Mengenal menu BASIC [Setelan Dasar] di Blogspot - Mengelola Blog

Mengenal menu BASIC [Setelan Dasar] di Blogspot

Salah satu kriteria yang dibutuhkan untuk bisa mengelola blog di blogspot dengan baik adalah memahami menu-menu didalam dashboard blogspot itu sendiri. Memahami fungsi menu-menu pada dashboard akan membantu kita menjadi lebih mudah dalam mengoperasikan dan merawat blog yang kita kelola.

Misalnya ketika kita akan menghubungkan blog kita dengan RSS feed, atau ketika kita ingin memback up data-data dalam blog, maka, dengan mengetahui mana menu yang akan digunakan, dapat menghemat waktu kita dalam melakukan hal tersebut.

Untuk mengenal dan mengatur setelan dasar di blogspot, maka anda perlu login dulu dengan akun blogspot anda. Setelah berhasil login, anda akan berada di halaman beranda blogspot.

Sebagai informasi, sebelum masuk kedalam menu blog yang akan kita pelajari setelan dasarnya, di dalam artikel ini, saya menggunakan setelan bahasa Inggris untuk menu-menu yang ada dalam dashboard blogspot.

Anda dapat merubah setelan bahasa tersebut dengan mengklik menu dropdown (letaknya di sudut kanan atas dekat gambar roda gigi) dan pilih menu bahasa yang akan anda gunakan.

Setelah itu, pilihlah blog yang akan kita atur setelan dasarnya, kemudian klik tulisan setelan dekat ikon bergambar kunci pada sudut kiri bawah.

Dengan anda meng-klik setelan, maka akan muncul 6 menu lainnya. Namun, yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah menu BASIC (Dasar) saja.

MENGENAL MENU BASIC SETELAN DASAR

Catatan :
Artikel ini saya informasikan khusus bagi anda yang baru belajar membuat blog di Blogspot. Untuk yang sudah terbiasa dan familiar menggunakan blogspot sebagai platform ngeblognya, semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan pengingat saja jikalau dibutuhkan.

#1. Menu Basic (Dasar)

Didalam menu Basic (Dasar) ini, ada 4 menu utama dan 7 sub menu tambahan. Menu dasar menjadi setelan dasar untuk blog anda terkait dengan pengaturan judul dan deskripsi, privasi, alamat publikasi, setelan keamanan HTTPS serta Perijinan (Permissions). Simak informasinya dibawah berikut.

1. Basic (Dasar)

Menu pertama dari setelan dasar ini adalah sub menu dengan nama yang sama yaitu Dasar. Didalam menu dasar ada 3 sub menu lainnya yaitu:
  • Title (Judul);
    Title (Judul) adalah menu yang dapat anda gunakan untuk merubah nama judul blog anda. Title ini hanya akan merubah nama judul blog anda saja, dan tidak akan merubah alamat URL blog anda.
  • Description (Deskripsi);
    Description (Deskripsi) adalah menu yang dapat anda gunakan untuk memberikan deskripsi dan penjelasan singkat tentang Judul blog anda beserta konten yang ada dalam blog anda.
  • Privacy (Privasi);
    Menu Privacy ini berkaitan dengan bagaimana blog anda akan ditemukan dan di indeks dalam mesin pencari. Apabila anda merasa bahwa blog yang sudah anda buat tidak masuk kedalam daftar pencarian pada halaman hasil mesin telusur, cobalah periksa menu ini, pastikan kedua pilihan dalam menu privasi ini ada pada pilihan "YA".


2. Menu Publishing (Publikasi)

Menu ini berisikan menu Blog Address yang berfungsi untuk mengubah alamat nama URL blog anda. Sangat disarankan untuk tidak mengubah alamat URL ini sampai kapanpun karena akan sangat berpengaruh terhadap seluruh setelan baik link dan properti yang ada di blog anda selama ini.

Di dalam menu ini pula, anda dapat membuat alamat blog dengan custom domain, dengan catatan anda sudah mendaftar dan memiliki alamat custom domain tersebut pada layanan pihak ketiga yang menyediakan jasa penyewaan nama domain dan hosting.


3. HTTPS Redirect

HTTPS adalah singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol Secure, merupakan penggabungan dari HTTP dan Secure Socket Layer Protocol (penjelasan lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi link ini)

Secara singkat, menu ini bisa diaktifkan dan digunakan untuk meningkatkan keamanan bagi pengunjung blog kamu, khususnya untuk blog yang berkaitan dengan sistem login dan pembayaran.

HTTPS setting pada blogspot hanya dapat digunakan untuk blog yang tidak menggunakan custom domain (masih menggunakan .blogspot dibelakang nama blog anda). Sedangkan bagi anda yang sudah menggunakan custom domain, maka fitur ini tidak dapat diaktifkan.


4. Permissions (perijinan)

Menu Permissions ini adalah menu yang dapat digunakan untuk mengatur bagaimana blog anda akan dimuat dan ditampilkan kepada pembaca. Menu ini memiliki 2 sub menu lainnya yaitu:

A. Blog Authors (Penulis Blog);
Menu Blog authors ini adalah menu yang berisikan daftar penulis pada blog yang digunakan, jika hanya anda yang menulis blog tersebut, maka hanya nama anda sajalah yang akan tampil di menu tersebut.

Menu ini dapat digunakan untuk mengundang penulis-penulis lain yang sudah anda setujui untuk bisa memposting artikel di blog anda, sehingga dalam satu blog bisa berisi lebih dari satu penulis termasuk anda.

B. Blog Readers;
Menu Blog Readers adalah menu yang berfungsi untuk mengatur siapa pembaca blog anda tersebut. Ada tiga pilihan tersedia dalam menu blog readers ini, yaitu:
  • Public ;
    Jika diset pada pilihan public, maka secara default, blog anda bisa dibaca dan terbuka bagi siapa saja.
  • Private - Only Blog Authors ;
    Jika diset pada pilihan ini, maka hanya penulis blog sajalah yang bisa melihat isi konten blog anda, sedangkan orang lain tidak akan bisa membaca isi artikel blog anda.
  • Private - Only these readers ;
    Menu ini akan membuat konten artikel blog anda disetel terbuka dan bisa di baca secara khusus bagi setiap pembaca yang telah anda undang dan ijinkan untuk membacanya.

Kesimpulan
Menu Basic didalam setting Blogspot berorientasi di seputar penyetelan dasar terhadap bagaimana blog itu di kelola dan dipublikasikan, seperti contohnya penggantian judul blog, deskripsi, publikasi, ijin pengguna dan penggunaan, bahkan sampai HTTP redirect.

Oleh karena itu penting bagi Anda untuk memperhatikan terlebih dahulu pengaturan pada menu dasar ini agar sesuai dan mudah untuk muncul di Search Engine ataupun untuk ditemukan pengunjung Blog Anda.

Demikianlah artikel tentang "Mengenal menu BASIC [Setelan Dasar] di Blogspot" ini saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat.


No comments:

Post a Comment

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.