Memasang kode Google Analytics diblog - Mengelola Blog

Memasang kode Google Analytics diblog

Siapa yang tidak mengenal Google ? Hampir semua orang kenal dengan namanya Google, ada yang bilang "om Google" ada yang sebut "mbah Google" ada juga yang sebut "pencarian Google" dan sebutan-sebutan lainnya. Namun, Apakah kamu mengenal layanan Google Analytics ?

Google memang sangat dikenal dan banyak memiliki layanan untuk para pengguna internet, seperti email (Gmail), periklanan (Adsense / Adwords), sosial media (G+), maupun layanan web analisis dan masih banyak lagi yang lainnya. Salah satu layanan Google untuk web analisis yang disediakan adalah Google Analytics.

Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF [1]. Jadi, kalau kamu masuk ke halaman Google Anaytics, maka kamu akan disajikan data-data yang berkaitan dengan aktivitas sebuah situs web atau blog.

Sebagai pengelola blog ataupun web, data-data statistik tentang jumlah pengunjung, waktu di halaman blog dan lain-lainnya, tentu sangat dibutuhkan data sebagai acuan menganalisa dalam melakukan pengembangan dan improvement terhadap performa blog/web tersebut.

memasang-kode-google-analytics
Memasang kode Google Analytics diblog - mengelolablog.com

Untuk para blogger mungkin sebagian sudah mengenal Google Analytics, akan tetapi masih sedikit yang menggunakannya lantaran penggunaannya yang cukup rumit. Merekapun lantas menggunakan alat statistik lainnya seperti histat, sitemeter, ataupun statcounter sebagai perekam data aktivitas di web/blog mereka. Namun taukah kamu siapa yang memiliki fitur paling lengkap dan juga gratis ?

Pada artikel pertama dengan kategori mengelola data kali ini, saya akan mencoba memberikan langkah-langkah untuk memasang kode script Google Analytics pada blog khususnya pengguna blogspot. Untuk menggunakan Google Analytics ini, yang harus kamu lakukan pertama kali adalah membuat akun di Google Analytics tersebut.

Nggak perlu pakai ribet, cukup gunakan akun email google kamu sebagai akses masuk ke Google Analytics. Setelah kamu masuk ke halaman Beranda Google Analytics langkah selanjutnya adalah mempersiapkan script perekam data yang akan digunakan untuk mendata aktivitas blog kamu.

mengenal-google-analytics
Home page Google Analytics

Berikut langkah untuk mendapatkan kode perekam data di Google Analytics :

#1. Sign Up ke Google Analytics


Halaman-sign-up-google-analytics
Halaman sign up google analytics

#2. Isikan Data blog/website yang akan kamu ambil datanya 


mengisi-data-pembuatan-akun-admin-google-analytics
Langkah 1-7
  
mengisi-data-pembuatan-akun-admin-google-analytics
langkah 8-9

Keterangan pengisian pada gambar :

  1. Pilih website 
  2. Isi dengan nama akun yang ingin kamu gunakan 
  3. Isi dengan nama blog kamu 
  4. Isi dengan alamat URL blog kamu 
  5. Pilih salah satu kategori yang sesuai dengan topik blog kamu 
  6. Pilih negara 
  7. Pilih waktu yang sesuai dengan domisili kamu berada 
  8. Centang kotak yang disediakan 
  9. Klik " Get Tracking code " untuk mendapatkan kode perekam data Google Analytics 
  10. Selanjutnya klik " I Accept " pada pop up yang muncul untuk persetujuan layanan 
Setelah melewati langkah no 10,  kamu akan berada di halaman Administrasi pengelolaan data blog kamu didalam Google Analytics ( Gambar dibawah adalah tampilan halaman admin pengelola di Google Analytics). Disinilah kamu akan mendapatkan Kode tracking ID yang wajib kamu pasang pada template blog kamu. Copy kode script perekam data yang ada didalam kotak yang bertuliskan " This is your tracking code. . . . . . . . . ". Lalu sisipkan pada template HTML blog kamu.

kode-google-analytics
Kode Google Analytics

#3. Memasang Kode Google Analytics  di Blogspot. 


Setelah mendapatkan kode script perekam data, kamu dapat mulai melakukan perekaman aktifivas di blog kamu. Untuk memasang kode script perekaman, tentunya kamu harus masuk ke dalam halaman blogger ( khusus pengguna blogspot ),

Berikut cara memasukkan kode Google Analytics kedalam  template blogspot :

  1. Masuk ke halaman pengelolaan blog kamu (log in ke Blogspot)
  2. Pilih Blog yang akan kamu ambil datanya
  3. Pilih Template
  4. Jangan lupa, Back Up dahulu template kamu sebelum ke langkah selanjutnya.
  5. Pilih Edit HTML
  6. Lalu tekan ctrl + F untuk mempercepat pencarian pada kolom pengeditan html,cari kode </head>
  7. Pastekan Kode script perekam data Google Analytics tadi tepat diatas kode </head>. 
  8. lalu simpan perubahan tersebut dengan mengklik tombol " save template ". 
Memasang-kode-google-analytics
Pemasangan kode google analytics

Setelah kamu memasang kode perekam data, Google Analytics membutuhkan waktu beberapa jam sampai beberapa hari untuk dapat menampilkan laporan data aktivitas blog kamu yang dimulai sesuai dengan tanggal dan waktu kamu memasang kode script tersebut.

Selanjutnya kamu tinggal menunggu hasil data dalam Google Analytics untuk memulai aktivitas  analisa sebuah blog.  Demikianlah cara dan langkah yang dapat saya sampaikan untuk memasang kode perekam data aktivitas di blog dengan menggunakan Google Analytics.

Kesimpulan 

Pemasangan kode tracking Google Analytics ini bertujuan untuk merekam data-data aktivitas yang terjadi didalam blog kamu seperti jumlah pengunjung yang datang dalam satu hari, berapa halaman yang tampil, dan hal lain-lain yang kamu perlukan untuk mengembangkan blog kamu.

Dengan mengetahui data-data aktivitas yang terjadi, kamu bisa mengambil kesimpulan terhadap apa yang perlu kamu lakukan di kemudian hari seperti contohnya, jika kamu ingin memperbanyak jumlah pengunjung, kamu dapat membuat artikel serupa seperti pada artikel yang memiliki jumlah data kunjungan terbanyak didalam laporan Google Analytics.

Bagaimana dengan kamu  apakah sudah menggunakan layanan Google Analytics dan memasang kode tersebut ? berikan pengalaman kamu dan masukkan di kolom komentar, selamat mencoba!

Sumber :

5 comments:

  1. Data real-time sih udah keluar, tapi audience-nya masih no data.

    ReplyDelete
  2. Butuh waktu gan se tau saya sekitar 3 sampai satu minggu

    ReplyDelete
  3. berati gakbisa mereport dari waktu sebelum kita pasang ya?

    ReplyDelete