8 Langkah penting sebelum publish artikel di blog

Hampir sepertiga waktu ngeblog (berdasarkan pengalaman pribadi saya)  di dominasi oleh pembuatan artikel selain modifikasi template, blog walking dan lain-lain.

Namun Sepertiga waktu itulah yang akan menentukan jumlah kunjungan, like dari pembaca, serta berkualitasnya artikel yang kamu persembahkan untuk pembaca.

Banyak Blogger pemula yang terjebak dalam proses desain dan optimalisasi template blog supaya ramah terhadap SEO sehingga sebagian dari Blogger tersebut ada yang memilih jalan pintas untuk meminimalkan dan mempersingkat waktu dalam membuat artikel, yaitu dengan melakukan copy paste artikel orang lain.

Tentu hal ini sangat merugikan, bagi si pembuat artikel itu sendiri maupun blogger yang melakukan copy paste artikel tersebut.

Hal ini jugalah yang akhirnya menghilangkan manfaat dari aktifitas ngeblog itu sendiri. Lantas apakah itu tujuan ngeblog yang kamu inginkan , copy paste artikel orang lain ? Tentu tidak kan.

Baca juga : 10 Manfaat ngeblog yang perlu kamu ketahui

8-langkah-sebelum-publish-artikel-diblog
8 langkah sebelum publish artikel diblog

Pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi langkah yang diperlukan sebelum kamu mempublish artikel guna memaksimalkan kualitas maupun daya saing artikel kamu di mata mesin pencari. Berikut 8 langkah penting sebelum publish artikel diblog.



Langkah #1. Buat judul artikel yang menarik untuk diklik 


Membuat judul artikel yang menarik, akan meningkatkan daya tarik pengunjung untuk membaca artikel kamu. Optimalkan penggunaan bahasa yang bisa membuat pembaca penasaran dan ingin membaca artikel tersebut.

Membuat judul yang biasa-biasa saja tentu pengunjung malas dan kurang tertarik untuk mengklik artikel kamu, ditambah lagi pengunjung yang mulai merasa enggan untuk melanjutkan membaca diblog kamu.

Namun jika kamu bisa memberikan kata-kata yang menarik dalam judul, dan bisa meningkatkan rasa penasaran serta keingintahuan dari pengunjung, maka peluang kamu untuk meningkatkan trafik blog semakin terbuka lebar.

Perlu diingat, penggunaan judul yang menarik tanpa isi artikel yang berkualitas dan bermanfaat, akan membuat pengunjung kecewa dan akhirnya usaha kamu membuat judul yang menarikpun akan sia-sia.

Tentu diperlukan juga kualitas isi dari konten yang kamu sajikan, harus seimbang dan saling melengkapi antara judul dengan isi artikel, sehingga pembuatan judul artikel yang menarik ditambah isi konten artikel yang berkualitas akan menjadi nilai tambah bagi kemajuan blog kamu. 

Baca juga :
a. Cara membuat judul postingan yang menarik
b. Cara membuat artikel yang berkualitas



Langkah #2. Perhatikan  kata kunci pencarian dalam artikel


Kata kunci pencarian menurut yang saya ketahui adalah kata-kata yang digunakan oleh pengguna internet dalam mencari informasi yang mereka butuhkan. Ketika mereka membutuhkan informasi baik itu mengenai produk maupun pengetahuan, mereka akan mengetikan kata-kata sesuai dengan apa yang mereka ingin cari kedalam kotak pencarian.

Misalnya mereka membutuhkan informasi tentang "Mengelola Blog", maka mereka akan mengetikkan kata/frasa kalimat kira-kira seperti ini :

  • Cara mengelola blog yang baik
  • Bagaimana mengelola blog yang baik dan benar ?
  • Mengelola blog
  • Kiat mengelola blog
  • dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak kata-kata yang digunakan, kata kunci utamanya adalah "mengelola blog". Kata kunci ini berperan untuk mengidentifikasi kebutuhan pembaca juga sebagai penanda topik dalam sebuah artikel bagi mesin pencari saat melakukan perayapan didalam artikel tersebut.

Jumlah kata kunci ideal dalam sebuah artikel secara pasti saya tidak terlalu mengetahui, tapi menurut beberapa informasi yang saya dapatkan, biasanya jumlah kata kunci ideal berkisar 4-5 persen dari jumlah kata dalam artikel tersebut.  Pastikan jumlah kata kunci yang sesuai dengan topik artikel kamu cukup dan memadai.

Sebagai catatan, penggunaan kata kunci yang berlebihan juga tidak baik dan bisa menyebabkan artikel kamu tersebut malah dianggap "spamming" oleh mesin pencari karena penggunaannya yang terlalu banyak bahkan berlebih. Hal ini dapat menyebabkan artikel kamu tidak akan di indeks dan dimasukkan dalam indeks list mesin pencari.



Langkah #3. Optimalkan SEO pada gambar dalam artikel 


Berdasarkan beberapa informasi yang saya pernah baca, 90% informasi yang masuk kedalam otak manusia berupa gambar visual. Artinya orang-orang lebih menyukai informasi yang bersifat gambar visual karena lebih cepat di terima dan menarik bagi pembaca.

Jika konten artikel blog kamu banyak menggunakan gambar seperti misalnya artikel tentang tutorial, maka pengoptimalan gambar untuk SEO sangat diperlukan. Bagaimana caranya untuk mengoptimalkan SEO pada gambar dalam artikel (bagi pengguna blogspot) ? Ikuti langkah seperti dibawah ini :

  1. Ketika kamu sudah memasukkan gambar kedalam artikel, klik gambar tersebut sehingga akan muncul pilihan menu berwarna biru ( menu berisi perintah dalam menyusun gambar ).
    Menu mengatur gambar di Blogspot
    Menu mengatur gambar di Blogspot
  2. Pilih tulisan Properties, kemudian akan muncul pop up bertuliskan Images Properties yang berisi dua kolom yaitu Title text dan Alt text.
    Menu properties gambar
    Menu properties gambar
  3. Isikan kedua kolom tersebut keterangan yang sesuai dengan makna gambar, sebisa mungkin yang mengandung kata kunci dalam artikel blog kamu.
  4. Jangan lupa untuk menambahkan keterangan gambar melalui menu Add caption (poin no 1 sebelah kiri tulisan Properties).
  5. Simpan perubahan yang sudah dilakukan.
Mengoptimalkan SEO pada gambar yang kamu gunakan dalam artikel akan sangat membantu peningkatan jumlah pengunjung baik dari sisi mesin pencari maupun dari segi visual dalam artikel yang kamu terbitkan tersebut.



Langkah #4. Periksa ejaan dan tata bahasa yang digunakan 


Memeriksa ejaan dan tata bahasa yang kamu gunakan dalam artikel sangatlah diperlukan. Ejaan dan tata bahasa yang baik akan menambah nilai plus bagi pembaca, serta mampu membuat mereka betah berlama-lama membaca blog kamu dari satu artikel ke artikel yang lain.

Lain halnya jika dalam artikel kamu banyak terjadi kesalahan ketik maupun tata bahasa yang kurang tepat. Masih bagus jika pembaca mau dan bersedia memberikan komentarnya untuk koreksi kesalahan tersebut, bila langsung keluar ? tentu menjadi sia-sia usaha kamu saat membuat artikel yang berkualitas.

Pertimbangkanlah juga untuk tidak menggunakan ejaan dan tata bahasa yang tidak baku, walau inipun tentu bukanlah sebuah keharusan, namun jika ada pengunjung dari mancanegara yang disengaja atau tidak berkunjung ke blog kamu, tentu penggunaan bahasa yang tidak baku (alay) akan menyulitkan mereka saat mencari informasi di blog kamu (Translator Google belum menyediakan terjemahan pengunaan bahasa alay ). Artinya peluang meningkatkan trafik pengunjung berkurang lagi.



Langkah #5. Berikan kategori (label) artikel yang sesuai 


Penggunaan kategori/label dalam artikel dapat membantu para pembaca untuk menelusuri blog kamu lebih dalam. Kategori/Label dalam posting artikel berarti mengelompokkan artikel sesuai dengan topik yang diusung dalam masing-masing artikel.

Penggunaan kategori/label ini akan menambah kemudahan fungsi navigasi dalam blog kepada pengunjung sesuai dengan kategori artikel yang mereka butuhkan. Selain membantu pembaca, Kategori/Label ini akan memudahkan kamu dalam menyusun keteraturan dan kerapihan artikel dalam blog yang kamu kelola.



Langkah #6. Atur jadwal terbit artikel 


Dengan mengatur jadwal terbit artikel, paling tidak kamu bisa mempersiapkan dan tidak terkesan terburu-buru ketika akan menerbitkan artikel tersebut. Memeriksa ejaan, tata bahasa, atribut gambar dan lain-lainnya bisa kamu lakukan jika kamu memberikan jadwal terbit artikel minimal satu hari kedepan.

Baca juga :  5 langkah mengelola waktu untuk blogger

Memang secara kuantitas, hal seperti ini kesannya memperlambat target untuk mencapai jumlah pengunjung yang banyak. Namun semenjak mobilegeddon besutan Google hadir menemani Panda ,Pinguin dan Hummingbird, Artikel yang memiliki isi dan bobot berkualitas lebih diperhitungkan dibanding artikel yang banyak, namun dibuat secara terburu-buru dan terkesan asal-asalan.



Langkah #7. Optimalkan penggunaan permalink 


Menu permalink (tautan permanen) sangat erat berkaitan dengan SEO. Penggunaan permalink secara manual akan memudahkan kamu untuk mengoptimalkan kata kunci pada poin #2 diatas untuk di sesuaikan dengan isi dan topik artikel yang kamu gunakan.

Secara default blogger, permalink akan terisi secara otomatis dengan 6 kata maksimal dan jika melebihi 6 kata, maka secara otomatis kata-kata yang mungkin menjadi kata kunci untuk artikel kamu menjadi terpotong. Sebagai catatan, permalink ini tidak akan bisa kamu edit kembali jika artikel tersebut sudah di publish ke publik saat itu juga ( jika sudah dijadwalkan terbit di waktu yang akan datang, permalink masih bisa kamu edit ).



Langkah #8. Susun heading tag artikel 


Pengaturan heading tag ini juga diperlukan untuk memaksimalkan SEO dalam artikel yang sedang kamu selesaikan. Namun untuk mengatur heading tag yang benar-benar SEO friendly, diperlukan pengetahuan modifikasi pada struktur kode HTML dalam template blog kamu.

Secara default,  template standard  bawaan Blogger  memiliki susunan heading tag seperti berikut :
h1 digunakan pada judul blog
h2 digunakan pada widget blog
h3 digunakan pada Judul artikel
h4 digunakan pada comment

Dan menurut para pakar SEO, susunan heading tag pada template standard blogger ini tidak terlalu ramah terhadap SEO. Sedangkan heading tag yang ramah dan SEO Friendly adalah seperti berikut :

h1 digunakan pada judul artikel
h2 digunakan pada judul blog dan atau sub judul artikel
h3 digunakan pada sub sub judul artikel
h4, h5,h6  bisa digunakan pada comment, widget blog, dll.

Bagi kamu yang baru memulai ngeblog dan menggunakan template standard bawaan blogger, sebaiknya langkah no #8 ini kamu lewati saja dahulu mengingat rumitnya modifikasi template blog untuk mengatur susunan heading tag ini .

Update 28/9/2017

Atas informasi dari seorang rekan dengan akun bernama Kandra Wilko, selain 8 langkah diatas, ada 1 hal lagi yang perlu dilakukan sebelum kita publish artikel yaitu memberikan ringkasan artikel pada Search Description yang bisa berguna sebagai snippet.

Untuk penjelasannya tentang Search Description ini, silahkan Anda baca pada artikel 5 Tips SEO on page yang bisa dilakukan saat menulis artikel khususnya pada poin no 2.

Untuk Mas Kandra, terima kasih informasinya :)


Kesimpulan 


Untuk memaksimalkan kualitas artikel yang kamu buat, baik itu untuk pembaca blog kamu maupun untuk memudahkan mesin pencari menemukan artikel baru kamu, maka ke delapan langkah ini sangat baik untuk kamu lakukan sebelum kamu memutuskan untuk mempublish artikel tersebut. Demikianlah artikel tentang 8 langkah penting sebelum publish artikel diblog, semoga bisa bermanfaat.

Berlangganan Artikel Via Email :

20 comments:

  1. saya suka... saya suka... jam terbangnya pasti udh bnyk y mas. bagus artikelnya

    ReplyDelete
  2. terima kasih mas Cahyono,laman Tuan membantu saya blogging,bemanfat sekali.

    ReplyDelete
  3. Sama-sama pak nordin semoga sukses dengan blognya ya. :)

    ReplyDelete
  4. makasi gan, artikelnya sangat membantu sekali bagi saya, izin bookmark yak

    ReplyDelete
  5. wah iniiii. Bagus struktur penyampainya, apalagi buat blogger pemula seperti saya. Suwun pengetahuannya mas. salam pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mas. Terima kasih sudah berkunjung. Salam Kembali :)

      Delete
  6. keren mas artikelnya, bagus buat belajar optimasi blog buat pemula

    ReplyDelete
  7. Ini yang namanya master, sampai detailnya dibahas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh mas kojek bisa aja nih, saya mah . . nubie bukan master juga bukan mas, masih perlu banyak belajar. . .

      Delete
  8. ini baru artikel yang perlu di contoh, enak di baca, bikin greget hehe...saya belum begitu paham mas masalh kata kunci, apa setiap kata kunci itu harus di taruh di isi atau hanya di judul saja..mhon pencerahannya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pelan pelan aja mas belajarnya. Aku juga masih perlu banyak belajar lagi.

      Untuk penerapan saya biasanya pasang di banyak tempat mas. Ada di meta deskripsi, di judul, di url, paragraf awal, tengah, akhir.

      Bagusnya sih juga mas oerlu coba biar nanti paham bagaimana baiknya buat blog mas mursyid

      Delete
  9. Mas teguh saya mau menambahkan. Jangan lupa search description. Itu menjadi modal lain yang membuat pengunjung tertarik untuk datang dari mesin pencari (selain judul tentunya). Kalau belum diaktifkan nanti google akan mengambil sembarang snippet untuk ditampilkan sebagai deskripsi dari homepage blog maupun artikel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya mas, nanti saya update. Terima kasih sudah mengingatkan 😊

      Delete
  10. mantap lengkap, padat dan berisi bisa buat belajar nih mas langkah - langkah diatas terima kasih

    ReplyDelete
  11. Semoga bisa menambah pengetahuan saya meskipun saya masih B ingung juga antara kata kunci yang disebar disemua postingan dllnya teeimakasih ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga masih perlu banyak belajar mas ebleh, terima kasih kunjungannya

      Delete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.