4 varian tema template blog terbaru dari blogger.com - Mengelola Blog

4 varian tema template blog terbaru dari blogger.com

Tepat pada tanggal 20 Maret 2017, blogger.com memberikan angin segar kepada setiap pengguna layanannya. Kali ini mereka mengeluarkan varian tema blog terbaru dengan desain yang lebih menarik dan tentunya sudah mendukung desain responsive.

Penambahan varian tema blog di blogger.com ini mendapat sambutan yang sangat positif dari penggunanya.  Antusiasme ini bisa terlihat pada forum-forum yang menyajikan informasi seputar dunia blogging ataupun pada artikel resmi di blogger.com yang juga menampilkan keinginan dan rasa antusias pengguna untuk segera mencoba tema blog varian baru tersebut.

Salah satu daya tarik yang disajikan pada varian tema blogger terbaru ini adalah kesemuanya memiliki tampilan yang cukup menarik dengan desain kekinian namun tetap terlihat elegan dan professional.

peluncuran 4 varian tema blog terbaru dari blogger.com

Seperti dijelaskan dalam postingannya Share your unique style with new Blogger themes oleh Guy Ronen, Product Manager , varian ini tidak hanya lebih elegan, namun juga bekerja dan tampil lebih baik di semua perangkat

Hal ini jelas sangat berbeda dengan desain tema sebelumnya yang bisa dikatakan sudah ketinggalan jaman, tidak responsive, juga terasa kaku dan tidak elegan.

Berikut adalah 4 varian tema template blog terbaru dari blogger.com


1. Contempo

Background full photo di sekitar header yang bisa Anda modifikasi dengan lebih mudah dan banyak varian. Contempo cocok dan bagus untuk artikel dan postingan yang mengedepankan lebih banyak unsur foto yang disertai cerita serta petualangan.

Blog dengan contoh tema contempo
Blog dengan contoh tema contempo

2. Soho

Mengedepankan tampilan foto disertai cuplikan yang cukup ideal di halaman home, tema soho ini sangat baik untuk blog yang ingin menampilkan karya dan hasil photography.

contoh blog tema soho
Blog dengan contoh tema soho

3. Emporio

Bergaya layaknya timeline dengan beberapa kolom, tema emporio cocok untuk digunakan untuk blog dengan jenis tutorial. Selain itu, tema emporio ini memiliki background blur pada halaman posting yang menggunakan gambar pertama artikel sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

contoh blog tema emporio
Blog dengan contoh tema emporio

4. Notable

Notable memiliki desain tidak terlalu spesial. Desainnya mirip dengan kebanyakan blog saat ini namun tetap lebih elegan dan lebih bagus.

Contoh Blog tema notable
Blog dengan contoh tema notable


Kelebihan tema varian terbaru


Dari beberapa penelusuran yang saya lakukan ada beberapa kelebihan yang dimiliki pada 4 varian tema blogger terbaru ini, yaitu :
  1. Desain dan tampilannya lebih modern, dinamis dan menarik.
  2. Struktur datanya tidak memiliki error
  3. Modifikasi tema mudah dilakukan meskipun untuk pemula (dilakukan khusus melalui menu "customize")
  4. Sudah menggunakan header sticky untuk semua varian dan tampilan menu yang muncul dari samping pada versi mobile.

Kekurangan tema varian terbaru


Berikut adalah beberapa kekurangan yang saya temui pada varian tema blogger terbaru.
  1. Kecepatan loading masing-masing tema untuk versi desktop umumnya baik, namun untuk versi seluler terlihat kurang begitu baik
  2. 3 dari 4 varian tema terbaru ini "sepertinya" memiliki setting lebar minimum layar sekitar 1440px untuk versi desktop, hal ini menyebabkan sidebar tidak tampil pada lebar layar kurang dari 1440px yang akhirnya otomatis diset seperti tampilan versi mobile .
  3. Untuk modifikasi via html sepertinya sedikit lebih sulit karena beberapa fitur dan desain terbaru ini struktur kode-nya terlihat benar-benar berbeda dari tema model lama.
Gambar dibawah berikut adalah hasil uji coba dan tes kecepatan loading blog yang saya lakukan di testmysite-nya Google pada blog yang disediakan blogger.com sebagai contoh varian tema terbarunya.

hasil tes kecepatan loading pada varian tema terbaru


Kesimpulan

Desain yang elegan minimalis menjadi andalan varian tema template terbaru yang sudah diluncurkan oleh blogger.com. Contempo, Soho, Emporio dan Notable diharapkan membawa aura baru positif untuk kegiatan blogging karena ketersediaan tema yang tidak kalah saing dengan platform blog lainnya.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang ada pada 4 varian tema terbaru blogger ini, setidaknya Google mulai memberi perhatian yang lebih baik untuk layanan di blogger.com saat ini (meskipun bisa dikatakan terlambat). Hal ini tentu bisa memberikan hal positif bagi blogger-blogger yang sudah lama ataupun untuk blogger-blogger pemula.

Demikianlah artikel singkat tentang 4 varian tema baru dari blogger.com ini bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat

15 comments:

  1. Bagus mas semua Templatenya lengkap dengan semua Demonya lagi, ini sebagai referensi buat saya jadi bisa cek dan melihat dulu sebelum mencoba template baru dari blogger ini semuanya tesponsive lho..Keren..Abis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas bagus2 memang , kepikiran mau ganti juga rasanya,cuma masih ragu. Lg coba dulu satu n masih liat progresnya.

      Delete
  2. Bagus nih.. kalo temolate yang mas gunakan apa namanya ya... Tertarik saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Template ini modifikasi mas dari template bawaan blogger yg namanya picture window.

      Delete
    2. Yang modif mas sendiri ya mas?

      Delete
    3. Iya mas, ini template hasil modifikasi sendiri, sekalian buat belajar biar ngga buta tentang struktur template.

      Delete
    4. Keren mas... Sumpah saya tertarik template nya.. ajarin saya donk mas modif template nya.. hehe

      Delete
    5. wah mas bisa aja nih, keren dari mana ya mas liatnya ?? :D,

      Setau saya ini template sederhana banget, soalnya ngga banyak pernak perniknya, malah kalau saya cek di blognya mas nurdin malah lebih bagus tampilannya.

      Delete
    6. Bagusan punya mas, soalnya kan punya mas hasil sendiri, sementara punya saya hasil karya orang

      Delete
    7. Terima kasih mas, kalau boleh tau bagus dimananya ya biar saya tau apa yg mas nurdin ingin pelajari.

      Apakah kecepatan loading apa desain apa SEO nya jdi saya juga bisa bantu gimana caranya

      Delete
    8. Dari segi tampilan, kecepatan, sama seo nya mas. Pertahanin ni mas, keren, apalagi tampilannya saya suka banget.

      Delete
    9. Kalau mau, saya ada ebook bikinan sendiri buat belajar-belajar bikin template bawaan blogger jadi responsive nih di link ini http://www.mengelolablog.com/2016/07/Panduan-Membuat-Template-Blogspot-Responsive.html .

      Dengan begitu setidaknya mas nurdin bisa belajar modifikasi template blogger karena akan terbiasa dengan kode kode html atau kode javascript dalam template.

      Kalau ada yang mau ditanyakan bisa kontak saya di form kontak atau lewat komentar seperti ini juga ngga apa apa mas , soalnya saya juga masih perlu banyak belajar lagi :)

      Delete
    10. Siap mas, dengan senang hati, karena saya pengen bisa membuat template hasil sendiri.

      Delete
  3. Replies
    1. Perlu pelan-pelan memang kalau mau coba... karena responsive dan sebagian kode ya beda banget sama yang pernah dipelajari. Tetep semangat gan :)

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.