Potensi blog untuk generasi muda - Mengelola Blog

Potensi blog untuk generasi muda

Blog . . . , merupakan sarana dan media publikasi online yang didalamnya memiliki begitu banyak potensi luar biasa untuk dikembangkan dan digali lebih dalam, apalagi jika blog dikombinasikan dengan generasi muda yang berjiwa enerjik serta penuh kreatifitas.

Namun sangat disayangkan, hingga saat ini potensi blog untuk generasi muda sepertinya terlihat masih belum begitu optimal, ditambah lagi dengan ekspansi media sosial seperti facebook, instagram, twitter, dan lain-lainnya yang semakin hari semakin menggurita dan disenangi karena faktor kemudahannya.

Meskipun popularitas dan tren blog dibeberapa tahun belakang ini menurun akibat dari fenomena media sosial tersebut  (berdasarkan data : google trends), namun  Blog masih memiliki kekuatan yang sangat mumpuni jika digunakan sebagai "Personal branding".

Salah satu kekuatan dan potensi blog sebagai media publikasi yang masih sulit ditandingi oleh media sosial saat ini adalah . . . tulisan dalam posting blog bisa bertahan lebih lama di mesin pencari. Akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan status kita di facebook dan twitter yang dalam satu jam saja bisa tenggelam oleh ratusan twit dan status facebook dari akun lainnya.

Potensi blog untuk generasi muda

Kembali pada topik blog kita kali ini tentang potensi blog untuk generasi muda, disini saya akan memberikan beberapa informasi berkenaan dengan potensi blog yang mempunyai kemungkinan untuk bisa dikembangkan terkait pamornya sebagai media publikasi online bagi para generasi muda.


Blog sangat berpotensi dalam mengembangkan kreatifitas dan skill generasi muda. 


Generasi muda secara umum dikenal sebagai generasi yang memiliki kreatifitas tinggi, pemimpi dan antusias terhadap suatu hal yang menjadi "passion"nya, tapi sering kali pula minimnya skill menjadi bagian yang ikut melekat dalam diri mereka.

Kegiatan ngeblog di kaum remaja yang dilakukan dengan serius dan konsisten, sebenarnya sangat memberikan efek positif yang bisa dikembangkan oleh setiap generasi muda dalam meningkatkan skill dan kreatifitas, sekaligus untuk menunjang profesi maupun kehidupan mereka kelak.  Berikut ini ada beberapa potensi blog yang bisa digali dari aktifitas ngeblog selagi usia kita muda, diantaranya.

1. Potensi menjadi penulis

Lebih dari 50% aktifitas blogging adalah menulis. Para remaja dan generasi muda yang gemar menulis bisa memanfaatkan media blog sebagai ajang untuk mengasah kemampuan menulis sejak dini. Bisa berupa karya sastra, puisi, artikel berita, catatan perjalanan ataupun tutorial-tutorial dari hobi yang mereka gemari.

Bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti kegemaran menulis yang dilakukan di blog akan meningkatkan kemampuan dalam merangkai kata sampai tiba saatnya mereka merasa antusias untuk menerbitkan buku. Dengan begitu, besar kemungkinan mereka bisa menghasilkan karya-karya besar dalam bentuk tulisan yang bisa dikenang sepanjang masa.

2. Desain Grafis Digital

Gambar dan desain grafis dalam format digital yang disematkan kedalam blog adalah keharusan. Untuk memenuhi hal tersebut, tentu kemampuan mengolah gambar dan desain dalam bentuk digital di blog bisa menjadi potensi yang dapat dikembangkan dan digali lebih dalam lagi.

Berlatih mengolah gambar dalam format digital kemudian menguploadnya di blog, akan mengasah dan meningkatkan kemampuan orang tersebut terhadap pengolahan gambar dan desain.

3. Web Developer

Potensi blog lainnya  adalah blog bisa dijadikan salah satu materi uji coba yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan diri untuk memodifikasi struktur dan desain format blog menjadi sebuah format seperti situs web.

Struktur bahasa pada template blog tidaklah jauh berbeda dengan bahasa web pada umumnya, yaitu HTML atau XHTML yang didukung dengan beberapa bahasa pemrograman PHP, Pearl, Javascript, dan lain sebagainya.

Cukup dengan membuat blog, kemudian mengganti domain dan hosting melalui jasa penyedia layanan domain dan hosting seperti dewaweb ataupun yang sejenisnya, maka blog tersebut bisa masuk kategori situs web yang menggunakan top level domain.

Bagi para remaja yang senang untuk mengutak-atik kode pada template dan belajar membuat web, maka langkah ini adalah langkah awal yang tepat untuk menelisik lebih dalam lagi tentang potensi blog didunia pemrograman dan web developer.

4. Internet marketer

Potensi blog selanjutnya yang terpendam pada kegiatan blogging adalah internet marketer. Internet marketer adalah orang-orang yang mengembangkan dan menjalani pemasaran entah itu berbentuk produk ataupun jasa melalui internet.

Oleh karena ngeblog adalah kegiatan yang selalu berhubungan dengan internet, maka potensi pemasaran melalui internet bisa di kembangkan oleh generasi muda melalui blog yang mereka kelola, sehingga skill dan pengetahuan di bidang marketing internetpun dengan sendirinya bisa bertambah.

5. Konsultan dan pelatihan

Hobi yang konsisten dilakukan, akan menambah pengalaman dan peningkatan keahlian dengan sendirinya. Jika artikel dan posting blog Anda dipublikasikan secara konsisten untuk mengupas masalah yang berkaitan dengan keahlian Anda, maka secara tidak langsung akan membuat keahlian yang Anda miliki semakin matang, tajam dan profesional.

Terlebih jika Anda mampu membantu untuk memberikan solusi terhadap masalah-masalah serupa yang dialami pengunjung blog Anda. Disinilah kemampuan dan skill Anda di bidang tersebut semakin meningkat.

Sebagai generasi muda yang memiliki waktu relatif panjang untuk menapaki masa depan, bukan tidak mungkin, peluang dan potensi menjadi konsultan ataupun pelatih dalam bidang tersebut semakin terbuka lebar dimasa yang akan datang.

6. Search Engine Optimization Mastering

Search Engine Optimization (SEO) dalam dunia internet menjadi hal yang paling banyak di eksplorasi oleh pengelola web / blog. Tujuan utamanya yaitu supaya web / blog yang mereka kelola berada di halaman satu search engine dalam rangka menarik dan meningkatkan jumlah kunjungan ke situs / blog mereka tersebut.

Menguasai teknik SEO pada blog / website bisa menjadi salah satu skill yang cukup menjanjikan serta sangat berpotensi besar. Teknik ini bisa Anda latih dan pelajari melalui kegiatan blogging.

7. Media Belajar jurnalistik dan publikasi digital

Blog sangatlah cocok dijadikan model belajar jurnalistik dan media publikasi digital untuk generasi muda baik secara individual ataupun dilakukan secara berkelompok.

Memahami proses bagaimana sebuah berita dibuat, diolah dan diterbitkan, hingga kepada pengelolaan terhadap jadwal terbit hingga publikasi dari artikel-artikel yang sudah diolah tersebut, akan membantu para generasi muda untuk mengetahui lebih dalam bagaimana proses sebuah industri media dan publikasi digital itu berjalan .


8. Potensi untuk menghasilkan uang dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Sebut saja Jessica dan Elle Yamada, dua mudi bersaudara yang menjadi fashion blogger serta menggawangi ritel fashion online, Gowigasa.com dan blog www.ellejess.com. Menjadikan blog  yang mereka miliki sebagai potensi bisnis dari hobi yang bisa menghasilkan uang dan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Selain cantik dan fashionable, kreatifitas serta keberanian Elle dan Jessica Yamada dalam mengeksplorasi kekuatan dan potensi blog mereka sebagai media publikasi online yang sangat ampuh, menjadikan mereka tampil sebagi influencer di dunia fashion.

Baca juga: 10 manfaat ngeblog yang perlu kamu ketahui


Potensi blog yang berguna sebagai ajang silaturahmi dan kerjasama.


Selain pengembangan potensi diri yang bersifat internal seperti apa yang sudah sampaikan pada paragraf sebelumnya, potensi blog untuk generasi muda juga dapat bersifat eksternal. Salah satunya adalah untuk membangun silaturahmi dan kerjasama, baik secara online maupun offline dengan rekan sesama blogger.

Mungkin Anda sering mendengar pertemuan komunitas-komunitas blogger yang istilahnya disebut "KopDar" (Kopi Darat), yaitu arena berkumpulnya sesama blogger dalam menjalin silaturahmi serta kerjasama yang lebih baik guna meraih sukses, baik yang berkaitan dengan ngeblog ataupun sekedar share pengalaman saja.

Dari setiap pertemuan-pertemuan yang dilakukan dalam komunitas tersebut, tentu saja Anda bisa berbagi pengalaman kepada rekan blogger lainnya secara nyata,  bahkan bisa saja semakin berkembang menjadi relasi bisnis yang menguntungkan.

Baca juga : 5 hal baru yang akan Anda rasakan saat menjadi Blogger


Kesimpulan


Potensi blog untuk generasi muda . . . , selain membuka peluang dalam meningkatkan kemampuan dan kreatifitas diri si pengelola blog, blog juga bisa menjadi pemersatu berdasarkan ikatan kekeluargaan yang erat dikalangan blogger-blogger muda di seluruh wilayah nusantara.

Dengan ngeblog diharapkan dampak dan aura positif akan selalu mengikuti generasi muda Indonesia yang tampil penuh kreatifitas, percaya diri dan berwawasan luas. Demikianlah artikel potensi blog untuk generasi muda ini saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

6 comments:

  1. Waaaaawwwwwwww...... mantap....

    ReplyDelete
  2. Berat-berat gan saingannya. . masih ada langit diatas langit nih soalnya :)

    ReplyDelete
  3. Mantap sekali selnya .minta tips jitunya bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gagal paham ane gan baca komennya. Btw thanks dah berkunjung.

      Delete
    2. Heheh maklum bos lg ga konsen kayaknya 😁

      Delete