Membuat artikel blog Hindarilah 4 kebiasaan ini - Mengelola Blog

Membuat artikel blog Hindarilah 4 kebiasaan ini

Pernahkah kamu menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan saat membuat artikel blog ?

Berdasarkan pengalaman yang saya alami selama ngeblog, membuat artikel blog untuk satu postingan memiliki kisaran waktu sekitar 3 sampai 4 jam ( dengan banyak kata sekitar 800-1400 kata) setiap artikel. Jika artikel tersebut kurang dari 800 kata tentunya akan lebih singkat lagi waktunya.

Dengan waktu yang cukup singkat tersebut, terkadang kita sering membuat artikel blog dengan dibarengi aktifitas-aktifitas lain, sehingga artikel yang kita buat memakan waktu yang cukup panjang atau bahkan baru bisa selesai keesokan harinya.

Kondisi ini tentu sering tidak kita sadari dan bahkan menjadi kebiasaan yang kurang baik dan dapat memperlambat perkembangan blog yang kita kelola. Berikut adalah kebiasaan yang sering tidak kita sadari dan dapat menghambat saat membuat artikel blog.

Hindari.4.hal.ini.saat.membuat.artikel
Hindari 4 hal ini saat membuat artikel


1. Memeriksa statistik blog dan adsense 


Salah satu kebiasaan seorang blogger dalam mengelola blog adalah rajin memeriksa statistik blog. Hal ini memang sangat di butuhkan dalam mengelola blog, namun pertanyaan selanjutnya adalah bisakah artikel kamu selesai hanya dengan memeriksa statistik blog saja ?

Kebiasaan memeriksa statistik blog dan adsense (bagi yang memiliki adsense) sering menjadi "racun" yang tanpa kita sadari banyak memakan waktu produktif kita saat membuat artikel blog. Alih-alih ingin meningkatkan kualitas maupun kuantitas artikel blog malah terperangkap kedalam analisa statistik yang terkadang belum tepat penanganannya.

Apa penyebabnya ? seperti kita ketahui bahwa statistik blog ataupun adsense biasanya terdiri dari data-data pengunjung, jumlah klik, jumlah pageviews, dan lain-lain yang nilainya tidak stabil, bisa naik ataupun turun.

Dari perbedaan data itulah yang akhirnya menimbulkan pertanyaan-pertanyaan yang ingin segera kamu tuntaskan dengan cara melakukan perbaikan-perbaikan baik itu SEO blog, template, maupun aktifitas lain yang bertujuan untuk memperbaiki nilai data dalam statistik blog tersebut.

Kebiasaan ini tentu akan merugikan jika tidak dikelola dengan baik, artikel kamu tidak bertambah dan sangat mungkin perubahan dari aktifitas yang kamu lakukan sebelumnya malah berdampak buruk untuk blog kamu sendiri contohnya seperti, berubahnya kondisi desain template, SEO blog, ataupun kecepatan loading halaman.

2. Berkutat dengan template blog 


Kebiasaan berikutnya yang dapat mengganggu saat membuat artikel blog adalah melakukan penambahan atau pengurangan pada template blog. Setiap blogger tentu menginginkan tampilan blognya terlihat lebih manis dan rapi, apalagi jika perubahan template tersebut bisa meningkatkan SEO dan traffik pengunjung.

Bagi blogger yang memiliki cukup pengetahuan dalam melakukan modifikasi template blog, tentu pekerjaan ini dapat dilakukan lebih cepat. Namun bagi blogger yang baru mengenal dunia blog, hal ini tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar, yang artinya cukup menguras waktu ngeblog mereka. 

Pengetahuan terhadap dasar-dasar html, javacsript ataupun struktur heading tag dan lain-lainnya harus di pelajari secara bertahap, diperlukan waktu dan kemampuan yang cukup untuk bisa mengubah desain blog yang sesuai dengan kriteria SEO ataupun desain yang bagus.

3. Mengakses sosial media dan game 


Hampir semua orang mengenal dan menggunakan media sosial untuk berinteraksi di dunia internet. Bahkan Indonesiapun menjadi salah satu negara yang paling banyak menggunakan internet melalui jejaring media sosial.

Apalagi dijaman mobile seperti sekarang ini, dimana menggunakan komputer meja untuk mengakses media sosial mulai berkurang dibandingkan penggunaan smartphone. Bahkan sampai ke ranjang tidur pun tak jarang kita masih mengakses media sosial tersebut melalui smartphone yang kita miliki.

Mengakses sosial media seperti facebook, twitter, Google plus ataupun yang lainnya sering membuat kita terlena. Mengomentari status teman, mengklik link-link yang dishare ataupun menshare photo merupakan kebiasaan yang bisa mengurangi produktifitas saat kita membuat artikel blog.

4. Mengejar nilai SEO sempurna 


SEO ( Search Engine Optimization ) masih menjadi salah satu andalan setiap blogger untuk mempopulerkan blog mereka. SEO yang baik mengindikasikan bahwa blog dapat mudah untuk di indeks oleh mesin pencari dan bahkan dapat berada di posisi terdepan dan pertama pada urutan halaman mesin pencari. Hal ini tentu akan berimbas pada banyaknya pengunjung yang masuk ke blog melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing , dll.

Sebagai pengelola blog, tentu kita mengharapkan nilai SEO memiliki nilai yang tertinggi dan terbaik. Nilai SEO yang tinggi, baik itu blog ataupun website ditentukan dari banyak faktor dan kriteria, misalnya, apakah desain web kita sudah mobile friendly atau responsive, usia blog, backlink yang cukup, penggunaan kata kunci dan lain sebagainya.

Proses untuk menjadikan blog kita memiliki SEO yang bagus tidaklah secepat mengedipkan mata. Disana banyak proses yang harus dilalui supaya blog kita bisa bersaing dengan blog dan website yang memang sudah lama ada.

Hal inilah yang sering menjadi kebiasaan buruk seorang blogger ketika membuat artikel blog sambil mengecek SEO kemudian dilanjutkan dengan melakukan perubahan pada template blog, melakukan blogwalking dan hal lainnya yang berkaitan dengan peningkatan SEO tersebut, hingga akhirnya malah melupakan kebutuhan dasar untuk meningkatkan pengunjung itu sendiri yaitu dengan mengupdate dan menambah artikel blog.

Kesimpulan 


Kebiasaan-kebiasaan tersebut diatas pada dasarnya merupakan bagian-bagian yang harus dilakukan juga oleh setiap blogger, namun perlu disadari bahwa melakukan aktifitas seperti tersebut diatas tanpa disiplin waktu yang ketat, akan memberikan dampak yang kurang baik bagi perkembangan blog itu sendiri.

Untuk mempermudah proses pelaksanaan tersebut diatas membutuhkan disiplin dan penjadwalan yang tepat supaya masing-masing kebutuhan dalam ngeblog menjadi lebih efisien, produktif, dan tepat sasaran. Demikianlah artikel " Saat membuat artikel blog Hindari 4 hal ini " saya sajikan, jika ingin berkomentar silahkan gunakan kolom komentar yang tersedia. Semoga bermanfaat.

6 comments:

  1. Inilah kebiasaan blogger pemula, saya pernah mengalaminya, dan selalu saja berkutat di 4 hal ini. Terima kasih, telah menambah semangat ngeblog lagi.

    ReplyDelete
  2. sama-sama mas hendro . terima kasih sudah berkunjung.

    ReplyDelete
  3. Aduh.. betul mas itu yang sering saya lakukan juga pada saat punya ide mau nulis artikel, tapi yang paling sering kebiasaan no-2 dan-3, dan paling menyita waktu! tapi kalau masih newbie bisa di maklum minim info..mks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha sepengalaman berarti . . saya aja masih sering utak atik template mas, btw terima kasih sudah berkunjung kembali :)

      Delete
  4. Aduhh kena nih saya.. hahaha
    keempatnya itu kbiasaan saya bnget,, paling sering bgt itu no 2,, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja mba, saya juga masih sering begitu, cakupannya terlalu luas sih kalo urusan template jadi banyak yang masih bikin penasaran. Ujung ujungnya ketinggalan bikin artikel. Thanks ya udah berkunjung

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.