5 gadget blog untuk meningkatkan pageviews - Mengelola Blog

5 gadget blog untuk meningkatkan pageviews

Salah satu data statistik blog yang paling sering dilihat oleh blogger selain dari jumlah pengunjung adalah jumlah Pageviews. Jumlah pageviews ini adalah banyaknya jumlah halaman yang dibuka dan dilihat oleh pengunjung.

Sebagai contoh; meskipun pengunjung yang datang hanya satu orang, namun jika halaman yang dikunjunginya ada 4 halaman, maka Pageviews yang terhitung dalam data berjumlah 4 views.

Semakin banyak jumlah halaman yang dilihat dan dikunjungi maka jumlah pageviews yang ditampilkan pada statistik blog Anda juga akan meningkat, begitu pula sebaliknya.

Jumlah pageviews yang dihasilkan untuk setiap kunjungan sangat dipengaruhi oleh banyak faktor selain dari tersedianya konten yang menarik. Beberapa diantaranya adalah terkait dengan penggunaan gadget blog serta desain template yang rapi.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah gadget-gadget apa saja sih yang bisa kita manfaatkan untuk membantu meningkatkan jumlah pageviews blog ?

5 gadget Blog Untuk Meningkatkan Pageviews

Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi tentang gadget-gadget blog yang bisa Anda pasang untuk membantu meningkatkan jumlah pageviews blog Anda, simak informasinya berikut ini.

5 gadget blog yang berguna untuk meningkatkan pageviews



1. Gadget Popular Posts

Gadget Popular Posts
Gadget yang satu ini saya rasa hampir sebagian besar blogger menggunakannya. Ya namanya Gadget Popular Posts. Umumnya diletakkan didalam sidebar atau diletakkan pada bagian footer.

Gadget Popular Posts ini akan menampilkan artikel-artikel dan postingan yang sudah populer dan banyak dikunjungi oleh pengunjung sebelumnya.

Memanfaatkan kepopuleran artikel sebelumnya yang sudah banyak dibaca , diyakini bisa menarik pengunjung untuk membuka halaman artikel lain di blog Anda.


2. Gadget Labels

Gadget Labels
Salah satu kelebihan yang menonjol dari gadget label ini adalah gadget ini sering digunakan sebagai menu dan navigasi blog.

Salah satu penyebabnya adalah gadget Label akan menampilkan postingan dan konten-konten blog Anda berdasarkan kategorinya masing-masing sehingga memudahkan pengunjung untuk mencari konten berdasarkan kategori yang mereka pilih.

Umumnya, gadget label ini diletakkan dibawah judul blog , namun tidak menutup kemungkinan diletakkan di sidebar seperti di blog ini yang bisa Anda lihat di bagian kanan atas.


3. Gadget Blog Search

Gadget Blog Search
Terkadang ada pengunjung yang membutuhkan konten ataupun informasi lainnya yang tidak terlihat di layar komputer mereka saat berada di blog Anda.

Gadget Penelusuran Blog atau biasa di sebut Blog Search merupakan solusi tepat yang bisa Anda masukkan kedalam desain blog Anda guna memudahkan pengunjung melakukan pencarian artikel dan konten yang mereka inginkan.

Disaat mereka menemukan konten yang mereka cari, maka secara otomatis pageviews blog Anda akan bertambah seiring klik yang dilakukan pengunjung ke halaman tersebut.


4. Gadget Featured post

Gadget Featured Post
Fungsi utama dari Featured Post ini adalah untuk menampilkan artikel ataupun konten unggulan di Blog Anda. Featured Post ini sangat bermanfaat sebagai fokus bacaan pada waktu tertentu yang sedang hangat dan tren di seputar topik Blog Anda.

Selain mampu mendukung tampilan dan desain blog, menambahkan Featured post diatas postingan ataupun di dalam sidebar diharapkan mampu menarik perhatian pengunjung yang datang untuk membuka halaman Featured Post meskipun untuk pertama kalinya.

Dengan begitu, pemasangan featured Post ini secara langsung bisa menambah jumlah pageviews blog Anda meskipun dengan jumlah pengunjung yang sama.


5. Gadget Blog Archive

Gadget Blog Archive
Blog Archive atau istilahnya dikenal sebagai arsip Blog adalah gadget yang memiliki fungsi untuk menampilkan postingan-postingan lama di blog Anda yang disusun pertahun dengan isi sejumlah artikel setiap bulannya.

Meskipun tidak se-efektif Gadget label, gadget Arsip Blog ini juga menjadi salah satu gadget yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan jumlah pageviews. Pasalnya, artikel dan postingan terdahulu bisa dengan mudah dilihat oleh pengunjung yang ingin menelusuri artikel blog Anda lebih dalam.


Kesimpulan
Pageviews akan meningkat jika pengunjung tertarik dengan konten-konten blog Anda. Namun, konten yang menarik kemungkinan besar tidak akan dilihat dan dibuka oleh pengunjung jika Anda tidak menyediakan fasilitas dan kemudahan untuk mencarinya.

Dengan menyediakan gadget seperti popular post, label, blog search, featured Post dan blog archive berarti Anda sudah berusaha untuk membantu pengunjung menemukan konten yang mereka cari sekaligus meningkatkan jumlah pageviews.

Demikianlah artikel tentang 5 gadget yang berguna untuk meningkatkan jumlah pageviews blog ini bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

14 comments:

  1. Betul sekali yang mas Teguh bilang, walaupun total kunjungan unik tiap harinya sedikit, tampilan laman bisa saja tinggi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman yang sering terjadi seperti itu memang mas nino, meskipun pengunjung tetap jumlahnya tapi tampilan halaman bisa ditingkatkan.

      Delete
  2. Wah perlu dicoba dan di praktekan

    ReplyDelete
  3. Nah, ini nih yg penting bagi blogger. Sangat bermanfaat mas, karena saya merasakan sendiri.

    ReplyDelete
  4. Betul tuh mas, gadget2 tersebut membuat pengunjung jadi betah di blog kita..

    ReplyDelete
  5. Milih gadget juga harus bijak. Karena kalau dipakai semua malah bisa bikin loading blog jadi bertambah lama. Pilih beberapa yang mesti ada seperti widget search atau recent article mungkin lebih baik dibandingkan dengan menampilkan widget popular post ditambah recent article.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, 5 itukan hanya pilihan saja, tinggal bagaimana kita menyesuaikannya dengan kebutuhan dan template sehingga tidak mengganggu performa secara keseluruhan.

      Delete
  6. Ada satu lagi mas, gadget New Artikel
    ini juga bisa jadi tambahan
    namun kalo kebanyakan widget mempengaruhi loading blognya juga kadan mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga memang mas . . . Btw thanks tambahannya, namun ngga saya masukkan di sini karena didalam menu add gadget blogspot yg bawaannya, sepertinya recent post ni ngga ada pilihannya. . . Paling hanya dari gadget archives saja.

      Delete
  7. Kalau saya populer post yang pasti saya gunakan. Yang lainnya sesuai dengan tata letak template saja, jika memungkin kadang saya pasang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, pertimbangan loading blog menjadi salah satu pertimbangan saya hanya memakai popular post. . Itu juga ngga pakai thumbnail biar tambah cepet

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.