Cara memasang video youtube kedalam posting blog

Tahukah kamu bahwa sebanyak 55% konten video, dikonsumsi sepenuhnya oleh para pengunjung ? Ini artinya, dari 100 konten video yang disajikan, 55 video dilihat seluruhnya oleh pengunjung (di lihat seluruhnya lhoo...).

Ya, inilah faktanya, sebuah fakta berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan oleh Hubspot pada kuartal 1 tahun 2016 lalu.

Dari 10 tipe konten yang digunakan sebagai ukuran survey tersebut, ternyata hanya ada 4 tipe konten yang sepenuhnya dikonsumsi oleh pengunjung, yaitu konten video, sosial media konten, artikel berita dan konten penelitian/riset.

Untuk konten blog sendiri yang umumnya berjenis artikel / postingan, dikonsumsi sepenuhnya hanya sebesar 29% nya saja, dan 43% selebihnya dilakukan dengan metode skimming (proses membaca cepat guna menemukan ide topik utamanya saja).

Ini berarti, postingan blog memerlukan improvement dan metode kreatif lainnya guna meningkatkan daya tarik pada konten itu sendiri.

Sebenarnya banyak cara bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tarik sekaligus memperkaya konten pada setiap postingan / artikel yang kita terbitkan.

Beberapa diantaranya adalah dengan menambahkan gambar yang menarik ataupun menyematkan video dari situs Youtube.

pasang video youtube di posting blog
Menggabungkan 2 jenis konten (artikel dan video) akan sangat memperkaya variasi konten dalam artikel tersebut. Namun perlu diperhatikan bahwa kedua konten yang disajikan haruslah relevan, saling berkaitan dan saling melengkapi sehingga tidak menimbulkan efek buruk bagi pengunjung.

Tentu yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara kita menambahkan konten video kedalam postingan blog blogspot agar artikel yang tercipta semakin kaya dan menarik.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka pada artikel kita kali ini, saya akan menginformasikan bagaimana cara memasang video Youtube kedalam postingan blog. Perhatikan langkah-langkahnya di bawah berikut.


Cara memasang video Youtube kedalam posting blog


I. Siapkan kode embed video di youtube untuk video yang akan dipasang

cara mengambil kode script embed di youtube
Cara mengambil kode script embed di Youtube
  1. Buka halaman video di youtube yang ingin kita pasang di blog.
  2. Perhatikan pada bagian bawah video tersebut.
  3. Klik pada tombol Bagikan atau Share, kemudian klik semat atau embed.
  4. Copy script kode yang tersedia, lalu pastekan kedalam aplikasi notepad untuk sementara.


II. Memasang kode video youtube kedalam postingan blog

Cara memasang script kode embed youtube di postingan blog
Cara memasang kode script embed youtube di postingan blog
  1. Login ke blogspot, lalu klik menu Post
  2. klik New post 
  3. Klik tombol HTML disisi kiri atas setelah halaman buat artikel terbuka sepenuhnya
  4. Copy dan pastekan kembali kode video yang sudah disimpan kedalam editor postingan pada bagian yang dikehendaki, Misalnya di atas artikel, tengah atau bagian bawah.
  5. Klik publish untuk menyelesaikan proses pemasangan


Catatan tambahan

1. Contoh kode script yang didapat akan berbentuk seperti dibawah ini
<div style="position:relative;height:0;padding-bottom:75.0%"><iframe src="https://www.youtube.com/embed/TnxUOdAhAdk?ecver=2" width="480" height="360" frameborder="0" style="position:absolute;width:100%;height:100%;left:0" allowfullscreen></iframe></div>
Untuk kode berwarna merah height="360" adalah tinggi video, sedangkan width="480" adalah lebar video, silahkan diatur dan sesuaikan dengan lebar postingan blog.

Berikut adalah contoh hasil video yang sudah ditambahkan kedalam postingan blog



Kesimpulan


Menambahkan video youtube kedalam postingan blog caranya sangatlah mudah, kamu tinggal mengcopy kodenya,  memasukkannya kedalam postingan lalu mengatur posisinya sesuai dengan keinginan.

Konten yang kaya seperti adanya gambar, teks, video, dll, selain bisa menambah betah para pengunjung blog tentu juga sangat disenangi oleh Google. Tentu hal ini sangat berpotensi untuk meningkatkan peringkat halaman di SERP.

Demikianlah artikel tentang Cara memasang video Youtube kedalam posting blog bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Berlangganan Artikel Via Email :

2 comments:

  1. Selain bikin artikel, bikin video sekarang juga wajib agar postingan bisa bersaing di google iya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira2 seperti itu mas, semakin lengkap kontennya semakin baik buat pengunjubg dan efeknya juga baik untuk persaingan di mesin pencari. . CMIIW

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.