Membuat Dashboard Google Analytics - Mengelola Blog

Membuat Dashboard Google Analytics

Apa yang dapat kamu bayangkan jika suatu waktu kamu harus mengendarai sebuah mobil tanpa menggunakan dashboard ? Tanpa mengetahui berapa kecepatan mobil, berapa putaran mesin, berapa suhu ideal panas mesin, saya rasa hal itu akan sangat menyulitkan.

Dashboard pada sebuah mobil dapat menunjukan hal-hal tersebut diatas, dapat membantu kita berapa kecepatan yang sedang kita pacu, berapa putaran mesin yang sedang terjadi dan hal-hal lain yang sudah pasti akan membuat kita mudah dalam memonitoring keadaan kendaraan yang sedang kita pakai.

Dengan mengetahui kondisi yang terjadi pada kendaraan melalui dashboard, dapat membantu kita untuk memprediksi  kapan kita harus mengisi bahan bakar, kapan kita akan sampai ke tujuan , berapa kilometer jarak yang sudah kita tempuh dan hal-hal lain yang tidak pernah kita sadari.

Dashboard biasanya berisi indikator-indikator berupa angka, persentase atau nyala lampu yang di butuhkan oleh setiap pengendara ketika mengendarai sebuah kendaraan. Begitu pula dengan dashboard pada sebuah Web tool seperti Google Analytics, namun dashboard didalam sistem analisis web tentu akan berbeda dengan dashboard sebuah kendaraan.

membuat-dashboard-google-analytics
Membuat dashboard Google Analytics - mengelolablogku.blogspot.com

Akan tetapi fungsi dasar dari keduanya tetaplah sama, kalau dashboard di kendaraan berfungsi untuk membantu dalam mengendarai kendaraan, sedangkan dashboard dalam web analisis tool berfungsi untuk membantu kamu dalam mengarahkan dan mengelola sebuah web/blog untuk mencapai tujuan dan sasaran yang kita inginkan berdasarkan data yang ada.

Pada artikel kali ini, saya akan memberikan informasi mengenai Dashboard yang terdapat didalam web tool Google Analytics. Santai dulu dan silahkan diminum dulu kopi manis atau teh hangatnya. Baiklah, menurut kamu, apa saja yang akan kamu temukan dan dapat kamu lakukan didalam dashboard Google Analytics ?

#1. Menemukan dan membuat personal dashboards 


Ketika kamu masuk kedalam Google Analytics Reporting, secara otomatis kamu akan dibawa ke menu Audience report. Coba kamu perhatikan dibawah kotak pencarian Google Analytics, kamu akan menemukan menu Dashboards yang dapat kamu gunakan sebagai tempat mengumpulkan data-data favorit yang sering kamu gunakan untuk melihat perkembangan aktivitas ngeblog.

Ketika kamu memutuskan untuk membuat sebuah dashboard baru, maka akan muncul pop up Create Dashboards. Disitu kamu akan menemukan 2 pilihan, yang pertama adalah Blank Canvas dan yang kedua adalah Starter Dashboard. Mari kita pahami satu -persatu.

Membuat-dashboard-baru-di-google-analytics
Membuat dashboard baru di google analytics

1.1. Starter Dashboard 

Starter Dashboard, merupakan Dashboard default yang disediakan oleh Google Analytics, jika kamu tidak mau pusing, kamu dapat memilih Dashboard ini sebagai langkah awal untuk mengetahui seperti apa fungsi yang bisa dilakukan dalam Dashboard.

1.2. Blank Canvas 

Blank Canvas merupakan Dashborad yang bisa kamu modifikasi sesuai dengan keinginan kamu. Kamu dapat memasukkan data apa saja yang kamu inginkan saat kamu memeriksa data aktivitas di blog kamu dengan satu klik. Seperti misalnya kamu ingin menambahkan laporan halaman yang banyak dilihat, atau laporan negara yang banyak mengunjungi blog kamu, atau menggabungkan beberapa laporan data sesuai dengan data yang ingin kamu lihat.

Masih didalam Create new Dashboard, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas Import from Gallery. Dengan munggunakan Import from Gallery, kamu akan menemukan banyak contoh plug in dashboard yang bisa langsung kamu gunakan dengan mengklik tombol import.

Import-dari-galery-dashboard-google-analytics
Modifikasi Dashboard - import from gallery

Google Anaytics menyediakan kemudahan-kemudahan untuk mengelompokkan data pada dashboard, namun hal tersebut belum tentu sesuai dengan keinginan dan harapan kamu untuk melihat laporan data penting apa saja yang ingin kamu pergunakan . Pada saat ini saya berasumsi bahwa kamu akan menggunakan Blank Canvas, jadi mari kita mulai dengan Blank Canvas.

#2. Mengenal Tipe widget dalam Dashboard 


Perlu kamu ketahui, Dashboards pada Google Analytics terdiri dari banyak kumpulan widget dan komponen yang bisa kamu susun tampilannya sesuai dengan spesifikasi data yang ingin kamu lihat. Didalam Create Dashboard, kamu akan menemukan sekitar 6 tipe widget yang tersedia, dan 4 diantaranya dapat kamu gunakan sebagai widget yang menunjukan data reguler (standard) dan data real time (waktu nyata). Berikut akan saya jelaskan deskripsi masing-masing widget.

Google-analytics-add-widget-dashboard-baru
Pop-up menu add widget 

2.1. Metric Widget 


Google-analytics-metric-widget
Metric Widget
Pada bagian Standard terdapat 6 widget yang bisa ditampilkan dalam beberapa mode, untuk pilihan mode pertama berisi Metric widget. Widget metric ini akan menampilkan data dalam bentuk angka saja, tidak dalam bentuk chart / grafik. Widget ini sangat ideal untuk melihat kecepatan dalam menilai data. Sebagai contoh, ketika kamu memiliki toko online, tentu kamu ingin dengan segera melihat berapa nilai transaksi yang terjadi saat ini, jam ini , hari ini. Dengan memanfaatkan widget dalam bentuk metric, kamu akan lebih cepat mengetahui berapa nilai transaksi yang dihasilkan pada saat itu.

2.2. Time Line Widget 


Google-Analytics-timeline-widget
Time Line Widget
Tipe widget yang kedua adalah widget dengan bentuk garis waktu ( dikenal dengan sebutan Time Line Widget. Time Line Widget ini berisikan perubahan data pada rentang waktu tertentu ( waktu dapat kamu set sendiri disamping judul dashboard). Keunggulan Time Line Widget ini adalah kamu dapat melihat perubahan dari waktu ke waktu terhadap data yang kamu periksa. Sebagai contoh widget diatas berjudul grafik pengunjung, metric nilai yang dipilih adalah Users (pengguna/pengunjung). Di time line ini kamu dapat melihat perubahan jumlah pengunjung dari waktu ke waktu ( contoh diatas setelah tanggal 29 maret sampai melewati 5 april, terlihat bahwa data pengunjung mulai meningkat ).

2.3. GEO Map Widget 


Google-Analytics-geo-map-widget
GEO Map Widget
Berikutnya adalah GEO Map widget. Widget ini berfungsi untuk melihat data berdasarkan lokasi pengguna, bisa menggunakan tipe standard ataupun real time. Contoh diatas dapat kamu lihat data pengunjung (users) terbanyak berasal dari negara Amerika ( warna berwarna gelap mengartikan nilai terbanyak, semakin gelap warnanya semakin banyak penggunanya ). Namun widget ini bukan hanya bisa kamu gunakan untuk melihat data pengguna saja, tapi kamu bisa memodifikasinya untuk melihat data seperti jumlah klik iklan, halaman yang dilihat, berapa session yang terjadi berdasarkan negara atau bahkan kota.

2.4. Table Widget 



Google-Analytics-table-widget
Table Widget
Widget table ini sangat baik untuk memonitoring informasi data terbaik seperti contohnya performance sumber kunjungan terbaik , landing page terbaik , ataupun campaign produk terbaik, dll. Setelah memilih widget tipe table, kamu akan diberikan pilihan data apa yang akan diseleksi berupa dimensi data dan metric data, pada contoh diatas, saya menggunakan dimensi data source, dengan metric data pageviews dan bounce rate.

Dimensi-dan-metric-pada-table-widget
Dimensi dan metric data

Dengan menggunakan tipe table ini, kamu dapat dengan mudah mengetahui performance terbaik dari data yang tampil, seperti yang dapat kamu lihat pada contoh diatas adalah halaman terbanyak berasal dari social-button.com dengan jumlah halaman 393 pageviews, namun bounce rate paling tinggi. ( cobalah tipe ini dan berilah tanggapanmu di kolom komentar ).

2.5. Pie Widget 


Google-analytics-pie-widget
Pie Widget
Grafik pie/ pie chart bisa kamu gunakan untuk memvisualisasikan serta melihat data aktivitas blog kamu secara garis besar, saya sendiri tidak terlalu memfavoritkan grafik tipe seperti ini, karena dengan grafik pie, saya merasa tidak cukup akurat untuk bisa mendapatkan detil sebenarnya dari perubahan sebuah data ( hal tersebut merupakan pendapat pribadi saya saja lho , pendapat ini bisa berbeda bagi kalangan profesional yang memang lebih nyaman menggunakan grafik tipe ini).

2.6. Bar Widget 


Google-analytics-bar-widget
Bar Widget
Bar widget adalah salah satu yang sering digunakan untuk membandingkan data dan cukup ampuh untuk membantu kamu dalam menafsirkan sebuah data. Seperti contoh diatas kita dapat melihat United states menjadi pengunjung terbanyak berdasarkan halaman yang dilihat dari setiap negara. Bar widget ini menawarkan modifikasi tampilan data, adapun tampilan data yang bisa dimodifikasi antara lain :

  • Penggunaan grafik tampilan horisontal 
  • Menunjukan nilai vertikal axis 
  • Menunjukan nilai horizontal axis 
  • Menunjukkan judul vertikal axis dan masih ada beberapa lagi yang bisa kamu coba satu persatu.


#3. Fungsi-fungsi didalam Dashboards 


3.1. Advanced Segmen / Unified segment 


Google-analytics-add-segment
Menambah segment
Kamu tentu akan sangat sering membuat dashboard untuk memantau aktivitas blog, tetapi tak satu pun yang dapat digunakan untuk memantau setiap segmen pengunjung blog kamu. Misalnya, jika kamu melihat bahwa ada penurunan yang aneh dalam tingkat konversi pada hari tertentu , kamu mungkin dengan cepat akan menerapkan segment yang telah kamu buat untuk melihat di mana penurunan ini berasal, dari sini kamu akan bisa langsung menuju ke halaman yang lebih detail lagi untuk melihat hal tersebut.

Untuk tujuan ini, kamu dapat menggunakan Segmen untuk mengisolasi dan menganalisis bagian-bagian tertentu dari lalu lintas blog kamu . kamu bisa mengklik " + Add Segment " untuk membuat baru atau klik nama dari segmen yang ada untuk menerapkannya ke dashboard .

3.2. Share 


Google-analytics-share
Share Dashboard
Fasilitas share ini merupakan fasilitas yang cukup menarik. Jika kamu sudah mampu memilah data sesuai dengan tujuan yang kamu inginkan dan kamu masukkan dalam dashboard, kamu dapat membagikan pola dashboard kamu kepada teman kamu atau di bagikan ke form gallery seperti yang sudah saya bahas di paragraf sebelumnya.

3.3. Email 


Terkadang kamu ingin mengirimkan data-data tersebut kepada teman ataupun rekan bisnis kamu, maka fasilitas email ini akan sangat membantu sehingga kamu tidak perlu repot untuk menyusun satu persatu kemudian memprint data-data tersebut kemudian kamu baru mengirimkan email tersebut. Repot sekali rasanya jika harus seperti itu. Dengan bantuan fasilitas email ini maka pekerjaan kamu akan jadi semakin lebih mudah. Beberapa konfigurasi yang bisa kamu lakukan untuk fasilitas email ini adalah :
  • Destination: alamat email tujuan yang akan kamu kirimkan. 
  • Subject: subyek dari isi email kamu. 
  • Frequency: bisa dikirimkan sekali, seminggu,sebulan atau setiap kuartal . 
  • Day of the week/month: untuk email mingguan dan bulanan, kamu bisa menentukan hari apa pada minggu atau bulan tersebut saat email dikirimkan. 
  • Advanced Options - Active: memberikan kemudahan untuk membuat tanggal kadaluarsa dari email, kau dapat menset-up hanya untuk periode beberapa bulan dan kemudian akan berhenti dengan sendirinya. 
  • Content: kamu dapat memberikan informasi yang berkaitan dengan isi file yang kamu kirim. 

3.4. Export 


Pilihan export ini dapat mambantu kamu untuk mendownload data-data kedalam bentuk file PDF.

3.5. Customize Dashboard 


Google-analytics-customize-dashboard
Modufikasi layout Dashboard
Menu ini akan memberikan kamu keleluasaan untuk mengatur letak layout dari data yang ingin kamu tampilkan , ada beberapa pilihan yang bisa kamu coba untuk disesuaikan dengan selera yang kamu inginkan. Setelah menentukan apa layout yang kamu inginkan, silahkan untuk menekan tombol save.

Kesimpulan 


Penggunaan dashboards adalah cara pintar untuk memudahkan kamu menelusuri secara cepat data-data aktivitas pengunjung blog kamu. Namun hal ini akan menyita lebih banyak waktu kamu untuk sementara, tetapi akan lebih banyak lagi menghemat waktu kamu disaat yang akan datang untuk mendapatkan data-data yang tepat didalam Google Analytics.
Demikianlah informasi tentang Dashboard didalam Google Analytics, semoga Artikel ini bisa bermanfaat buat kamu, Selamat mencoba !

1 comment:

  1. [img]https://2.bp.blogspot.com/-Ixdi8ouV0rk/W-UjI56hCoI/AAAAAAAAMm8/G_G-5uoekfQbxJDnXkfc3eUdDsiWmAX0gCLcBGAs/s1600/Screenshot_2018-11-09-12-40-09.png[/img]

    ReplyDelete