5 Kunci membangun kreatifitas ngeblog - Mengelola Blog

5 Kunci membangun kreatifitas ngeblog

Siapa yang tidak bangga jika kita di sebut sebagai orang-orang yang kreatif, apalagi kreatifitas tersebut bisa memberikan manfaat dan hasil yang mendatangkan kebahagiaan baik untuk kita sendiri ataupun orang lain.  Ada sebuah ungkapan yang pernah saya baca di sebuah media, bahwa kreatif  bukanlah  talenta, tapi ia  merupakan jalan dari sebuah kebiasaan. Ungkapan ini menurut saya mengartikan bahwa kreatif bisa dibentuk oleh siapa saja yang mau membangun kreatifitas melalui kebiasaan-kebiasaan untuk menjadi orang yang kreatif.

Beberapa tahun yang lalu, sebuah video dan infografik didalam web/blog bukanlah sesuatu yang diperhitungkan, namun saat ini, infografik ataupun video memiliki tempat khusus yang terbukti bisa meningkatkan traffik pengunjung yang berlimpah untuk web/blog tersebut.

Seperti kita ketahui bersama bahwa proses untuk membuat sebuah video ( entah tutorial ataupun humor semata ) maupun sebuah infografik tentu tidak akan pernah lepas dari yang namanya kreatifitas.

Sebagai pengelola blog, tentunya kreatifitas tersebut merupakan sebuah kemampuan yang perlu dimiliki, supaya segala hal dalam aktifitas ngeblog , tidak menjadi sesuatu yang membosankan dan menjemukan.  Jika kamu ingin membangun kreatifitas ngeblog ataupun hal lainnya yang membutuhkan kreatifitas, simak  informasi menarik 5 kunci membangun kreatifitas ngeblog kali ini.


5 Kunci membangun kreatifitas ngeblog


1. Lepaskan sejenak semua beban 


Apakah kamu bisa menjadi seorang yang kreatif jika selalu mendapatkan tekanan dan perasaan tidak nyaman ? saya rasa hal tersebut sulit untuk dilakukan. Ibarat sebuah gelas yang sudah penuh terisi air ,  kemudian di tuangkan lagi segelas air kedalam gelas tersebut, apa yang akan terjadi ? Air yang dituangkan tidak akan tertampung sehingga meluap dan terbuang percuma.

Begitu pula dengan kita, jika pikiran sudah penuh oleh segala macam tekanan baik pekerjaan maupun aktifitas lainnya, biasanya kreatifitas ngeblog dan mendapatkan ide menulis akan terasa semakin sulit. Dengan memaksakan kegiatan dalam kondisi dan pikiran yang tidak nyaman, hasil yang  diraih biasanya sering diluar dan jauh dibawah harapan kita.

Memberikan waktu sesaat untuk melepaskan semua beban secara rutin akan membantu kita merefresh diri kita sehingga kita kembali termotivasi untuk menemukan hal-hal luar biasa yang sulit untuk kita temukan dalam kondisi tertekan.

2. Ciptakan waktu luang 


Cukup sulit rasanya untuk menjadi kreatif tanpa pernah mau memberikan waktu luang kepada diri sendiri untuk berfikir terhadap hal-hal kreatif yang ingin kita ciptakan. Aktifitas yang monoton dan terus menerus tanpa memberikan waktu luang yang cukup untuk diri sendiri, bisa menghentikan pola pikir kreatif yang memang ingin kita bangun.

Seorang Isaac Newton contohnya, seorang  ahli fisika, matematika, astronomi, kimia dan ahli filsafat yang lahir di Inggris. Ia menemukan hukum gravitasi ketika ia sedang bersantai menikmati waktu luangnya dibawah pohon apel dan melihat sebuah apel yang jatuh ke tanah.

Kejadian tersebut menjadi sebuah jalan bagi seorang  Isaac Newton untuk menemukan hukum gravitasi dimana hukum tersebut dikenal dan dijadikan rumus dasar untuk menghitung gravitasi oleh seluruh ilmuwan didunia hingga saat ini. Terkadang, hal-hal luar biasa didalam hidup ini bisa tercipta disaat-saat waktu luang yang sedang kita jalani.

3. Bersabar dan tekun dalam menemukan ide kreatif


Proses yang cukup berat dan hampir dirasakan oleh setiap orang untuk terus maju adalah kesabaran dan ketekunan. Banyak blogger-blogger sukses yang memulai aktifitas ngeblog harus jatuh bangun dan mengalami berbagai macam kesulitan. Bertahun-tahun mereka mereka mengalami kesulitan dalam perjalanan ngeblognya, namun mereka tetap konsisten untuk selalu bangkit dari kesalahan yang mereka jalani selama ngeblog.

Sebutlah nama Darren Rowse, Pat Flynn, Yodia Antariksa, Herman Yudiono,dll. Kesuksesan yang mereka raih tidak mereka dapatkan dalam waktu yang singkat. Namun konsistensi dan kesabaran dalam menemukan ide kreatif serta terus memberikan yang terbaik bagi para pembacanya, mengantarkan mereka kesebuah tempat yang bernama sukses ( menurut sudut pandang saya ).

Kesuksesan dan keberhasilan yang mereka rasakan sekarang merupakan buah dari kesabaran dan ketekunan yang mungkin berlipat-lipat ganda kadarnya dari apa yang kita alami sekarang.

4. Percaya diri sebagai kunci sukses dan kreatif


Kenapa percaya diri bisa menjadi kunci sukses dan kreatif ? Orang-orang yang kreatif dan berani dengan kreatifitasnya, biasanya menyimpan pandangan yang selalu positif terhadap keadaan yang sedang dilaluinya.

Bahkan disaat kesulitan datang dan mengujinya, mereka mampu melalui kesulitan tersebut, dan bangkit kembali untuk mencoba lagi. Mereka berani tampil karena mereka percaya pada diri mereka dan yakin bahwa mereka mampu dan sanggup untuk menghadapi kesulitan tersebut.

Kesuksesan sepertinya enggan untuk menghampiri orang-orang yang tidak percaya diri dan selalu memenuhi dirinya sendiri dengan sifat malu serta percaya diri yang rendah. Seperti sebuah ungkapan yang pernah saya baca bahwa
"Tidak ada yang bisa menghentikan kamu secara efektif untuk menjadi kreatif kecuali jika kamu takut untuk membuat kesalahan "
Setiap orang tentu mengalami pasang surut dalam perjalanan hidupnya dan itu sangatlah wajar, tetapi hal tersebut bukan  berarti kamu memiliki percaya diri yang rendah.  Jika kamu  merasa tidak layak, maka kamu tidak akan pernah mampu untuk mencoba hal-hal baru atau berhasil dalam hidup.

5. Humor dapat membantu kamu menjadi kreatif


Terkadang jika hidup selalu dihadapkan pada keseriusan secara terus menerus, dapat menutup celah untuk menjadi kreatif. Bayangkanlah perbuatan lucu, atau sikap lucu dan hal-hal lucu lainnya sehingga bisa mengalihkan perhatian dan keseriusan kamu terhadap sesuatu.

Suatu hal yang menyenangkan dan bisa membuat tertawa, akan banyak memunculkan ide-ide yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Mungkin kamu pernah berdiskusi dan bercanda bersama sahabat kamu. Membicarakan hal-hal bodoh dan membayangkan kelucuan yang terjadi.

Sadar atau tidak, sering kali pemikiran dan pembicaraan yang disampaikan saat bercanda akan semakin mengembang jauh dan melampaui apa yang tidak kita pikirkan sebelumnya. Hal tersebut menandakan bahwa kreatifitas akan lebih mudah ditemukan saat kita dalam kondisi penuh humor dan perasaan senang.

Kesimpulan


Kreatifitas bukanlah sesuatu yang tidak mungkin bisa kita dapatkan, namun dengan rajin melakukan latihan dan memahami bagaimana kreatifitas itu bisa terjadi, akan membantu kita untuk memudahkan langkah dalam menemukan kreatifitas yang memang kita butuhkan disaat kita memang membutuhkanya. Demikianlah artikel 5 kunci membangun kreatifitas ngeblog yang bisa saya sampaikan, semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat buat kamu. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment