Cara Menghapus dan Mengganti Label di Blogspot

Satu hal yang terkadang cukup membingungkan ketika membuat artikel adalah saat menentukan label pada artikel yang sedang dibuat. Sepintas lalu masalah pemberian label ini adalah hal sepele dan bisa diabaikan.

Untuk jangka pendek mungkin tidak akan terasa, namun untuk jangka panjang perihal label ini bisa memusingkan kita ketika mengelola artikel, terlebih ketika jumlah artikel sudah sangat banyak.

Label secara umum lebih dikenal sebagai kategori. Memiliki fungsi untuk mengklasifikasi dan mengelompokkan artikel kedalam golongan, tipe, jenis dan isi yang sama. Pengelompokkan ini biasanya dimulai dengan menyusunnya dari hal yang umum (general) hingga ke hal-hal yang lebih terperinci dan spesifik.

Tujuan utamanya adalah untuk memudahkan navigasi pengunjung secara cepat disaat mereka membutuhkan artikel yang tepat dan sesuai dengan kategori pilihan mereka .

Namun tak jarang, kita sering kurang memperhatikan pe-labelan pada artikel, sehingga label atau kategori yang kita masukkan kedalam artikel berbeda dengan topik artikel yang dibicarakan.

mengganti label blog di blogspot

Untuk mengaturnya kembali, maka langkah yang diperlukan adalah dengan mengganti nama-nama label pada artikel tersebut agar sesuai antara kategori dengan topik artikel yang dibicarakan.

Penggantian nama-nama label pada artikel yang sudah di publikasikan ini umumnya bisa dilakukan satu persatu, namun cara tersebut tidaklah efisien karena akan memakan waktu lebih lama. Lantas bagaimana caranya menghapus dan mengganti nama label di Blogspot dengan cepat dan mudah ? Simak infonya dibawah berikut.


Cara menghapus dan mengganti label di Blogspot


  1. Login ke Blogspot, kemudian pilih menu pos disisi kiri Anda
  2. Selanjutnya, klik pada menu All Labels yang terletak disisi kanan atas sehingga muncul semua label yang ada di blog Anda (perhatikan gambar) .
    memilih label yang akan diganti
    Memilih label yang akan diganti
  3. Pilih dan klik pada nama Label yang ingin Anda ganti (sebagai contoh disini saya akan mengganti label Curcol menjadi Cerita )
  4. Setelah semua artikel yang tampil memiliki label Curcol, klik dan berikan centang pada kotak kecil disisi kiri tepat dibawah tulisan showing posts sehingga kotak pada semua artikel dengan label curcol ikut tercentang.
    Cara Menghapus dan Mengganti Label di Blogspot
    Klik dan centang seluruh artikel berlabel curcol
  5. Lanjutkan dengan mengklik ikon bergambar tag tepat disebelah kiri tulisan publish hingga muncul menu dropdown.
    Cara Menghapus dan Mengganti Label di Blogspot
    Klik pada ikon tag
  6. Klik pada new label hingga muncul pop pup untuk mengganti nama label (Disini saya tulis label cerita untuk mengantikan label curcol). Tuliskan nama label baru sesuai dengan keinginan Anda pada kolom yang tersedia lalu klik tombol oke.
    Cara Menghapus dan Mengganti Label di Blogspot
    Klik new label, isi label baru dan klik oke
  7. Selanjutnya Anda akan melihat 2 label pada satu artikel. pada contoh gambar disini anda akan melihat label cerita dan label curcol pada tiap artikel (perhatikan gambar).
    Cara Menghapus dan Mengganti Label di Blogspot
    Muncul 2 label pada 1 artikel
  8. Lanjutkan dengan mengklik kembali ikon bergambar tag hingga menu dropdown muncul kembali.
  9. Klik pada label bertuliskan curcol (langkah ini bertujuan untuk menghapus label curcol).
    Cara Menghapus dan Mengganti Label di Blogspot
    Menghapus label curcol
  10. Setelah langkah no 9 diatas maka label curcol sudah tergantikan dengan label cerita. untuk memastikannya klik pada tombol All labels, perhatikanlah bahwa label curcol sudah tergantikan seluruhnya dengan label cerita.
    Cara Menghapus dan Mengganti Label di Blogspot
    Label Curcol sudah diganti dengan Label Cerita

Kesimpulan 


Menyeragamkan dan mengatur label dengan menghapus dan mengganti nama label yang lebih sesuai menjadikan blog kita lebih terstruktur dan mudah untuk dijelajahi.

Kemudahan yang juga akan dirasakan oleh pengunjung untuk mencari konten di blog kita,  selain dapat meningkatkan pageview, hal ini juga akan meningkatkan struktur blog yang lebih baik lagi dimata mesin pencari. sehingga peluang untuk meningkatkan pageview akan semakin besar.

Demikianlah artikel tentang Cara Menghapus dan Mengganti Label di Blogspot ini bisa saya sampaikan, semoga  bermanfaat.

Berlangganan Artikel Via Email :

2 comments:

  1. gan kalo ganti lebel sekali banyak gitu ngarug d pencarian google gak ? takutnya bisa ilang gtu atau gak k index, mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya ngga ngaruh gan, robot txt yg disediakan blogspot defaultnya sudah memblock /search termasuk label.

      Jadi ngga ngaruh ke index karena dasarnya path tersebut juga audah ngga di indeks dari awal gan

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.