat ataupun foto-foto kenangan, lambat laun akan terpikir bagaimana untuk membuat konten menjadi lebih bermanfaat untuk orang lain.

Dari situ Anda akan menemukan media pembelajaran yang sangat banyak untuk dijabarkan, seperti membuat artikel menjadi lebih menarik untuk dibaca, membuat gambar yang sesuai dengan isi artikel, ataupun mempelajari bagaimana blog Anda bisa bersaing lebih baik dimata mesin pencari, dan masih banyak lagi pembelajaran yang akan Anda dapatkan.

Semua kegiatan tersebut akan menjadikan Anda menjadi orang yang lebih tekun dan telaten dengan aktifitas yang lebih positif untuk disalurkan.


5. Mengenal bahasa pemrograman untuk web


Selain memproduksi artikel dan konten blog pada umumnya, seorang blogger aktif, minimal akan mengerti bahasa pemrograman web. Contoh termudah adalah pengunaan CSS (Cascading Style Sheets) yang minimal penggunaannya digunakan untuk mengganti warna pada template blog.

Belum lagi kalau Anda hobi untuk bereksperimen dengan kode template buatan sendiri, maka Anda akan semakin mengenal lebih dalam tentang penggunaan HTML, Javascript, php, ataupun bahasa pemrograman yang lainnya.

Mengutak-atik template blog sangat membutuhkan pengetahuan tentang bahasa pemrograman web. Oleh karena itu, disadari atau tidak, seorang blogger aktif pasti akan mengenal bentuk dan bahasa pemrograman web.

Baca juga : Tips mendesain template blog yang disukai pengunjung


Kesimpulan


Sebuah hobi ataupun kegiatan menyenangkan yang sering dilakukan, akan mengasah kemampuan orang tersebut. Akibatnya, semakin sering dilakukan, maka semakin tajam pulalah penguasaan terhadap hobi yang dijalaninya.

Selain digunakan sebagai pengalihan, ngeblog juga bisa memberikan manfaat dengan dampak yang cukup besar bagi diri sendiri seperti apa yang sudah dijelaskan pada artikel diatas. Demikianlah informasi 5 Hal positif yang baru akan Anda Rasakan ketika menjadi Blogger aktif ini saya sampaikan,semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Bener sekali 5 point yang di terangkan di atas mas...
    Saya rasakan perubahan itu pada diri saya selama mengenal dunia menulis,khususnya blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman akan didapat dengan sendirinya mas. Yang pastinya ketekunan akan membawa manfaat yg terkadang tidak kita sadari . .

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.