Manajemen waktu pada aktifitas ngeblog ? ini tips mudahnya. - Mengelola Blog

Manajemen waktu pada aktifitas ngeblog ? ini tips mudahnya.

Selamat malam pembaca mengelolablog.com , kembali di hari senin yang penuh dengan tantangan ini, saya hadir untuk memberikan informasi menarik seputar manajemen waktu. Berbicara seputar manajemen waktu di era internet dan jaman super canggih ini, rasanya waktu itu seperti sudah tidak berbatas lagi, ga kenal siang, ga kenal malam. Ada saja orang yang aktif bin melek disaat yang lain sudah terlelap dalam mimpi .

Coba saja kamu perhatikan pergerakan update status di media sosial, masih saja ada yang update status pada jam 2 pagi dini hari atau nge-tweet berita-berita "GJL"  alias ga jelas siapa yang mau baca dijam segitu.

Kondisi ini terjadi lantaran smartphone dan gadget yang super canggih membuat kita kecanduan terhadap  media sosial dan internet. Ditambah lagi kesan gapteklah, ga updatelah, manusia purbalah, dll,  dialamatkan untuk kita dari pergaulan dan teman-teman sekitar jika kita kurang memahami hal-hal tersebut.

Mau ga mau yang biasanya sudah pules di jam sebelas malam harus  begadang dan "ngerondain" medsos dilayar smartphonenya sambil menahan mata yang terangnya tinggal 5 watt saja ( gejala dini penyakit smart people "KO" vs  smartphone ). Penggiat blog pun banyak diantaranya yang memiliki kasus serupa tapi tak sama ( paling  sering dialami oleh part time blogger yang kejar tayang artikel baru).

Nah, kalau sudah begini baru terasa deh efeknya saat akan bekerja di pagi hari, seperti malas bangunlah, kesianganlah, ga jadi kerjalah, dan seribu alasan lainnya yang ujung-ujungnya akan kembali menyuarakan sebuah slogan tenar yang cetar membahana " I HATE MONDAY !!! "    a.k.a   "Dooohhh udah senin lagi aja, maleeesssh"  sembari senyum-senyum kecut ke setiap orang.

Sebenarnya hal tersebut bisa diantisipasi dan diatasi sebelum gejala dini smart people harus keok sama smartphone menghampiri kamu. Cara yang paling mudah untuk diucapkan namun sulit dalam pelaksanaannya adalah manajemen waktu.


Tips manajemen waktu ngeblog


Setiap orang memiliki jatah waktu yang sama setiap harinya yaitu 24 jam. Walaupun diberikan waktu yang sama, namun kesuksesan yang di raih setiap orang sangat berbeda. Ada yang menyandang  predikat 3S (Sudah Sangat  Sukses)  ada juga yang masih berinisial BS (Belum Sukses).

Perbedaan kesuksesan ini terjadi karena setiap orang berbeda-beda dalam me- manajemen waktu yang dijalaninya, artinya manajemen waktu yang digunakan dan dimanfaatkan setiap orang dalam proses menemukan tujuan tidak sama, sampai-sampai slogan "waktu adalah uang" sering menjadi pegangan orang yang menyandang presikat 3S tadi.

Trus bagaimana dong mempraktekkan manajemen waktu ?


Sekedar mengingat teorinya bahwa, manajemen waktu adalah proses pencapaian suatu sasaran atau tujuan tertentu yang telah ditentukan dalam kurun waktu tertentu dengan menggunakan sumber daya secara efektif dan efisien.

Kalau mau ditarik intinya dari manajemen waktu bisa seperti ini; setiap waktu yang sudah tersedia harus mengandung goal dan tujuan. Misalnya saja waktu tidur, goalnya jelas yaitu pules bin nyenyak, tujuannya bangun tidur badan fit dan siap kerja.

Bukannya Goal dan tujuan itu sama ?


Naah kalo menurut saya pribadi, goal dan tujuan sangat berbeda. Goal merupakan jalan untuk mencapai tujuan. Sedangkan tujuan adalah hasil akhir yang akan kita raih.

Mudahnya seperti ini, kita ambil contoh permainan sepak bola.  Gol-Gol yang diciptakan oleh pemain ( sebut saja tim Mawar ),  walaupun gol yang diciptakan sangat banyak,  katakanlah ada 15 gol diciptakan pemain tim mawar, belum tentu tim mawar bisa menang dalam pertandingan tersebut.

Lho kok bisa ?  ya bisa saja kalau tim lawannya memiliki jumlah gol yang lebih banyak dari tim mawar tadi ( yang jelas diatas 15 gol, bisa 16,17,18,dst ).

Dari ilustrasi diatas dapat disimpulkan bahwa Menang adalah tujuan setiap tim yang bertanding, sedangkan gol yang lebih banyak dari tim lawan adalah jalan untuk meraih kemenangan tersebut. Sudah jelas kan ?

OK, kita kembalikan ke topik manajemen waktu. Manajemen waktu merupakan salah satu kunci bagi setiap orang yang ingin sukses. Sukses bisa terjadi jika goal disetiap waktu dalam kehidupan kita bisa direalisasikan. Untuk bisa menciptakan dan merealisasikan goal-goal tadi diperlukan latihan secara terus menerus dan konsisten dalam hal manajemen waktu.

Apa saja latihan yang diperlukan untuk menemukan dan menguasai manajemen waktu yang tepat ?


#1. Menentukan skala prioritas di jadwal kegiatan sehari-hari

Menentukan skala prioritas untuk mengatur jadwal kegiatan sehari-hari mutlak diperlukan dalam manajemen waktu. Cara termudah adalah dengan membagi skala prioritas menjadi 4 kategori menurut sifat kepentingannya, apa saja ?
  1. Aktifitas yang sifatnya penting dan mendesak untuk dilakukan. Kerja, kuliah ,atau sekolah  contohnya. Aktifitas ini adalah prioritas paling  utama dan  tidak boleh ditunda apalagi ditinggalkan. 
  2. Aktifitas yang bersifat penting namun tidak mendesak. Menulis di blog contohnya. Kamu bisa menulis jika sudah selesai kuliah ataupun kerja.
  3. Aktifitas yang sifatnya tidak penting tapi mendesak. Bisa di bilang aktifitas ini sifatnya musiman, contohnya nonton tivi acara balap moto GP atau pertandingan bola tim kesayangan kamu. 
  4. Aktifitas terakhir adalah aktifitas yang sifatnya tidak penting juga tidak mendesak, contoh paling mudahnya adalah bermain game. 

Setiap aktifitas yang sudah disusun berdasarkan skala prioritas, tentu akan berbeda bagi setiap orang. Langkah ini akan membantu kamu untuk memahami mana aktifitas yang perlu dikerjakan terlebih dahulu dan mana aktifitas yang bisa ditunda.  Jadi tentukanlah sendiri skala prioritas kamu dengan bijak.

#2. Buatlah jadwal kegiatan sehari-hari

Setelah kamu memahami mana aktifitas yang bisa didahulukan dan tidak, langkah selanjutnya untuk melatih manajemen waktu kamu menjadi lebih baik dari sebelumnya adalah dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari.

Hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam menata aktifitas berdasarkan skala prioritas tadi, sekaligus memudahkan kamu untuk menghemat dan mengefisiensikan waktu kamu dalam beraktifitas. Buatlah jadwal tersebut secara teratur, bisa bulanan, mingguan bahkan harian.

Biasakan untuk mencatat aktifitas apa yang akan kamu lakukan untuk esok hari sebelum kamu tidur atau catat ketika pagi hari sebelum memulai aktifitas di hari tersebut.

Dengan membiasakan langkah seperti ini, kamu akan terbiasa untuk merencanakan dan merealisasikan goal dalam kehidupan yang kamu jalani sehingga tujuan hidup kamu menjadi semakin jelas dan terarah.

#3. Bersikap tegas dan disiplin terhadap diri sendiri

Tegas dan disiplin menjadi kunci utama manajemen waktu dalam menjalani setiap aktifitas yang sudah terjadwal. Jangan pernah untuk menunda-nunda kegiatan yang harus dilakukan saat itu juga, apalagi aktifitas tesebut bersifat penting dan mendesak.

Menunda setiap aktifitas akan menambah pekerjaan kamu semakin menumpuk dan membuat stress. Yang pada akhirnya, jadwal yang sudah kamu pikirkan, sudah kamu susun, sudah capek kamu catat. Harus kamu lupakan begitu saja dan menjadi sia-sia.

Jadikanlah disiplin itu sebuah kebiasaan dalam keseharian kamu. Sebenarnya ada cara yang cukup efektif untuk membentuk sikap disiplin, cukup dengan melakukan  aktifitas yang sama minimal 40 hari berturut-turut tanpa terputus.

Aktifitas tersebut akan menjadi sebuah kebiasaaan baru dimana kamu akan merasa "ada sesuatu yang kurang" jika aktifitas tersebut tidak dikerjakan.   Ciptakanlah kebiasaan baik ini untuk menggantikan kebiasaan buruk kamu.

#4. Realistis terhadap kemampuan mengerjakan sesuatu.

Namanya pikiran bisa dengan mudah untuk berkembang dan beralih dari satu hal ke hal yang lain. Bahkan disaat yang sama, bisa satu atau dua pemikiran kita lakukan sekaligus. Disinilah dituntut kebijaksanaan dalam merealisasikan kegiatan apa yang hendak di lakukan berdasarkan pikiran yang keluar tadi.

Usahakan untuk tidak "muluk-muluk" atau berlebihan dalam menyusun jadwal kegiatan kamu. Terlalu banyak goal yang harus diselesaikan dalam waktu singkat, maka semakin banyak usaha yang harus kamu kerjakan. Sementara tenaga, pikiran dan waktu kamu terbatas.

Akan lebih baik untuk menciptakan satu aktifitas saja namun bisa selesai dengan sempurna daripada banyak aktifitas tapi  tidak ada yang sanggup kamu selesaikan.

Realistis terhadap kemampuan dan kesanggupan dalam menjalani aktifitas akan memudahkan kamu menyelesaikan satu persatu aktifitas tersebut dengan lebih baik dan sempurna.

#5. Usahakan untuk meringkas beberapa aktifitas ringan 

Untuk mendapatkan tingkat efektifitas dan efisiensi dalam manajemen waktu sesuai harapan dan keinginan, tentu dengan meringkas sebuah kegiatan dengan kegiatan lainnya akan menjadi nilai lebih yang kamu miliki.

Untuk permulaan,  pilihlah aktifitas yang memang mudah dan gampang untuk dilakukan pada saat bersamaan, misalnya menulis sambil menunggu bak mandi penuh terisi air, atau membaca buku saat menunggu angkutan umum.

Menggabungkan dan meringskas beberapa aktifitas yang paling mudah,  akan membentuk kebiasaan pada diri sendiri sehingga kamu menjadi orang yang lebih percaya diri saat melakukan banyak tugas penting baik dikantor, kampus atau sekolah.

#6. Delegasikan aktifitas yang sulit untuk kamu tuntaskan saat itu juga.

Ketika berhadapan dengan beberapa aktifitas dalam satu waktu. Mendelegasikan aktifitas lain kepada orang terpercaya akan semakin memudahkan kamu untuk mencapai goal yang ingin kamu raih.

Namun perlu di ingat, mendelegasikan aktifitas kepada orang lain sebaiknya ditentukan berdasarkan skala prioritas yang bersifat tidak penting dan mendesak,  serta aktifitas yang bersifat tidak penting dan tidak mendesak. Jika sifatnya penting dan mendesak kamu delegasikan kepada orang lain, bisa-bisa kamu sendiri yang akan terkena imbas buruknya.

Hal ini bisa dilakukan apabila kamu memang benar-benar tidak punya cukup waktu lagi untuk mengerjakan aktifitas tersebut sampai tuntas.

Kesimpulan.


Manajemen waktu bisa menjadi sebuah solusi handal bagi setiap orang yang memiliki aktifitas beragam di dalam kehidupan sehari-hari, seperti para blogger tentunya. Tumpang tindih pekerjaan dan aktifitas yang cukup padat serta mampu membuat stress bisa diminimalisir sedini mungkin.

Hidup akan menjadi lebih terarah, ngeblog lebih santai dan tentunya keberhasilan yang menjadi tujuan hidup setiap orang akan semakin terang untuk diraih.  Demikianlah artikel manajemen waktu ini saya informasikan, semoga bisa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment