Data penting untuk mengelola blog - Mengelola Blog

Data penting untuk mengelola blog

Untuk mengelola blog dan mengembangkannya menjadi blog yang berkualitas dan memiliki sebuah niche khusus yang bisa menguatkan posisi artikel kamu di SERP (Search Engine Result Page ) maka diperlukan analisa  data - data aktifitas yang terjadi di blog kamu dalam kurun waktu tertentu.

Hal inilah yang menyebabkan mengapa penggunaan Google Analytics menjadi begitu penting untuk sebuah blog yang diharapkan dan ingin dikembangkan menjadi blog yang semakin maju dan berkualitas dari waktu ke waktu.

Supaya kamu bisa mendapatkan manfaat lalu lintas data didalam Google Analytics, maka kamu perlu menentukan data-data apa saja yang akan digunakan untuk menganalisa kinerja blog kamu di waktu sebelumnya.

Pada artikel kali ini, saya akan memberikan informasi terhadap data-data penting yang bisa kamu gunakan sebagai bahan analisa untuk mengelola blog dan mengembangkanya sehingga kamu dapat menentukan langkah-langkah yang diperlukan untuk memajukan blog yang sedang kamu kelola. Berikut kelima data utama yang bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu.

Data-penting-mengelola-blog
Data penting untuk mengelola blog


Data #1. Data Artikel Populer


Pernahkah kamu memperhatikan apa artikel yang paling populer dan mendapat kunjungan terbanyak? Untuk mengelola blog menjadi lebih baik, data dari artikel terpopuler menjadi salah satu data terpenting yang wajib kamu ketahui.

Artikel terpopuler secara tidak langsung menunjukan kepada kita apa penyebab artikel populer tersebut bisa menarik pembaca untuk mengunjungi blog  kamu. Ada 3 manfaat menurut versi saya yang bisa ditunjukkan melalui artikel populer.

A. Mengetahui minat pengunjung terhadap jenis artikel yang kita sajikan.

Oleh karena dalam sebuah blog memiliki jenis dan kategori artikel yang berbeda-beda, Artikel populer dapat menunjukkan minat dan perhatian yang besar dari  pengunjung terhadap artikel yang sudah kamu terbitkan. Dengan memanfaatkan artikel populer, kamu dapat menentukan jenis artikel yang memang bisa menarik pengunjung untuk datang kembali ke blog kamu.

B. Petunjuk  untuk menciptakan artikel yang bertopik diseputar artikel populer tersebut.

Selain minat pengunjung, artikel populer juga bisa menjadi petunjuk kamu untuk menciptakan artikel dengan topik yang saling melengkapi terhadap topik artikel populer tersebut.

Sebagai contoh, artikel populer pada blog kamu bertopik mendesain template blog, maka artikel dengan topik yang berkaitan dengan artikel populer tersebut bisa kamu tambah dengan topik baru tentang Pemilihan warna  blog.

Topik yang saling berdekatan dan saling  melengkapi akan membentuk blog kamu memiliki satu Niche khas yang mungkin akan menjadi Niche abadi di blog kamu. Pembahasan topik melalui artikel  yang terfokus bisa menjadikan kamu seseorang yang expert terhadap topik tersebut, apalagi jika artikel seputar  topik tersebut  bisa dijalankan dan diterbitkan secara konsisten dan berkualitas.

Dengan kata lain kamu sudah memulai untuk memberikan apa yang pengunjung mau ketika berkunjung ke blog kamu. Hal ini dapat menciptakan peluang baru untuk memperbesar jumlah kunjungan ke blog kamu dari waktu kewaktu.

C. Petunjuk kita untuk membuat konten dengan bentuk yang sama dengan artikel tersebut.

Artikel Populer juga dapat menunjukkan bentuk artikel yang disukai pengunjung. Kamu dapat mulai menganalisa bentuk  artikel yang menarik minat pengunjung melalui jumlah kata yang digunakan, berapa persentase keyword dalam artikel, bagaimana format judul yang menarik pembaca, serta apa gaya bahasa yang digunakan di artikel populer tersebut.


Data #2. Data Keywords terbanyak


Data penting berikutnya yang perlu kamu ketahui untuk membantu kamu dalam mengelola blog menjadi lebih baik adalah data keyword terbanyak yang ada didalam blog kamu.

Dari data keyword ( kata kunci ), kita bisa mengetahui kata kunci apa yang sering digunakan pengunjung untuk bisa masuk ke blog kamu melalui mesin telusur. Artinya ketika pengunjung menggunakan kata kunci pencarian pada mesin telusur, mereka dapat dengan mudah menemukan artikel-artikel yang terdapat diblog kamu.

Tidak dipungkiri bahwa keyword menjadi elemen penting yang menghubungkan antara kata kunci pencarian yang diketikkan oleh  pengunjung  dengan indeks yang dilakukan mesin pencarian.

Keyword yang dominan dan sesuai kebutuhan SEO bisa membuat blog kamu duduk di halaman pertama indeks  mesin pencari sehingga peluang kunjungan  ke blog  kamu akan semakin besar.

Namun perlu kamu ketahui juga bahwa penggunaan keyword yang berlebihan dapat memperburuk peringkat di indeks mesin telusur karena blog kamu dapat di kategorikan sebagai blog spam, jadi usahakan artikel kamu tetap fokus kepada manfaat untuk pembaca dengan kalimat yang mengalir dan sesuai alur cerita.


Data #3. Data situs referensi


Data situs referensi adalah data situs web yang menjadi rujukan pengunjung untuk masuk ke blog kamu, data tersebut juga menjadi data penting dalam mengelola blog. Semakin banyak situs web yang mereferensikan artikel dalam blog kamu, maka kemungkinan bertambahnya jumlah pengunjung akan semakin besar.

Hal ini juga bisa mengindikasikan bahwa blog kamu memiliki kualitas artikel yang benar-benar yahud dan bermanfaat, sehingga mereka tidak segan-segan untuk menjadikan blog kamu salah satu referensi dan rujukan bagi pengunjung mereka untuk menambah informasi yang relevan dengan artikel di situs tersebut.

Data #4. Data Jumlah Pengunjung.


Kalau data pengunjung saya rasa hampir setiap blogger  familiar dengan data ini setelah page views. Data jumlah pengunjung ini menjelaskan seberapa banyak jumlah pengunjung yang masuk ke blog kamu setiap waktunya.

Data pengunjung ini akan menginformasikan beberapa data penting yang bisa menjelaskan segmen usia , lokasi, jenis kelamin, segmen pasar pengunjung, dan lain-lain. Dengan mengetahui segmen-segmen terbesar dari data dan jumlah pengunjung, maka kamu dapat menentukan Jenis artikel, gaya bahasa dan cara penyampaian pada artikel yang akan kamu buat.

Seperti contohnya, jika pengunjung blog kamu berada disegmen usia antara 30-40 tahun, maka gaya bahasa yang lebih baik untuk digunakan pada artikel berikutnya adalah gaya bahasa yang sedikit formal dan logis dalam penyampaian. Pun sebaliknya, jika pengunjung blog kamu berada di segmen usia 18-30 tahun, maka gaya bahasa yang trendy dan gaul akan lebih tepat untuk artikel berikutnya.


Data #5. Data Waktu kunjungan.


Data terakhir yang cukup penting dalam analisa untuk mengelola blog menjadi lebih baik adalah data waktu kunjungan. Dari data waktu kunjungan, disini kamu dapat menentukan kapan waktu terbaik untuk menerbitkan artikel terbaru setiap waktunya.

Jika dalam data kunjungan selama 3 bulan ke belakang menunjukan bahwa hari selasa blog kamu mendapatkan rata-rata kunjungan terbanyak, maka hari itulah hari yang tepat untuk menerbitkan artikel selanjutnya.


Kesimpulan

Dalam melakukan analisis data blog, Kelima data tersebut diatas, yaitu Data Artikel Populer, Data keywords terbanyak, Data situs referensi, Data pengunjung, dan Data waktu kunjungan, merupakan data-data penting yang bisa kamu gunakan untuk melakukan langkah yang tepat baik itu jadwal publish artikel, jenis artikel, gaya bahasa, dan lain-lain pada artikel yang akan kamu terbitkan berikutnya.

Berikut beberapa manfaat dari analisa data yang bisa kamu dapatkan untuk meningkatkan aktifitas pengunjung diblog kamu :
  • Menentukan jenis artikel, topik artikel, dan bentuk artikel yang akan terbit selanjutnya.
  • Memastikan dan menguatkan Indeks pada SERP melalui keyword yang paling dominan di blog kamu sendiri.
  • Mengetahui jenis dan kategori situs yang terhubung dengan artikel blog kamu.
  • Menentukan format artikel yang akan terbit berdasarkan demografi dan data pengunjung.
  • Menetapkan waktu yang paling tepat untuk publish artikel.

Kelima data tersebut, dapat kamu lihat didalam laporan Google analytics ataupun web analisis data lainya. Demikianlah artikel Data penting untuk mengelola blog ini saya informasikan semoga bisa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar. Memasang link yang sifatnya promosi di dalam komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.