10 Manfaat ngeblog yang perlu kamu ketahui - Mengelola Blog

10 Manfaat ngeblog yang perlu kamu ketahui

Sebagian besar orang memulai ngeblog karena hobi, namun sebagian lain memulai ngeblog karena mereka mengejar sebuah tujuan, baik itu menghasilkan uang, meningkatkan penjualan toko online, mencari relasi, dan lain sebagainya.

Mungkin kamu sudah pernah mendengar  tentang Raditya Dika yang dikenal melalui buku-buku kocaknya. Ia merupakan salah satu orang yang berhasil meningkatkan karir melalui ngeblog.

Keberhasilan yang dia dapatkan dimulai dari kegiatan ngeblognya yang bisa menarik perhatian pembaca dan penerbit buku.

Ngeblog sendiri menurut saya merupakan suatu kegiatan yang cukup menyenangkan. Melalui blog, saya dapat mengasah pola pikir, mengembangkan hobi menulis, mengatur jadwal, menambah wawasan dan lain sebagainya.

Manfaat ngeblog sendiri tentunya sangat berbeda bagi setiap blogger yang menjalaninya. Namun dari segudang manfaat yang bisa dirasakan oleh setiap blogger , saya akan merangkum 10 manfaat ngeblog yang bisa kamu dapatkan menurut versi saya dalam artikel berikut ini.

10-Manfaat-ngeblog-yang-perlu-diketahui
10 Manfaat Ngeblog

Manfaat ngeblog #1. Menjadi penulis yang lebih baik dari sebelumnya


Memiliki dan mengelola blog tentu akan mengasah keterampilan kamu untuk menulis.  Satu-satunya jalan untuk menjadi penulis yang lebih baik adalah dengan rajin menulis secara konsisten dari waktu ke waktu.

Ngeblog memberikan jalan untuk hal itu, dan jika kamu ingin menjadi seorang penulis maka buatlah blog. Semakin sering kamu ngeblog, semakin sering kamu menulis, maka semakin cepat kamu menjadi penulis yang lebih baik dari sebelumnya.

Manfaat ngeblog #2. Menjadi penulis dimedia massa


Saat keterampilan menulis kamu melalui blog semakin meningkat dari waktu ke waktu dengan tingkat artikel yang semakin berkualitas. Tak jarang artikel tersebut dapat dengan mudah tersebar di jagad maya, bahkan bukan tidak mungkin tulisan kamu bisa menarik media massa untuk menggunakan tulisan kamu.  Jika sudah seperti ini bersiap-siaplah menerima honor tulisan kamu dengan senyum cemerlang.

Baca juga :
    a. Cara membuat artikel yang berkualitas
    b. Cara membuat artikel yang disukai pembaca. 

Manfaat ngeblog #3. Tempat mengekspresikan diri


Ngeblog  adalah sarana yang sangat powerfull untuk mengekspresikan diri kamu. Melalui blog, kamu dapat memamerkan hasil karya fotografi kamu, atau memberikan resep-resep  masakan yang kamu olah serta hal-hal lain yang memang hal tersebut adalah diri kamu banget, bahkan dengan hanya sekedar mengunggah video liburan kamu.

Manfaat ngeblog #4. Meningkatkan dan menambah keahlian yang kamu miliki


Selain untuk mengekspresikan diri, blog juga dapat membantu kamu untuk meningkatkan dan mencatat perkembangan keahlian yang sudah kamu miliki. Tiap orang bisa mulai ngeblog tentang apa saja yang mereka sukai atau kuasai. Ngeblog soal fotografi, akan menunjukkan keahlian fotografi, demikian pula ngeblog soal otomotif, akan menunjukkan kemahiran kamu di bidang tersebut.

Selain itu,  ngeblog akan menambah kemampuan kamu dalam pengolahan desain web, HTML, CSS yang juga merupakan keterampilan bernilai  tinggi dimasa kini dan masa mendatang ditambah lagi cara melakukan pemasaran di dunia internet.  Dengan menjadi ahli dalam suatu bidang, kamu akan mendapatkan karier yang lebih baik, penghargaan, dan kesempatan menjadi konsultan.

Manfaat ngeblog #5. Mempelajari karakter dan minat  orang melalui tulisan


Dengan ngeblog kamu dapat belajar lebih banyak tentang karakter dan minat seseorang  melalui tulisan. Minat dan keinginan yang tersirat dalam tulisan komentar serta pandangan orang lain selama berinteraksi di blog.

Kamu dapat mengetahui tema atau tulisan apa yang disukai pembaca dari  share, jumlah like, komentar,  dan juga dari artikel terpopuler yang bisa kamu pelajari dari statistik blog melalui analitik web tool seperti Google Analytics.

Baca juga :
    a. Memasang kode Google Analytics di blog
    b. 5 Fase analisa blog yang perlu kamu ketahui

Manfaat ngeblog #6. Membantu orang lain melalui tulisan


Jaman sekarang, pengetahuan dan informasi sangat mudah di dapat utamanya melalui media internet. Setiap orang sering menggunakan internet untuk membantu memenuhi kebutuhan informasi akan dirinya.  Dengan kamu ngeblog, kamu dapat memberikan informasi dan pengetahuan yang kamu miliki.

Pengetahuan dan informasi yang kamu punya dalam blog, dapat digunakan oleh orang yang membutuhkan informasi tersebut. Sehingga secara langsung atau tidak, artikel kamu bisa membantu orang lain untuk meningkatkan keahlian mereka atau menambah pengetahuan berdasarkan manfaat dari artikel blog yang sudah kamu terbitkan.

Blog yang baik  adalah blog dengan isi artikel yang informatif dan bermanfaat bagi pembaca. Seperti contohnya memberikan tips dan tutorial membuat makanan olahan rumah yang enak dan bergizi atau hal-hal lainnya.

Manfaat ngeblog#7. Membangun kepercayaan online


Blog dapat membangun kepercayaan dari orang lain secara online.  Kamu tidak bisa membeli kepercayaan. Ia bisa diraih dengan menunjukkan komitmen kepada pembaca. Salah satu cara untuk membangun kepercayaan dari orang lain saat online adalah dengan ngeblog.

Kamu bisa membuat profil sekaligus minat, hobi, keahlian, bahkan karakter yang tercermin dalam artikel atau konten dalam blog kamu. Singkatnya, blog itu bisa membangun "personal branding"  kita, yang artinya secara tidak langsung,  kamu melakukan promosi online tentang keahlian dan identitas diri kamu.

Seorang  IT Developer, Desainer, Fotografer, dan sejenisnya, bisa memposting karya-karyanya di blog, dan juga berbagi tips yang menunjukkan keahliannya dalam bidang  tersebut.  Semakin akurat dan bermanfaat artikel yang dibuat, kepercayaan orang lain terhadap blog tersebut akan meningkat.

Dengan kepercayaan yang kuat dari orang lain terhadap branding produk maupun diri kamu sendiri,  maka ia tak akan segan untuk berbisnis dengan kamu. Hal ini lah yang menyebabkan  penyedia jasa online ataupun toko online yang benar-benar terpercaya bisa memiliki keuntungan berlipat.

Manfaat ngeblog #8. Membangun pertemanan dan jaringan


Bukankah menyenangkan mempunyai banyak teman dengan ide dan kesukaan yang sama ?

Seperti apa yang dikatakan oleh Robert T Kiyosaki dalam kutipannya berikut “The richest people in the world build networks. Everyone else looks for work”,    Orang-orang yang kaya di dunia  membangun jaringan kerja, sedangkan yang lainnya mencari-cari pekerjaan.

Artinya, dengan memiliki banyak teman dan relasi, akan membuka sebuah peluang baru bagi kamu untuk melakukan sebuah bisnis yang menguntungkan, baik itu dimulai dari jasa penulisan,  jasa desain blog, penjualan produk dan lain-lain.

Manfaat ngeblog #9. Membentuk opini dan meraih pengaruh.


Keberhasilan seorang blogger dalam membuat tulisan yang menarik dapat dilihat dari jumlah share dan komentar yang ada di blognya. Ia berhasil membentuk opini dan berhasil mempengaruhi pembacanya untuk terlibat secara emosional saat membaca, sehingga  akhirnya si pembaca tersebut memutuskan untuk melakukan suatu tindakan.

Hal ini lah yang dimanfaatkan oleh sebagian besar industri penjualan untuk meraih keuntungan lebih melalui media blog dari orang-orang yang berpengaruh di dunia online.

Menurut MediaBistro, 9 dari 10 perusahaan memeriksa profile online sebelum melakukan perekrutan. Para direktur dan manajer perusahaan ingin mempekerjakan orang-orang yang memiliki pengaruh kuat di dunia online.

Manfaat ngeblog #10. Memulai bisnis baru


Blog sangat dan bisa menjadi ajang bisnis. Terkadang kegiatan ngeblog yang semula hanya menjadi hobi bisa  berkembang menjadi bisnis yang menguntungkan.

Hal inilah  yang dialami Pat Flynn dari California Selatan, Amerika Serikat. Awalnya ia ngeblog di Green Exam Academy hanya untuk sharing pemikiran dan ulasan tentang arsitektur. Ketika ia keluar dari pekerjaannya di tahun 2008, ia memutuskan mengurus blognya lebih serius dan dengan kerja keras,  setahun kemudian blognya itu bisa mendapatkan 100.000 dolar per tahun! ( kamu dapat mengunjungi blognya di http://www.smartpassiveincome.com/about/ ).

Kesimpulan

Cukup banyak blogger yang sudah merasakan manisnya mengembangkan dan mengelola blog. Bahkan, beberapa diantaranya sudah menjadi blogger sukses dan profesional sehingga mereka mampu menjalani kehidupan yang menyenangkan.

Salah satu yang menjadi inspirator saya untuk ngeblog adalah Darren Rowse dengan Probloggernya yang sangat terkenal dan  menjadi salah satu rujukan setiap blogger untuk meningkatkan kemampuan blogging mereka.

Demikianlah sebagian manfaat ngeblog yang bisa saya uraikan dalam artikel kali ini. Bagi kamu yang ingin belajar membuat blog, kamu bisa mendapatkan ebook gratis panduan lengkap membuat blog gratis di link ini ( http://www.mengelolablog.com/2015/06/ebook-gratis-panduan-membuat-blog.html ) . Semoga bermanfaat.

8 comments:

  1. Setelah membaca 10 manfaat blogging diatas, semangat menulis saya kian membara mas. Sepakat bahwa aktivitas ngeblog memang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan ketika dilakukan dengan serius. Terimakasih banyak atas sharingnya, salam hangat by Anwarizcom

    ReplyDelete
  2. Siiiip sama sama bang Ali, sukses selalu ya.

    ReplyDelete