Ngeblog dahsyat cara santai ala Mengelola Blog - Mengelola Blog

Ngeblog dahsyat cara santai ala Mengelola Blog

Mengelolablog.com - Ngeblog bisa dikatakan sebagai aktivitas yang cukup padat untuk dilakukan secara serius dengan tujuan menambah penghasilan. Jika kamu seorang blogger,  pasti kamu mengetahui kondisi tersebut.

Cara ngeblog dahsyat, penghasilan nendang, adalah impian setiap blogger. Namun, ngeblog dahsyat yang menjadi impian setiap blogger bisa menjadi bumerang bagi dirinya sendiri apabila tidak dikontrol dan dikelola dengan baik.

Ngeblog sangat membutuhkan waktu, sumber daya, energi dan dedikasi yang tinggi terhadap apa yang di cita-citakan sebagai seorang blogger. Dan semua itu merupakan perjuangan yang cukup panjang dan cukup melelahkan.

Keberhasilan yang paling manis dan berbuah kebanggan, berasal dari setiap kerja keras dan perjuangan tak kenal lelah. Dan kamu tau ? Blog kamu juga bisa menjadi salah satunya. Bisa mendapat penghargaan, bisa membuat kamu semakin ahli, dan tentunya, bisa membuat kamu bangga menjadi seorang blogger.

Ngeblog dahsyat cara santai

Lantas bagaimana kamu memulai untuk mengatasi kesulitan  ngeblog  dan menjalani kehidupan normal serta santai sebagai seorang blogger ? Ada sebuah solusi mudah yang bisa kamu gunakan. Apa itu ? Agenda dan kalender ngeblog !

Atur periode waktu ngeblog kamu !

Kamu bisa saja berpendapat bahwa ini adalah metode lama dan sulit dilakukan. Ya, awalnya memang sedikit saja sulit dilakukan karena belum menjadi kebiasaan. Tapi metode ini cukup efektif dalam mengatasi kesulitan yang terjadi selama ngeblog.

Hal utama yang paling sulit di taklukan bagi seorang blogger adalah waktu dan bosan, apalagi bagi seorang part time blogger.

Dengan menggunakan agenda ngeblog, akan lebih mudah buat kamu menyusun waktu dalam kehidupan sehari-hari yang kamu jalani. Perlu kamu ingat,  didalam sebuah sistem dan rutinitas, akan hadir sebuah kekuatan! Akan tetapi ,sistem dan rutinitas yang berlebihan juga bisa mengacaukan kehidupan kamu.

Tidak perlu kaku dalam menyikapi hal tersebut diatas, kita hanya berbicara bagaimana meningkatkan sebuah sistem dan rutinitas yang akan membawa kamu merasakan ngeblog dahsyat dengan kehidupan yang lebih santai. Pada artikel kali ini, saya akan memberikan informasi dan tips cara ngeblog dahsyat namun lebih santai.


Langkah #1: Ngeblog terjadwal dan terorganisir.


Ngeblog secara terjadwal terlihat lebih baik, karena hal ini dapat menghemat waktu dan menekan biaya. Selain itu, dengan ngeblog terjadwal akan membuat kamu menjadi lebih produktif, dan yang paling utama menjadi topik pembicaraan kita kali ini adalah  kita sedang berbicara tentang bagaimana ngeblog dahsyat namun  lebih santai.

Kita sering menemukan diri kita saat ngeblog hanya terpaku pada hal-hal yang sering membuang waktu, terlalu lama mengedit template blog, terlalu lama di media sosial, atau bahkan terlalu lama blog walking namun tidak menemukan ide untuk menciptakan sebuah artikel baru.

Jika kamu tidak terorganisir, maka blog kamu juga akan mendapatkan cara yang sama.

Inilah kunci utama agar kegiatan ngeblog kamu terjadwal: Pertama dan yang paling utama, gunakan agenda ngeblog dan editorial kalender. Ini adalah cara terbaik dan termudah untuk menyusun dan mengatur apa dan bagaimana cara ngeblog yang harus kamu lakukan. Kemudian kamu tinggal duduk dan meninjau ulang di waktu berikutnya pada waktu yang SAMA setiap minggunya.

Bersiaplah dan rasakan peningkatan produktifitas ngeblog dengan tingkat stress yang lebih sedikit.


Langkah #2: Tinjau Ulang


Apapun kebaikan dari mengatur dan mengorganisir jadwal ngeblog jelas tidak akan pernah kamu rasakan jika kamu tidak mengetahui seberapa efektif pengaturan jadwal tersebut.

Coba kamu bayangkan saat kamu masih sekolah atau kuliah dahulu, setiap hari kamu belajar dan belajar untuk menghadapi sebuah ujian. Kemudian kamu melaksanakan ujian tersebut, namun kamu tidak pernah  melihat dan meninjau ulang hasil ujian tersebut.

Kamu tentu tidak akan pernah mengetahui, seberapa efektifkah cara belajar yang kamu lakukan, apa cara yang harus diperbaiki atau apa cara belajar yang harus tetap dilakukan untuk bisa sukses dalam ujian.

Jika dikaitkan dengan ngeblog, trafik kunjungan adalah hasil dari cara kamu ngeblog.  Jadi, jika kamu ingin meningkatkan cara ngeblog kamu, berikan perhatian pada trafik kunjungan tersebut.

Dari trafik kunjungan waktu per waktu, kamu dapat  menemukan petunjuk tentang dimana kekuatan dan kelemahan blog kamu, serta apa celah yang bisa kamu tutupi dan akan kamu tingkatkan untuk mencapai trafik kunjungan yang maksimal.

Berikan perhatian pada artikel populer di blog kamu, dan perhatikan apa yang menjadi trend di blog kamu.

Silahkan coba sistem ini untuk meninjau ulang kembali hasil blog kamu : Gunakan Google analytics, catat  dan periksa setiap seminggu sekali untuk mendapatkan ide tentang apa artikel blog  kamu yang paling banyak dikunjungi serta apa kata kunci yang banyak mendatangkan pengunjung ke blog kamu. Ingat dan lakukan cara ini setiap satu minggu sekali!


Langkah #3: Lakukan penyesuaian


Ketika kamu sudah mengorganisir kegiatan ngeblog kamu, kemudian meninjau ulang statistik pada trafik pengunjung, Sekarang saatnya untuk melakukan penyesuaian dan perbaikan.

Mari kita sikapi dengan sedikit bijaksana,  bahwa semua hal,  walaupun sudah terorganisir, sudah mendapatkan kesimpulan dari akar permasalahan, semua itu akan menjadi sia-sia jika kamu tidak melakukan penyesuaian terhadap apa yang dibutuhkan.

Inilah salah satu point untuk mengaplikasikan perubahan yang nyata, biasanya cukup berat untuk kita kerjakan. Tapi penyesuaian ini menjadi titik poin penting dan sangat kritis terhadap jalannya kesuksesan blog kamu.

Identifikasikan dua hal saja , ingat dua hal saja setiap kamu melakukan peninjauan ulang terhadap apa yang akan kamu sesuaikan. Kemudian masukkan kedalam agenda dan editorial ngeblog kamu disertai dengan catatan dan tenggat waktu penyesuaian tersebut.

Kamu dapat melakukan penyesuaian terhadap apa saja yang dibutuhkan, contohnya :
Topik artikel, jumlah kata dalam artikel, persentase jumlah kata kunci, blog desain,dll.

Lakukan pengujian dan pengetesan kecil secara berkala, dan kamu akan lihat besarnya perbedaan yang terjadi.


Langkah #4: Jadwal harian


Jadwal harian sangatlah diperlukan untuk mendukung penghematan waktu selama proses aktifitas ngeblog. Kamu akan semakin sulit untuk menemukan kesuksesan tanpa kegiatan rutin harian yang tekun kamu jalani.

Ambil waktu secukupnya, bisa 1 jam,  dua jam atau tiga jam untuk menyelesaikan tugas ngeblog sesuai dengan kecukupan waktu yang kamu sediakan setiap hari. contohnya:
  1. Senin menggali ide ngeblog selama 1 jam,
  2. Selasa blogwalking selama 1 jam,
  3. Rabu sampai Jumat membuat konten artikel,
  4. Selanjutnya dan selanjutnya...kamulah yang memiliki idenya....

Perlu kamu ingat, jangan terlalu memaksakan waktu ngeblog kamu setiap hari dengan waktu yang lama dan panjang. Tubuh dan pikiran kamu perlu rileks. perlu penyegaran. Usahakan untuk tidak memaksakan sesuatunya untuk selesai sesegera mungkin. Nikmatilah setiap  prosesnya.

Sesuatu yang terlalu dipaksakan akan berujung kepada hasil yang tidak maksimal dan tidak sesuai rencana (meskipun tidak selalu begitu). Jalani dengan santai namun pasti kamu lakukan.


Langkah #5. Hentikan sesaat dan Recharge semangatmu.


Beberapa kejadian membuktikan bahwa mengambil sejenak waktu untuk mengistirahatkan kinerja otak dapat meningkatkan produktifitas dan kreatifitas. Kita adalah manusia biasa, bukan sebuah mesin yang bisa dipaksa untuk terus menerus melakukan sebuah pekerjaan rutin.

Jika kamu ingin mencapai performance pada level tertinggi, istirahatlah sejenak. Jangan biarkan kamu terpaku pada satu titik dalam jangka waktu yang cukup lama. Ini akan menjemukan dan membuat hilangnya kreatifitas.

Beberapa cara yang sering dilakukan adalah teknik POMODORO, cara ringan ketika melakukan aktifitas panjang, yaitu fokus beraktifitas selama 20 menit kemudian beristirahat selama 5 menit. Cara ini cukup ampuh untuk membuang kejenuhan dan tetap fokus hingga aktifitas tersebut selesai.

Atau pada saat kamu melakukan sebuah aktifitas yang sudah mulai sulit di hentikan dan dapat mengganggu tujuan kamu ngeblog. Kegiatan yang tidak tercantum dalam agenda dan kalender ngeblog ,sebaiknya segera hentikan, fokus dan tetap sesuai dengan jadwal agenda tersebut. .

Hentikan segera memberikan like di FB, membaca komentar dari satu artikel ke artikel lain, mentweet teman, segera hentikan.

Jika memang diperlukan, segera tinggalkan komputer kamu , facebook,pinterest, tweeter, dll. Dapatkan udara segar di sekeliling kamu, fokuskan kembali pada apa tujuan kamu ngeblog, dan kembalilah ke mejamu setelah kamu siap untuk melakukan tugas ngeblog kamu.


Kesimpulan


Ngeblog adalah aktifitas yang padat dan penuh pemikiran, namun jangan jadikan waktumu terkuras hanya untuk ngeblog, Jika kamu menggunakan agenda dan editorial kalender, kemudian melakukan apa yang sudah kita bicarakan tadi.

1. terjadwal dan terorganisir
2. peninjauan ulang
3. penyesuaian
4. jadwal harian
5. hentikan sesaat dan recharge semangatmu

Masuki rasa baru, ngeblog dahsyat namun santai. Demikian artikel ini saya sampaikan semoga bermanfaat.

5 comments:

  1. wah ini sangat membantu sekali. Trimakasih mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mas. Jadwal publish memang buat saya penting. Ada kerjaan utama juga yang ga boleh di kesampingkan soalnya.

      Delete
  2. mantap mas postingan nya, praktiknya yang sulit terkendala oleh penyakit kemalasan, semoga dengan artikel ini saya semakin giat untuk belajar lagi mas, salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan, prakteknya memang sulit, tapi kalau sudah jadi kebiasaan lama2 enjoy aja sih . . Salam sukses juga gan 😊

      Delete