3 cara mudah membuat kerangka artikel baru dalam 10 menit. - Mengelola Blog

3 cara mudah membuat kerangka artikel baru dalam 10 menit.

"Dirgahayu Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke 70" Saya ucapkan Selamat hari kemerdekaan untuk Bangsa Indonesia dan khususnya pembaca mengelolablog.com yang berwarga negara Indonesia semoga semakin jaya dan sejahtera.

Pada pagi ini, sebagai konsistensi untuk ngeblog, saya akan menginformasikan artikel  3 cara mudah membuat kerangka artikel baru dalam 10 menit. Selamat membaca !

Apakah proses pembuatan artikel menyebabkan hari-hari ngeblog kamu menjadi penat ? Merasa dikejar deadline dan menghadapi kenyataan bahwa artikel kamu belum selesai padahal hari ini sudah harus update artikel blog ? Mungkin kini saatnya kamu harus merubah pola ngeblog kamu menjadi lebih baik lagi. Rencanakan apa artikel yang harus di buat untuk update berikutnya dan berikutnya dan berikutnya lagi.

Coba kamu bayangkan kalau kamu sudah memiliki segudang stok artikel yang sedikit lagi  siap untuk terbit, menyelesaikan pembuatan artikel berkualitas  sambil menikmati  teh/ kopi panas atau mendengarkan musik kesukaan kamu  hanya dengan melengkapi beberapa kalimat lagi dan artikel tersebut siap untuk kamu terbitkan.
cara membuat kerangka artikel
Mungkin hanya dengan tiga atau empat jam saja, kamu sudah bisa memiliki 5 artikel berkualitas yang  sudah siap terbit. Rasanya aktifitas ngeblog kamu akan semakin cepat, konsisten dan menyenangkan bukan ?  Mimpi ? Tidak juga , hal seperti ini bisa dilakukan asalkan kamu mau melatih cara ngeblog yang efisien dari waktu ke waktu.

Berikan waktu kurang lebih 10 menit setiap hari untuk melakukan perencanaan artikel untuk waktu terbit berikutnya, mengambil poin penting untuk  setiap ide artikel secara garis besar, akan menghemat waktu kamu saat akan menerbitkan artikel tersebut nantinya.

Lantas bagaimana caranya untuk melakukan hal tersebut ? Ikuti beberapa cara latihan dibawah ini untuk membuat kerangka artikel secara lengkap, hanya 10 menit setiap harinya dan temukan kemudahan untuk bisa konsisten serta cepat dalam menerbitkan artikel di blog kamu.

#1. Kumpulkan ide dalam satu buku/ tempat khusus untuk mencatat 


Sebuah ide artikel blog dapat tiba-tiba saja muncul di pikiran kamu. Saat sedang membaca koran, berita, majalah, melihat sebuah gambar dan lukisan, tweet atau update status teman-teman kamu,  sebuah artikel blog yang sedang kamu baca, atau bahkan saat kamu tengah berbicara dengan sahabat kamu.

Buat dan siapkan sebuah buku catatan untuk mencatat ide artikel blog yang muncul tiba-tiba sehingga, jika suatu saat dibutuhkan, ide tersebut dapat di temukan dengan mudah. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara yang mudah saja yaitu cukup dengan mencatat ide kedalam buku catatan kamu , tentu kamu dapat menggunakan cara apa saja yang kamu sukai untuk mencatat ide yang muncul tersebut.  Sebisa mungkin, usahakan catatan-catatan tersebut berada dalam satu tempat.

Melakukan pencatatan seperti ini biasanya tak lebih dari 10 menit, dan tentu saja dengan melakukan hal ini,  dapat mengurangi stress saat kamu akan menulis artikel lengkap nantinya.  Lantas,  apa saja yang perlu diketahui dan dicatat  saat ide  tersebut datang ?
  1. Catatlah Topik atau ide yang muncul
  2. Catat Kemungkinan judul yang bisa dibuat
  3. Catat apa penyebab ide tersebut muncul
  4. Catat  poin dan cerita yang mungkin cocok dengan topik dan ide tersebut
  5. Catat contoh gambar yang bisa mewakili ide tersebut
  6. Jika ada, catat Sumber link  dimana insipirasi itu muncul
Jangan terlalu banyak berfikir  saat mencatat hal-hal tersebut diatas dan tidak perlu langsung mendetail seperti artikel postingan siap publish. Santai saja, kamu juga tidak perlu langsung mengedit saat itu juga. Buatlah catatan ide tersebut secara garis besar seperti halnya kerangka sebuah karangan. Kamu dapat melengkapinya nanti saat menulis artikel tersebut secara lengkap dan  siap untuk dipublish .

Fungsi dari latihan ini adalah untuk menemukan poin-poin penting untuk artikel kamu berdasarkan ide yang muncul saat itu. Jika kamu rutin melakukan latihan seperti ini , artinya kamu sedang membangun sebuah kumpulan  catatan yang sangat berharga dan penuh dengan catatan ide yang sedikit lagi akan menjadi sebuah artikel lengkap.

Jika saatnya catatan tersebut di perlukan , kamu dapat mengambil salah satu catatan ide tersebut, kemudian menyelesaikannya sebentar sebagai artikel lengkap dan tinggal menerbitkannya.

#2. Gunakan Timer untuk melatih kecepatan mencatat 


Cara terbaik untuk mempercepat metode latihan mencatat ide adalah dengan menggunakan timer. Bekerja dibawah sedikit tekanan akan menciptakan fokus dan kreatifitas yang lebih baik. Apakah bisa ? Tentu bisa , ingat,  menjadi bisa karena terbiasa ! Kebiasaan bagus ini akan memudahkan dan mempersingkat waktu kamu dalam menjabarkan sebuah ide artikel yang datang tiba-tiba.

Menggunakan timer untuk menyelesaikan sebuah tulisan akan memaksa kamu untuk meninggalkan hal-hal yang mengganggu dan memaksa pikiran kamu untuk selalu fokus dan kreatif saat membuat catatan tersebut.

Bagaimana cara kerjanya ?

  1. Pilih satu topik yang akan kamu gunakan sebagai artikel, set timer untuk 3 menit pertama, kemudian tuangkan semua ide kamu dan tulis sebanyak-banyaknya untuk beberapa Judul artikel.  Jangan berfikir ulang dan melakukan editing  selama mencatat. Usahakan untuk tidak berhenti atau memperlambat penulisan. Semakin banyak judul semakin bagus, tulis apa saja yang kamu pikirkan saat itu, dan jika timer berbunyi. Stop. 
  2. Set timer untuk 1 menit berikutnya, gunakan 1 menit tersebut untuk melihat ulang setiap judul artikel  tadi,  lalu pilih dua atau tiga yang terbaik yang bisa kamu gunakan. 
  3. Set timer untuk 6 menit terakhir. Gunakan waktu ini untuk membuat kerangka karangan dari masing-masing judul artikel yang sudah kamu pilih di 1 menit sebelumnya. Buat list untuk konten yang ingin kamu masukkan, gambar, ide cerita, pesan yang ingin disampaikan, penyelesaian masalah dan apa yang menjadi perhatian dari artikel tersebut. Jika kamu tidak bisa menuliskannya untuk sebuah judul, lewati saja judul tersebut dan lanjut ke judul berikutnya. 
Pada akhir latihan , kamu akan memiliki setidaknya beberapa artikel bagus yang sesuai dengan ide topik blog kamu. Dan yang paling menguntungkan, artikel-artikel  tersebut sudah separuhnya selesai. Kamu hanya tinggal menyelesaikannya nanti saat artikel tersebut akan di terbitkan.

#3. Malas menulis ? gunakan audio recorder di Handphone kamu


Terkadang ide muncul pada aktifitas yang sedikit menyulitkan kamu untuk mengeluarkan buku dan pensil untuk mencatat. Ga perlu bingung dan memaksakan hal tersebut, cukup gunakan aplikasi audio recorder yang banyak tersedia di handphone masa kini.

Perjelas suara kamu dan rekam apa yang kamu pikirkan tentang ide yang muncul melalui perangkat tersebut, lebih enaknya lagi , kamu ga perlu mengedit , tinggal menyebutkan apa yang ada dipikiran kamu saat itu tentang ide artikel yang muncul, bahkan penjelasan terhadap ide artikel tersebut bisa kamu jabarkan menjadi lebih detail.

Namun, satu kekurangan dari cara ini adalah, kamu harus menyediakan waktu nantinya untuk melakukan pencatatan kembali serta menghindari hilangnya data ide dari handphone kamu secara tidak sengaja.

Kesimpulan


Jika sebelumnya kamu merasa sulit dalam mempersiapkan artikel baru berkualitas untuk diterbitkan, saya anjurkan untuk melakukan tiga cara diatas dalam merencanakan artikel terbaru, kemudian pilih cara yang paling mudah dan kamu sukai.

Menginvestasikan waktu selama kurang dari 10 menit setiap hari untuk mempersiapkan rencana artikel terbaru dengan mengeksplorasi ide secepat mungkin, maka hari-hari ngeblog kamu akan semakin bernilai dan semakin produktif dalam mengelola blog.

Mungkin kamu akan merasa aneh saat mencoba melakukannya pertama kali, dan bahkan kamu hanya mendapatkan satu atau dua ide topik saja dalam sepuluh menit tersebut. Hal itu wajar mengingat kamu baru pertama kali mencoba. Namun jika kamu tetap konsisten dan melakukannya dengan rutin dan teratur, lambat laun artikel yang kamu buat secara garis besar akan semakin lengkap dan berkualitas .

Semakin detail kamu mencatat dan mengembangkan topik saat perencanaan, akan memberikan efek yang cukup besar terhadap kecepatan dan kemudahan kamu dalam melengkapi artikel baru yang akan terbit dikemudian hari.

Ga perlu merasa lagi merasa buntu, ga perlu merasa waktu ga cukup, yang ada hanya akan menimbulkan perasaan  bahwa  aktifitas ngeblog kamu menjadi semakin santai dan menyenangkan.  Demikianlah 3 cara mudah membuat kerangka artikel baru dalam 10 menit. Bagaimana dengan perencanaan artikel blog kamu ?

4 comments:

  1. Apakah dengan meringkas suatu artikel mempengaruhi nilai artikel itu sendiri mas.soalnya blog saya rata2 sedikit jumlah kata nya.masf new bie masih amburadul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minimal pesan yag disampaikan bisa di terima oleh pembaca menurut saya sih cukup cukup aja mas. .

      Delete
  2. Oh gitu ya..makasih infonya mas,moga selalu sukses blognya.amiin😉

    ReplyDelete

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.