Sekelumit cerita tentang riset keyword yang saya ketahui - Mengelola Blog

Sekelumit cerita tentang riset keyword yang saya ketahui

Mempraktekkan Optimasi SEO on page adalah jalan pertama yang menurut saya cukup mudah untuk dilakukan pertama kali.

Setidaknya banyak panduan-panduan yang cukup jelas dan bisa di ikuti.

Bahkan, Google sendiri juga sudah mengeluarkan Ebook guna membantu kita melakukan pengoptimalan untuk mesin telusur baik untuk template maupun untuk konten.

Targetnya jelas, membawa artikel dan postingan untuk bisa tembus ke halaman pertama.

Untuk blog ini, dari keseluruhan artikel yang sudah diterbitkan, lebih dari 25% halaman bisa masuk di halaman pertama Google Serps meskipun dengan posisi yang berbeda-beda. (oktober 2017 , artikel yang terbit di blog ini berjumlah 138 halaman artikel + m=1 sekitar 276 ).

riset keywords

Bahkan hingga artikel ini ditulis, artikel kompetisi SEO yang pernah saya ikut hingga kini masih ada di halaman pertama posisi ke 3), kalau mau tau tentang kompetisi ini silahkan baca artikelnya di Belajar SEO dari sebuah kompetisi

Ekspektasi saya terhadap traffik tentunya akan melimpah dan sesuai harapan, namun faktanya tidaklah demikian.

posisi halaman artikel di SERPS
Jumlah halaman sampai peringkat 10 SERPS

Dulu, saya beranggapan bahwa berada di halaman satu Google Serps otomatis akan mendatangkan banyak pengunjung.

Tapi nyatanya tidak,
"Berada di halaman satu Google saja tidaklah cukup untuk mendatangkan traffik pengunjung yang melimpah..."
Bukan salah artikelnya...

Bukan juga salah pada topik artikel yang diangkat

Yang kurang tepat itu adalah proses sebelum membuat artikelnya . . .

Proses yang dilakukan sesaat sebelum memproduksi artikel selama ini kurang tepat, ada langkah-langkah yang seharusnya dilakukan namun ternyata tidak dilakukan.

Bukan karena sengaja, namun lebih dikarenakan kekurang pemahaman pada sebuah proses penting,

proses yang bisa dikatakan akan menjadi jalan yang lebih baik untuk meningkatkan jumlah kunjungan pengunjung blog, khususnya yang berasal dari Search Engine (organic traffic)

Namanya proses "Riset Keyword"... alias riset kata kunci


Mengapa riset keyword dikatakan sebuah proses penting ?


Penting jika kita memiliki target utama "mendatangkan pengunjung dari search engine".

Jika kita tidak ada target mendatangkan pengunjung dari search engine, maka menurut pendapat saya, riset keyword tidaklah penting untuk dilakukan.

Memang, proses yang satu ini masih perlu banyak saya pelajari, jadi jangan tanya yah bagaimana cara riset keywordnya soalnya saya sendiri juga masih belajar :), kalau sudah mahir nanti saya postingkan di postingan-postingan berikutnya.

Nah, dari pengalaman yang saya alami selama ini, tentu kita sepakat bahwa pengguna search engine pasti menggunakan kata kunci pencarian untuk menemukan konten yang mereka butuhkan.

Kata kunci yang digunakan pun pastinya juga sangat bervariasi, meskipun keinginan / hasil yang ingin di capai pengguna adalah sama.

Riset kata kunci (riset keyword) ini pada dasarnya bertujuan untuk menemukan kata kunci (keyword) yang banyak digunakan oleh pengguna internet, sesuai dengan topik blog kita, dan sedikit persaingannya di SERPs.

Terlepas dari akurat atau tidaknya, banyak tool gratisan bisa menunjukkan mana keyword-keyword yang banyak digunakan oleh pengguna internet.

Sehingga, untuk menemukan kata kunci yang banyak di gunakan pengguna internet tidaklah terlalu sulit,

yang cukup sulit itu adalah menentukan keyword yang sesuai topik blog kita berdasarkan kriteria berikut :
  1. Kata kunci yang sesuai topik blog kita dan volume pencariannya banyak.
  2. Kata kunci yang persaingannya sedikit/kecil.

Seperti contohnya, kata kunci "membuat blog" dengan kata kunci "cara membuat blog" memiliki tujuan yang sama, yaitu bagaimana cara untuk membuat sebuah blog.

Namun, dari kedua kata kunci tersebut, ternyata tingkat persaingan dan volume pencariannya sangat jauh berbeda. Hal ini tentu juga akan memberikan perbedaan pada hasil dan jumlah kunjungan yang masuk ke blog kita.

Lihatlah pada contoh gambar di bawah

volume pencarian da tingkat persaingan kata kunci
volume pencarian da tingkat persaingan kata kunci
Catatan: Untuk tampilan volume pencarian seperti pada gambar diatas, saya menggunakan addon untuk browser yang bernama keywords everywhere.

Dari gambar diatas (oktober 2017) kita bisa melihat bahwa
  1. Kata kunci "cara membuat blog" memiliki estimasi volume pencarian sebanyak 60.500 pencarian setiap bulan (sekitar 2017 pencarian setiap hari) dengan jumlah artikel pesaing sebanyak 7.940.000.
  2. Kata kunci "membuat blog" memiliki estimasi volume pencarian sebanyak 9.900 pencarian setiap bulan (sekitar 330 pencarian setiap hari). Jumlah artikel pesaing 8.410.000.

ini artinya, kata kunci "cara membuat blog" memiliki potensi lebih besar untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke blog kita,

Lagi-lagi dengan catatan;
"Artikel blog kita harus bisa masuk dan tembus ke posisi #1 di halaman Google SERPS"

Sedangkan untuk masuk menjadi #1 di SERP Google dengan volume pencarian sebanyak diatas itu juga tidaklah semudah teorinya, perlu yang namanya usaha maksimal dalam mengoptimalkan SEO di blog kita, baik ON page maupun OFF page.

Pasalnya, kedua kata kunci diatas merupakan kata kunci yang sifatnya turunan, artinya kata kunci "cara membuat blog" merupakan turunan dari kata kunci "membuat blog".

Jika kondisinya demikian, maka otomatis blog yang menduduki #1 Google Serps dengan kata kunci "membuat blog" umumnya juga akan tetap ada di halaman satu untuk kata kunci turunan yaitu "cara membuat blog".

Well, jadi dilematis kan XD . . .

Nah, inilah tantangan yang sebenarnya ketika kita melakukan riset keyword guna mendatangkan pengunjung dari search engine.

Namun begitu, bukan berarti riset keyword adalah langkah sia-sia.

Pasalnya jika kita bisa menemukan kata kunci yang tepat lalu kemudian membuat artikel yang tepat, ditambah lagi SEO on page dan OFF page yang maksimal, tentu pengunjung akan melimpah hanya dari satu artikel saja.

Apalagi jika artikel yang dibuat lebih dari satu, waaah bisa tambah melimpah deh kunjungan dari search enginenya ... :)

Hmm. . rasanya sampai disini dulu opini saya seputar riset keyword yang memang masih perlu banyak saya pelajari untuk menemukan cara yang tepat. . semoga bisa mendapat informasi yang bermanfaat :)

2 comments:

  1. semua pengguna blogger tentu sudah tau caranya untuk menjadi no 1 di hlm google yaitu dengan mempelajari SEO, keyword maupun Backlink tetapi tetap saja sulit untuk menembus blog-blog master yang sudah bertengger dihalaman 1 google.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Usia dan otoritas blog master mungkin menjadi salah satu hal yang membuatnya sulit di tembus.

      Bukan tidak mungkin, jika blog kita tetap terupdate dan selalu dirawat, lambat laun blog masterpun bisa digeser. Meskipun awalnya ada di hlm 1

      Delete