Menjadi blogger produktif ? cepat ikuti tips menarik ini. - Mengelola Blog

Menjadi blogger produktif ? cepat ikuti tips menarik ini.

Pernahkah kamu mengetahui apa kata kunci untuk bisa produktif ?  Mengorganisasikan waktu dan melaksanakan rencana kegiatan secara konsisten. Untuk menjadi blogger produktif diperlukan pengorganisasian waktu dan  melaksanakan kegiatan dengan disiplin.

Mungkin kamu pernah mengalami saat-saat akan membuat postingan yang baru,  walaupun sebelumnya  kamu sudah berjam-jam mencari ide postingan dengan browsing sana dan sini,  tetapi kamu tidak pernah dapat menulis dan mengisi halaman tersebut dengan tulisan kamu.

Kondisi ini bahkan bisa berlanjut sampai beberapa hari kedepan ( kalau saya sering sebut  dengan sebutan  "blank sindrome" ). Sebuah kondisi yang sangat tidak menguntungkan, waktu banyak terbuang dan hanya berputar-putar tanpa mendapatkan ide yang jelas. Tentu hal ini sangat tidak produktif dan dapat mematikan hobi ngeblog yang sudah kamu jalani.

Dengan mengorganisir kegiatan ngeblog kamu tersebut,  kamu sudah memulai langkah yang tepat untuk menjadi blogger produktif. Pada artikel kali ini saya ingin membagikan tips tentang apa yang perlu kamu lakukan dan tidak perlu kamu lakukan untuk menjadi seorang blogger yang produktif.

Tips-menjadi-blogger-produktif
Menjadi Blogger produktif - www.mengelolablog.com

#I. Hal yang perlu dilakukan untuk menjadi blogger produktif


1. Kenali batas kemampuan.

Ingin artikel blog cepat bertambah banyak sehingga menulis sampai menjelang pagi ?  Niat hati sih inginnya  artikel bertambah banyak, akan tetapi  malah berkurang.  Lho kok bisa ? Coba kamu bayangkan, apa yang akan terjadi setelahnya jika kamu menulis sampai menjelang pagi setiap hari ?

Setiap orang memiliki kemampuan dan daya tahan tubuh yang terbatas. Terlalu memaksakan diri untuk mengejar jumlah artikel blog dengan terus menerus menulis tanpa beristirahat dapat menyebabkan kita jatuh sakit dan menjadi tidak produktif.

Seperti yang  sudah kita ketahui bahwa jumlah artikel blog juga mempengaruhi cepat atau tidaknya blog kamu dikenal banyak orang. Namun memaksakan kemampuan tubuh, dapat membahayakan diri sendiri.

Bisa saja artikel itu kamu publish seminggu satu kali, atau tiga hari satu kali atau bahkan satu hari satu kali, namun  pilihlah jadwal publish artikel yang sesuai buat kamu. Kenali batas kemampuan tubuh kamu dan atur waktu dengan baik.

Bila perlu, berikanlah waktu libur dari kegiatan ngeblog kamu, dan publishlah artikel, sesuai dengan kesanggupan kamu, yang penting tetap konsisten dengan jadwal dan artikel yang menarik dan berkualitas.

2. Kenali waktu-waktu terbaik.

Merasa segar dan bersemangat menulis ketika pagi hari ?  atau kamu merasakan bahwa  ide menulis tidak pernah berhenti ketika sore hari ? Akan ada masanya kamu merasakan bersemangat untuk menulis di blog, adapula masanya kamu merasa letih dan ingin beristirahat dari kegiatan ngeblog tersebut.

Kenali dan pelajari kapan waktu-waktu tersebut datang,  catat dan gunakan waktu-waktu tersebut sebaik-baiknya. Dengan memahami waktu-waktu terbaik disaat semangat kamu untuk menulis menggelora dan ide-ide menulis tidak pernah berhenti mengalir, akan memudahkan langkah kamu menjadi blogger produktif.

3. Buat jadwal dan ikuti rencana ngeblog secara konsisten

Untuk mencapai tujuan, tentu kamu memerlukan sebuah perencanaan, baik itu waktu, biaya, langkah-langkah yang akan digunakan serta yang tak kalah pentingnya adalah sebuah tindakan nyata.

Jadwal dan rencana ngeblog yang sudah kamu buat, sebaiknya tetap kamu ikuti dan kamu jalankan secara konsisten. Selain membentuk sikap disiplin, hal ini juga akan membantu kamu untuk fokus pada arah ngeblog yang sudah kamu rencanakan jauh-jauh hari. Sehingga tujuan besar ngeblog yang kamu inginkan bisa lebih cepat  kamu raih dan kamu  menjadi lebih  produktif.

4. Selesaikan segera tulisan kamu.

Apakah dalam menulis artikel kamu langsung mengedit dan memperbaiki kata-kata maupun ejaan yang salah ? Untuk menjadi blogger produktif, cobalah sekali-kali cara yang berbeda yaitu dengan melakukan penulisan tanpa mengedit kata-kata yang sudah kamu tulis.  Stop untuk menekan tombol backspace dan delete. Biarkan pikiran dan tangan kamu mengalir mengikuti apa yang hendak kamu tulis.

Dengan melakukan hal ini berulang kali, artikel kamu akan lebih cepat selesai. Setelah artikel kamu selesai,  kamu tinggal melakukan editing untuk memperbaiki kata-kata maupun ejaan yang kurang tepat dalam artikel kamu. Kemudian kamu hanya tinggal mempublishnya di waktu yang tepat.


#II. Hal yang perlu dihindari  untuk menjadi blogger produktif


1. Hindari menduplikasi tulisan orang lain

Masih bangga dengan mempublikasikan artikel hasil copy paste dari blog orang lain di blog kamu ?  Sudah bukan jamannya lagi melakukan copy paste untuk menjadi blogger produktif dan kreatif. Akan lebih baik jika kamu mempublikasikan hasil karya pemikiran kamu walaupun sedikit.

Artikel yang original dan berbeda akan sangat dicintai oleh mesin pencari, terlebih dengan adanya algoritma Google yang selalu terupdate dengan baik,  bisa jadi artikel original kamu diperhitungkan dan masuk di halaman pertama mesin pencari. Maka peluang bertambahnya pengunjung unik blog kamu akan semakin besar.

2. Hindari hal-hal yang mengganggu saat menulis

Setiap orang memiliki kebiasaan berbeda-beda saat mengerjakan sesuatu. Namun kebanyakan orang terbiasa berkonsentrasi dengan ketenangan. Untuk itu, jauhilah televisi, radio, handphone, ataupun gadget-gadget yang dapat mengganggu konsentrasi kamu saat menulis ( kecuali kamu memang bisa berkonsentrasi dengan mendengarkan musik atau hal yang memang kamu suka tersebut ).

Hal lainnya yang dapat menggangu produktifitas menulis kamu adalah memeriksa statistik blog, mengecek email, membuka media social, serta bermain games. Hentikanlah untuk sementara kegiatan tersebut. Sedikit waktu yang sering dilakukan untuk serius membuat artikel yang original dan berkualitas akan menjadikan kamu semakin lama semakin terasah dan menjadi blogger produktif.

3. Hindari tempat kerja yang berantakan

Mana yang kamu pilih sebagai tempat berbelanja, supermall atau pasar tradisional jaman dulu dengan kondisi yang becek dan kumuh ?  Mungkin kebanyakan orang akan memilih supermall untuk melakukan aktivitas belanja mereka, kenapa ? Hampir setiap supermall memiliki kebersihan yang lebih baik sehingga mampu memberikan kenyamanan saat berbelanja bagi konsumen.

Begitu pula dengan meja kerja kamu. Kondisi meja kerja yang kotor dan berantakan akan sangat mengganggu konsentrasi selama menulis artikel. Ada baiknya kamu merapikannya sebelum memulai untuk menulis.

4. Hindari ngeblog karena terpaksa

Setiap pekerjaan yang dilakukan dengan hati yang terpaksa, biasanya tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal dan bisa bertahan lama. Seperti yang kita ketahui, ngeblog adalah sebuah hobi yang sangat memakan waktu. Mulai dari membuat tujuan ngeblog, mempersiapkan jadwal, mencari ide postingan , memasukkan foto, mendesain template sampai ke bahasa-bahasa coding html.

Hal-hal tersebut merupakan kegiatan yang tak lepas dari namanya ngeblog. Salah satu hal yang bisa membantu meningkatkan produktifitas pekerjaan/hobi adalah hasrat yang tinggi (passion) pada pekerjaan/hobi tersebut.

Untuk itu, ada baiknya kamu memantapkan tekad kamu, apakah kamu yakin dengan hobi ngeblog ini atau tidak. Jika kamu tidak yakin dan tidak mengetahui passion kamu untuk ngeblog, maka sangat dimungkinkan kamu akan kesulitan untuk menjadi blogger produktif.

Kesimpulan

Untuk menjadi blogger produktif selain dibutuhkan tekad yang kuat, tentu dibutuhkan perencanaan yang matang  serta tindakan yang nyata.

Sesuaikan kemampuan kamu, jangan merasa terpaksa dan atur langkah dalam setiap kegiatan ngeblog yang kamu jalani, hal ini akan membuka jalan untuk kamu menjadi blogger produktif dan sukses di masa yang akan datang.

Demikianlah artikel menjadi blogger produktif ini saya sampaikan, jika dirasa masih ada yang kurang, silahkan berikan saran dan komentar kamu di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

12 comments:

  1. Jadwal dan kemampuan harus disesuaikan yah gan..

    Tx infonya

    ReplyDelete
  2. Iya gan, pelan tapi jelas langkahnya.

    ReplyDelete
  3. Engga gampang memang konsisten untuk ngeblog, semoga bisa jadi lebih produktif sekarang. Thanks Infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar gan, untuk konsisten bener-bener berat n ngga semudah saat baru buat blog, tapi jika sudah jadi kebiasaan bisa menjadi lebih mudah kok , terima kasih kunjunganya :)

      Delete
  4. dulu saya pas awal-awal daftar adsensd ..posting artikelnya 1 hari bisa 5 , ini dengan harapan biar di cap blogger semangat..hahha ternyata tindakan ini salah...Mas teguh posting artikel yang paling baik jam berapa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja mas, saya waktu awal-awal juga sempet seperti itu, tapi cuma tahan 3-4 bulan aja. Kalau blog ini saya posting setiap senin jam 7.30 malam aja gan, pernah trial beberapa kali di hari dan jam yang beda ternyata kurang bagus hasilnya.

      Tentu lain blog lain hasilnya buat blog ini bagus hari senin belum tentu buat blog mas Mursyid cocok.

      Bagusnya sih di coba-coba dulu mas sambil diperhatikan 1-2 jam pertama setelah terbit, hari apa yang paling banyak viewnya nah pilih aja hari tersebut buat sample .

      Delete
  5. Wah ini bermanfaat bagi saya mas, yang masih pemula di dunia blog.

    Yang terpenting konsisten iya mas, kalau kita berhenti, rasa malas pun timbul, alasan lain tidak lagi nulis. Dan akhirnya mereka gagal jadi blogger produktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya seperti itu memang mas gambarannya, maka dari itu berusaha untuk bisa konsisten dengan mengatur waktu dan kemampuan kita sendiri tentunya akan lebih baik buat kelangsungan blig itu sendiri.

      Terima kasih kunjungannya mas 😁

      Delete
  6. Pas nemu ide mau nulis tapi lagi banyak temen yg dateng,atau si doi ngehubungi baen. alhasil ke pending trus lupa.
    Itu yg sering terjadi sama saya om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak aplikasi perekam suara yg bisa mempercepat pencatatan ide dariapada di ketik . Macam google keep . .manfaatkan aja yg mudah mas

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.