Rekomendasi menghadapi Mobile First Indexing Google - Mengelola Blog

Rekomendasi menghadapi Mobile First Indexing Google

Seperti dilansir oleh Google webmaster blog pada Jumat 4 November 2016, Mobile First Indexing  menjadi prioritas algoritma Google pencarian saat ini.

Dalam postingannya, Doantam Phan, selaku Product Manager, menjelaskan bahwa langkah ini merupakan uji coba terhadap perubahan perilaku pengguna internet yang marak beralih ke perangkat selular. Rencananya, perubahan ini akan dilakukan hingga beberapa bulan kedepan.

Dipostingan tersebut juga dijelaskan bahwa algoritma pencarian Google akan mendahulukan versi mobile dari sebuah situs / blog untuk diberikan peringkat, memahami struktur datanya, dan menampilkan snippets (cuplikan kaya) dari halaman-halaman situs tersebut didalam hasil Search Result Pages (SERP).

Selain itu, Doantham Phan juga merilis rekomendasi yang perlu kita ketahui sebagai pengelola situs / blog untuk mengantisipasi dan menghadapi perubahan yang akan berfokus pada Mobile First Indexing  ini. Simak infonya dibawah berikut :

Mobile First Indexing


Rekomendasi yang dianjurkan untuk menghadapi Mobile First Indexing  :


1. Jika konfigurasi situs / blog Anda menggunakan desain responsive atau situs dengan penyajian dinamis, dimana konten utama serta markah situs yang diterapkan sama diantara mobile dan desktop, Anda sebaiknya tidak perlu melakukan perubahan apapun.

2. Jika situs Anda memiliki konfigurasi konten dan markah yang berbeda antara mobile dan desktop, maka sebaiknya Anda melakukan beberapa pemeriksaan dan perubahan jika diperlukan. Adapun beberapa hal tersebut adalah
  • Pastikan struktur data yang disajikan pada versi desktop dan mobile adalah sama. Alangkah baiknya Anda menggunakan Structure Data testing Tools untuk menyeragamkan dan membandingkan hasil output dari markah struktur data antara mobile dan desktop dengan mengetikkan alamat URL dari kedua versi tersebut.
  • Uji dengan robots.txt testing tool untuk memverifikasi situs versi mobile yang sudah Anda gunakan agar dapat diakses oleh Googlebot.
  • Untuk sementara ini, tidak diperlukan perubahan pada Canonical links, Google akan terus menggunakan link yang sudah ada sebagai panduan untuk menampilkan hasil kepada pengguna yang melakukan pencarian baik melalui desktop ataupun perangkat selular.

3. Jika Anda belum memverifikasi situs versi mobile kedalam Google Search Console, sebaiknya segera lakukan verifikasi situs versi mobile yang Anda tersebut.

4. Jika Anda Anda hanya memiliki situs dengan versi desktop saja, perlu Anda perhatikan bahwa situs yang memiliki fungsi yang sempurna pada orientasi desktop, akan lebih baik daripada situs versi mobile namun cacat dan tidak lengkap secara fungsi.

Sebaiknya saat ini Anda segera memulai untuk membangun situs versi mobile dan meluncurkannya saat situs versi mobile tersebut benar-benar siap dan bisa bekerja secara sempurna.

Baca juga :


Kesimpulan

Poin penting yang ingin dituju dari uji coba peralihan Mobile First Indexing ini adalah lebih baiknya pengalaman pengguna saat menggunakan mesin penelusuran Google, tanpa terkecuali bagi pengguna selular ataupun pengguna dengan perangkat desktop.

Langkah perubahan Mobile First Indexing yang dilakukan Google pada algoritmanya saat ini,  sejatinya merupakan tindak lanjut dari rencana yang akan digulirkan pada tanggal 10 Januari 2017 mendatang, yaitu dimana Google akan meluncurkan Mobile Search Result Update.

Informasi ini bisa Anda baca pada artikel Persiapan Blog Menghadapi Google Mobile Search Result Update 2017 yang sudah saya terbitkan beberapa bulan yang lalu.

Didalam postingan tersebut, Anda juga akan menemukan langkah-langkah yang diperlukan untuk menghadapi dan mengantisipasi segala perubahan algoritma ini.  Yang menjadi pertanyaan pentingnya adalah . . .  Apakah blog Anda sudah siap dengan perubahan ini. . . ?

Demikianlah artikel Rekomendasi menghadapi Mobile First Indexing Google ini bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment